Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah

Tau kah kamu apa itu teks eksposisi ? Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat erat hubungannya dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Teks eksposisi adalah salah satu bagian dari berbagai jenis teks yang ada.

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas lebih detail lagi mengenai pengertian teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, dan kaidah yang terdapat di dalam teks eksposisi.

Untul lebih mempermudah kamu dalam memahami apa itu teks eksposisi, kita juga akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi. Oke langsung saja, berikut ini adalah penjelasan teks eksposisi lebih detailnya :


Pengertian Teks Eksposisi


Pengertian Teks Eksposisi
500px.com

Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya terdapat beberapa informasi yang isi dari paragraf tersebut di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.


Ciri Ciri Teks Eksposisi


Apa sih ciri-ciri dari teks eksposisi ? Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri teks eksposisi :

  • Gaya informasi yang disampaikan sifatnya mengajak atau persuasif.
  • Penyampai teksnya lebih jelas dengan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan informasi pengetahuan secara lebih detail.
  • Sifatnya tidak memihak, maksudnya tidak memaksakan kemauan dari diri sendiri kepada para pembacanya.
  • Teks eksposisi sifatnya netral dan objektif.
  • Penjelasannya disertai dengan data yang akuran dan bisa diuji kebenarannya.
  • Menyajikan sebuah fakta yang dapat digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.

Struktur Teks Eksposisi


Struktur Teks Eksposisi
500px.com

Teks eksposisi juga memiliki struktur dasar, sama halnya dengan jenis teks yang lainnya. Apa saja struktur teks eksposisi ini ? Berikut ini adalah penjelasannya :

A. Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis merupakan suatu bagian yang memiliki isi berupa sebuah sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan di bahas topiknya.

Sebuah tesis ini sudah dipastikan berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan argumen-argumen dari penulis.

Bagian ini sangatlah penting dalam menyusun contoh teks eksposisi dan biasanya sering muncul di awal teks eksposisi. Walaupun terdapat kemungkinan kita dapat menjumpainya pada bagian akhir teks tersebut.

B. Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang di pakai untuk mengokohkan sebuah pendapat yang terdapat di dalam sebuah tesis. Walaupun pada prakteknya argumentasi ini bisa digunakan untuk menyanggah atau bahkan menolak dari sebuah pernyataan yang disampaikan.

C. Penegasan Ulang Pendapat

Penegasan ulang pendapat merupakan sebuah bagian yang memberikan kesimpulan dan menegaskan kembali dari tesis yang telah diulas dari awal teks sampai pada argumentasi yang di tunjang oleh fakta-fakta yang ada.


Jenis Jenis Teks Eksposisi


Kaidah Teks Eksposisi
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis teks eksposisi :

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang menjelaskan pengertian atau definisi dari suatu topik yang sedang diperbincangkan.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah sebuah tahapan atau cara untuk melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan suatu informasi atau penjelasan tertentu dengan cara memberikan sebuah gambaran atau penjelasan yang sangat sederhana terkait suatu topik dengan topik yang lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu.

Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah sebuah paragraf eksposisi yang menjelaskan laporan dari sebuah peristiwa atau kegiatan penelitian tertentu.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah sebuah paragraf eksposisi yang gagasan utamanya dijelaskan dengan cara membandingkan dengan gagasan utama yang lainnya.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah paragraf yang berisi mengenai suatu hal yang bertentangan dengan hal yang lainnya.


Kaidah Teks Eksposisi


Berikut ini adalah penjelasan mengenai kaidah teks eksposisi :

A. Pronomina

Pronomina adalah kata ganti orang yang biasa digunakan pada saat pernyataan pendapat pribadi dituangkan. Pronomina bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, berikut ini penjelasannya :

  1. Pronomina Persona, merupakan persona tunggal. Contohnya : Dia, Kamu, Aku, Ia. Adapula persona jamak seperti : Kami, Kita, Mereka, Kalian.
  2. Pronomina Nonpersona, merupakan pronomina penunjuk. Contohnya : Ini, Itu, Situ, Sini, Sana. Adapula pronomina penanya seperti : Apa, Mana, dan Siapa.

B. Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubungdigunakan dalam teks eksposisi bertujuan untuk memperkuat sebuah argumentasi. Berikut ini adalah jenis konjungsi atau kata penghubung yang bisa kita temukan di dalam teks eksposisi :

  • Konjungsi waktu, misalnya : sebelum, kemudian, sesudah.
  • Konjungsi pembatasan, misalnya : selain, kecuali.
  • Konjungsi gabungan, misalnya : dan, serta, dengan.
  • Konjungsi tujuan, misalnya : untuk, agar, supaya.
  • Konjungsi persyaratan, misalnya : apabila, bilamana, jikalau.
  • Konjungsi perincian, misalnya : yakni, ialah, yaitu.
  • Konjungsi sebab-akibat, misalnya :sebab, karena, sehingga.
  • Konjungsi pertentangan, misalnya : sedangkah, namun, akan tetapi.
  • Konjungsi pilihan, misalnya : atau.
  • Konjungsi penguatan, misalnya : lagi pula, hanya, apalagi.
  • Konjungsi penjelasan, misalnya : bahwa.
  • Konjungsi perbandingan, misalnya : ibarat, seperti, serupa.
  • Konjungsi penyimpulan, misalnya : oleh karena itu, jadi.

C. Kata Leksikal

  1. Nomina : Yaitu kata yang muncul pada benda, baik itu berupa benda nyata ataupun benda yang abstrak.
  2. Verba : Yaitu kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses ataupun sebuah keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv : Yaitu kata yang digunakan untuk menjelaskan sifat atau keadaan orang, binatang, ataupun benda.
  4. Adverbia : Yaitu kata yang melengkapi atau menjelaskan informasi berupa keterangan tempat, suasana, waktu, cara, dan yang lain sebagainya.

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan


Contoh Teks Eksposisi
notepam.com

Manfaat Lidah Buaya

Tesis

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Argumentasi

Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :

1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.

2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.

3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang 

Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.


2. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi


Teks Eksposisi
notepam.com

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis

Disaat kondisi perekonomian global tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan hasil yang sangat positif.

Jika dibandingkan pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun lalu, ekonomi di Indonesia meningkat kurang lebih sekitar 6,4%.

Pertumbuhan ini masih tetap terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila kita akumulasikan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 jauh lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya tumbuh sekitar 6,3%.

Argumentasi

Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dinilai mengalami anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak di ikuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.

Tidak hanya itu saja, Daeng juga menjelaskan, sekurang-kurangnya ada 4 faktor yang membuat ekonomi di Indonesia ini mengalami anomali.

Pertama, perekonomian di Indonesia jauh lebih banyak di tengarai oleh hutang asing yang nilainya semakin meningkat.

Kedua, pengingkatan daya konsumsu masyarakat juga dinilai mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ketiga, ekonomi di Indonesia pertumbuhannya juga di dorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, bahan tambang, dan yang lainnya.

Keempat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia di dorong oleh penanaman pihak oleh pihak asing yang menjadikan sumber daya alam di Indonesia semakin dikuasai asing.

Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, seorang Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di topang oleh sektor domestik.

Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurun ekspor akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat pada tahun ini. Ia menilai konstribusi ekspor terhadap PDB tidak begitu besar.

Penegasan Ulang 

Menurut A Tony Prasetianto, belanja pemerintah yang lebih cepat dan begitu besar sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % sangat membantu, walaupun hal tersebut mempunyai dampak, yaitu nilai subsidi energi akan terus membengkak yang sebenarnya tidak sehat.


3. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum


Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
notepam.com

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis

Semestinya hukum di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

Argumentasi

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat mewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.


4. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik


Berikut ini adalah penjelasan mengenai contoh teks eksposisi singkat tentang politik lengkap dengan strukturnya. Perhatikan ulasan dibawah ini :


5. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan


Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan beserta contohnya.  Perhatikan ulasan dibawah ini :

6. Contoh Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi bentuk analisis membahas masalah dengan membaginya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Seperti contoh di bawah:

teks eksposisi analisis

Apakah Musik Penting Untuk Kehidupan Manusia?

Tesis

Bagi sebagian orang musik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Musik memiliki peranan yang cukup penting untuk membantu melalui hidup dan menjadi inspirasi.

Argumentasi 

Musik bisa menjadi cara untuk mengekspresikan emosi atau perasaan. Seperti ketika seseorang sedang jatuh cinta, dia akan senang menengarkan musik-musik cinta.

Begitu juga ketika sedang dilanda kesedihan, seseorang akan cenderung untuk memutar musik-musik melankolis. Begitu pun ketika seseorang sedang bahagia, ia cenderung akan mendengarkan musik yang ceria.

Alunan musik yang kita dengarkan dapat membantu mengingat kembali pengalaman-pengalaman dan memori masa lalu. Tidak sedikit orang yang bernostalgia melalui musik untuk mengenang masa lalunya.

Selain itu musik juga bisa menyatukan sekelompok orang untuk suatu tuuan tertentu dan merubah sesuatu. Seperti lagu Bella Ciao yang menjadi lagu perlawanan bangsa Italia terhadap penguasa tirani pada masa Benito Musolini.

Penegasan Ulang

Jadi bisa disimpulkan jika musik memang memiliki peranan tertentu dalam kehidupan manusia. Tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika hidup tanpa musik. Tentu akan sangat hampa dan sepi.

7. Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi bisa berbentuk klasifikasi. Yaitu menjelaskan pembagian kelompok dari suatu hal. Seperti contoh di bawah ini:

teks eksposisi klasifikasi

Klasifikasi Dunia Hewan

Tesis

Dilihat dari jenis makanan yang dimakannya, hewan terbagi menjadi 3 kelompok yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora.

Argumentasi

Hewan karnivora adalah jenis hewan yang memakan hewan lain. Contoh hewan karnivora adalah harimau, singa, dan serigala.

Hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Contoh hewan herbivora adalah kambing, sapi, dan kuda.

Hewan omnivora adalah hewan pemakan segala, memakan hewan dan juga tumbuhan. Contoh hewan omnivora adalah ayam.

Penegasan Ulang

Perbedaan jenis makanan pada hewan ini berkaitan erat dengan rantai makanan dalam ekosistem sehingga ekosistem tetap stabil.

8. Contoh Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita adalah karangan eksposisi yang berisi informasi seperti sebuah berita. Seperti contoh berikut:

contoh teks eksposisi berita

Bersama Perangi Hoaks

Tesis

Memasuki tahun politik, mulai banyak bermunculan berita-berita hoaks yang berseliweran di media khususnya media sosial. Seorang pejabat tinggi di Satgas Nasional berpesan agar seluruh elemen yang ada di masyarakat lebih bijak dalam mengonsumsi kabar berita yang bersumber dari media sosial. Seperti disampaikan oleh seorang pakar politik dalam sebuah diskusi bahwa media konvensional lebih terpercaya dari media sosial.

Pakar tersebut juga menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilih akun yang terkadang memiliki tujuan yang tidak baik termasuk untuk menyebarkan berita hoaks. Bahkan tidak jarang akun-akun media sosial yang digunakan untuk menyebar hoaks adalah akun anonim (beridentitas palsu). Tentu hal ini tidak baik bagi kondusifitas tatanan negara dan menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh komponen bangsa yang menginginkan kedamaian dan persatuan.

Argumentasi

Menurut salah seorang pegiat sosial anti hoaks, ia sangat menyesalkan kalau memasuki tahun politik ini menjadi tempat memecah belah masyarakat dan persatuan. Ia juga menjelaskan bahwa sebagian besar energi masyakarat habis terserap pada isu seputar pemilihan presiden. Padahal, kita hanya menyaksikan kampanye yang dipenuhi ujaran kebencian, hoaks, fitnah, dan kampanye hitam.

Penegasan Ulang

Kita harus mengakui bahwa perhatian masyarakat Indonesia tertumpah pada agenda pilkada serentah dan pemilihan presiden. Sementara jargon kampanye politik yang digunakan lebih menonjolkan politik identitas dan SARA yang dianggap subjektif dan membahayakan keutuhan bangsa.

9. Contoh Teks Eksposisi Laporan

contoh teks eksposisi laporan

Masalah Sampah Plastik di Indonesia Kian Parah

Tesis

Indonesia menjadi sorotan dunia karena masalah sampah yang belum dapat teratasi. Melihat permasalahan sampah plastik yang semakin meningkat, sudah seharusnya pemerintah mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki populasi daerah pesisir sebanyak 187 juta dimana setiap tahunnya menghasilkan sampah plastik 3,2 juta ton yang tidak terkelola dengan baik. Dan hampir separuh dari sampah plastik tersebut mencemari lautan.

Dari data angka di atas, Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia setelah China.

Argumentasi

Bukan menjadi rahasia lagi jika Indonesia adalah salah satu dari pusat ekosistem laut dunia. Perairan laut Indonesia merupakan rumah dari 76 % spesies terumbu karang, hutan bakau, dan padang lamun. Berbagai spesies ikan sudah pasti akan terganggu juga dengan adanya tumpukan sampah plastik di lautan.

Adanya polusi di perairan Indonesia temtu akan berdampak pada kinerja pariwisata di tanah air. Apalagi jika dilihat bahwa daya tarik terbesar pariwisata Indonesia adalah wilayah pesisirnya. Hal ini bisa dilihat dari data jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Bali mencapai 2,29 juta sepanjang paruh pertama tahun 2019.

Penegasan Ulang

Persoalan sampah plastik di Indonesia tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pemerintah diharapkan lebih serius dalam membuat kebijakan terkait permasalahan sampah plastik yang kian hari kian parah ini. Selian itu pemerintah juga perlu menggandeng berbagai pihak untuk mengatasi persoalan ini.

10. Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi menggunakan penggambaran sesuatu untuk menyampaikan maksud yang akan disampaikan oleh penulis kepada para pembaca.

Efek Demam Panggung

contoh teks eksposisi ilustrasi

 

Tesis

Hampir semua orang pasti pernah merasa gerogi atau gugup ketika harus tampil di depan banyak orang. Perasaan gerogi dan gugup tersebut biasa disebut dengan demam panggung.

Fenomena demam panggung terjadi karena orang tidak terbiasa untuk tampil di depan umum. Muncul perasaan bahwa apa yang akan disampaikan seperti salah dan takut ditertawakan atau diremehkan orang.

Perasaan takut seperti itu muncul karena kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki seseorang saat tampil di depan umum. Oleh karena itu, kita harus bisa mengalahkan efek demam panggung tersebut dengan meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya persiapan sebaik-baiknya saat akan tampil di depan umum.

Argumentasi

Efek dari demam panggung biasanya kita akan merasa badan lemas ketika tampil di depan umum. Kemudian akan merasa berdebar-debar dan keluar keringat dingin. Sekalipun sebelumnya kita sudah melakukan persiapan secara matang, karena efek demam panggung akan membuat kita kehilangan konsentrasi.

Jika diilustrasikan seakan apapun yang kita lakukan akan terasa salah skibat efek demam panggung ini.

Solusi dari demam panggung ini adalah dengan membuat tubuh serileks mungkin dan menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya perlahan. Hal ini akan membuat banyak oksigen yang masuk ke otak sehingga konsentrasi akan tetap terjaga.

Selain itu kita untuk membuat kita rileks, kita bisa membayangkan kalau semua orang yang ada di depan kita adalah teman kita sendiri. Dan mereka senang mendengarkan kita berbicara. Jika kita tidak berani menatap mata audience, kita bisa menyiasati dengan melihat pada bagian dahi.

Penegasan Ulang

Tubuh yang rileks akan membuat kita mudah menguasai dan mengelola efek demam panggung dengan baik.

11. Contoh Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah teks eksposisi yang menjelaskan tahap-tahap dari suatu proses. Seperti contoh di bawah ini:

Proses Terjadinya Hujan

contoh teks eksposisi proses

Tesis

Hujan merupakan contoh proses presipitasi dan juga merupakan proses siklus hidrologi.

Argumentasi

Proses terjadinya hujan dimulai dari proses evaporasi di mana sinar matahari memancarkan energi panas ke bumi. Karena pancaran energi panas dari sinar matahari ini, air yang ada di bumi (laut, danau, sungai) menguap. Selanjutnya melalui proses kondensasi uap air akan terangkat ke udara.

Setelah proses kondensasi, karena suhu di sekitar uap air lebih rendah dari titik embun air maka uap air tersebut berubah menjadi embun.

Akibat suhu udara yang semakin meningkat membuat titik embun semakin banyak sehingga terbentuklah sebuah awan.

Penegasan Ulang

Demikianlah proses terjadinya hujan dari awal hingga menjadi awan dan kembali turun ke bumi dalam bentuk air hujan. Saat musim kemarau tiba, air yang ada di bumi kembali menguap dan menjadi awan. Demikianlah siklus proses terjadinya hujan.

12. Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah teks eksposisi yang membuat pertentangan antara dua objek yang sejenis. Seperti contoh di bawah ini:

Kehidupan Di Perkotaan dan Pedesaan

contoh teks eksposisi pertentangan

Kehidupan di daerah perkotaan penuh dengan kelap-kelip cahaya menghiasi setiap sudut kota. Ada banyak gedung pencakar langit menjulang tinggi dan lalu lalang kendaraan bermotor. Kehidupan masyarakatnya tidak bisa lepas dari peralatan-peralatan canggih untuk mempermudah segala urusan. Lahan-lahan pertanian hampir tidak ada karena sudah dijadikan gedung-gedung pemukiman dan perkantoran.

Di sisi lain di daerah pedesaan kehidupan sangat jauh berbeda. Masyarakat masih menggunakan peralatan sederhana. Kendaraan bermotor masih sangat sedikit dan masih banyak yang menggunakan alat transportasi tradisional seperti sepeda. Lahan-lahan hijau untuk pertanian masih luas .

13. Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Perbandingan IPA dan IPS

contoh teks eksposisi perbandingan

Tesis

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam objek empiris yang berada di alam semesta dengan segala isinya.

Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya mempelajari makhluk hidup, namun juga mempelajari komponen alam dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan di alam. Seperti perubahan musim, proses hujan, dan pegantian siang dan malam.

Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari pola interaksi sosial dalam kehidupan manusia.

Argumentasi

Kedua bidang ilmu pengetahuan ini memiliki perbedaan yang tidak bisa dipadukan karena objek IPA dan IPS tidaklah sama.

Objek materi IPA merupakan seluruh kehidupan dalam alam semesta beserta proses perkembangan dan pertumbuhan yang ada di dalamnya.

Sedangkan objek materi IPS adalah tingkah laku dan tindakan manusia yang khas dan tidak deterministik.

Penegasan Ulang

Meskipun objek materi kedua ilmu pengetahuan tersebut berbeda, keduanya sama-sama penting dan memiliki manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

14. Contoh Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah jenis teks yang menjelaskan atau mendefinisikan suatu hal. Seperti contoh di bawah ini:

Buah Pepaya

contoh teks eksposisi definisi

Tesis

Buah pepaya adalah salah satu buah yang bisa tumbuh di Indonesia.  Bentuknya lonjong dengan kulit berwarna hijau dan daging buah berwarna orange atau kadang dijumpai yang agak kemerah-merahan. Bijinya berupa butiran kecil berwarna hitam. Buah pepaya memiliki tekstur yang empuk berserat tipis dan rasanya manis.

Selain rasanya yang manis, buah pepaya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan mineral serta karbohidrat.

Argumentasi

Seperti dijelaskan sebelumnya buah pepaya dengan segala kandungan yang ada di dalamya memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan berat badan
  • Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  • Baik untuk penderita diabetes
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah radang sendi
  • Membantu sistem pencernaan
  • Meredakan sakit saat haid
  • Mencegah penuaan dini
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Mengurangi stres
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menunjang kesehatan kulit
  • Membantu mencegah dan mengatasi jerawat

Selain manfaat di atas, buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai sayur untuk lauk sehari-hari. Buah pepaya yang dijadikan sayur adalah buah yang masih belum masak/matang dan masih berwarna putih kekuning-kuningan.

Penegasan Ulang

Seteleh mengetahui banyaknya manfaat yang terkandung pada buah pepaya, tentu akan membuat kita lebih tertarik lagi dengan buah ini. Bisa dimakan langsung saat buah sudah masak. Atau bisa dijadikan sayur ketika belum begitu masak.

15. Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Lebah, Hewan yang Kaya Manfaat

contoh teks eksposisi tentang hewan

Tesis

Lebah adalah hewan yang termasuk ke dalam kelompok serangga dan berasal dari keluarga Apidae. Meski bertubuh kecil, lebah memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Manfaat lebah bisa didapat dari sarang dan juga cairan yang dihasilkannya yaitu madu. Selain manfaatnya madu juga memiliki nilai ekonomi.

Argumentasi

Madu yang dihasilkan lebah mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Di dalamnya terdapat banyak vitamin dan juga mineral. Selain itu madu juga mengandung enzim yang baik bagi tubuh.

Selain penghasil madu, lebah juga menghasilkan bee pollen yang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Seperti dapat menyembuhkan varises, radang sendi, dan permasalahan kesehatan lainnya. Karena manfaatnya yang demikian banyak, orang-orang banyak mencari walaupun harganya cukup mahal di pasaran.

Tidak hanya itu, lebah juga menghasilkan royal jelly yang merupakan makanan sehari-hari para ratu lebah.

Kandungan-kandungan lebah di atas sangat cocok bagi orang yang memiliki aktivitas padat dan sibuk dengan banyaknya pekerjaan.

Penegasan Ulang

Dengan segala produk-produk bermanfaat yang dihasilkannya, sekarang lebah tidak dianggap sebagai musuh manusia. Melainkan sebagai salah satu sumber makanan (tambahan) yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat.

16. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Tesis

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk bisa mengubah dunia. Karena dengan pendidikan kita dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Argumentasi

Tingkat pendidikan di Indonesia sudah cukup baik, meskipun masih banyak yang bisa diperbaiki lagi. Negara telah memberikan dukungan untuk pendidikan dengan melakukan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan untuk masyarakat.

Segala sarana yang disediakan oleh negara ini, harus didukung oleh peserta didik yang mempunyai keinginan untuk belajar dan meraih prestasi. Sehingga akan menghasilkan siswa didik yang akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Penegasan Ulang

Pendidikan di Indonesia akan semakin maju dan diakui dunia ketika fasilitas dan segala sarana prasarana yang ada bisa dimaksimalkan oleh peserta didik dengan cara berperan aktif. Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kompetensi juga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

17. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pencemaran Lingkungan

Dampak Buruk Membuang Sampah Sembarangan

contoh teks eksposisi pencemaran lingkungan

Tesis

Kebiasaan membuang sampah sembarangan kini sudah hampir menjadi kebiasaan banyak orang. Tidak pandang umur apakah dia tua atau muda. Contohnya ketika kita sedang di tempat umum atau di jalan kita masih dapat melihat sampah-sampah yang berserakan. Bahkan banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai sehingga bisa menjadi penyebab banjir.

Argumentasi

Ada kesimpulan bahwa apabila efeknya belum dirasakan, maka kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan akan terus dilakukan. Sehingga sosialisasi dampak bahaya dari membuang sampah sembarangan tidak diperlukan karena pada dasarnya masyarakat sudah paham dampaknya.

Penegasan Ulang

Apabila efek samping yang mengakibatkan banjir sudah terasa, maka masyarakat baru mulai tumbuh kesadaran untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

18. Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

contoh teks eksposisi tentang hukum

Tesis

Pada dasarnya hukum di Indonesia telah secara tegas mengatur hukuman untuk pelaku tindak kejahatan. Namun pada kenyataannya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang bisa merugikan pihak tertentu. Hukum menjadi tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Seperti terhadap para koruptor yang seringkali hukum bersikap lembek.

Argumentasi

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia memperoleh hukuman yang bisa dibilang cukup ringan. Bahkan ada koruptor yang menerima fasilitas mewah pada saat sudah menjadi narapidana. Sementara di televisi kita sering melihat seorang maling yang dihajar masa hingga babak belur. Tidak sedikit yang dihajar hingga meregak nyawa. Dan tidak pernah kita dengar ada koruptor yang dihajar masa hingga tewas.

Penegasan Ulang

Bisa dikatakan bahwa hukum di Indonesia hanya tegas kepada rakyat kecil. Seperti kasus yang menimpa seorang nenek yang dipenjara lima tahun karena mencuri kayu. Sementara kadang seorang koruptor yang merugikan negara milyaran rupiah hanya dipenjara 1-2 tahun saja.

19. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kenakalan Remaja

contoh teks eksposisi tentang kenakalan remaja

Tesis

Salah satu permasalahan utama bangsa saat ini adalah masalah kenakalan remaja. Definisi kenakalan remaja adalah perilaku menyimpang dan termasuk permasalahan hukum dan dilakukan oleh remaja. Para pakar pendidikan berpendapat bahwa kenakalan remaja dilakukan oleh seseorang yang merasa dewasa namun pada kenyataannya masih berusia remaja 13 – 18 tahun.

Argumentasi

Ada beberapa faktor yang membuat para remaja menjadi bertindak buruk. Seperti keluarga yang buruk, atau juga bergaul dengan teman sebaya yang juga buruk. Kenakalan remaja yang banyak dilakukan antara lain tawuran, narkoba, dan seks bebas. Usia remaja pada dasarnya merupakan usia pencarian jati diri dan masih labil sehingga belum bisa membedakan dampak baik dan buruk dalam jangka panjang. Seharusnya pada usia rawan tersebut seseorang tumbuh dengan dibarengi pendidikan yang baik dan dalam pendampingan orang tua.

Penegasan Ulang

Perkembangan remaja seharusnya diarahkan ke arah positif dengan pendampingan orang tua dan dibekali pendidikan yang positif juga. Dengan memaksimalkan hal ini masalah kenakalan remaja bisa diminimalisasi.

20. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pemanasan Global

contoh teks eksposisi tentang pemanasan global

Tesis

Pemanasan global merupakan fenomena peningkatan temperatur bumi dari waktu ke waktu karena terjadi efek rumah kaca yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), dinitrooksida (N2O), dan CFC sehingga panas sinar matahari terperangkap di atmosfer bumi.

Argumentasi

Ada beberapa cara untuk mencegah dampak pemanasan global seperti misalnya mengurangi asap kendaraan bermotor ataupun melakukan penghijauan. Sayangnya banyak dari kita tidak melakukan tindakan nyata untuk mencegah pemanasan global.  Padahal kita sudah banyak tahu sebab dan akibat pemanasan global ini.

Kenapa kita harus melakukan tindakan nyata untuk mencegah pemanasan global ? Alasannya adalah karena dengan upaya itulah bumi akan tetap lestari dan terhindar dari efek pemanasan global.

Penegasan Ulang

Dengan demikian, untuk dapat mencegah atau menanggulangi dampak dari pemanasan global itu adalah tekad dan niat kuat dari dalam diri masing-masing. Melalui upaya-upaya kecil yang bisa dilakukan.

Tinggalkan komentar