Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah

Tau kah kamu apa itu teks eksposisi ? Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat erat hubungannya dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Teks eksposisi adalah salah satu bagian dari berbagai jenis teks yang ada.

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas lebih detail lagi mengenai pengertian teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, dan kaidah yang terdapat di dalam teks eksposisi.

Untul lebih mempermudah kamu dalam memahami apa itu teks eksposisi, kita juga akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi. Oke langsung saja, berikut ini adalah penjelasan teks eksposisi lebih detailnya :


Pengertian Teks Eksposisi


Pengertian Teks Eksposisi
500px.com

Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya terdapat beberapa informasi yang isi dari paragraf tersebut di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.


Ciri Ciri Teks Eksposisi


Apa sih ciri-ciri dari teks eksposisi ? Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri teks eksposisi :

  • Gaya informasi yang disampaikan sifatnya mengajak atau persuasif.
  • Penyampai teksnya lebih jelas dengan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan informasi pengetahuan secara lebih detail.
  • Sifatnya tidak memihak, maksudnya tidak memaksakan kemauan dari diri sendiri kepada para pembacanya.
  • Teks eksposisi sifatnya netral dan objektif.
  • Penjelasannya disertai dengan data yang akuran dan bisa diuji kebenarannya.
  • Menyajikan sebuah fakta yang dapat digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.

Struktur Teks Eksposisi


Struktur Teks Eksposisi
500px.com

Teks eksposisi juga memiliki struktur dasar, sama halnya dengan jenis teks yang lainnya. Apa saja struktur teks eksposisi ini ? Berikut ini adalah penjelasannya :

A. Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis merupakan suatu bagian yang memiliki isi berupa sebuah sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan di bahas topiknya.

Sebuah tesis ini sudah dipastikan berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan argumen-argumen dari penulis.

Bagian ini sangatlah penting dalam menyusun contoh teks eksposisi dan biasanya sering muncul di awal teks eksposisi. Walaupun terdapat kemungkinan kita dapat menjumpainya pada bagian akhir teks tersebut.

B. Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang di pakai untuk mengokohkan sebuah pendapat yang terdapat di dalam sebuah tesis. Walaupun pada prakteknya argumentasi ini bisa digunakan untuk menyanggah atau bahkan menolak dari sebuah pernyataan yang disampaikan.

C. Penegasan Ulang Pendapat

Penegasan ulang pendapat merupakan sebuah bagian yang memberikan kesimpulan dan menegaskan kembali dari tesis yang telah diulas dari awal teks sampai pada argumentasi yang di tunjang oleh fakta-fakta yang ada.


Jenis Jenis Teks Eksposisi


Kaidah Teks Eksposisi
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis teks eksposisi :

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang menjelaskan pengertian atau definisi dari suatu topik yang sedang diperbincangkan.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah sebuah tahapan atau cara untuk melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan suatu informasi atau penjelasan tertentu dengan cara memberikan sebuah gambaran atau penjelasan yang sangat sederhana terkait suatu topik dengan topik yang lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu.

Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah sebuah paragraf eksposisi yang menjelaskan laporan dari sebuah peristiwa atau kegiatan penelitian tertentu.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah sebuah paragraf eksposisi yang gagasan utamanya dijelaskan dengan cara membandingkan dengan gagasan utama yang lainnya.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah paragraf yang berisi mengenai suatu hal yang bertentangan dengan hal yang lainnya.


Kaidah Teks Eksposisi


Berikut ini adalah penjelasan mengenai kaidah teks eksposisi :

A. Pronomina

Pronomina adalah kata ganti orang yang biasa digunakan pada saat pernyataan pendapat pribadi dituangkan. Pronomina bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, berikut ini penjelasannya :

  1. Pronomina Persona, merupakan persona tunggal. Contohnya : Dia, Kamu, Aku, Ia. Adapula persona jamak seperti : Kami, Kita, Mereka, Kalian.
  2. Pronomina Nonpersona, merupakan pronomina penunjuk. Contohnya : Ini, Itu, Situ, Sini, Sana. Adapula pronomina penanya seperti : Apa, Mana, dan Siapa.

B. Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubungdigunakan dalam teks eksposisi bertujuan untuk memperkuat sebuah argumentasi. Berikut ini adalah jenis konjungsi atau kata penghubung yang bisa kita temukan di dalam teks eksposisi :

  • Konjungsi waktu, misalnya : sebelum, kemudian, sesudah.
  • Konjungsi pembatasan, misalnya : selain, kecuali.
  • Konjungsi gabungan, misalnya : dan, serta, dengan.
  • Konjungsi tujuan, misalnya : untuk, agar, supaya.
  • Konjungsi persyaratan, misalnya : apabila, bilamana, jikalau.
  • Konjungsi perincian, misalnya : yakni, ialah, yaitu.
  • Konjungsi sebab-akibat, misalnya :sebab, karena, sehingga.
  • Konjungsi pertentangan, misalnya : sedangkah, namun, akan tetapi.
  • Konjungsi pilihan, misalnya : atau.
  • Konjungsi penguatan, misalnya : lagi pula, hanya, apalagi.
  • Konjungsi penjelasan, misalnya : bahwa.
  • Konjungsi perbandingan, misalnya : ibarat, seperti, serupa.
  • Konjungsi penyimpulan, misalnya : oleh karena itu, jadi.

C. Kata Leksikal

  1. Nomina : Yaitu kata yang muncul pada benda, baik itu berupa benda nyata ataupun benda yang abstrak.
  2. Verba : Yaitu kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses ataupun sebuah keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv : Yaitu kata yang digunakan untuk menjelaskan sifat atau keadaan orang, binatang, ataupun benda.
  4. Adverbia : Yaitu kata yang melengkapi atau menjelaskan informasi berupa keterangan tempat, suasana, waktu, cara, dan yang lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan


Contoh Teks Eksposisi
notepam.com

Manfaat Lidah Buaya

Tesis

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Argumentasi

Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :

1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.

2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.

3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang 

Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi


Teks Eksposisi
notepam.com

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis

Disaat kondisi perekonomian global tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan hasil yang sangat positif.

Jika dibandingkan pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun lalu, ekonomi di Indonesia meningkat kurang lebih sekitar 6,4%.

Pertumbuhan ini masih tetap terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila kita akumulasikan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 jauh lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya tumbuh sekitar 6,3%.

Argumentasi

Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dinilai mengalami anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak di ikuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.

Tidak hanya itu saja, Daeng juga menjelaskan, sekurang-kurangnya ada 4 faktor yang membuat ekonomi di Indonesia ini mengalami anomali.

Pertama, perekonomian di Indonesia jauh lebih banyak di tengarai oleh hutang asing yang nilainya semakin meningkat.

Kedua, pengingkatan daya konsumsu masyarakat juga dinilai mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ketiga, ekonomi di Indonesia pertumbuhannya juga di dorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, bahan tambang, dan yang lainnya.

Keempat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia di dorong oleh penanaman pihak oleh pihak asing yang menjadikan sumber daya alam di Indonesia semakin dikuasai asing.

Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, seorang Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di topang oleh sektor domestik.

Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurun ekspor akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat pada tahun ini. Ia menilai konstribusi ekspor terhadap PDB tidak begitu besar.

Penegasan Ulang 

Menurut A Tony Prasetianto, belanja pemerintah yang lebih cepat dan begitu besar sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % sangat membantu, walaupun hal tersebut mempunyai dampak, yaitu nilai subsidi energi akan terus membengkak yang sebenarnya tidak sehat.


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum


Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
notepam.com

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis

Semestinya hukum di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

Argumentasi

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat mewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik


Berikut ini adalah penjelasan mengenai contoh teks eksposisi singkat tentang politik lengkap dengan strukturnya. Perhatikan ulasan dibawah ini :


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan


Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan beserta contohnya.  Perhatikan ulasan dibawah ini :

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, kaidah teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, dan jenis jenis teks eksposisi. Lengkap dengan :

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan
  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum
  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik
  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi
  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tinggalkan komentar