17+ Contoh Teks Eksposisi Singkat dalam Berbagai Kasus [LENGKAP]

Contoh Teks Eksposisi – Teks Eksposisi merupakan rangkaian kalimat yang menjelaskan suatu fenomena, kasus, maupun informasi kepada pembaca tertentu. Tujuan dari teks eksposisi itu sendiri adalah memaparkan, memberitahukan, menginformasikan dengan terperinci. Berikut akan dipaparkan beberapa contoh teks eksposisi dari berbagai tema :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Pare terkenal dengan rasanya yang khas sekali yakni pahit, namun juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Pare biasa dikonsumsi dalm bentuk masakan, rebusan, sebagai suplemen, dan bahkan sebagai teh. Pare juga kerap dikaitkan dengan manfaatnya yang mampu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kenapa pare selalu dikaitkan dengan cara menurunkan gula darah tubuh? Hal ini karena pare memiliki sifat yang bertindak seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk sumber energi. Sebagai buah yang juga memiliki sifat sayuran, pare mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Mengonsumsi pare juga dapat membantu sel memindahkan glukosa ke hati, otot, dan lemak. Pare juga dapat membantu tubuh mempertahankan nutrisi dengan menghalangi konversi mereka menjadi glukosa yang berakhir di aliran darah. Walaupun pare bukanlah satu-satunya yang akan mengobati diabetes, namun pare memang dapat mengelola kadar gula darah dengan baik.

Selain memiliki manfaat, pare juga memiliki efek samping seperti diare, muntah, dan masalah usus. Jika bercampur dengan obat lain untuk mengubah keefektifannya. Jadi, mengonsumsi pare memang memiliki banyak manfaat yang salah satunya berkaitan dengan menurunkan kadar gula atau penyakit diabetes. Namun, jangan sampai pare dijadikan satu-satunya obat untuk penyakit tersebut.

Contoh Teks Eksposisi Kewarganegaraan

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Setiap manusia harus memiliki sikap empati kepada manusia lainnya. Hal ini juga ditegaskan dalam dasar negara Indonesia, Pancasila yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Hal ini dapat dipraktekkan dalam kehidupan, bahwa kita sebagai manusia harus bisa sama-sama mempertahankan keadilan sesama manusia. Selain memenuhi kebutuhan selayaknya, kita sebagai manusia juga harus memperlakukan manusia lain secara adil.

Masih banyak kasus yang melanggar sila kedua Pancasila, seperti yang kerap terjadi, yakni memperkerjakan anak di bawah umur. Tak hanya satu dua orang tua yang merelakan anaknya untuk menjadi pengamen, menjual makanan di jalanan. Padahal pada umur saat itu, anak-anak harus mengenyam pendidikan.

Contoh lain kasus dalam kehidupan yang melanggar sila kedua Pancasila adalah tawuran sesame anak sekolah yang masih banyak terjadi di kalangan remaja. Selain dapat membuat para siswa yang mengikuti tawuran terluka, tindakan ini tentu merupakan sikap yang tidak beradab dan menyimpang dari sila kedua Pancasila.

Walaupun, saat ini kita tidak bisa langsung mengatasi permasalahan yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila sila kedua, setidaknya kita memiliki sikap yang baik kepada sesama. Dengan demikian, perubahan mulai dari kita, ditanamkan kepada anak cucu dan akan dilestarikan dengan baik untuk menyongsong sikap kemanusiaan yang lebih baik.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Undang-undang di Indonesia menjadi patokan untuk mengatur hukuman untuk seluruh pelaku tindakan kejahatan yang ada. Namun, tak sedikit yang mengalami kerugian karena ketidakadilan hukum yang ada di Indonesia, terutama kasus koruptor yang terus menerus ada dilakukan oleh para pejabat pemerintahan.

Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat karena koruptor mengambil sedikit banyak uang Negara yang dibutuhkan untuk kepentingan umum. Namun, saat ini hukuman yang berlaku untuk koruptor masih saja terbilang ringan. Bahkan beberapa fakta menunjukkan koruptor masih mendapatkan berbagai fasilitas mewah, walaupun saat ini masih berada di balik jeruji besi.

Banyak kasus yang menimpa rakyat yang tidak memiliki kekuasaan, seperti kasus pencurian 3 butir kakao oleh Nenek Minah yang berasal dari Kota Banyumas yang harus dihukum selama 1,5 bulan penjara. Namun, masih juga ada koruptor yang awalnya dihukum selama 15 tahun, sempat tidak berada di lapas tanpa alasan yang jelas, dan tiba-tiba mendapatkan surat bebas yang dikeluarkan pihak lapas.

Hal ini tentu sangat membuat miris dan ironi terhadap permasalahan hukum yang ada di negara Indonesia ini. Perbandingan yang cukup jelas bahwa orang miskin sering menjadi korban tak berdaya dan para koruptor yang memiliki kekuatan baik dalam bidang ekonomi, politik, maupun sosial diperlakukan berbeda dan lebih baik daripada orang kecil.

Contoh Teks Eksposisi Kecantikan

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Lidah buaya banyak digunakan dalam produk kecantikan karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk rambut, wajah, maupun kulit. Lidah buaya juga memiliki kandungan antivirus dan antibakteri, dan kemampuan untuk membantu mengobati segala sesuatu dari sembelit hingga diabetes. Lidah buaya juga banyak digunakan sebagai krim kecantikan, jus sehat dan suplemen diet.

Seiring waktu, lidah buaya dapat dikonsumsi maupun digunakan untuk pemakaian luar.Tanaman lidah buaya memiliki daun berduri dan pahit yang bertindak sebagai pertahanan untuk menjaga diri dari hewan dan serangga. Daunnya memiliki gel bening, juga sangat pahit, dan dikenal di seluruh dunia karena sifat penyembuhannya yang luar biasa.

Gel dari lidah buaya inilah yang memiliki sangat banyak manfaat yang terdiri dari 96% air, beberapa senyawa organik dan anorganik, sejenis protein yang mengandung 18 dari 20 asam amino yang ditemukan dalam tubuh dan terakhir, Vitamin A, B, C dan E. Bagian lain dari tanaman lidah buaya yang digunakan adalah ‘getah’, cairan berwarna kuning yang menempel pada kulit tanaman dari dalam.

Setelah menggunakan gel lidah buaya untuk perawatan kecantikan kulit, gel lidah buaya memang menyejukkan dan mendinginkan. Dan gel lidah buaya memiliki khasiat untuk mengobati luka, baik luka ringan, kulit kering dan luka bakar yang parah. Dan, hal ini yang membuat lidah buaya harus ada di rumah menjadi salah satu tanaman yang banyak manfaat baik.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Masuk dan belajar di Perguruan Tinggi Negeri merupakan hal yang saat ini banyak orang mengidamkannya. Namun, hal ini juga turut membuat paradigma masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah suatu hal yang harus dilaksanakan oleh para Siswa Menengah Atas, termasuk mengikuti dengan baik perubahan skema pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri baru saja dilakukan oleh Menteri Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Proses baru yang harus dilakukan oleh Siswa Menengah Atas ini mengacu pada prinsip-prinsip yang adil, transparan, efisien, fleksibel, akuntabel, dan terutama sesuai dengan perkembangan digital yang ada. Hal ini juga menyokong kebijakan baru Kemenristekdikti membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Para Siswa Menengah Atas harus melewati Ujian Tulis Berbasis Komputer maksimal sebanyak dua kali dengan tes soal yang berbeda dan dapat menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar program studi yang diinginkan. Mereka pun harus membayar UTBK dengan harga 200.000 untuk satu kali tes. Hal-hal di atas harus dilalui para Siswa Menengah Atas yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Maka dari itu, perjuangan para Siswa Menengah Atas saat ini harus fokus dalam dua hal, tak hanya untuk mendapatkan status lulus pada Ujian Akhir Nasional, namun juga mendapatkan nilai tinggi pada Ujian Tulis Berbasis Komputer. Hal ini agar mereka dapat meraih cita-cita mendapatkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan Hidup

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Permasalahan buang sampah sembarangan saat ini semakin serius. Tak hanya sekadar buang sampah di selokan, namun juga di tempat-tempat seperti laut, jalanan, yang semakin memprihatinkan. Hendaknya kesadaran terus ditingkatkan terutama dalam membuang sampah. Salah satu kasus yang cukup serius adalah ditemukannya paus jenis Sperm Whale yang terdampar di Wakatobi dengan perut berisi sampah.

Memang belum diketahui secara pasti apakah sampah di perut paus tersebut menyebabkan kematian, namun hal ini sangat melukai hati pencinta binatang.Adanya sampah di perut seekor paus ini cukup memprihatinkan, karena sampah plastik tersebut sulit dan bahkan tidak bisa dicerna, tidak bisa terurai, dan meracuni paus tersebut.

Berbagai macam sampah dari penutup galon, botol plastik, gelas plastik, piring plastik, kresek, sandal jepit, botol parfum, sobekan terpal, hingga jaring di dalam perut paus tersebut. Hati mana yang tak miris melihat di dalam perut makhluk Tuhan terdapat berbagai macam sampah plastik. Hal ini jelas sangat merugikan tak hanya untuk para paus, namun juga makhluk hidup lain, bahkan bisa juga berdampak pada manusia.

Karena itu, menjaga kebersihan mulai dari kita dan mengingatkan lingkungan di sekitar kita bahwa lingkungan yang bersih tanpa buang sampah sembarangan adalah hal yang wajib kita tingkatkan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Otomotif

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Memiliki mobil merupakan salah satu hal yang tentunya diidamkan oleh semua orang. Saat ini mobil tak hanya memiliki manfaat untuk kemudahan transportasi, namun juga sebagai gaya hidup yang harus ditunjang. Tetapi, karena hal itu banyak yang memiliki mobil namun tak mengerti bagaimana cara merawat berbagai macam hal simpel seperti wiper. Permasalahan wiper cepat rusak merupakan salah satu hal yang kerap dijumpai.

Penggunaan karet wiper yang salah seperti pengaktifan saat kaca sedang kering sebenarnya adalah salah, walaupun kamu mungkin sedang mencoba mengeceknya. Hal ini sama seperti saat mengaktifkan wiper saat sedang berdebu. Sama seperti halnya dengan perawatan berkala yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Mulai dari 1000 km atau satu bulan setelah pemakaian, pemilik mobil harus mengecek atau mengikuti servis pertama.

Hal di atas memang tidak terlalu mengkhawatirkan mobil, namun bila ada salah satu komponen yang menganggu, hal tersebut bisa membuat berkendara semakin tidak nyaman. Servis pertama setelah 1000 km juga merupakan syarat dari garansi yang diberlakukan, sehingga wajib memeriksa agar dapat mendeteksi sejak awal jika ada komponen yang rusak sebelum menjadi semakin parah.

Sekali lagi, perawatan-perawatan kecil seperti inilah yang banyak pemilik mobil tidak ketahui dan menjadi kerusakan pada bagian-bagian mobil. Harusnya, memiliki mobil bukanlah untuk memenuhi gaya hidup saja, namun memang saat hal tersebut menjadi suatu kebutuhan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Perkembangan Infrastruktur

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Perkembangan infrastruktur di suatu tempat merupakan hal yang cukup penting untuk melancarkan kebutuhan masyarakat. Selain untuk meningkatkan mobilitas kebutuhan, hal ini juga berpengaruh terhadap bisnis dan investasi suatu daerah, seperti di Cawang, Jakarta Timur. Perkembangan di daerah Cawang saat ini diyakini akan menjadi kawasan yang diperhitungkan.

Posisi Cawang ini sangatlah strategis dan berada di jalur perlintasan Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Cawang sangat mudah dilewati. Banyak juga jalur transportasi yang hadir di daerah tersebut seperti TransJakarta, Commuter Line, Jalan Tol Dalam Kota, dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Tentunya, mobilitas tinggi di daerah Cawang tidak diragukan lagi kedepannya.

Selain itu, sangat mudah bagi para pebisnis maupun investor yang memiliki urusan di Cawang karena sangat dekat dengan bandara Halim Perdana Kusumah.Meningkatnya daerah Cawang ini juga berpengaruh kepada hunian, bekerja, bahkan aktivitas sehari-hari. Banyaknya apartemen dengan tipe studio ini sangat meningkat dan berdampak lagi pada bisnis baik properti, kuliner, maupun pusat perbelanjaan di sekitar Cawang.

Hal inilah yang harus terus diyakini bahwa pembangunan infrastruktur akan membawa dampak baik maupun buruk. Walaupun perkembangan infrastruktur suatu daerah tentunya membutuhkan waktu, namun dampak baik yang ada akan berlanjut pada perkembangan transportasi, bahkan bisnis dan investasi suatu daerah tersebut cukup sebanding dengan hasil yang akan dituai.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Edukasi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Seorang pelajar yang memiliki banyak kebutuhan namun tidak ingin membebankan biaya kepada orang tua dapat memilih pekerjaan sampingan sebagai solusi. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi, namun akan menjadi sebuah masalah jika terlalu asyik dengan pekerjaan hingga membuat kegiatan di sekolah terganggu. Yang paling penting dalam mengikuti pekerjaan sampingan ini adalah ketekunan, kedisiplinan, dan dapat membagi waktu dengan baik.

Melakukan pekerjaan sampingan juga memiliki banyak manfaat, tak hanya sekadar mendapat tambahan uang jajan, namun juga dapat belajar menghargai pekerjaan orang lain. Dengan melakukan pekerjaan sampingan, tentunya pelajar akan memahami bagaimana susahnya mencari pekerjaan, melakoni pekerjaan yang ia lakukan, serta mengetahui bagaimana harus menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Banyaknya manfaat kehidupan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan tidak hanya itu saja, belajar bertanggung jawab juga menjadi hal penting yang para pelajar dapatkan setelah melakukan pekerjaan sampingan. Para pelajar juga dapat membayangkan bagaimana jika suatu saat nanti ia harus menghidupi dirinya tanpa bantuan orang tua. Lingkup kerja yang baik juga akan memberikan jaringan yang terbuka lewat pekerjaan sampingan tersebut.

Memang, banyak sekali para pelajar yang masih malu melakukan pekerjaan sampingan karena gengsi maupun alasan waktu. Namun, jika ingin belajar lebih dengan sepakat tidak mengganggu studi di sekolah, hal ini akan menjadi nilai lebih bagi para pelajar, menghargai uang, waktu, dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Polusi Udara

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Polusi udara merupakan masalah serius yang sejak dulu menghampiri masyarakat. Tak hanya masalah polusi udara di jalanan karena penyebab kendaraan, kebiasaan merokok juga merupakan salah satu faktor polusi udara bahkan mematikan para penghirup pasif. Bahkan, asap dari rokok yang dikeluarkan 10 kali lebih besar dari knalpot mobil diesel. Hal ini tentunya sangat menakutkan untuk kesehatan paru-paru.

Asap yang dihasilkan oleh tembakau merupakan partikel halus yang merupakan unsur paling berbahaya dari polusi udara untuk kesehatan. Rokok terbuat dari daun tembakau yang awalnya menyerap semua karbon dari atmosfer saat mereka tumbuh. Ketika perokok menghisapnya, itu baru saja mengembalikan karbon sehingga efek udara bersihnya adalah nol.

Di sisi lain, perokok hidup 10 tahun lebih sedikit daripada non-perokok rata-rata. Selain itu, tingkat bahaya asap tembakau di dalam ruangan bisa jauh melebihi mereka di luar ruangan, karena model mesin baru dan bahan bakar bebas timbal telah memotong tingkat emisi partikel dari knalpot mobil. Nah, hal itu lah yang perlu diperhatikan oleh para perokok yang otomatis membuat adanya polusi udara dalam bentuk lain.

Bahaya merokok yang saat ini sudah terpasang di berbagai iklan juga masih saja diabaikan oleh para perokok. Padahal hal ini sangat membahayakan baik untuk si perokok, keluarga, maupun untuk orang-orang di sekitarnya. Kesadaran merokok di tempat yang telah tersedia, atau menjauhi orang lain juga sangat penting mengingat meningkatkan kanker paru-paru yang ada saat ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Digital

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Pasar modal di Indonesia terus berlomba-lomba mencari investor dan mengembangkan investasinya. Bursa Efek Indonesia terus mengakselerasi pertumbuhan investor dan pendalaman pasar. Hal ini kemudian dilakukan dalam upaya menguatkan daya tahan pasar untuk menghadapi persaingan ekonomi secara global.

Pendalaman pasar modal dengan menggunakan cara memperluas investor domestik, dengan menambah jumlah perusahaan yang tercatat di dalam negeri untuk menghadapi gejolak. Meskipun saat ini pasar modal di Indonesia masih sangat awal.Jika ada tekanan yang berasal dari eksternal, hal ini akan membuat pasar keuangan Indonesia lebih rentan terkena gejolak tersebut.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi, demografinya bagus, namun kurang dalam pasar modal.Indonesia pun masih sangat tergantung pada investor asing, arus transaksi modal pada investasi portofolio pada surat berharga negara merupakan salah satu hal yang menjadi tumpuan Indonesia.

Banyak inisiatif yang akan dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia dalam mempercepat pertumbuhan pasar modal di Indonesia, termasuk memperdalam pasar dengan mengembangkan produk turunan.Kita sebagai warga negara Indonesia pun harus terus bangga terhadap Indonesia dan ikut membantu mempromosikan berbagai pariwisata.

Banyaknya surat obligasi negara yang mengajak masyarakat Indonesia juga bisa membantu negara agar mengurangi ketergantungan pada investor asing.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pariwisata

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Banyaknya pariwisata di Indonesia merupakan hal yang tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Kita pun juga bisa membantu pariwisata Indonesia agar terus maju, dengan bertamasya dan mengenalkannya ke dunia. Indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam, cagar budaya yang beragam, dan sumber daya manusia yang kreatif harus terus dilestarikan.

Meningkatnya para wisatawan mancanegara yang bertamasya ke Indonesia dari 21,88% juga dinilai sangat bagus dan perlu dipertahankan. Daya saing Pariwisata Indonesia dari peringkat 70 di ranking dunia pada tahun 2013, kemudian naik ke posisi 42 di 2017. Dampak lain dari hal ini juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia yang memiliki destinasi wisata.

Promosi mulai dari mendatangi tempat pariwisata tersebut juga bisa kita lakukan. Selain untuk menenangkan dan menyenangkan diri, kita juga bisa melihat potensi wisata di berbagai destinasi wisata. Sebagai pengunjung pun, kita bisa memulai dengan membantu promosi melalui sosial media betapa indahnya destinasi wisata di Indonesia.

Banyak hal yang dapat dilakukan saat mendatangi tempat wisata di Indonesia. Namun, kita harus menjauhi hal-hal yang tercela. Misalnya saja, memetik tanaman, merusak fasilitas yang ada di tempat wisata, maupun membuang sampah sembarangan. Setidaknya, kita bisa membantu pariwisata Indonesia dengan menikmati tempat wisata dengan baik dan tidak merusaknya.

Contoh Teks Eksposisi Produk Make Up

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Menggunakan produk kecantikan pasti memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa wanita pasti lebih memilih menggunakan produk kecantikan yang memiliki segudang manfaat dalam satu produk,salah satunya serum wajah. Serum wajah tak hanya membuat wajah menjadi lebih cerah, namun juga membuat beberapa permasalahan dapat terselesaikan, seperti kulit berminyak maupun berjerawat.

Banyak manfaat serum wajah yang lebih banyak didapatkan dibandingkan dengan perawatan wajah lainnya. Pembersih dan pelembap biasanya mengandung antara 5 dan 10% bahan aktif, sedangkan serum dapat mengandung hingga 70%. Serum juga jauh lebih ringan dan lebih cepat diserap daripada pelembap, sehingga menjaga kulit terhidrasi.

Nah, bagi para wanita, mungkin hal ini akan sedikit mengeluarkan biaya karena harga produk kecantikan serum tidaklah murah. Namun, produk ini cukup terbukti penggunaannya membuat wajah lebih sehat dan segar walaupun tampil tanpa menggunakan riasan. Penggunaan serum juga sangat mudah dan banyak ditemui di beberapa pusat perbelanjaan maupun dibeli secara online di berbagai e-commerce.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Budaya

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan bahkan dengan budayanya yang sangat beragam. Keberagaman budaya Indonesia ini juga sangat perlu dipertahankan, bahkan terus dilestarikan. Namun, banyak pemuda Indonesia yang saat ini acuh tak acuh dengan budaya di Indonesia yang telah ada sejak dahulu.

Banyaknya kasus klaim budaya sudah pernah dihadapi oleh Indonesia, mulai dari kain batik hingga tari Reog dari Ponorogo. Harusnya, dengan adanya klaim budaya Indonesia di negara asing tersebut, membuat para pemuda Indonesia terus mengangkat budaya Indonesia agar permasalahan yang sama tak terulang kembali.

Banyak cara yang dapat dilakukan pemuda Indonesia untuk membantu mengangkat budaya yang ada di Indonesia. Salah satunya misalnya menggunakan wastra Indonesia dalam berbusana, seperti tenun, batik, lurik yang saat ini sudah banyak didesain sedemikian rupa hingga tetap modis dan mengikuti zaman.

Cara lain untuk memajukan budaya Indonesia melalui pemuda yakni dengan mempelajari budaya Indonesia minimal di daerah tempat tinggalnya lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari lebih banyak budaya di Indonesia. Melalui pariwisata ke berbagai penjuru di Indonesia juga dapat dilakukan untuk melihat lebih dekat beragam budaya di Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pergaulan Remaja

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Zaman saat ini banyak sekali budaya asing yang masuk ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, nilai-nilai budaya Indonesia juga cukup tergerus. Hal ini yang perlu kita khawatirkan dan harus lebih dipedulikan. Pergaulan remaja yang buruk juga harus dihindarkan dari penyimpangan maupun permasalahan hukum.

Pergaulan remaja yang buruk dipengaruhi oleh berbagai macam hal, mulai dari lingkungan terdekat yakni keluarga, kerabat, tetangga, maupun dari lingkungan sekolah dari teman hingga kakak atau adik kelas. Pengaruh pergaulan remaja yang buruk juga bisa dikaitkan dengan umur bagi seseorang mulai mencari jati diri dan membedakan antara yang baik dengan yang buruk.

Sebagai penerus bangsa, remaja harus sadar bahwa saat ini persaingan bukan hanya dari satu negara atau kawasan negara saja, namun persaingan secara global. Selain harus melek akan persaingan global, saat ini remaja harusnya mengerti bagaimana dunia sudah bermain dengan teknologi. Bahkan, saat ini berbagai sektor sudah mulai menggunakan berbagai teknologi.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kurikulum Baru

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Masalah pendidikan merupakan salah satu masalah penting yang harus di tuntaskan dan dimasukkan ke dalam salah satu kebijakan dalam dan luar negeri Indonesia. beberapa tahun terakhir, gebrakan baru muncul untuk merevormasi sistem pendidikan di Indonesia melalui kurikulum 2013. Perubahan yang signifikan ini tentunya tidak serta merta dilakukan bukan tanpa dasar yang kuat.

Menurut kementerian pendidikan dan kebudayaan, diterapkannya kurikulum baru ini lebih diprioritaskan pada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia baik swasta ataupun negeri yang telah memiliki standar internasional dan mempunyai kareditas A. Kurikulum 2013 ini diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas lulusan siswa yang level pendidikannya sudah setara sekolah internasional berkelas.

Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa sekolah biasa juga bisa menerapkan kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikannya. Mengingat persyaratan dari penerapan kurikulum 2013 adalah untuk sekolah-sekolah yang harus bisa terjangkau oleh distribusi media pendidikan yaitu buku. Hal ini memungkinkan seluruh sekolah berkesempatan menerapkan kurikulum 2013.

Fokus yang ingin dituju pada kurikulum 2013 ini adalah pembangunan sikap, pendidikan karakter, dan keterampilan atau potensi yang dimiliki siswa yang berlandaskan pada ilmu ilmiah. Kurikulum ini juga memfokuskan pada pendidikan kejiwaan dengan menekankan hubungan manusia dengan Tuhan dan rasa syukur melalui penciptaan karya, menghargai kelebihan dan menerima kekurangan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta menuturkan bahwa kurikulum baru ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, meningkatkan nasionalisme anak didik, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Sehingga kurikulum ini diharapkan menghasilkan masyarakat yang memiliki kecerdasan tidak hanya pada materi yang disampaikan saja tapi dapat mengembangkan sendiri.

Hal yang paling tampak terlihat dalam kurikulum ini pada sistem belajar di dalam kelas dimana praktik lebih di tonjolkan daripada hafalan. Peserta didik selama ini dianggap hanya fokus pada beban hafalan tanpa mereka memahami apa yang sedang mereka hafal. Sedangkan  mereka tidak difasilitasi dalam mengembangkan kreativitas dan potensi mereka dalam hal praktik dan eksekusi langsung.

Akan tetapi banyak juga masyarakat terutama orang tua siswa yang tidak setuju bahkan menolak diterapkannya kurikulum 2013 dengan alasan terlalu mendadak dan cenderung memaksa. Orang tua siswa merasa sistem ini justru akan membuat siswa tidak menguasai mata pelajaran secara keseluruhan karena mata pelajaran yang diajarkan menjadi lebih di sederhanakan dan praktik yang  lebih ditekankan.

Para orang tua siswa juga merasa bahwa waktu yang dibutuhkan untuk belajar pada sistem baru ini dirasa membebankan siswa karena membutuhkan waktu belajar yang lebih lama. Hal ini membuat penerapan kurikulum 2013 justru mendapat banyak hambatan dan bahkan beberapa sekolah kembali mengadopsi sistem pendidikan kurikulum sebelumnya yang dianggap lebih efisien dan efektif.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Menggunakan Plastik

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Indonesia dengan populasi penduduk terbesar ke 4 di dunia ini menyumbang setidaknya sampai beribu ton perharinya. Lebih parahnya lagi bahwa sampah tersebut tidak semuanya dapat diuraikan oleh tanah sekalipun dapat didaur ulang juga tidak semuanya dapat dilakukan. Salah satu sampah yang menjadi problem umum dari sampah rumah tangga adalah penggunaan sampah plastik.

Plastik yang terbuat dari minyak bumi ini termasuk sampah yang sangat sulit terurai oleh tanah bahkan tidak bisa larut dalam air dengan cepat. Dibutuhkan sekurangnya 10 tahun agar sampah plastik bisa terurai oleh tanah. Hal ini menyebabkan plastik sampah menjadi pemucu berbagai masalah lingkungan. Penggunaan plastik oleh masyarakat Indonesia sangatlah tinggi di setiap daerah.

Budaya menggunakan plastik ini seolah-olah menjadi solusi yang paling praktis tanpa memikirkan jangka panjang dari pengunaan plastik tersebut. Jenis plastik yang paling banyak digunakan ialah kantong plastik, botol minuman kemasan plastik, dan juga sedotan. Dimana dua dari jenis yang sudah disebutkan yakni sedotan dan kantong plastik lebih sulit untuk di reduce, reuse, dan recycle karena dianggap remeh.

Penggunaan sedotan memang terlihat sepele dan biasa saja, akan tetapi menurut sejumlah pakar lingkungan dan peneliti lingkungan mengungkapkan fakta bahwa jika sampah sedotan di Indonesia saja pertahunnya disambungkan maka panjang sedotan tersebut akan mencapai benua Eropa. Jika kondisi ini terus saja terjadi, maka mengubah Indonesia menjadi negeri sampah yang sangat buruk.

Beberapa perusahaan makana dan minuman cepat saji terkemuka sudah menginiaskan pengurangan penggunaan wadah plastik dan sedotan untuk mengurangi tingkat ketergantungan dan penggunaan sedotan di Indonesia. Selain itu, perlu kesadaran masyarakat juga untuk mengurangi tingkat penggunaan kantong plastik sebagai solusi wadah yang dianggap praktis, efisien, dan ekonomis.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Alat indera pada tubuh manusia umumnya terdiri pada 5 titik yang tersebut di seluruh tubuh secara sempurna. Indera digunakan manusia untuk merasakan, mengecam, mencium, mengecap, mendengar dan melihat. Secara logika, alat indera merupakan bagian tubuh manusia yang lebih peka da bagian tubuh  lainnya sehingga seringkali alat indera digunakan setiap hari tiada hentinya.

Ke 5 indera yang tersebar di tubuh manusia mulai dari mata untuk melihat objek, telinga untung mendengar suara, lidah untuk mengecap atau mencicipi rasa, hidung untuk membau atau mencium bau, dan kulit untuk merasakan objek dengan cara sentuhan atau merasakan suhu. Perlu diketahui bahwa tidak semua permukaan kulit peka. Kulit yang paling peka terhadap suhu adalah kulit pada ujung jari.

Kelengkapan alat indera seringkali dijadikan sebagai tolak ukur apakah manusia tersebut sempurna atau tidak karena beberapa persepsi mengatakan manusia tidak sempurna jika salah satu indera pada tubuhnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. untuk itulah mengapa alat indera ini sangat penting untuk dijaga kesehatan dan diwajibkan untuk memelihara dengan baik.

Contoh Teks Eksposisi Proses Membuat Air Lemon

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

haLemnon mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Lemon merupakan buah tropis dengan ciri bulat lonjong berwarna kuning cerah. Lemon banyak di konsumsi oleh manusia terutama diolah terlebih dahulu karena rasa masam lemon yang tinggi membuat buah ini terkadang hanya digunakan sebagai penambah rasa segar saja.

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang berperan sebagai anti bakteri membuat lemon dijadikan tidak hanya sebagai sekadar makanan semata melainkan memanfaatkan khasiatnya yang sangat banyak. Air lemon mampu membunuh bakteri baik di luar tubuh maupun dalam tubuh. Air lemon juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal buruk yang mengganggu kesehatan tubuh.

Memanfaatkan lemon untuk kesehatan sebenarnya sangat mudah. lemon biasanya diolah menjadi air lemon yang membantu membersihkan usus dan menangkal radikal bebas. Cara membuat air lemon juga sangat gampang. Pertama siapkan bahan seperti satu buah lemon segar, wadah air bisa gelas bisa juga botol minum, namun lebih direkomendasikan menggunakan botol minum yang tertutup.

Kemudian siapkan air minum secukupnya. Sebelum mengolah lemon, sebaiknya di lemon diletakkan dalam frezzer sampai dingin atau membeku. Hal ini guna mengeluarkan kandungan vitamin C secara maksimal pada lemon. Akan tetapi bisa juga langsung memotong lemon dalam keadaan segar. Setelah di potong membentuk bulat dengan potongan horizontal, masukan potongan lemon ke dalam air.

Lalu diamkan beberapa menit sampai air lemon menyatu dengan air putih. Air lemon terasa sangat asam sehingga bagi yang menderita maag atau tidak kuat dengan rasa asam bisa menambahkan pemanis alami seperti madu atau gula daun stevia. Bisa juga menyimpan air lemon yang sudah dibuat di dalam lemari es agar air lemon lebih segar dan irisan lemon juga dapat mengeluarkan vitamin C lebih banyak.

Contoh Teks Eksposisi Pengolahan Rumput Laut

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Rumput laut merupakan komoditi yang menjanjikan karena selain dapat diolah menjadi produk kecantikan yang bernilai jual tinggi, rumput laut juga enak di konsumsi. Ada berbagai cara mengolah rumput laut agar dapat di konsumsi. Sebenarnya rumput laut sudah dapat di konsumsi langsung namun rasanya tidak terlalu enak. Salah satu olahan mudah dan lezat rumput laut adalah dodol rumput laut.

Pertama-tama pilih rumput laut lalu cuci dan bersihkan dari pasir ataupun kotoran yang tersangkut Tidak semua rumput laut dapat digunakan sebagai bahan pembuatan dodol. Jenis rumput laut yang bisa ialah adalah rumput laut yang menyerupai akar serabut dan batangnya kenyal serta renyah jika digigit. Rumput laut jenis ini paling  banyak di konsumsi dan diolah menjadi produk makanan lainnya.

Setelah dibersihkan, siapkan wajan beserta air dan masak air hingga suhu 100 derajat Celsius dengan ciri air mulai meletup dan mendidih. Selanjutnya masukan rumput laut yang sudah di bersihkan lalu aduk sampai air rebusannya tadi sedikit mengental. Aduk terus sampai sari-sari rumput laut keluar dan menyatu dengan air. Selanjutnya saring air rebusan dan sisih kan ampas rumput laut.

Setelah itu, air saringantadi kembali dimasak dengan menambahkan gula dan perasa buah agar rasa alami rumput yang sedikit amis dan khas tidak terlalu dominan. Kemudian aduk sampai rata dan jangan sampai adonan tersebut mengental seperti dodol. Jangan membiarkan adonan diatas api tanpa mengaduk karena nantinya adonan bagian bawah akan hangus dan memengaruhi rasa dodol.

Setelah benar-benar lengket dan sulit untuk diaduk, matikan api dan bentuk dodol diatas loyang kemudian potong membentuk kotak-kotak selagi hangat. Kemas dalam kertas minyak agar ketika menyimpan tidak lengket satu sama lain. Dodol kemudian bisa di santap setelah dingin. Dodol menjadi makanan ringan nan manis dan legit andalan ketika hari-hari besar seperti hari Lebaran.

Contoh Teks Eksposisi Pembuatan Tepung Sagu

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Sagu merupakan tanaman palawija sekaligus sebagai makana pokok masyarakat Indonesia di bagian timur seperti Papua, Maluku dan NTT. Sagu sendiri merupakan tanaman yang dimanfaatkan sari pohonnya untuk diolah menjadi tebung sagu. Tepung sagu tidak hanya di konsumsi oleh masyakarak Indonesia bagian timur tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Penggunaan tepung sagu ini biasanya disajikan sebagai bahan utama pembuatan kue tradisional, bubur, campuran es dan sebagainya. Di indonesia bagian timur sendiri, pengolahan sagu menjadi tepung dilakukan dengan cara tradisional dan sederhana. Akan tetapi memerlukan waktu 2 sampai 3 hari tergantung cuaca karena tepung sagu haruslah di jemur terlebih dahulu.

Cara pengolahan sagu pertama kalinya dengan memilih pohon sagu yang sudah tua. Kemudian pohon diambil bagian dalamnya saja yang berwarna putih. Batang pohon sagu kemudian di potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil agar mudah di hancurkan. Menghancurkan pohon sagu ini menggunakan peralatan sederhana atau bisa juga dengan peralatan seperti senso atau gergaji mesin agar lebih cepat.

Parutan batang sagu ini kemudian di tambahkan air dan di remas sampai sari-sarinya keluar lalu disaring. Setelah mendapat air batang sagu yang bersih kemudian didiamkan pada wadah yang sedikit cekung agar nantinya sari-sari sagu terpisah dari air dan mengendap di permukaan wadah. Proses ini memakan waktu setidaknya sehari semalam. Sampai akhirnya air dipisahkan dari sari sagu yang mengendap.

Sari sagu yang mengendap dan masih basah tersebut lalu diletakkan diatas permukaan wadah yang datar dan diratakan lalu siap di jemur. Penjemuran ini memakan waktu 2 hari jika intensitas cahaya matahari cukup sepanjang hari untuk mengeringkan sagu. Setelah benar-benar kering, sagu bisa diolah menjadi makanan lainnya dan  tahan disimpan dalam beberapa bulan di tempat kering.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Yogyakarta dan Jakarta merupakan kota besar yang ada di Indonesia. Keduanya sama-sama menjadi ikon kota Indonesia serta keduanya pernah menjadi ibu kota Indonesia. Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa kolonialisme dahulu. Sedangkan Jakarta menjadi Ibu kota Indonesia sampai sekarang. Kedua kota ini juga memiliki nama lain atau gelar lain yang hanya dimiliki oleh keduanya.

Jakarta menyandang gelar Daerah Khusus Ibukota dan Yogyakarta menyandang gelar Daerah Istimewa Yogyakarta. Kata istimewa disini dikarenakan memang Yogyakarta memiliki Privilege dimana kota lain tidak memilikinya. Hak istimewa yang dimaksud adalah Yogyakarat diberikan otonomi daerah dengan administrasi khusus dimana kebijakan-kebijakan otonominya diatur sendiri oleh pemerintahnya.

Perbedaan Yogyakarta dengan Jakarta adalah terletak pada pemerintahannya dimana Jakarta masih deenan sistem pemerintahan Gubernur sebagai kepala pemerintahan tertinggi sedangkan Yogyakarta menggunakan Sultan Hadningratan sebagai pemerintahan tertinggi. Dengan sistem kerajaan ini, Yogyakarta menjadi satu-satunya provinsi yang menganut sistem monarki di Indonesia.

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada bangunan yang ada di Yogyakarta dan Jakarta dimana bangunan Jakarta lebih modern dengan gedung-gendung tinggi dan bangunan megah lainnya. Bangunan tua seperti kota tua hanya dijadikan tempat wisata dan selebihnya di modifikasi menjadi bangunan modern. Banyak apartemen, hotel, dan gedung-gedung tinggi yang menghiasi Jakarta.

Berbeda dengan Yogyakarta yang nilai-nilai kearifan lokalnya masih sangat dipertahankan. Bangunan-bangunan tinggi lebih sulit mendapat izin berdiri. Bangunan kuno dan lama serta desainnya masih sangat dipertahankan. Ornamen lokal khas Yogyakarta sangat kental pada tiap-tiap museum atau banguan milik pemerintah. Tidak banyak bangunan modern yang berdiri dan investor asing lebih ditekan.

Masyarakat Jakarta lebih banyak dipenuhi oleh pendatang dari luar kota bahkan para investor juga berasal dari luar negeri sehingga seringkali kita melihat ketimpangan antara masyarakat lokal dengan pengusaha asing. Berbeda dengan Yogyakarta dimana Sultan sangat mendukung usaha pribumi sehingga ketimpangan sosial tidak terlalu tampak. Ini menjadi hal yang menarik di Yogyakarta.

Dari sosialnya sendiri, masyarakat Yogyakarta lebih ramah di bandingkan masyarakat Jakarta dimana budaya salam dan senyum menjadi buaya keseharian masyarakat Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan ketaatan kepada Tuhan sehingga tiap-tiap daerahnya memiliki aturan yang dimana isinya tidak boleh melanggar norma-norma adat dan norma agama.

Contoh Teks Eksposisi Bencana Alam

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Indonesia yang menjadi jantung dunia sekaligus negara yang berada pada garis khatulistiwa beriklim tropis yang memiliki hutan cukup luas menjadi perhatian dunia. Pasalnya beberapa lahan hutan hujan di Indonesia mulai menipis karena banyaknya terjadi kebakaran hutan. Kebakaran hutan di Indonesia lebih sering terjadi karena ulah manusia yang membakar pohon untuk membuka lahan baru.

Akan tetapi di beberapa daerah seperti Amerika dan Brasil, kebakaran hutan sering terjadi karena faktor alam. Seperti contoh nya di negara bagian California yang dipenuhi hutan. Pada musim panas, tumbuhan di hutan California menjadi kering dan gersang sehingga tumbuhan tersebut sangat mudah terbakar. Belum lagi di tambah dengan cuaca panas yang dapat menyebabkan badai api di beberapa titik.

Kebakaran hutan di California menjadi bencana alam yang cukup mematikan karena  beberapa titik api menyentuh pemukiman warga dan menyebabkan korban jiwa. Selain itu, asap kebakaran hutan juga merusak kualitas lingkungan terlebih lagi kualitas oksigen sehingga menimbulkan masalah lebih besar yaitu penyakit infeksi saluran pernapasan pada masyarakat yang tinggal dekat dengan lokasi kebakaran.

Lahan yang terbakar juga menyebabkan tanah dan lingkungan akan sulit untuk ditanami tumbuhan lainnya. Oleh karena itu biasanya, regenerasi penanaman pohon dilakukan pada lahan yang sudah terbakar membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya regenerasi yang lebih besar termasuk di dalamnya membersihkan dahulu sisa-sisa kebakaran yang menutupi permukaan tanah.

Contoh Teks Eksposisi Argumentasi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Banyak yang menganggap bahwa belajar lebih lama justru akan meningkatkan kecerdasan otak dengan lebih cepat. Tentu saja persepsi tersebut salah besar. Para orang tua memaksa anaknya untuk belajar lebih lama dan memaksa mereka mengikuti berbagai les yang justru membuat mereka merasa tidak nyaman dan tersiksa. Kondisi ini akan membuat anak menjadi lebih sulit menerima pelajaran.

Otak manusia pada umumnya akan fokus secara maksimal menerima materi hanya pada 20 menit pertama ketika menerima pelajaran. Selebihnya otak mulai memikirkan hal-hal lain yang lebih sederhana bahkan secara refleks memikirkan sesuatu yang lebih menyenangkan. Ini merupakan reaksi otak secara alami karena terlalu lama menyerap sesuatu yang baru  dan sedikit rumit membuat otak mulai jenuh.

Inilah yang menjadi dasar argumen mengapa siswa yang belajar lebih lama justru tidak serta merta meningkatkan kecerdasan mereka. Terlebih lagi diikuti dengan faktor fisik yang mulai lelah karena harus siaga menerima dan memahami materi. Beberapa anak justru mengeluh susah menerima pelajaran karena terlalu banyak dan terkesan sebagai sebuah paksaan.

Otak juga memiliki reaksi alami berupa penolakan terhadap materi yang dianggap terlalu sulit dan tidak bisa dipahami hanya dengan sekali penjelasan. Cara yang paling efektif dan terbaik dalam belajar adalah belajar dengan waktu yang singkat-singkat saja namun rutin. Misalkan sehari belajar selama maksimal 20 menit saja tetapi rutin dilakukan 3 atau 4 kali dalam sehari.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Eksposisi

Tinggalkan komentar