Kumpulan Kata Kata Iwan Fals yang Bijak, Menyentuh Hati, dan Penuh Makna !

Kumpulan Kata Kata Iwan Fals yang Bijak, Menyentuh Hati, dan Penuh Makna !

Kata Kata Iwan Fals – Berbicara tentang Iwan Fals, memang tak ada habisnya. Penyanyi senior dengan segudang prestasinya menjadi kiblat para penyanyi bermakna di Indonesia. Kenapa penyanyi bermakna? Apa maksudnya? Iwan Fals memiliki berbagai lagu dari albumnya yang telah ia terbitkan sejak tahun 1980 an. Dari lagu tersebut banyak kata motivasi dan kata mutiara yang terkandung di dalamnya.

Saat ini selain menekuni bidang musik sebagai seorang musisi senior yang dihormati, Iwan Fals juga banyak aktif dalam dunia anti korupsi dengan menciptakan banyak sekali lagu–lagu sindiran terutama kepada para koruptor. Banyak kata –kata dalam lagu Iwan Fals dikutip oleh orang–orang untuk dijadikan sebagai kata mutiara. Berikut beberapa kata –kata Iwan Fals yang penuh dengan inspirasi dan bisa anda jadikan referensi.

Kata Kata Iwan Fals Cinta

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Sebagai seorang musisi yang banyak menelurkan berbagai lagu, tentunya Iwan Fals memiliki beberapa deretan lagu cinta yang juga memiliki poin poin kata cinta berupa perumpamaan. Lagu–lagu Iwan Fals memang cenderung memakai perumpamaan jadi tidak secara langsung menuju ke sasaran si objek cinta yang sedang di tuju. Selain itu, arti kata cintanya juga mendalam.

“Seperti udara kasih sayang engkau berikan, tak mampu ku membalas, Ibu". (Ibu – Album 1910 1988).

Seperti halnya dalam salah satu lirik Lagu Iwan Fals yang berjudul Ibu yang menggambarkan tentang besarnya kasih sayang dan cinta yang diberikan oleh seorang ibu untuk anaknya dan mengibaratkannya dengan udara yang menemani kita semua kapan pun, dan dimana pun berada. Cukup puitis dan mendalam bukan?

“Memang usia kita muda namun cinta soal hati, biar mereka bicara telinga kita terkunci". (Buku Ini Aku Pinjam – Album 1910 1988).

“Mengapa bunga harus layu?, setelah kumbang dapatkan madu, mengapa kumbang harus ingkar?, setelah bunga tak lagi mekar". (Bunga-Bunga Kumbang-Kumbang – album Ethiopia 1986)

“Aku sering ditikam cinta, pernah dilemparkan badai, tapi aku tetap berdiri". (Nyanyian Jiwa – album Swami Il 1991)

“Aku mau jujur jujur saja, bicara apa adanya, aku tak mau mengingkari hati nurani". (Hio – album Swami Il 1991)

“Bibirku bergerak tetap nyanyikan cinta walau aku tahu tak terdengar, jariku menari tetap tak akan berhenti sampai wajah tak murung lagi". (Di Mata Air Tidak Ada Air Mata – album Belum Ada Judul 1992)

“Nyatakan saja apa yang terasa walau pahit biasanya, jangan disimpan jangan dipendam, merdekakan jiwa". (Nyatakan Saja – uncasse_e)

Kata Kata Iwan Fals Menyindir

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Nah jikalau kata –kata cinta cukup umum di gunakan oleh para musisi, lirik lagu yang diciptakan oleh Iwan Fals cenderung memiliki lirik yang banyak mengandung kata sindiran. Ia juga banyak berpartisipasi dalam pembangunan negara melalui kata penyemangat dalam lagunya yang ditujukan untuk anak bangsa dan sindiran –sindiran kepada pemerintahan. Berikut contohnya adalah.

“Berhentilah jangan salah gunakan, kehebatan ilmu pengetahuan untuk menghancurkan". (Puing, Album Sarjana Muda 1981).

Begitulah salah satu lirik lagu Iwan Fals yang banyak menyindir para ilmuan dalam menyebar luaskan berbagai informasi tentang pengetahuan dan sebagian diantaranya ditambahi oleh sedikit bumbu kebohongan sehingga terciptalah hoaks di kalangan masyarakat.

“Aku rasa hidup tanpa jiwa, orang yang miskin ataupun kaya sama ganasnya terhadap harta".(Nocturno –album Kantata Takwa 1990).

“Aku mau jujur jujur saja, bicara apa adanya, aku tak mau mengingkari hati nurani". (Hio –album Swami Il 1991).

“Buktikan buktikan!, kalau hanya omong burung beo pun bisa". (Buktikan –album Manusia Setengah Dewa 2004).

“Mengapa besar selalu menang?, bebas berbuat sewenang wenang, mengapa kecil selalu tersingkir?, harus mengalah dan menyingkir". (Besar Dan Kecil –album Belum Ada Judul 1992).

Kata Kata Iwan Fals Alam

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

“Alam semesta menerima perlakuan sia-sia, diracun jalan napasnya diperkosa kesuburannya". (Untuk Bram –album Cikal 1991).

Alam sekitar saat ini sudah banyak yang rusak dikarenakan banyaknya polusi dan kegiatan –kegiatan manusia yang mencemari lingkungan. Tanah–tanah dikeruk sehingga limbah beracun pun keluar mencemari kesuburan lingkungan sekitarnya pula.

“Tuhan ampunilah kami, ampuni dosa-dosa kami, ampuni kesombongan kami, ampuni bangsa kami, terimalah disisi-Mu korban bencana ini". (Saat Minggu Masih Pagi – uncassete).

Tak cukup banyak kata –kata Iwan Fals yang mengandung kata lucu. Karena hampir semua yang tertuang dalam lagunya cukup serius dan memiliki makna mendalam. Namun tentu saja ada satu atau dua lirik yang masih sedikit diselipi kata unik yang mungkin bisa Anda anggap sebagai suatu sentilan khas yang lucu dan sesuai dengan keadaan saat ini.

“Tertawa itu sehat, menipu itu jahat". (Hua Ha Ha – album Dalbo 1993).

Ya, memang banyak yang merasakan. Tertawa memang sehat karena mampu mengaktifkan titik –titik kesehatan pada wajah, sehingga membuat Anda seperti senam muka. Sedangkan menipu dapat menimbulkan kerugian yang dialami oleh tak hanya seorang. Perpaduan kalimat ini bisa dianggap cukup unik dan menarik.

“Tutup lubang gali lubang falsafah hidup jaman sekarang". (Dan Orde Paling Baru – album Manusia Setengah Dewa 2004).

Kata Kata Iwan Fals Tentang Sahabat

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Sebenarnya Iwan Fals memiliki banyak lirik lagu tentang sahabat. Lagu –lagu tentang sahabat ini biasanya terselip tak hanya secara tertulis untuk sahabat asli, namun bisa juga tergambar untuk keluarga maupun yang lainnya. Berikut beberapa contoh kata –kata tentang sahabat oleh Iwan Fals.

“Wahai kawan hei kawan, bangunlah dari tidurmu, masih ada waktu untuk kita berbuat, luka di bumi ini milik bersama, buanglah mimpi-mimpi". (Eseks eseks udug udug (Nyanyian Ujung Gang) –album Swami 1989).

Kata–kata diatas ditujukan oleh kawan seperjuangan yang menyemangati untuk bangkit mengelola negeri tanpa mimpi –mimpi semu yang tak dilakukan ataupun diwujudkan.

Kata Kata Iwan Fals Bijak

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Sebagai seorang musisi, kata–kata bijak Iwan Fals cukup banyak, namun beberapa saja yang di kutip dan dimasukkan dalam artikel ini. Kata –kata bijak ini cukup mengena bila di aplikasikan dalam dunia nyata.berikut beberapa kata –kata bijak Iwan Fals yang dapat Anda temukan dalam beberapa album lagu milik Iwan Fals.

“Ternyata banyak hal yang tak selesai hanya dengan amarah". (Ya Ya Ya Oh Ya –album Aku Sayang Kamu 1986).

Bila Anda ingin menyelesaikan suatu masalah. Maka hilangkan lah dulu amarah yang ada dalam diri Anda. Karena penyelesaian masalah dengan adanya amarah dalam diri Anda tidak akan membawa penyelesaian masalah, melainkan memperkeruhnya dan semakin kusut.

“Memberi itu terangkan hati, seperti matahari yang menyinari bumi". (Seperti Matahari –album Suara Hati 2002).

“Hangatkan tubuh di cerah pagi pada matahari, keringkan hati yang penuh tangis walau hanya sesaat". (Perempuan Malam – album Mata Dewa 1989)

“Kucoba berkaca pada jejak yang ada, ternyata aku sudah tertinggal, bahkan jauh tertinggal". (Nona – album Mata Dewa 1989)

“Oh ya! ya nasib, nasibmu jelas bukan nasibku, oh ya! ya takdir, takdirmu jelas bukan takdirku". (Oh Ya! – album Swami 1989)

“Jalani hidup, tenang tenang tenanglah seperti karang". (Lagu Satu – album Hijau 1992)

Kata Kata Iwan Fals Bermakna

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Tak hanya kata –kata bijak, namun ada pula kata –kata bermakna yang dapat Anda temukan dalam lirik –lirik lagu Iwan Fals. Berikut ini diantaranya:

“Dalam hari selalu ada kemungkinan, dalam hari selalu ada kesempatan". (Selamat Tinggal Malam –Album Aku Sayang Kamu 1986).

Kata –kata ini cukup bisa menyemangati seseorang dalam beraktifitas. Apabila Anda gagal dalam satu hari, maka tetaplah bersemangat. Karena hari lain juga memberikan kesempatan Anda untuk berjuang kembali memulai perubahan besar dalam hidup.

“Mereka yang pernah kalah, belum tentu menyerah". (Orang-Orang Kalah –album Kantata Takwa 1990).

“Jalan masih teramat jauh, mustahil berlabuh bila dayung tak terkayuh". (Maaf Cintaku – album Sugali 1984)

“Jangan kau paksakan untuk tetap terus berlari, bila luka di kaki belum terobati". (Berkacalah Jakarta – album Sugali 1984)

“Kesadaran adalah matahari, kesabaran adalah bumi, keberanian menjadi cakrawala, dan perjuangan adalah pelaksanaan kata kata". (Paman Doblang – album Kantata Takwa 1990)

Kata Kata Iwan Fals Politik

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Musisi memang profesi dari Iwan Fals, namun tahukah Anda bahwa beliau juga aktif dalam kegiatan politik? Bukan sebagai aktor politiknya namun beliau adalah salah satu praktisi yang banyak menyindir maupun membuat kata –kata yang berbau menggelitik kalangan elit politik. Kata –katanya banyak digunakan penyemangat dalam dunia anti korupsi juga.

“Apa jadinya jika mulut dilarang bicara?, apa jadinya jika mata dilarang melihat?, apa jadinya jika telinga dilarang mendengar?, jadilah robot tanpa nyawa yang hanya mengabdi pada perintah". (Hura Hura Huru Hara –album Dalbo 1993).

Kalimat di atas merupakan kalimat kritisi tentang hak berpendapat dari masyarakat yang sudah mulai di bungkam oleh pemerintah.

“Ada kamu yang mengatur ini semua tapi rasanya percuma, ada juga yang janjikan indahnya surga tapi neraka terasa". (Cemburu – album 50:50 2007).

“Jangan ragu jangan takut karang menghadang, bicaralah yang lantang jangan hanya diam". (Surat Buat Wakil Rakyat – album Wakil Rakyat 1987)

“Kau paksa kami untuk menahan luka ini, sedangkan kau sendiri telah lupa". (Luka Lama – uncasse_e)

Kata Kata Iwan Fals Gombal

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Ada kata cinta, maka ada pula kata gombal. Kata gombal merupakan kata –kata yang digunakan untuk merayu seseorang. Kata –katanya cukup manis di dengar dan banyak bumbu cinta di dalamnya. Berikut beberapa lirik lagu Iwan Fals yang mengandung kata –kata gombalan.

“Aku tak sanggup berjanji, hanya mampu katakan aku cinta kau saat ini, entah esok hari, entah lusa nanti, entah". (Entah –Album Ethiopia-1986). Kata –kata ini menunjukkan kepasrahan diri seorang Iwan Fals saat mencintai seseorang. Namun ia menunjukkan bahwa cintanya bisa jadi bertambah semakin hari semakin lamanya ia bersama si pujaan hati.

“Gelombang cinta gelombang kesadaran merobek langit yang mendung, menyongsong hari esok yang lebih baik". (Para Tentara –album Manusia Setengah Dewa 2004).

Kata Kata Iwan Fals Tentang Indonesia

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Memang tak lengkap rasanya kalau sekiranya mendengar kata –kata sindiran Iwan Fals dan juga kata politiknya tanpa mendengar kata –kata epiknya untuk Indonesia. Berikut beberapa kata –kata Iwan Fals tentang Indonesia yang menjadi penyemangat kaum muda untuk lebih loyal terhadap bangsa dan negara yang sedang mereka junjung hari ini.

“Hey jangan ragu dan jangan malu, tunjukkan pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu". (Bangunlah Putra Putri Pertiwi – Album Sarjana Muda 1981).

Kata –kata ini menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia tak boleh malu terhadap negaranya. Dan cobalah tunjukkan pada dunia bahwa Anda dan kita adalah generasi muda Indonesia yang jaya.

“Oh negeriku sayang bangkit kembali, jangan berkecil hati bangkit kembali". (Harapan Tak Boleh Mati –uncassete).

"Cepatlah besar matahariku, menangis yang keras janganlah ragu, hantamlah sombongnya dunia buah hatiku, doa kami dinadimu". (Galang Rambu Anarki – album Opini 1982)

“Riak gelombang suatu rintangan, ingat itu pasti kan datang, karang tajam sepintas seram, usah gentar bersatu terjang". (Cik – album Sore Tugu Pancoran 1985)

“Jangan kita berpangku tangan, teruskan hasil perjuangan dengan jalan apa saja yang pasti kita temukan". (Lancar – album Lancar 1987)

“Kau anak harapanku yang lahir di zaman gersang, segala sesuatu ada harga karena uang". (Nak – album 1910 1988)

Kata Kata Iwan Fals Tentang Kehidupan Sosial

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Selain kata politik, beberapa sindiran tentang kehidupan sosial juga mewarnai lagu –lagu Iwan Fals kali ini. Kata –kata tentang sosial ini menggambarkan tentang kehidupan bermasyarakat rakyat Indonesia yang cukup beragam beserta dengan perkembangannya mengikuti arus globalisasi dan modernisasi yang saat ini terjadi.

“Mau insaf susah, desa sudah menjadi kota". (Menunggu Ditimbang Malah Muntah –album Orang Gila 1994).

Bila Anda meninjau desa –desa yang ada saat ini, banyak desa yang dulunya berkebudayaan santun kini telah berubah menjadi lingkungan yang bebas bagi para muda mudinya selayaknya di kota. Dan banyaknya permasalahan metropolitan terjadi di desa yang belum siap.

“Jaman berubah perilaku tak berubah, orang berubah tingkah laku tak berubah". (Rubah –album 50:50 2007).

“Kota adalah hutan belantara akal kuat dan berakar, menjurai didepan mata siap menjerat leher kita". (Kota – album Aku Sayang Kamu 1986)

“Sampai kapan mimpi mimpi itu kita beli?, sampai nanti sampai habis terjual harga diri". (Mimpi Yang Terbeli – album 1910 1988)

“Dendam ada dimana mana di jantungku, di jantungmu, di jantung hari-hari". (Ada Lagi Yang Mati – album 1910 1988)

“Yang pasti hidup ini keras, tabahlah terimalah". (Joned – uncasse_e)

Kata Kata Iwan Fals Tentang Tuhan

Kata Kata Iwan Fals
Kata Kata Iwan Fals

Tak hanya tentang manusia Iwan Fals juga banyak menulis tentang hubungannya dengan Tuhan sebagai pencipta alam semesta yang wajib untuk di patuhi dan disembah. Kata –katanya cukup membuat orang lain sadar akan karunia dari Tuhan. Berikut adalah beberapa contoh kata –kata Iwan Fals tentang Tuhan.

“Ingatlah Allah yang menciptakan, Allah tempatku berpegang dan bertawakal, Allah maha tinggi dan maha esa, Allah maha lembut". (Kantata Takwa –album Kantata Takwa 1990).

Rasa syukur yang di gambarkan oleh Iwan Fals di tuangkan melalui lirik lagu ini. Ia juga menunjukkan ketakutan dan ketaatannya pada Tuhan alam semesta.

“Sang jari menari jangan berhenti, kupasrahkan diriku digenggaman-Mu". (Lagu Pemanjat –album Lagu Pemanjat 1996).

“Oh yang ditinggalkan tabahlah sayang, ini rahmat dari Tuhan kita juga pasti pulang". (Harapan Tak Boleh Mati – uncasse_e)

“Hukum alam berjalan menggilas ludah, hukum Tuhan katakan “Sabar!". (Kemarau – uncasse_e)

“Tak ada yang lepas dari kematian, tak ada yang bisa sembunyi dari kematian, pasti". (Ikan-Ikan – album 50:50 2007)

Iwan Fals adalah salah satu musisi bertalenta di Indonesia yang cukup kontroversi mengenai karya-karyanya dalam menyindir pemerintah pada masanya. Meskipun begitu, hingga saat ini, kata kata Iwan Fals yang tertuang dalam lirik lagunya masih banyak dinikmati berbagai kalangan dari tua hingga muda.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kata Kata Iwan Fals

Share
Additional Info