Kumpulan Kata Kata Cak Nun yang Bijak dan Menyentuh Hati

Kumpulan Kata Kata Cak Nun yang Bijak dan Menyentuh Hati

Kata Kata Cak Nun – Emha Ainun Nadjib atau biasa lebih dikenal sebagai Cak Nun, lahir di Jombang pada tahun 1953. Cak Nun adalah seorang seniman ternama dan juga budayawan sehingga banyak pemikiran-pemikiran yang ia gagaskan kemudian ditulisnya dalam semua buku-bukunya. Kata-kata Cak Nun seringkali dijadikan berisi petuah, bijak dan mampu memotivasi diri seseorang ketika membaca buku atau bahkan mendengar langsung gagasan-gagasannya.

Cak Nun bukan hanya terkenal sebagai sastrawan tetapi juga memiliki intelektual yang tinggi bahkan bukan hanya dalam hal agama, politik, bahkan bidang-bidang lainnya. Berikut adalah kata-kata Cak Nun tentang Cinta, Islam, lucu, orang tua, agama, alam, dan sebagainya.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kata kata cak nun. Mulai dari Kata kata cak nun tentang cinta, kata kata cak nun lucu, kata kata cak nun tentang teman, kata kata cak nun tentang agama, kata kata cak nun tentang pemimpin, dll.

Kata Kata Cak Nun tentang Cinta

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Cinta bukanlah bertahan seberapa lama, tetapi seberapa jelas dan ke arah mana." -Cak Nun-

Komitmen adalah hal yang harus ada ketika kita menjalani sebuah hubungan. Jadi bukan seberapa lama kita menjalin hubungan itu tapi lebih ke tujuan akan kemana kita. Menjalin hubungan bukan hanya dilihat dari frekuensi angka lamanya kita menjalin tapi apa hubungan itu dapat bertahan sampai ke jenjang selanjutnya atau tidak.

“Salah satu unsur cinta dewasa adalah empati. Kalau kekasih kita haus, kita yang gugup mencarikan air minum. Kalau kekasih kita terluka, perasaan kita yang mengucurkan darah." -Cak Nun-

Empati adalah salah satu unsur yang harus ada dalam menjalin hubungan, Antara satu sama lain harus saling menghargai dan memahami karena pada dasarnya cinta adalah saling melengkapi. Selalu berusaha merasakan apa yang dirasakan pasangannya juga adalah salah satu wujud nyata dari cinta.

“Engkau bisa mencintai meskipun tanpa cinta." -Cak Nun-

hal ini mengandung makna di mana Cinta hanyalah suatu keadaan di dalam jiwa setiap manusia sedangkan mencintai adalah keputusan atau perilaku yang berkaitan dengan seseorang lainnya jadi bukan denganmu.

Kata Kata Cak Nun Lucu

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Sadarlah saat ini Anda tengah ditipu oleh cara berpikir mereka, Anda bukan mereka kok pakai cara berpikir mereka. Jadi mulai saat ini, Anda harus bercermin lagi. SADARLAH." -Cak Nun-

kita harus lebih memahami dan mempercayai diri sendiri, setiap manusia memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai kita meniru orang lain. Kita dan mereka memiliki masing-masing cara dalam berpikir.

Jadi seharusnya kita lebih fokus dalam mengembangkan pemikiran sendiri dari pada harus mengambil pemikiran orang lain. Mulai lah dengan mempercayai diri sendiri bahwa kita sebenarnya mampu berkpikir seperti itu juga.

“Kalau rokok halal, gambar di puskesmas harus dihapus." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna di mana kita hidup masih pada kontroversi rokok itu halal atau haram. Jadi Cak Nun menegaskan jika rokok itu halal, seharusnya gambar di puskesmas harus di hapuskan karena tidak ada bahaya yang disebabkan ketika merokok.

Dilema persoalan tentang merokok sangat sering di perdebatkan atau dibicarakan. Sampai sekarang pun kita masih menghadapi dilema rokok itu halal atau haram?

Kata Kata Cak Nun Tentang Islam

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Aku menyebut diriku saja muslim, aku tak berani karena itu adalah hak prerogatif Allah untuk menilai aku ini muslim atau bukan." -Cak Nun-

Pernyataan ini mengandung makna di mana apa yang kita lakukan di dunia ini belum tentu baik, jadi jangan sampai kita membanggakan diri sebagai muslim sedangkan perilaku kita tidak mencerminkan itu.

Jangan sampai kita menghakimi sesama kita saat kita tidak benar-benar tahu apa kita seorang muslim sejati atau bukan? Jangan berbangga hati karena apa yang menurut kita benar belum tentu benar di mata sang pencipta.

“Kalau saya datang berpakaian dengan gamis dan sorban, memang tidak ada salahnya. Namun, saya takut orang akan menganggap saya lebih pandai dan mungkin lebih parahnya lagi lebih alim. Itukan namanya penipuan!" -Cak Nun-

Berpakaian secara syar’i tidaklah salah tetapi juga harus selaras dengan apa yang dilakukan di dunia ini. Jangan sampai orang menganggap karena pakaian kita lebih pandai dan alim tapi kelakuan kita masih butuh perbaikan. Jadi, selaraskan perubahan fisik dan hati kita kepada Tuhan.

Jangan menghakimi orang lain hanya karena pakaian mereka karena apa yang terlihat belum tentu sama seperti apa yang kita lihat juga.

“Kalau niatmu membela orang-orang lemah, insyallah akan diberikan kekuatan yang berlimpah oleh-Nya." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna di mana niat adalah hal yang terpenting dalam melakukan sesuatu, niat baik harus dimulai dari hati. Dengan niat karena lillahitaala, kekuatan dan keberkahan dari Allah swt akan berlimpah ruah. Perbaiki niat dari awal untuk membantu mereka yang lemah.

“Sujud adalah salah satu hakikat hidup karena perjalanan hanya untuk tua dan redup." -Cak Nun-

Keutamaan kita dalam hidup ini adalah mencari bekal untuk akhirat, jadi hakikat utama hidup adalah dengan melakukan amalan yang diperintahkan dan menjauhi larangannya. Karena semua yang ada di muka bumi ini sifatnya hanya sementara.

Segala apa yang kita lakukan akan menjadi pertanggungjawaban kita kelak, oleh karena itu perjalanan yang hanya untuk tua dan redup ini lebih baik dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak amalan baik.

Kata Kata Cak Nun Tentang Orang Tua

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Nak, kalau Ibumu menyediakan jalan neraka bagimu, ingatkanlah aku. Namun kalau kusediakan jalan sorga bagimu, engkau wajib patuh kepadaku." -Cak Nun-

Ibu adalah pembuka jalan antara surga dan neraka. Jadi hormatilah ibu sebagai seseorang yang paling engkau muliakan. Ridho Allah bergantung pada Ridho orang tua dan murka Allah bergantung pada mereka juga. Tetapi ibu adalah yang paling utama karena surga ada di bawah telapak kaki ibu.

“Orangtua kita mengajarkan suatu nilai yang membedakan dua jenis anak, yang patuh tanpa reserve, yang pejah gesang nderek (hidup-mati ikut), disebut “anak baik-baik”, sedangkan yang mencoba rasional, memilih otoritasnya, meskipun itu justru sejalan dengan “lorong keadilan” disebut “anak nakal"." -Cak Nun-

Pada dasarnya hakikat seorang anak adalah berbakti kepada kedua orang tuanya, jika ia tetap ada patuh maka ia disebut anak baik-baik tapi jika dia adalah anak yang mencoba rasional, sebenarnya ada pada keadilan tetapi tidak patuh tetap saja adalah anak yang nakal. Mendengarkan dan mematuhi orang tua adalah kewajiban seorang anak kepada orang tua.

Kata Kata Cak Nun Tentang Agama

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Tuhan tidak menuntut kita untuk sukses. Tuhan hanya menyuruh kita berjuang tanpa henti." -Cak Nun-

Kita harus selalu berusaha dan berjuang untuk mendapatkan kesuksesan. Tuhan tidak pernah menuntut kita untuk menjadi sukses tetapi harus selalu berusaha, giat dan berjuang adalah proses menuju sukses. Dan Tuhan menyuruh kita untuk melakukan itu. Tuhan juga paling tidak menyukai orang-orang yang suka bermalas-malasan.

“Tuhan tidak sakit hati oleh keingkaran Anda. Tetapi Tuhan sangat tersakiti jika Anda berpura-pura menyembah-Nya." -Cak Nun-

Apa yang kita lakukan di dunia ini tidak akan menyakiti Tuhan kita tetapi hal yang paling Tuhan benci adalah ketika kita pura-pura menyembah-Nya padahal kita tidak pernah melakukan itu. Apapun yang akan kita lakukan tentu akan berbalik ke diri kita sendiri, ketika kita menjadi baik maka baiklah kita dan sebaliknya.

Tuhan hanya akan tersakiti jika kita berpura-pura menyembah-Nya hanya untuk mendapatkan sesuatu bukan niat memang ingin menyembah-Nya.

“Agama adalah perilaku, agama adalah silkap. Dan semua agama mengajarkan kesantunan, kasih sayang dan Cinta kasih sesama." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna di mana agama mengajarkan hal yang sama tentang kewajiban dan hak. Semua agama mengajarkan untuk saling mengasihi, saling mengormati dan toleransi. Sikap terhadap sesama akan menunjukkan siapa jati diri kamu sebenarnya.

Kata Kata Cak Nun Tentang Alam

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Kalian berbicara bahwa dunia semakin rusak dan akan semakin rusak. Siapa yang merusak? Kalian sendiri." -Cak Nun-

Dunia yang rusak dan terjadi bencana alam, banjir, dan sebagainya. Sebenarnya karena diri kita sendiri yang tidak sadar untuk menjaga lingkungan di sekitar kita. Maka dari itu kita harus sadar akan perilaku buruk yang sudah kita lakukan. Tugas manusia adalah memelihara apa yang ada di bumi termaksud alam. Jadi, sangat erat kaitannya antara alam dan manusia.

“Manusia dan alam bagaikan anak dan ibu." -Cak Nun-

hal ini mengandung makna di mana manusia dan alam sebenarnya saling berkaitan satu salam lain, jika manusia adalah anaknya maka ibunya adalah alam. oleh karena itu jaga alam dengan sebaik-baiknya, cintai dia, rawat dia karena jika alam hancur maka hancur jugalah manusia di dalamnya.

Kata Kata Cak Nun Tentang Akal

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Adapun salah satu pekerjaan terpenting manusia, yang membuatnya bisa ditandai sebagai makhluk bernama manusia adalah berpikir." -Cak Nun-

Manusia di berikan otak yang digunakan untuk berpikir, jadi seharusnya kita menggunakannya dengan baik dan satu-satunya yang dapat membedakan manusia dengan makhluk lain adalah memiliki kemampuan untuk berpikir. Itu adalah salah satu keunggulan yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

“Ada Empat tahapan manusia adalah yang pertama adalah makhluk (semua yang diciptakan Allah), kedua insan – manusia (makhluk yang diberi akal). Ketiga adalah ‘Abdullah – hamba Allah (manusia sadar akan ketidakberdayaannya, dan ia terkait dengan Allah), dan terakhir adalah Khalifah Allah Fil Ardi (manusia sadar ia adalah utusan Allah yang diturunkan ke bumi untuk memakmurkannya."

Hal ini mengandung makna tentang tujuan manusia di ciptakan, manusia di ciptakan tentu ada alasannya yang pertama sebagai makhluk, kedua insan, ketiga sebagai abdullah, dan terakhir khalifah. Manusia harus mengetahui sebenarnya untuk apa mereka diciptakan sehingga hidup yang dijalani lebih terarah.

Kata Kata Cak Nun Tentang Akhlak

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Apa akhlak harus dipamerkan melalui pakaian?" -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna pertama perbaiki akhlak, jangan menipu diri sendiri dan orang lain hanya dengab menggunakan pakaian, tidak boleh. Jadi selaraskan dengan akhlak dan juga penampilan. Pakaian dan akhlak memiki definisi sendiri.

Akhlak adalah perilaku dan pakian adalah yang tidak sama sekali berhubungan dengan perilaku. Jadi, akhlak seseorang tidak ditentukan dari perilaku tetapi pakaian yang akan mengikuti perilaku seseorang dalam kehidupan ini.

“Jangan pernah sebuah negara jadi negara hukum. Harus kalau bisa jadi negara akhlak atau moral." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna, seharusnya negara lebih mementingkan akhlak atau moral karena kalau misalnya ada orang kecelakaan di jalan, dan kita tidak menolongnya kita tidak akan mendapat hukuman dan tidak ada hukum yang mengatur itu. Tapi dari segi moral itu tindakan yang paling rendah karena di moral diajarkan untuk saling tolong menolong antar sesama.

Kata Kata Cak Nun Bijak

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Manusia adalah subyek yang mengatasi masalah bukan yang justru jadi masalah." -Cak Nun-

Sebearnya manusia adalah pencari solusi atas masalah-masalah bukan yang seharusnya pelaku pembuat masalah. Jadi fungsi manusia adalah subyek yang mengatasi masalah.

Manusia yang bijaksana adalah mereka yang paham bagaimana cara mengatasi masalah yang sedang dihadapinya. Setiap masalah pasti memiliki solusi dan manusia harusnya lebih bisa mengatasi masalah bukan yang justru menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

“Musuh kita adalah kesempitan dan kedangkalan berpikir." -Cak Nun-

Musuh terbesar dari manusia adalah ketika ia berpikir sempit, sebenarnya kita harus melihat dari segala sisi dan berpikir luas agar kita lebih mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Jangan pernah hanya melihat dari satu sisi saja, jangan berpikir sempit jadi harus kritis dan berpikir luas.

“Ada orang yang mengkritik tapi tidak memberi jalan keluar. Ada orang yang memberi jalan keluar tanpa mengkritik." -Cak Nun-

Terkadang ada manusia yang suka mengkritik sesuatu tanpa memberikan solusi, jadi hanya bisa mengkritik saja. Tetapi ada juga beberapa orang yang tidak suka mengkritik tapi memberikan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Jadi, kita sebagai manusia yang berpikir adalah seharusnya jika memang ingin memberikan kritikan atau masukan sebaiknya juga memberikan solusi dari apa yang sedang di hadapi orang lain.

“Dakwah yang utama bukan berupa kata-kata. Melainkan dari perilaku. Orang yang berbuat baik
sudah berdakwah." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna bahwa dakwah itu yang bisa di jadikan jaminan adalah perilakunya bukan hanya berupa kata-kata saja. Jadi harus diseimbangkan antara kata-kata dan perilaku.

Kata Kata Cak Nun Bikin Nangis

Kata Kata Cak Nun
Kata Kata Cak Nun

“Kamu punya ruang dalam hatimu untuk merasakan hati para mbambung (gelandangan) sehingga hatimu sedih, getir, terimpit seribu gunung. Sementara orang-orang pandai sibuk dengan program-program dan omong besar di koran-koran. Tuhan tidak bertanya padamu apakah kamu mampu menolong mbambung atau tidak, tapi melihat apakah kamu mencintai orang lemah atau tidak." -Cak Nun-

Hal ini mengandung makna untuk selalu bersyukur dan menolong sesama yang membutuhkan, ikut merasakan apa yang merasakan juga menandakan bahwa kita masih memiliki hati yang peka. Tetapi sekarang ada banyak orang lebih sibuk menunjukkan bagaimana kehebatan mereka padahal ada banyak orang yang membutuhkan uluran tangan dan kebaikan hati mereka.

“Al-Fatihah haruslah mencerminkan proses dan tahapan pencapaian sejarah kita sebagai diri pribadi serta kita sebagai umatan wahidah. Ketika sampai di kalimat na’budu, tingkat yang harus kita capai telah lebih dari ‘abdullah, yakni khalifatullah."

Hal ini mengandung makna di mana surah Al-Fatihah adalah surah pembuka di mana mencerminkan proses dan tahapan kita menjadi manusia yang tetap ada pada jalan yang kurus.

Di sana juga dijelaskan tentang tahapan kita sebagai manusia, tujuan kita diciptakan adalah selain sebagai abdullah juga khalifatullah. Manusia harus sadar untuk apa mereka diciptakan bukan hanya sebagai utusan Allah tetapi juga harus tahu keterkaitannya dengan Sang Pencipta juga.

Kata kata cak nun tentang cinta, kata kata cak nun lucu, kata kata cak nun tentang teman, kata kata cak nun tentang agama, kata kata cak nun tentang pemimpin, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kata Kata Cak Nun