Kumpulan Kata Kata Ali Bin Abi Thalib yang Sangat Menyentuh Hati !

Kumpulan Kata Kata Ali Bin Abi Thalib yang Sangat Menyentuh Hati !

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib – Ali bin Abi Thalib adalah salah satu khalifah yang tergabung dalam Khulafaur Rasyidin. Ia adalah khalifah yang keempat. Ayahnya, Abu Thalib, adalah paman dari Rasulullah SAW. Ia dilahirkan 23 tahun sebelum hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Saat Ali menginjak usia sekitar sepuluh tahun, ketika itulah Rasulullah SAW menerima wahyu yang pertama.

Ali, sejak kecil sudah terkenal cerdas dan pemberani. Ia mendapat pengajaran langsung dari Nabi, karena mereka tinggal bersama dalam satu atap. Karena wawasannya yang luas itulah ia mendapat julukan “Babul Ilmu" yang artinya “gerbangnya ilmu". Selain mewariskan sifat-sifatnya yang baik, ia juga memberikan kata-kata bijak yang penuh nasihat bagi kita semua. Berikut ini beberapa contohnya.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Wanita

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib yang mendapatkan pengajaran langsung dari Rasulullah, juga ikut diajari bagaimana memuliakan seorang wanita. Ada beberapa kata kata Ali bin Abi Thalib tentang wanita yang cukup sering kita dengar.

“Wanita itu diibaratkan seperti bunga"

Dalam salah satu kata bijak yang ia berikan, ia mengatakan bahwa wanita itu seperti bunga. Wanita harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan kasih sayang, seperti halnya ketika merawat sebuah tanaman yang juga makhluk hidup seperti kita.

“Ketika seorang wanita menangis karena disakiti pria, maka malaikat akan mengutuknya"

Ali mengungkapkan, ketika seorang pria menyakiti wanita, malaikat akan mengutuk perbuatannya. Bahkan, malaikat akan mengutuk sampai di setiap langkah kaki yang diambil oleh pria tersebut.

“Tetap menghormati wanita"

Menurut Ali bin Abi Thalib, wanita harus tetap dihormati. Ia mengatakan, wanita adalah ibunya umat manusia. Seperti halnya seorang ibu bagi setiap individu yang harus dihormati, begitu juga wanita di seluruh dunia. Bagaimanapun, wanita adalah tetap calon ibu bagi generasi penerus umat manusia.

“Karena wanita diibaratkan vas bunga, yang membuatnya cukup rapuh dan mudah hancur, maka ciumlah wanita itu dengan lemah lembut serta jangan berlaku kasar padanya"

Bagi Ali, wanita juga merupakan vas bunga dari kecantikan dan aroma. Ia berkata,

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Rindu

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Selain tentang wanita, Ali bin Abi Thalib juga memiliki kata-kata bijak bagi orang yang sedang rindu. Misalnya,

“Ketika sudah lama tidak berjumpa dengan orang yang berada di masa lalu, tetapi kita sedang dilanda rindu, jangan sungkan untuk menghubunginya"

Selain untuk mengurangi rasa rindu, juga bisa menjadi ajang untuk saling memaafkan bahkan menyambung tali silaturahmi kembali.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Cinta

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Selain persoalan rindu, persoalan cinta menjadi hal yang pelik bagi beberapa orang. Berbagai persepsi tentang cinta, menjadikan pengertian cinta sangat berwarna. Banyak sebutan seperti cinta yang bertepuk sebelah tangan, cinta mati, cinta yang menyedihkan, dan masih terdapat beberapa kata lain yang bisa menggambarkan seperti apa cinta itu sendiri.

Salah satu kata bijak Ali bin Abi Thalib juga menyangkut tentang cinta. Terdapat satu kata-katanya yang berbunyi

“Love never asking to look forward to. He took the opportunity or allowed."

Maksud dari quotes tersebut kira-kira adalah cinta tidak pernah meminta untuk menanti, karena cinta hanya mengambil kesempatan atau tentang mempersilahkan.

Selain kata tersebut, masih ada nasihat lain tentang cinta dari Ali bin Abi Thalib.

Ia mengungkapkan, “Lebih baik mencintai sekadarnya saja. Lebih baik, cintai kekasihmu saat ini sekadarnya saja"

Alasannya, kekasih dapat menjadi seorang musuh nantinya. Begitupun sebaliknya, Ali juga mengatakan bahwa “Bencilah musuh sekadarnya saja, karena bisa saja dia nantinya akan jadi kekasih kita di masa depan"

Ali juga sempat menyinggung tentang cinta pada pandangan pertama. Ia pernah mengungkapkan bahwa “Terkadang terjadinya perang memang hanya karena satu kalimat. Namun, di sisi lain, ada kalanya juga cinta ikut tertanam ketika adanya pandangan sekilas"

Dari kata-kata tersebut, Ali menegaskan bahwa cinta mungkin memang mudah datang dalam bentuk apapun, bahkan lewat sebuah pandangan saja.

Ali bin Abi Thalib berpesan tentang mencintai hal duniawi. Baginya, mencintai dunia justru akan merusak akal, membisukan hati dari mendengarkan hikmah, dan menyebabkan siksaan yang pedih.

Ketika seseorang terlalu mencintai hal duniawi, maka ia akan cenderung lupa untuk mempersiapkan kehidupan berikutnya, sehingga ia akan termasuk pada golongan orang yang merugi.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Cemburu

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Menurut Ali, “Kecemburuan seorang wanita adalah kekufuran. Sedangkan di sisi lain, kecemburuan seorang pria justru merupakan sebuah bentuk keimanan"

Maka dari itu, seorang wanita dianggap tidak perlu menampakkan kecemburuannya karena selain itu merupakan bentuk kekufuran, itu juga akan merugikan bagi wanita tersebut.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Kematian

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib juga pernah menyinggung mengenai kematian. Namun, kematian yang ia maksud lebih kepada bagaimana seseorang menjalani hidupnya. Seperti ungkapan beliau yang intinya bahwa dunia adalah surganya orang kafir, sehingga kematian merupakan bentuk kesengsaraannya. Selain itu, bagi orang kafir, dunia merupakan cita-citanya, tetapi neraka menjadi tujuan ketika telah melewati kematian.

Selain itu, Ali juga memberikan nasihat untuk bergaul dengan teman yang tepat. Maksudnya adalah, “Bergaullah dengan manusia (maksudnya teman) yang ketika kita mati mereka akan menangisi kepergian kita. Begitupun ketika masih hidup, mereka akan merindukan kita"

Ini menjadi sebuah kata-kata yang menyentuh, mengingat ikatan pertemanan juga menjadi hal yang krusial bagi beberapa orang.

Masih berkaitan dengan kematian, Ali juga memberikan peringatan bagi kita semua.

“Kita perlu terus menerus mengingat tiga hal, yaitu kematian, amal perbuatan, dan kehidupan setelah mati"

Peringatan ini sebenarnya memberikan kita pengingat, bahwa hidup tidak hanya soal memenuhi kebutuhan ketika kita masih hidup, tetapi juga mempersiapkan kehidupan selanjutnya setelah kita mati.

“Ali juga mengingatkan pada kita untuk tidak bersandar pada harapan kosong, lamunan, atau khayalan"
Ia menyebut, harapan kosong itu hanya bekal bagi orang yang sudah mengalami kematian. Namun, yang dimaksud Ali di sini bukanlah kematian secara fisik (meninggal dunia). Kematian yang dimaksud adalah kematian akal.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Alam

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Alam semesta adalah salah satu bentuk penciptaan dari Tuhan yang menjadi rahmat bagi kita semua. Banyak hal yang tersimpan di alam semesta, banyak pula manfaat yang bisa diambil dari terciptanya alam semesta.

Ali bin Abi Thalib juga pernah mengungkapkan tentang bagaimana penciptaan alam semesta ini. Ia menceritakan bagaimana sebenarnya penciptaan yang dilakukan oleh Tuhan.

Pertama beliau mengungkapkan bahwa

“Penciptaan dilakukan tanpa mengalami suatu pemikiran, tanpa suatu eksperimen, serta tanpa mengalami kerisauan. Setelah itu, ketika Yang Maha Kuasa menciptakan berbagai lowongan untuk atmosfer, Dia mengembangkan ruang angkasa"

“Ketika ruang angkasa sudah terbentuk, kemudian diciptakan lapisan angin dan dialirkan pula air yang berombak dan membadai. Dengan segala perintah-Nya, angin kencang yang terbentuk jugalah yang memberi kesempatan air berputar kembali seperti dalam siklus hidrologi"

Selain menceritakan tentang bagaimana sebuah penciptaan terjadi, ada sebuah ungkapan lain yang diberikan Ali bin Abi Thalib. Isinya:

“Surely, your share of this earth with its great length and width is merely the size of your body, while your cheek is on the dust."

Inti dari ungkapan ini kira-kira adalah ia mengingatkan kita sebagai manusia agar tidak sombong karena alam ini merupakan milik bersama.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Pemuda

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Pemuda menjadi salah satu titik konsen yang saat ini tengah diperhitungkan. Bagi beberapa orang, mereka berpendapat bahwa menjadi pemuda adalah saatnya untuk memberikan dedikasi terbaik selama masih ada kesempatan. Di sisi lain, menjadi pemuda juga membawa konsekuensi bahwa ia juga harus turut berkontribusi bagi sekitarnya.

Untuk itu, Ali bin Abi Thalib memberikan beberapa nasihat yang berkaitan dengan kepemudaan. Simak beberapa diantaranya berikut ini.

  1. Ali menganjurkan pemuda untuk berkumpul bersama orang bijak. Baginya, orang yang bijak akan lebih mudah menerima sesuatu karena mereka lebih menggunakan akal sehingga terkesan lebih kritis. Selain itu, bergaul dengan orang bijak akan mengajarkan banyak pengalaman baru dan kemungkinan sudut pandang baru dalam menanggapi suatu permasalahan.
  2. Jangan takut untuk berbicara. Ali mengungkapkan, berbicara itu perlu. Berbicara ini akan membuat seseorang menjadi lebih terkenal. Ia beralasan, orang akan diketahui seperti apa cara pandangnya akan sesuatu ketika ia berani mengungkapkannya. Tanpa adanya sebuah pembicaraan, tidak ada sebuah diskusi yang berarti tentang sesuatu hal yang menjurus pada kebaikan.
  3. Ali mengingatkan bagi pemuda tentang kejujuran. Ia mengungkapkan, ketika seseorang sudah kehilangan keutamaan kejujuran pada pembicaraannya maka dia kehilangan akhlaknya yang mulia. Ia menjadi kehilangan integritasnya, kehilangan kebaikan utamanya, bahkan ia menjadi tidak bisa dipercaya dan mungkin akan diasingkan oleh pemuda yang lain.
  4. Bagi Ali, memilih teman menjadi hal yang perlu. Ia pernah berpesan bahwa tidak perlu berbangga memiliki banyak teman ketika mereka bukan berasal dari orang yang baik-baik. Sebabnya, kedudukan teman itu bagaikan api. Ketika sedikit maka menjadi kenikmatan (sebuah kehangatan) tetapi jika terlalu banyak justru akan berujung pada kebinasaan.
  5. Selain itu, Ali juga mengingatkan kepada kita pentingnya menjaga kesabaran. Ia mengatakan, sebaiknya amarah itu ditelan saja. Ia mengibaratkan bahwa amarah justru merupakan minuman yang lebih manis dan lebih lezat. Mungkin, maksud Ali, ketika amarah justru dilepaskan, belum tentu ia akan memberikan yang baik-baik kepada si pemilik amarah.
  6. Untuk khalifah seperti Ali, kejujuran juga menjadi hal yang penting untuk dimiliki pemuda. Ia mengungkapkan, kejujuran justru akan menyelamatkan seseorang meskipun ia takut akan hal itu. Lebih baik menjadi jujur dan terbuka, daripada menyembunyikan hal-hal yang bathil karena akan merugikan banyak pihak, termasuk dari diri pemuda itu sendiri.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Pendidikan

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang pendidikan biasanya digunakan untuk menjadi kata motivasi bagi orang yang sedang menuntut ilmu. Simak beberapa kata-katanya berikut ini.

  1. Ali pernah menyebutkan, ilmu yang tanpa akan diibaratkan seperti memiliki sepatu tanpa kaki.begitu juga sebaliknya, ketika berakal tapi tidak berilmu seperti ibarat memiliki kaki tanpa sepatu. Seperti yang kita ketahui, ilmu dan akal memang menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Mereka saling melengkapi, dan menjadi penunjang satu sama lain.
  2. Ali berpesan untuk mengikatkan ilmu dengan menulis. Baginya, dengan menulis, ilmu akan lebih terserap dan lebih sulit hilang ketika dituliskan. Dengan begitu, kita jadi paham mengapa terkadang ketika kita mempelajari sesuatu, akan lebih mudah ketika ilmu yang telah kita pelajari ditulis. Selain itu, recall pengetahuan dari otak kita juga akan lebih cepat sehingga lebih mudah mengingatnya.
  3. Bagi Ali bin Abi Thalib, pendidikan adalah hal yang tidak akan cepat membuat seseorang kenyang. Menurutnya, dua jenis manusia yang tidak akan merasa kenyang adalah para pencari ilmu dan pencari harta. Namun, tentu akan lebih bermanfaat ketika pencari harta juga sebagai pencari ilmu yang taat, untuk menghindari penyalahgunaan harta untuk hal-hal yang justru tidak baik.
  4. Jika tidak memiliki argumen yang jelas, lebih baik kurangi berbicara. Ali berpesan seperti itu karena kebanyakan dari kita, lebih mudah berbicara ketika tidak memiliki argumen, atau bahasan yang dibicarakan cenderung ringan. Namun, ketika ranah pembicaraan sudah menuju ke arah yang butuh argument dan kita belum siap, lebih baik mengurangi berbicara saja.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Kehidupan

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
  1. Ali pernah mengungkapkan bahwa “Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup. Dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia." Di sini Ali mencoba mengingatkan kembali pada kita bahwa berharap pada entitas yang tidak tepat justru akan membawa kita terhadap rasa penyesalan, misalnya terlalu berharap pada manusia.
  2. Jangan menjelaskan tentang dirimu pada orang lain. Menurut Ali, menceritakan diri sendiri terlalu banyak justru tidak berguna bagi kita maupun orang lain. Bagi orang yang menyukai kita, mereka tidak butuh itu. Hal itu juga berlaku bagi orang yang membenci kita, karena orang tersebut pastilah tidak akan percaya dengan semua itu.
  3. Kemenangan terbaik, bagi Ali, adalah ketika kita memaafkan. Memaafkan bukan berarti kita kalah, tetapi menjadikan kita pribadi yang lebih dewasa dalam menghadapi kesalahan yang dilakukan terhadap kita. Dalam proses memaafkan itu juga kita sedang bertarung dengan diri sendiri, sehingga ketika sanggup memaafkan, itu juga berarti kita sudah menang melawan ego dari dalam diri sendiri.
  4. Ali berpesan, hiduplah dengan sederhana. Meskipun kekayaan yang dimiliki sangatlah banyak, bukan berarti kita dapat hidup dengan terus-menerus berfoya-foya. Selain itu, ketika kita rendah hati dan sederhana, justru banyak orang akan lebih menaruh respek terhadap kita sehingga kita malah mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada kerugiannya.
  5. Jadilah seseorang yang tidak hanya mementingkan kepentingan perut saja. Maksudnya, jangan hanya melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Namun, usahakan juga untuk melakukan hal lain ketika masuk ke masalah rezeki.

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib Tentang Bersyukur

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib

Bersyukur merupakan cara kita untuk mengapresiasi apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Ali juga pernah memberikan sebuah ungkapan bagi kita mengenai bersyukur. Ia mengungkapkan bahwa:

“Ketika telah berhasil mengalahkan musuh, kita jadikan sifat pemaaf sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan yang telah kita dapatkan"

Kata-kata Ali Bin Abi Thalib yang telah dijelaskan diatas tentunya bisa menjadi motivasi dalam hidup anda semua. Meskipun hanya kata-kata, namun tentunya bisa membawa perubahan diri kita hingga menjadi lebih baik.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kata Kata Ali Bin Abi Thalib