Kumpulan Contoh Teks Persuasif yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Contoh Teks Persuasif – Pastinya Anda sudah mengetahui apa itu persuasif bukan. Jadi sifat yang satu adalah mengajak orang dengan jalan meyakinkan orang tersebut mengenai suatu hal tertentu. Sedang teks persuasif artinya teks yang berusaha untuk mengajak orang untuk melakukan suatu tindakan.

Membuat teks persuasif memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat menarik perhatian orang. Jika Anda bisa melakukannya, anda bisa saja menjadi seorang marketing yang handal. Bahkan Anda juga dapat menjadi pengusaha dan melakukan iklan dengan cara ini. Beberapa contoh dari teks persuasif dapat disimak sebagai berikut.

Contoh Teks Persuasif Inovasi dan Kreativitas Untuk Memajukan Negeri

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Dengan inovasi dan kreativitas aka nada suatu permasalahan yang terpecahkan dengan teknik win-win solution. Jadi hasil karya yang dibuat akan dapat menolong orang lain dan penyedia barang atau jasa juga sudah jelas diuntungkan.

Bagi Anda sebagai generasi masa kini, Anda bisa terus berkarya dalam bidang apapun yang ditekuni. Tentu saja segala macam bentuk kontribusi terhadap negara akan sangat berharga dalam pembangunan negara ini.

Negara ini sudah memiliki banyak sekali inovasi spektakuler dalam berbagai bidang. Misalkan saja, dalam bidang IT adalah Go-JEK. Dengan membuat aplikasi seperti itu, maka ada banyak orang yang sangat tertolong, baik dari segi penggunan jasa ataupun sopir yang berpartisipasi dalam mengantarkan penumpang.

Dengan adanya Go-JEK, maka terbuka lapangan kerja baru yang banyak menolong rakyat Indonesia. Sedangkan bila bidang Anda adalah teknik kimia. Anda bisa saja membuat cara mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai. Misalkan saja mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar terbarukan.

Selain itu, dengan berinovasi dan menggunakan kreativitas kearah yang baik, maka akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Tindakan yang bersifat produktif ini akan sangat bermanfaat bagi diri Anda dan juga orang lain. Maka dari itu, berinovasilah dan kreatif untuk dapat memajukan negeri kita tercinta ini.

Contoh Teks Persuasif Gerakan Hidup Sehat Untuk Angka Harapan Hidup Tinggi

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Hidup sehat diperlukan bagi semua orang dan dapat diterapkan dalam setiap waktu. Dengan melakukan hidup sehat setiap hari, maka Anda akan dapat meningkatkan angka harapan hidup Anda. Bahkan hidup sehat itu juga mudah dan murah.

Jadi Anda tidak perlu untuk melakukan ke Gym setiap hari untuk berolahraga. Berolahraga justru dapat Anda lakukan dimana saja dan kapanpun itu. Misalkan saja, Anda bisa saja jogging berkeliling rumah atau kompleks dan Anda juga bisa melakukan skipping di halaman rumah Anda.

Hidup sehat itu juga termasuk ke dalam mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat ini tidak harus selalu makanan yang mahal. Bahkan mengkonsumsi makanan yang sehat itu justru murah dan mudah. Contohnya adalah dengan memakan sayur-sayuran.

Hampir seluruh harga sayur itu termasuk murah dibandingkan dengan harga daging. Selain itu, kurangi makan-makanan yang mengandung zat kimia tidak alami, seperti micin, pewarna makanan sintetis, dan pengawet makanan.

Zat kimia yang tidak alami tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh, terutama ginjal. Hal itu disebabkan oleh zat kimia sintetis bersifat raacun di dalam tubuh, sehingga tubuh pasti akan berusaha keras untuk menyaring dan membuang zat tersebut.

Hanya saja bila jumlah zat kimia sintetis yang ada di dalam tubuh seseorang itu terlalu banyak, maka tubuh sudah tidak akan mampu lagi untuk melakukan penyaring. Akibatnya adalah orang tersebut pasti akan mudah sakit.

Selain itu, pakailah masker ketika sedang berkendara. Ini adalah salah satu cara yang digunakan untuk merawat paru-paru Anda sejak dini. Dengan menggunakan masker setiap hari saat berkendara keluar, maka akan dapat membantu tubuh dalam menyaring partikel kecil yang dapat melukai paru-paru Anda.

Hal lain yang paling penting adalah merokok pada tempatnya. Merokok di sembarangan tempat akan membuat orang lain yang tidak merokok jadi terkena imbasnya. Ingatlah untuk selalu menjaga diri dari tindakan merugikan orang lain dengan jalan merokok pada tempat khusus perokok.

Sebisa mungkin juga untuk mengurangi intensitas dari merokok itu sendiri bagi perokok yang sangat aktif. Seiring dengan berjalannya waktu, maka tubuh akan menua. Saat tubuh sudah menjadi semakin tua, sudah pasti daya tahan tubuh dan fungsi tubuh akan terus berkurang.

Jadi bagi perokok aktif, suatu saat diharuskan untuk mengurangi jumlah rokok yang dihisap. Itu juga demi angka harapan hidup untuk diri sendiri. Dengan mengurangi intensitas merokok atau berhenti sama sekali dapat menaikkan angka harapan hidup secara signifikan.

Contoh Teks Persuasif Lestarikan Alam Demi Anak Cucu Bangsa

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia saat ini pasti akan berdampak terhadap anak cucu bangsa ini. Lakukanlah hal yang baik bagi alam. Ingatlah ada istilah,”alam tanpa manusia akan baik-baik saja, tetapi manusia tanpa alam sudah pasti binasa”.

Istilah tersebut memang terdengar sedikit mneyeramkan, tetapi hal itulah yang sedang kita hadapi saat ini. Ada banjir dimana-mana, polusi udara yang menyesakkan paru-paru dan dapat menyebabkan kematian, naiknya level permukaan laut akibat pemanasan global yang mencairkan es-es di kutub.

Itu semua terjadi, karena ulah dari manusia. Dengan melestarikan alam, suatu saat banjir akan dapat dihilangkan, udara menjadi bersih dan segar bagi paru-paru, dan permukaan laut tidak lagi naik. Hal yang paling mudah adalah dengan mematikan lampu yang tidak terpakai.

Mungkin Anda akan menganggap ini adalah tindakan yang remeh dan sangat kecil, tetapi apabila dilakukan oleh 200 juta penduduk Indonesia, maka itu akan menjadi hal yang besar. Negara akan dapat menghemat listrik secara besar-besaran.

Kebiasaan lain yang perlu untuk terus dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Biarkanlah sungai-sungai tetap bersih dan jernih dengan tidak adanya sampah yang mencemarinya. Dengan begitu, maka sungai akan bersih dan tidak tersumbat, sehingga saat musim penghujan tiba, tidak ada lagi banjir yang melanda suatu kawasan.

Selain itu, tindakan lain yang perlu dilakukan untuk setiap warga Indonesia adalah dengan memelihara tanaman. Pemeliharaan tanaman di setiap rumah tidak harus dilakukan dengan tanah yang luas. Bahkan Anda tetap dapat menanam dengan menggunakan botol plastik bekas.

Mengenai apa saja yang ditanam, Anda bisa saja membenamkan di air akar dan batang sayuran dengan panjang paling tidak 4 cm dari sayuran yang telah dipotong. Beberapa macam contohnya adalah menanam loncang dan sawi putih.

Kemudian, setelah membenamkan di air, Anda perlu untuk terus menerus mengganti air yang digunakan oleh sayur tersebut untuk dapat tumbuh dengan baik. Setelah tumbuh tinggi, Anda dapat memotongnya lagi untuk dimasak. Di sini, Anda akan dapat membantu melestarikan alam dan juga menghemat biaya.

Contoh Teks Persuasif Cintailah Budaya Indonesia

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Budaya merupakan warisan dari nenek moyang leluhur bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sangat kaya akan budaya, karena memiliki suku yang sangat banyak jumlahnya. Warisan budaya ini termasuk pakaian adat, bahasa, senjata tradisional, lagu daerah, alat musik tradisional, pakaian tradisional, dan juga makanan tradisional.

Anda harus mengingat bahwa tidak banyak negara lain di dunia yang memiliki kekayaan budaya. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia mempunyai budaya yang tidak terhitung.  Jangan sampai Anda mengabaikan warisan ini, karena warisan ini dapat saja diambil oleh negara lainnya. Maka dari itu, cintailah budaya Indonesia.

Contoh Teks Persuasif Jadilah Ahli di Bidangmu

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Siapapun Anda dan apapun pekerjaannya, jadilah ahli dalam bidangmu. Misalkan saja, giat belajar bagi seorang pelajar. Bila Anda berprestasi, maka Anda sendiri yang akan mendapatkan hasilnya. Biasanya orang yang berprestasi akan mudah untuk mendapatkan beasiswa.

Dengan beasiswa tersebut, Anda dapat terus semakin mengembangkan kemampuan diri untuk menghadapi kompetisi yang lebih rumit di masa depan. Jika Anda adalah seorang pedagang, Anda bisa mencoba untuk selalu mempelajari teknologi terbaru untuk dapat menjual barang atau jasa yang Anda berikan.

Intinya adalah mau untuk terus belajar dan mengamati situasi yang ada dan potensinya di masa mendatang. Dengan selalu menerapkan prinsip tersebut, maka seseorang akan dapat menjadi seorang ahli dalam bidang masing-masing.

Contoh Teks Persuasif Cintailah Produk Dalam Negeri

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Mencintai produk buatan negeri sendiri memang sebuah keharusan. Selalu menggunakan barang keluaran dalam negeri adalah hal yang sangat bagus. Dengan selalu melakukan hal ini, maka Anda telah andil dalam menghidupi pedagang dalam negeri dan juga negeri ini.

Cara ini juga diterapkan di Amerika. Para penduduk di sana selalu membiasakan diri untuk membeli barang buatan Amerika. Hal ini memang dilakukan agar membantu negara untuk memperkuat kekuatan bisnis dalam negeri.

Hal ini juga banyak diterapkan di Jepang. Jadi masyarakat Jepang selalu berusaha untuk membeli produk buatan Jepang sendiri untuk mendukung perkembangan kualitas dari produk buatan sendiri. Pasti Anda akan ada yang berpendapat bahwa kualitas dari barang buatan Indonesia tidak sebagus negara lainnya.

Mungkin pendapat Anda itu akan benar di awal. Hanya saja kualitas dari produk buatan dalam negeri sendiri akan mempermudah negara untuk menghidupi rakyat Indonesia sendiri dan semakin hari sudah dapat dipastikan bahwa kualitas yang ada akan semakin diperbaiki.

Dengan membiasakan budaya menggunakan produk buatan negara sendiri, maka akan menyebabkan banyak produk baru buatan anak bangsa. Hal tersebut sudah pasti akan membuat kompetisi sendiri dalam lingkup dalam negara.

Kompetisi tersebut akan menghasilkan penelitian dan inovasi-inovasi yang baru. Hal inilah yang dimaksud akan semakin memperbaiki kualitas produk dalam negeri saat diterapkan oleh seluruh penduduk Indonesia.

Contoh Teks Persuasif Mari Menjadi Pengusaha

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Menjadi kaya sudah tentu merupakan impian dari banyak orang. Salah satu cara untuk menjadi kaya, tentu saja tidak mudah. Untuk mewujudkannya dibutuhkan doa, kerja keras, dan kerja cerdas. Salah satu pintu untuk mencapai hal itu adalah dengan berdagang atau berwirausaha.

Di era yang serba canggih ini, berjualan sudah tidak bisa hanya mengandalkan toko fisik saja. Anda juga diharuskan untuk berjualan melalui internet atau aplikasi online lainnya. Bahkan adanya prediksi bahwa suatu hari nanti hanya akan ada sedikit sekali toko yang berdiri secara fisik.

Menjadi pengusaha berarti Anda telah membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dengan jalan mengurangi angka pengangguran. Anda juga akan dapat membantu negara dalam mengurangi angka kriminalitas, karena berkurangnya angka kemiskinan.

Selain itu, menjadi orang yang produktif akan jauh lebih baik daripada orang yang konsumtif, karena hidup menjadi lebih berarti bagi orang lainnya. Maka dari itu, jadilah seorang pengusaha dan turut membantu negara dalam mengentaskan kemiskinan di tanah air Indonesia ini.

Contoh Teks Persuasif Tanamkan Kejujuran Pada Generasi Muda

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Kejujuran adalah hal yang menjadi semakin langka di Indonesia. Padahal di negara lain yang lebih maju, justru di dalamnya ada banyak sekali orang yang jujur. Hal inilah yang patut untuk dipelajari bagi generasi muda yang ada saat ini.

Perubahan yang ada harus dimulai dari generasi yang ada saat ini. Tidak pernah ada terlambat untuk memulai. Penanaman moral dan kejujuran bagi anak-anak sejak dini adalah hal yang sangat perlu. Salah satu contoh dari kejujuran yang langka saat ini adalah tidak mengambil apa yang bukan haknya atau milikinya.

Jadi tanamkan kepada anak untuk selalu bersyukur terhadap barang-barang yang sudah dimiliki. Belajar juga untuk selalu menepati janji. Kemudian, jika meminjam barang orang lain, maka harus segera dikembalikan dalam kondisi yang baik.

Selain itu, tanamkan kepada anak-anak juga dengan pendidikan agama yang baik. Agama apapun di dunia ini pasti melarang adanya pencurian atau pengambilan hak orang lain, karena hidup ini tidak hanya di dunia saja, melainkan juga di akhirat.

Contoh Teks Persuasif Budayakan Membaca

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Pasti Anda sudah sering mendengar bukan bahwa “buku adalah jendela dunia”. Istilah ini memang sangat benar adanya, karena Anda akan dapat memahami berbagai macam fenomena yang terjadi di belahan dunia lain dan juga bahkan di luar bumi, tanpa perlu untuk mengunjungi secara langsung.

Indonesia saat ini termasuk ke dalam negara literasi dengan peringkat yang sangat tidak tinggi. Bahkan nama Indonesia tidak tercatat dalam 20 negara dengan tingkat literasi paling tinggi di dunia. Peringkat ini biasa disampaikan berdasarkan hasil penelitian dari The World’s Most Literate Nations (WMLN).

Penelitian ini telah dilakukan terhadap lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Negara dengan peringkat paling tinggi adalah Finlandia. Negara tersebut sangat terkenal dengan sistem pendidikan yang diakui paling baik di dunia.

Berkat kebiasaan membaca ini, masyarakat Finlandia berwawasan luas dan dapat mencari pemecahan masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari mereka. Kebiasaan tersebut juga berdampak secara langsung terhadap kondisi perekonomian negara yang dinilai sangat stabil.

Jadi dengan menerapkan budaya banyak membaca ini, dapat mencerdaskan bangsa. Jika banyak penduduk Indonesia yang cerdas, maka akan banyak pemecahan masalah terhadap masalah perekonomian di negara ini dan secara langsung mengurangi angka kriminalitas di Indonesia.

Contoh Teks Persuasif Mari Menanam Untuk Menyelamatkan Bumi

Contoh Teks Persuasif
Contoh Teks Persuasif

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat dengan tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil saat ini bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat dengan drastis.

Peningkatan kadar CO2 sangat tidak baik bagi bumi, karena dapat menyebabkan pemanasan global dan mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak 5 tanaman untuk setiap orang.

Pasti akan ada pertanyaan,”bagaimana kalau tidak memiliki lahan?”. Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot. Tanaman yang Anda tanam bisa saja berupa sayur-sayuran. Jadi Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain dari tanaman sayur, Anda juga bisa menanam kaktus. Tanaman yang satu ini dapat dijadikan dekorasi rumah juga dalam ukuran yang kecil. Bahkan Anda juga dapat menghias kaktus tersebut dengan berbagai macam action figure yang dapat membuat anak-anak juga tertarik untuk menanam.

Tularkan kebiasaan baik ini kepada teman-teman Anda, sehingga banyak dari mereka yang juga ingin mengajarkan kepada anaknya untuk senang menanam. Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Persuasif

Tinggalkan komentar