Contoh Teks Eksposisi Analitik Dan Strukturnya

Ada banyak jenis teks eksposisi  yang sering kita jumpai. Salah satunya adalah teks eksposisi analitik.  Teks eksposisi ini merupakan teks eksposisi yang membahas suatu masalah dan menguraikannya menjadi sebuah kesimpulan yang mudah pembaca pahami.

Contoh teks eksposisi analitik adalah contoh yang menggambarkan teks eksposisi sesuai dengan strukturnya.

Lantas, apa pengertian teks eksposisi analitik? Teks eksposisi analitik adalah teks yang isinya pendapat dan pemikiran seseorang. Secara umum teks ini termasuk dalam teks argumentasi.

Contoh Teks Eksposisi Analitik Beserta Strukturnya

Pendidikan sangat penting bagi manusia. Salah satunya melalui pendidikan, manusia berpeluang menjadi pribadi yang unggul, dewasa dan mandiri. Bukan hanya itu, seseorang yang memiliki pendidikan yang cukup, mereka akan lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan.

Tentu, ini sesuai dengan definisi pendidikan menurut KBBI, pendidikan merupakan proses mengubah sikap, tata laku dan perilaku seseorang atau kelompok orang yang punya tujuan untuk mendewasakan mereka.

Sedangkan M.J Lavengeld  mendefinisikan pendidikan sebagai upaya untuk membimbing manusia yang belum dewasa menjadi lebih dewasa. Lebih dalam lagi, pendidikan merupakan upaya untuk membantu anak-anak melakukan tugas mereka dalam hidup ini. Sehingga mereka lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam ranah sosial. Lebih dari itu, M.J Lavengeld mendefinisikan pendidikan sebagai upaya untuk menentukan masa depan seseorang.

Baca juga: Apa Saja Unsur-Unsur Utama Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi Analitik

Secara umum struktur teks eksposisi analitik adalah sebagai berikut:

  1. Tesis
  2. Argumentasi
  3. Dan simpulan

Contoh Teks Eksposisi Analitik Dalam Strukturnya

Tesis

Dalam kehidupan ini pendidikan merupakan sesuatu yang paling penting bagi manusia. Lewat pendidikan, manusia akan bertumbuh, berkembang lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab terhadap kehidupannya.

Argumentasi

Pendidikan merupakan hak setiap anak bangsa tanpa terkecuali. Hal ini sebagaimana amanat undang-undang dasar 1945 pasal 1 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.  Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia Indonesia. Tanpa pendidikan yang cukup, maka seseorang tak memiliki cukup bekal untuk mengarungi kehidupan ini ingin meraih kesuksesan.

Penegasan Ulang

Dari pembahasan singkat di atas kita tahu bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia.  siapapun orangnya, apapun latar belakangnya, mereka berhak untuk menikmati pendidikan sebagai modal untuk mengarungi kehidupan ini.

Contoh Teks Eksposisi Analitik

Pentingnya minum air putih yang cukup

Tesis

Banyak orang yang kurang sadar betapa pentingnya air putih bagi tubuh mereka. Sehingga mereka menyepelekan minum air putih. Faktanya, lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air. Tepatnya, darah dalam tubuh mereka.

Bila seseorang kekurangan minum air putih, maka berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan. Mulai dari dehidrasi hingga gangguan fungsi ginjal.

Argumentasi

Ada banyak alasan yang menjadi dasar mengapa minum air putih sangat penting bagi tubuh kita.

Pertama, air putih bermanfaat membantu mencerna makanan dalam perut. Bukan hanya itu, air putih juga membantu membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh manusia.

Cairan tubuh manusia juga terbentuk dari asupan air putih yang mereka minum. Asupan air putih ini mampu membantu produksi air liur dan membantu pengaturan suhu tubuh manusia hingga stabil.

Kedua, konsumsi air putih yang cukup membantu kerja ginjal secara maksimal. Sehingga kerja ginjal tidak terlalu berat. Ginjal dalam tubuh manusia melakukan proses mencuci 200 liter darah setiap harinya.

Ketiga,  konsumsi air putih membantu meningkatkan konsentrasi otak. Otak termasuk bagian penting manusia yang terdiri dari air. Dengan konsumsi air yang cukup, maka otak mampu bekerja dengan baik, meningkatkan konsentrasi dan menekan terjadinya sistem saraf.

Kesimpulan

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat penting bagi tubuh manusia. Hal ini akan membantu ginjal bekerja secara maksimal meningkatkan fungsi otak membantu pengaturan suhu tubuh secara maksimal.

Olahraga Menyehatkan Badan

Tesis

Banyak anak-anak yang memiliki pertumbuhan cepat dari pertumbuhan normalnya. Salah satu penyebabnya karena gaya hidup konsumtif, konsumsi lemak yang berlebihan. Akibatnya, tubuh mereka berat dan kesehatan mereka semakin memburuk.

Argumentasi

Olahraga yang cukup dan teratur akan membuat anak-anak sehat dan kuat tubuhnya. Olahraga berfungsi membakar keringat, membakar lemak dan membuat tubuh mereka semakin sehat dan segar.

Ilmuwan dunia telah meneliti bahwa anak yang rajin olahraga memiliki tubuh yang jauh lebih sehat daripada anak sebayanya yang kurang olahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Mulai dari main bola voli, main sepak bola, lari-lari, main basket dan tenis meja.

Pada prinsipnya tak ada batasan olahraga apa yang bisa mereka lakukan tetapi seberapa besar komitmen mereka untuk berolahraga setiap hari.

Kesimpulan

Kehidupan Anda akan semakin sehat, kuat dan prima bolehkah mereka rajin berolahraga setiap hari.

Olahraga bukan hanya membuat tubuh mereka semakin sehat tetapi akan meningkatkan kecerdasan dan menjauhkan remaja dari pikiran kotor.

Contoh Teks Eksposisi Analitik Tentang Kesehatan Remaja

Tesis

Bagi remaja, kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting agar mereka bisa mengisi masa remajanya dengan belajar dan kegiatan yang positif.

Banyak remaja yang tak menyadari betapa pentingnya  kesehatan di masa remaja mereka. Sehingga banyak dari mereka yang tidur terlalu malam, begadang. Bahkan, mereka minum minuman alkohol. Hal ini sangat berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan mereka.

Argumentasi

Di usia remajanya, para remaja menghadapi banyak gejolak dalam kehidupannya. Mulai dari tumbuhnya masa pubertas, mengenal lawan jenis, konflik dengan orang tua, timbul masalah dengan teman remajanya. Semua masalah ini menambah tekanan remaja sehingga menyebabkan terganggunya fungsi kesehatan mereka.

Simpulan

Remaja perlu mendapat pendampingan dari orang tua, guru dan pembimbingnya agar mereka bisa melewati masa remajanya, semakin sehat, bahagia dan sukses.

Ciri ciri teks eksposisi

Dalam praktiknya ada beberapa ciri ciri teks eksposisi. Inilah beberapa ciri ciri teks eksposisi:

  • Menggunakan bahasa yang baku
  • Isinya tentang ilmu pengetahuan
  • Tulisan netral dan objektif
  • Berisi kalimat ajakan pada simpulan
  • Teks lugas dan jelas

Anda bisa menerapkan ciri ciri ini dalam teks eksposisi yang anda buat. Sehingga teks eksposisi yang Anda buat mduah dipahami oleh pembacanya.

Penutup

Ada banyak jenis teks eksposisi. Salah satunya adalah teks eksposisi analitik. Dalam artikel ini penulis telah menyajikan beberapa contoh teks eksposisi analitik. Anda bisa menjadikannya contoh untuk membuat contoh yang lainnya. Bila Anda sudah paham konsep sederhana tentang teks eksposisi ini, Anda bisa membuat contohnya dengan mudah.