Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi Ilmiah. Pengertian Dan Strukturnya

Salah satu jenis teks adalah teks eksplanasi ilmiah. Lantas, apa yang dimaksud teks eksplanasi ilmiah? Teks eksplanasi ilmiah merupakan teks yang memberikan penjelasan proses terjadinya sesuatu secara detail, jelas dan kronologis. Sehingga pembaca mudah memahami dan menerimanya.

Teks ini juga menjelaskan tentang proses pembentukan sesuatu secara rinci dan jelas. Seorang guru perlu memahami teks ini agar bisa menyampaikan pemaparan pada peserta didiknya dengan baik. Sehingga meminimalisir terjadinya salah paham.

Apa saja kandungan teks eksplanasi ilmiah? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Pengertian Teks Eksplanasi Ilmiah

Anda penasaran apa yang dimaksud teks eksplanasi ilmiah? Teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu secara ilmiah berdasarkan ilmu pengetahuan alam.

Biasanya teks eksplanasi ilmiah ini menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu yang ada di sekitar kita. Misalnya saja:

  1. Proses terjadinya arus listrik
  2. Bagaimana proses terjadinya pelangi
  3. proses terjadinya gerhana matahari

Tentu, proses terjadinya fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah oleh ahlinya.

Teks eksplanasi ilmiah termasuk dalam karya nonfiksi. Karena teks ini menjelaskan informasi berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada. Teks eksplanasi ini sifatnya memberikan informasi dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mereka percaya pada pembahasan yang disampaikan oleh penulis.

Baca: Apa Saja Unsur-Unsur Utama Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksplanasi Ilmiah

Berdasarkan buku super komplit sd mi 4-5-6 karya Meity Mudikawaty, S.pd., Dkk (2018).  Menjelaskan bahwa struktur eksplanasi ilmiah terdiri dari:

Pernyataan Umum

Dalam pernyataan umum ini, penulis menjelaskan fenomena yang akan penulis bahas. Sehingga pembaca punya gambaran tentang apa yang akan penulis sajikan. Dalam pernyataan umum ini biasanya penulis menggambarkan tentang sesuatu yang akan penulis jelaskan. Yaitu proses terjadinya fenomena hingga proses terjadinya fenomena tersebut.

Dalam pernyataan umum ini, penulis perlu memberikan penjelasan secara jelas, ringkas, padat dan menarik. Sehingga pembaca tertarik dan penasaran untuk melanjutkan membaca hingga selesai.

Urutan Sebab Akibat Atau Deret Penjelas

Dalam urutan sebab-akibat ini, penulis memberikan penjelasan tentang “bagaimana”.  Penulis memberikan penjelasan secara detail tentang proses keberadaan sesuatu. Hingga fenomena itu betul-betul terjadi sesuai dengan fakta dalam ilmu pengetahuan ilmiah.

Interpretasi/penutup

Dalam interpretasi ini penulis memberikan penjelasan tentang pendapat atau kesimpulan tentang sesuatu yang dibahasnya.

Secara umum teks eksplanasi ilmiah disusun berdasakan prinsip sistematis dan kronologis. Sehingga pembaca mudah memahami apa yang penulis maksudkan.

Topik Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi ilmiah ini menjelaskan tentang topik-topik tertentu. Berikut beberapa topik yang sering dibahas menggunakan teks eksplanasi ilmiah:

Fenomena Alam

Di sekitar kita banyak fenomena alam yang terjadi begitu saja. Padahal, fenomena itu bisa dijelaskan secara ilmiah oleh orang yang ahli dalam bidangnya.

Sejarah

sejarah seharusnya berisi tentang fakta kehidupan seseorang dalam kurun waktu tertentu. Sehingga pengalaman hidupnya bisa diambil pelajaran oleh orang yang hidup setelahnya.

Pendekatan penulisan sejarah bisa menggunakan teks eksplanasi ini.

Sains Dan Pengetahuan

Topik yang paling banyak orang gunakan untuk membuat contoh teks eksplanasi ilmiah adalah topik sains dan ilmu pengetahuan.

Ilmiah

Sesuatu yang ilmiah itu pasti bisa dijelaskan secara jelas dan detail. Salah satunay menggunakan teks eksplanasi ilmiah. Misalnya saja, menjelaskan fenomena ilmiah menggunakan pendekatan hukum sebab akibat.

Fenomena Sosial

Ada banyaknya fenomena sosial yang ada di sekitar kita, bisa jadi bahan untuk membuat teks eksplanasi ilmiah. Anda bisa membuatnya berdasarkan hukum sebab akibat.

Kebersihan

membahas isu kebersihan penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan. Ungkapan kebersihan bisa Anda sajikan dalam bentuk teks eksplanasi ilmiah dengan konsep sebab akibat.

Budaya

budaya bukan sesuatu yang lahir begitu saja. Sebuah budaya muncul, tumbuh dan mengakar melalui proses yang bisa kita jelaskan secara ilmiah. Anda bisa menjelaskan fenomena budaya dengan menggunakan teks eksplanasi ilmiah.

Teknologi

Penemuan teknologi merupakan hasil usaha manusia secara sadar dan terus menerus. Anda bisa membuat contoh teks eksplanasi ilmiah dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang dari masa ke masa.

Bahasa

bahasa tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Namun, bahasa yang digunakan manusia sering mengalami perubahan dan penyesuaian dari waktu ke waktu.

Pariwisata

manusia membutuhkan ketenangan dan hiburan dalam kehidupannya. Salah satu penghilang kepenatan manusia ya pariwisata. Anda bisa menulis teks eksposisi ilmiah menggunakan pendekatan pariwisata pada daerah tertentu.

Pendidikan

Salah satu sarana yang sangat penting bagi kehidupan manusia adalah tersedianya akses pendidikan yang cukup. Fenomena pendidikan terus mengalami perubahan dan dinamika pasang surut. Anda bisa menjelaskan fenomena pendidikan ini menggunakan teks eksplanasi ilmiah.

Fungsi Teks Eksplanasi Ilmiah

Secara khusus teks eksplanasi ilmiah memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu berdasarkan hukum atau hukum sebab akibat.

Jadi, teks eksplanasi ilmiah menjelaskan proses terjadinya sesuatu berdasarkan ilmu pengetahuan. Misalnya saja, proses terjadinya gejala alam. Proses terjadinya arus listrik, terjadinya hujan terjadinya banjir dan lain sebagainya.

Kandungan Teks Eksplanasi Ilmiah

Kita juga akan membahas kandungan teks eksplanasi ilmiah. Apa saja kandungan teks eksplanasi ilmiah? Teks eksplanasi ilmiah biasanya terdiri dari bagian penting. Antara lain:

Pembuka

Bagian pembukaan biasanya memberikan informasi kepada pembaca tentang masalah yang akan dibahas oleh penulis dalam teks eksplanasi ilmiah.

Isi

Bagian ini menjelaskan tentang masalah atau proses terjadinya sesuatu berdasarkan ilmu pengetahuan yang disusun sesuai dengan sebab akibat.

Penutup

Bagian penutup berisi kesimpulan atau pendapat penulis tentang fenomena yang sedang penulis bahas dalam tulisan yang penulis sajikan dalam teks eksplanasi ilmiah.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi Ilmiah

Ada beberapa ciri ciri yang melekat pada teks eksplanasi ilmiah ini. Yaitu:

Memiliki struktur yang singkat; sebab akibat, pernyataan umum dan interpretasi

Teks eksplanasi ilmiah ini  berisi fakta. Yaitu informasi ilmu pengetahuan yang sesuai dengan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan.

Berisi fakta ilmiah dan sains yang ada di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.

Sifatnya informatif. Teks ini menjelaskan tentang fakta informatif yang mempengaruhi pembaca agar percaya pada pembahasan yang penulis sajikan.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi Analitik Dan Strukturnya

Penutup

Sebelumnya, tentu Anda bertanya tanya dalam hati, apa yang dimaksud teks eksplanasi ilmiah? Yaitu salah satu dari banyak jenis teks yang menjelaskan proses terjadinya sesuatu sesuai dengan fakta ilmu pengetahuan.

Teks ini banyak digunakan dalam membuat kalimat berita, sejarah dan pembahasan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi.

Anda bisa mengasah skill (keterampilan) Anda hingga benar-benar mahir membaut teks eksplanasi ini.