17+ Contoh Teks Berita Singkat (5W + 1H) Struktur, Kaidah, Pengertian

17+ Contoh Teks Berita Singkat (5W + 1H) Struktur, Kaidah, Pengertian

Contoh Teks Berita – Teks berita adalah narasi yang isinya berupa laporan mengenai suatu kejadian atau peristiwa faktual yang sedang maupun sudah terjadi. Informasi dari sebuah teks berita haruslah jelas sumbernya sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sumber teks berita dapat berasal dari mana saja, baik media cetak maupun elektronik.

Sebuah teks berita dapat dikatakan baik dan benar apabila mengandung unsur 5W+1H. 5W+1H adalah kumpulan pertanyaan yang jawabannya akan memberikan informasi kepada pembaca. Agar pemahaman Anda mengenai 5W+1H pada teks berita semakin jelas, maka perlu mempelajari contohnya. Berikut ini adalah contoh teks berita yang menerapkan 5W+1H.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Diduga Lalai Matikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar

Kemarin malam tepatnya pada pukul 22.14 WIB telah terjadi sebuah peristiwa tak terduga di wilayah kompleks perumahan Griya Jaya Bekasi. Peristiwa tak terduga tersebut menimpa keluarga Pak Andi di mana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si jago merah. Penyebab terjadinya kebakaran diduga karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu.

Beruntung bagi pemilik rumah karena musibah tersebut tidak meminta korban jiwa. Hal ini dikarenakan saat terjadinya kebakaran Pak Andi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya. Sementara itu, sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang pulang kampung. Meskipun tidak ada korban jiwa, peristiwa ini tetap saja mengakibatkan kerugian materi hingga 800 juta rupiah.

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Rem Blong, Mobil Ferrari Mewah Hantam Pembatas Jalan

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada malam hari tanggal 4 Maret 2015. Kecelakaan ini dialami oleh sebuah mobil mewah yang dikendarai seorang anak muda bernama Agus. Penyebab utama kecelakaan mobil ini adalah karena sang pengemudi berkendara dengan kecepatan diatas 120 km/jam.

Saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobilnya karena rem yang blong. Akibatnya, mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak pembatas jalan. Untungnya sang pengemudi dapat segera diselamatkan dan langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Contoh Teks Berita tentang Politik

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Menjelang Pemilihan Gubernur Jakarta, Persaingan Makin Memanas

Sebentar lagi warga Jakarta akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih gubernur dan wakilnya. Pemilihan gubernur beserta wakilnya tahun ini dijamin akan panas karena mereka yang dicalonkan berasal dari berbagai partai politik bahkan independen. Salah satu calon gubernur yang meramaikan persaingan adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Selain mantan gubernur Jakarta tersebut, masih ada nama Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai menteri pendidikan. Kemudian, putra mantan presiden Republik Indonesia yaitu Agus Harimurti Yudhoyono juga mencalonkan diri. Persaingan di antara ketiganya tentu akan makin panas karena sama-sama memiliki latar belakang sebagai orang yang berprestasi.

Di samping itu, faktor lain yang akan menambah panas persaingan dari ketiga calon gubernur ini adalah perang gagasan dan visi misi untuk kemajuan Jakarta. Seperti kita ketahui bahwa ibu kota Republik Indonesia ini memang dijangkiti berbagai permasalahan yang membutuhkan penanganan serius. Oleh karena itu, menarik untuk ditunggu siapakah pemimpin Jakarta periode 2017-2022.

Contoh Teks Berita tentang Banjir

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Kembali Meluap, Sungai Ciliwung Tenggelamkan 2 Desa

Banjir bandang kembali melanda beberapa desa di ibu kota Jakarta. Bencana tahunan ini disebabkan oleh meluapnya sungai Ciliwung akibat hujan yang tak berhenti dari pukul 19.00-09.00 WIB. Akibat meluapnya sungai Ciliwung 2 desa tenggelam dan banyak keluarga yang mengungsi ke kampung sebelah.

Berdasarkan data, terdapat kurang lebih 137 kepala keluarga yang kehilangan rumahnya karena banjir. Sementara itu, pihak pemerintah merespon cepat kebutuhan para pengungsi dengan menyediakan obat-obatan, air bersih, makanan, minuman serta pakaian. Bencana serupa juga pernah melanda desa ini pada dua tahun yang lalu.

Akan tetapi, akibat yang ditimbulkan tidak separah tahun ini di mana 2 desa tenggelam dan 137 kepala keluarga kehilangan rumah. Terjadinya musibah banjir tahunan ini diduga disebabkan oleh kebiasaan masyarakat pinggiran sungai Ciliwung membuang sampah sembarangan. Kebiasaan yang terus dipelihara ini tentu saja membuat sungai semakin dangkal.

Contoh Teks Berita tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Terjadi Kebocoran Soal, Haruskah UN Diulang?

Pendidikan di Indonesia kembali bermasalah, pada hari Rabu 23 April 2015 soal UN untuk SMP diduga telah bocor. Ini merupakan berita besar yang langsung ditanggapi oleh menteri pendidikan yaitu Anies Baswedan. Menurut Anies, pihak pelaku pembocoran soal UN SMP telah diselediki. Ia juga menyatakan komitmennya bahwa pelaku akan diproses secara hukum.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud ditemukan fakta mencengangkan. Fakta tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 30 buklet dari total 11.730 soal UN SMP telah diunggah secara ilegal ke internet. Pihak kementerian pendidikan langsung merespon cepat masalah ini.

Pihak kemendikbud bekerja sama dengan keminfo untuk segera memblokir tautan di internet yang berisi konten ilegal tersebut. Tidak sampai di situ saja, pihak Kemendikbud juga menghubungi Google dalam upaya pemblokiran situs yang berisi soal UN SMP. Selain pemblokiran konten, pihak kemendikbud juga mulai melacak dalang dibalik kejadian ini.

Kebocoran soal UN SMP ini diduga melibatkan beberapa oknum yang bertugas di bagian percetakan. Oleh karena itu, pihak kemendikbud bersama pihak percetakan mulai melakukan investigasi secara internal untuk menemukan dalang di balik kebocoran soal UN. Peristiwa bocornya soal UN ini tentu menimbulkan wacana baru yaitu apakah UN SMP harus diulang?

Menteri pendidikan pun masih menimbang wacana mengenai pengulangan UN untuk SMP. Akan tetapi, kemungkinan besar ujian nasional tidak akan diulang. Ada beberapa faktor yang mendasari kemungkinan ini. Salah satu faktornya adalah besarnya anggaran dana yang dibutuhkan untuk pembuatan soal.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran Hutan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Palangkaraya Kembali Diselubungi Asap Akibat Kebakaran Hutan

Kota Palangkaraya dan sekitarnya kembali diselubungi oleh kabut asap. Akibatnya, aktivitas berkendara di daerah ini sangat terganggu karena jarak pandang hanya berkisar 50-100 meter. Meski jarak pandang menipis, warga tetap menjalankan aktivitas kesehariannya dengan memakai masker. Kabut asap yang kian pekat ini diduga akibat pembakaran lahan gambut.

Masyarakat tidak hanya mengeluhkan kabut asap yang mengganggu aktivitas mereka. Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan gangguan pada tubuh berupa pusing dan sesak napas yang diakibatkan kabut asap. Selain itu, proses belajar mengajar pada beberapa sekolah di Palangkaraya juga terganggu. Sejak 2 hari lalu, beberapa sekolah di Palangkaraya telah meliburkan siswa selama 5 hari.

Contoh Teks Berita tentang Gempa Bumi

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Indonesia Darurat Bencana, Gempa Kembali Guncang Lombok

Bencana kembali melanda salah satu wilayah di Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi bencana besar berupa gempa bumi dengan kekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok. Kepanikan pun langsung melanda warga Lombok yang segera mengungsi ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok Utara ini terjadi pada pukul 18.46 waktu Indonesia tengah. Lokasi pusat gempa diperkirakan berada di jarak 18 km barat laut Lombok timur dan memiliki kedalaman 15 kilometer. Besarnya skala gempa, kabar tentang terjadinya tsunami ditambah lagi listrik yang mati total sontak membuat warga panik dan memilih mengungsi.

Akan tetapi, guna meredakan kepanikan warga pihak BMKG mencabut peringatan tsunami satu jam kemudian. Gempa berskala tinggi ini juga mengakibatkan air laut naik di beberapa daerah. Di antaranya adalah di pelabuhan Carik Lombok Utara, Bada Sumbawa dan Lembar Lombok Barat. Sementara itu, gempa susulan masih terus terjadi hingga berita ini disampaikan.

Contoh Teks Berita tentang Kesehatan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Jaga Kesehatan dengan Membersihkan Lingkungan

Baru-baru ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan kasus Chikunguya sebagai kejadian luar biasa. Berdasarkan data penyakit yang juga disebabkan oleh nyamuk Aides Albopictus telah menyentuh angka 2.801 kasus. Jumlah ini jelas melonjak sangat tajam mengingat pada tahun 2006 silam kasus Chikunguya hanya terdapat 86.

Selain Chikunguya, penyakit demam berdarah juga mengalami peningkatan signifikan. Pada tahun 2006 jumlah kasusnya 10.924 dengan angka kematian sebesar 220. Sementara itu pada tahun ini jumlah kasusnya mencapai 18.845 dengan angka kematian 301. Penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegepty ini diperkirakan akan meningkat pada Desember nanti.

Melonjaknya kasus dari kedua penyakit ini disebabkan oleh perubahan iklim. Akibat pemanasan global, suhu udara bumi terus meningkat semenjak tahun 1990. Kemudian, curah hujan lebat juga meningkat sebanyak 3% per tahun. Beberapa ahli memperkirakan bahwa peningkatan suhu udara sebesar 3 derajat celcius akan meningkatkan resiko penularan penyakit ini sebanyak 2 kali lipat.

Area penularan penyakit ini, baik DBD maupun chikunguya relatif luas. Namun, sebagian masyarakat belum memiliki pengetahuan akan hal ini. Padahal penyakit DBD maupun chikunguya ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan tempat yang berpotensi dijadikan sarang nyamuk.

Selain DBD dan Chikungunya, pemanasan global juga menjadi media munculnya flu burung. Berdasarkan data pada tahun 2007, rata-rata korban meninggal akibat flu burung adalah sebanyak 8 orang. Jika masalah kebersihan lingkungan selalu diabaikan oleh masyarakat bukan tidak mungkin di tahun ini jumlah korban akan meningkat.

Menjaga kebersihan lingkungan juga berarti mensterilkannya dari berbagai bahan kimia berbahaya. Baru-baru ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dikejutkan dengan penyakit misterius. Penyakit tersebut menewaskan 10 orang warga desa Kanigoro, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Setelah diselidiki, kematian warga ternyata disebabkan oleh keracunan pestisida.

Upaya pencegahan penyakit harus dilakukan dengan serius oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan sebagian besar belum mengetahui cara preventif untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membuat Peraturan Daerah mengenai pengendalian penyakit tentu akan disambut baik.

Contoh Teks Berita tentang Olahraga

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Geluti Balap Sepeda, M.Fadli Tetap Instruksi Balap Motor

Jakarta-Muhammad Fadli adalah atlet yang akan mewakili Indonesia di ajang Asian Paracycling Championship. Meski akan mewakili Indonesia di cabang olahraga balap sepeda, M.Fadli tetap mengakui bahwa dirinya tetaplah seorang instruktur balap motor. Ini adalah kejuaraan level Asia pertama Fadli semenjak dirinya banting setir dari dunia balap motor.

Fadli akan berpartisipasi dalam kejuaraan Asia Para-Cyling yang diselenggarakan di Bahrain pada tanggal 24 Februari hingga 3 maret mendatang. Ia akan mewakili Indonesia pada nomor individual time trial kategori C4. Partisipasi Fadli di ajang ini banyak mendapat dukungan positif dari berbagai pihak di antaranya Senior Manager Safety Riding Motosport PT Astra Honda Motor yaitu Anggono Iriawan.

Anggono menaruh harapan agar Muhammad Fadli dapat mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaraan Para-Cyling Asia yang berlangsung di Bahrain tersebut. Anggono juga menyampaikan bahwa sebelum terjun ke balap sepeda, Fadli adalah seorang pembalap motor di kelas 600 cc. Sayangnya, sebuah kecelakaan membuatnya mundur dari dunia balap motor.

Contoh Teks Berita tentang Lingkungan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Sungai Tercemar, Warga Tuntut Ganti Rugi

Sekitar 200 warga yang berasal dari tiga kecamatan di kabupaten Tulang Bawang Lampung memadati kantor Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda). Kedatangan mereka ini adalah dalam rangka pengaduan pencemaran sungai Terusain yang dilakukan oleh PT Teguh Wibawa Bhakti Persada.

Akibat pencemaran sungai yang dilakukan perusahaan tersebut membuat ikan di keramba warga mati sehingga diprediksi mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. PT Teguh Wibawa Bhakti Persada adalah perusahaan yang berada di daerah Kampung Gunung Batin Baru, Terusain Nunyai, Lampung Tengah.

Perusahaan ini mendapat izin usaha dari Bupati Lampung. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan singkong menjadi tepung tapioka. Dalam sehari, perusahaan ini mampu memproduksi tepung tapioka 70-80 ton. Limbah hasil pengolahan tepung tapioka inilah yang diduga warga mencemari sungai Terusain.

Pendapat ini bukan tanpa alasan karena menurut salah satu warga bernama Suhendro sejak Januari 2008 air sungai sudah berwarna kuning dan baunya tak sedap. Kondisi yang demikian ini membuat ikan-ikan di keramba milik warga mati. Padahal selama ini, usaha budidaya ikan di keramba merupakan sumber kehidupan warga sekitar sungai Terusain.

Warga menuntut ganti rugi sebesar 20 miliar rupiah. Jumlah ini akan digunakan untuk mengganti kerugian pemilik 264 keramba apung, 400 hektar tambak tradisional dan 280 nelayan. Akan tetapi, pihak perusahaan merasa enggan menuruti tuntutan tersebut. Pihak perusahaan hanya bersedia memberikan ganti rugi sebesar 2 miliar rupiah.

Pihak perusahaan menghitung tiap keramba warga seharga 400 ribu rupiah. Padahal menurut warga ongkos pembuatannya menghabiskan dana sekitar 1 juta rupiah. Perbedaan persepsi ini, membuat kepala bagian umum CV Sinar Laut Group yang merupakan induk dari PT Teguh Wibawa Bhakti Persada menghitung ulang variabel kerugian.

Contoh Teks Berita tentang Kebudayaan

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Jelang Imlek, Warga Tionghoa Gelar Beragam Tradisi Menarik

Tanggal 10 Februari 2008 tinggal dua hari lagi. Bagi masyarakat etnis Tionghoa tanggal tersebut adalah hari yang spesial. Tepat pada tanggal tersebut mereka akan merayakan hari raya Imlek 2559 yang disebut tahun tikus dalam penanggalan China. Ada tradisi menarik yang dilakukan oleh warga keturunan Cina sebelum Imlek dimulai yaitu membersihkan Vihara.

Potret inilah yang terlihat di Vihara Danagun kota Bogor. Puluhan warga etnis Tionghoa bahu membahu membersihkan berbagai perabotan Vihara tidak terkecuali patung dewa. Patung-patung tersebut akan dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Sebagai wujud kegembiraan, mereka juga memasang berbagai pernak-pernik khas Imlek di jalanan sekitar Vihara.

Kemeriahan menjelang tahun baru juga terlihat di kota Semarang. Akan tetapi, warga Tionghoa di Semarang memiliki cara yang berbeda untuk menyambut datangnya Imlek. Pada momen menjelang Imlek mereka menggelar sebuah pasar tumpah di daerah Pecinan yang dikenal dengan nama Pasar Semawis.

Ketika pasar dibuka beragam pertunjukkan khas Tionghoa mulai ditampilkan. Salah satu pertunjukkan yang paling ditunggu oleh para penonton adalah atraksi barongsai. Tidak hanya berbagai pertunjukkan khas Tionghoa, acara ini juga menyuguhkan beragam budaya masyarakat setempat.

Ada banyak sekali contoh teks berita yang dapat Anda pelajari mulai dari tentang pendidikan, politik, olahraga, kesenian, bencana alam, dan lainnya. Pengangkatan sebuah topik dalam sebuah teks berita haruslah informatif bukan menarik. Ini dikarenakan teks berita haruslah memuat fakta yang dapat memberi informasi melalui struktur penyampaian 5W+1H. Jadi, sudahkah contoh-contoh di atas Anda pahami?

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Berita

Share
Additional Info