Contoh Pendahuluan Terlengkap untuk Kamu yang Ingin Membuat Makalah

Pernah enggak sih kalian membuat sebuah makalah atau laporan di sekolah ? Makalah terdiri dari bagian-bagian yang tersusun dengan rapi. Hal ini dikarenakan makalah atau laporan memiliki susunan yang sistematis.

Namun secara garis besar, sistematika penulisan makalah terdiri dari 3 bagian pokok, yakni bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Pada setiap bagian tersebut mempunyai beberapa bagian lagi akan tetapi dalam artikel ini kita hanya fokus untuk membahas bagaimana cara membuat pendahuluan dalam makalah beserta contoh pendahuluannya.

Sebelumnya kita juga sudah pernah membahas daftar isi, kata pengantar, dan contoh susunan makalah yang baik dan benar itu seperti apa. Dalam artikel ini kita akan coba sharing beberapa pendahuluan seperti contoh pendahuluan makalah, contoh pendahuluan laporan, contoh pendahuluan karya ilmiah, dan contoh pendahuluan skripsi.

Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik dan Benar

1.1 Latar Belakang

Tumbuh kembang remaja pada zaman ini sudah tidak bisa dibanggakan. Kenakalan remaja yang semakin meningkat akhir-akhir ini sudah pada taraf tindakan kriminalitas yang dampaknya tidak hanya untuk pelaku saja melainkan pada korban. Akan tetapi mencakup aspek sosial dan lingkungan yang diantaranya adalah pemerkosaan, tawuran, penggunaan narkoba, pengerusakan fasilitas umum, dan yang lainnya.

Remaja yang seharus menjadi generasi penerus bangsa kini tidak bisa menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan penurunan karakter dan mental cenderung meningkat.

Hal ini sangat di sayangkan karena tidak menutup kemungkinan 20 tahun yang akan datang negara ini akan miskin akan sosok-sosok pemimpin yang kreatif, intelek, dan berakhlak.

Para remaja saat ini dengan mudahnya melakukan perubahan sosial dan budaya dengan mengadopsi budaya luar tanpa adanya filter. Meningkatnya kenakalan remaja merupakan salah satu dampak dari media informasi dan penggunaan smartphone yang tidak di awasi serta program televisi yang dinilai kurang memberikan nilai edukatif untuk remaja.

Permasalahan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja melainkan lembaga pendidikan juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk membimbing dan memperbaiki perilaku remaja sehingga permasalahan ini tidak berlarut-larut tanpa adanya usaha untuk membinanya.

1.2 Rumusan Masala

Penulis telah menyusun beberapa poin yang akan dibahas dalam makalah ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Apa pengertian kenakalan remaja ?
  2. Apa penyebab dari kenakalan remaja ?
  3. Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja ?

1.3 Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Memahami arti atau definisi dari kenakalan remaja.
  2. Mengetahui penyebab dari kenakalan remaja.
  3. Menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi dan memperbaiki karakter dan mental remaja.

Contoh Pendahuluan Makalah Sastra

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Postmodern seringkali diartikan sebagai suatu krisis modernism, yaitu krisis yang disebabkan oleh modernisasi. Postmodern ini muncul karena budaya modern menghadapi suatu kegagalan dalam strategi visualisasinya yang seragam dan membosankan. Seorang tokoh pemikir radikal postmodernisme, Foucault mengatakan bahwa budaya itu dikonstruksi oleh subjeknya (manusia) yang bebas, tidak lagi oleh agama atau masyarakat.

Lahirnya postmodernisme ini terlepas dari sifatnya yang dekonstruktif atau revisioner, yaitu sebuah respon terhadap kegagalan modernisme serta konsekuensi buruk bagi kehidupan manusia dan alam pada umumnya. Puncak dari modernisme atau era pencerahan adalah kejenuhan akal budi seorang manusia.

Setelah lama berkiprah di dunia, era modernisme mengakhiri riwayatnya dengan semua akibat yang telah dirancang dan dibuat.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. ) Apa definisi postmodern?
  2. ) Ciri-ciri postmodern dalam karya sastra novel?
  3. ) Novel Indonesia yang menggunakan aliran postmodern?

3. Tujuan

Pembuatan makalah ini memiliki tujuan, yaitu:

  1. ) Mengetahui definisi dari postmodern
  2. ) Mengetahui ciri-ciri postmodern dalam karya sastra novel
  3. ) Mengetahui novel di Indonesia yang beraliran postmodern

Contoh Pendahuluan Makalah Sejarah

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Menurut Aristoteles, sejarah merupakan sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun. Kejadian atau peristiwa itu mempunya catatan, rekaman atau bukti yang valid. Dalam KBBI, sejarah memiliki 3 pengertian, yaitu sejarah sebagai silsilah atau asal usul, sejarah sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, dan sejarah sebagai ilmu pengetahuan, cerita pelajaran mengenai kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Sejarah juga tidak lepas dari perjalanan sebuah negara. Di Indonesia, sejarah pada masa penjajahan masih menjadi mata pelajaran yang wajib dikenalkan kepada siswa sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. Pelajaran sejarah untuk siswa SD sendiri masuk ke dalam mata pelajaran IPS. Materi sejarah yang diajarkan antara lain sejarah penjajahan Belanda, Pergerakan Nasional, Peranan Sumpah Pemuda, dan Pendudukan Jepang di Indonesia.

Dari pelajaran sejarah tersebut, diharapkan siswa dapat mengetahui asal-usul dan peristiwa penting suatu bangsa. Tidak hanya itu, siswa juga diharapkan memiliki sikap nasionalisme terhadap negara Indonesia. Seringkali pelajaran sejarah menjadi kurang menarik dan membosankan apalagi untuk siswa SD kelas 5.  Untuk itu diperlukan sebuah metode dan pengenalan yang menyenangkan agar pelajaran sejarah dapat disukai oleh para siswa.

Oleh karena itu penulis ingin menganalisis tentang pengenalan mata pelajaran sejarah pada siswa kelas 5 SD . Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi calon peneliti berikutnya yang ingin menganalisis dengan topik yang sama serta menerapkan metode yang dapat digunakan oleh para pembaca. Dengan demikian penulis menyusun makalah yang berjudul: Pengenalan dan Cara Efektif Untuk Memberikan Pelajaran Sejarah Kepada Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi di SDN 1 Kaliurip dengan subjek siswa kelas 5.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada makalah ini yaitu:

  1. ) Apa yang diperlukan saat mengajar pelajaran sejarah untuk anak SD kelas 5?
  2. ) Bagaimana cara yang tepat saat mengajar sejarah untuk anak SD kelas 5?
  3. ) Metode apa yang dapat digunakan untuk mengajar sejarah untuk anak SD kelas 5?

3. Tujuan

Makalah penelitian ini memiliki tujuan:

  1. ) Mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mengajar sejarah siswa kelas 5 SD.
  2. ) Mengetahui cara yang tepat saat mengajar sejarah siswa kelas 5 SD.
  3. ) Mengetahui apa yang dapat digunakan untuk mengajar sejarah siswa kelas 5 SD.

Contoh Pendahuluan Laporan Penelitian

Contoh Pendahuluan Makalah
Contoh Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Dunia industri pada zaman sekarang sudah sangat maju dan ketat dalam persaingan sehingga semua pihak yang terkait di dalam termasuk perusahaan harus berkompetisi secara ketat untuk mempertahankan usahanya. Hal ini bisa dilihat dari kualitas produk, harga produk, inovasi produk, dan sistem manajemen yang telah di tetapkan.

Masalah yang cukup sulit dan sangat berpengaruh yang dihadapi oleh sebuah perusahaan dalam usahanya adalah penenutuan harga produk yang merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan. Hal ini menyebabkan suatu perusahaan terkadang membuat harga serendah mungkin untuk mempertahankan eksistensinya dari kompetitor yang lainnya.Terkadang hal tersebut menjadi sebuah bumerang untuk perusahaan itu sendiri. Hal ini dikarenakan hal jual yang terlalu rendah akan tetapi harga produksi begitu besar. Hal hasil akan mengalami kerugian dan gagal untuk mencapai titik break event point atau titik balik modal.

Berdasarkan hal tersebut maka harus dikaji lebih dalam sebuah ilmu untuk digunakan menentukan biaya dalam suatu proses produksi, yaitu menganalisis dan estimasi biaya. Kegiatan estimasi biaya merupakan salah satu proses yang sangat penting dalam penyelenggaraan produksi. Bagi pemilik perusahaan, estimasi biaya yang digunakan sebagai pegangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan perusahaan yang akan diterapkan.

Pengaplikasian ilmu analisis dan estimasi biaya adalah dengan menghitung biaya produksi. Sehingga dapat diketahui harga jual suatu produk. Harapan dari pengaplikasian ilmu analisis dan estimasi biaya ini adalah agar sebuah perusahaan bisa menentukan harga jual sesuai dengan biaya produksi sehingga perusahaan tersebut dapat mencapai titik balik modal.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Bagaimana cara untuk mengetahui biaya apa saja yang terdapat dalam suatu proses produksi ?
  2. Bagaimana cara untuk mengetahui harga produk berdasarkan total biaya produksi pertahun ?

1.3 Batasan Masalah

  1. Perusahaan yang diamati untuk membuat laporan keuangan ini adalah perusahaan manufaktur dan bukan perusahaan jasa
  2. Data biaya produksi yang diamati adalah data CV. ARYA yang bergerak di bidang produksi tas.
  3. Data biaya produksi yang diamati adalah data periode tahun 2016.

1.4 Tujuan Penelitian

  1. Mengidentifikasi kualifikasi biaya-biaya pada saat produksi.
  2. Menjabarkan total biaya produksi setiap bulannya.
  3. Mengetahui total biaya produksi per tahunnya yang di dapat dari akumulasi biaya setiap bulannya.
  4. Menentukan harga produk berdasarkan biaya produksi selama 1 tahun.

Contoh Pendahuluan Proposal Penelitian

Latar Belakang

Di masa lampau, ketika kehidupan masih serba sederhana, pertukaran informasi yang masih sangat sulit dilakukan dengan jarak yang jauh sehingga pengetahuan masyarakat mengenai penyakit ataupun gaya hidup yang sehat masih sangat rendah.

Pengetahuan yang rendah mengenai suatu penyakit dan gaya hidup yang sehat tentu saja merupakan salah satu indikator masalah kesehatan masyarakat yang belum teratasi.

Masalahy kesehatan yang paling umum ditemukan di masyarakat salah satunya adalah penyakit hipertensi. Data kementrian Kesehatan pada tahun 2011 menyebutkan bahwa kematian akibat penyakit ini mencapai 59,5% dari seluruh kematian yang terjadi di Indonesia.

Kematian tertinggi adalah dikarenakan stroke, disusul dengan hipertensi, diabetes, kanker, dan penyakit paru-paru yang kronis. Padahal yang kita tahu, penyakit tersebut semuanya tidak menular.

Penyakit hipertensi adalah penyakit kardiovaskular yang mempunyai komplikasi yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Upaya pencegahan kematian akibat komplikasi penyakit ini yang lebih meningkat diperlukan terhadap pengetahuian masyarakat di Kampung Cikembang Kabupaten Bandung tentang penyakit hipertensi ini.

Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian penyakit hipertensi ?
  2. Apa penyebab terjadinya penyakit hipertensi ?
  3. Bagaimana cara mencegah hipertensi ?

Tujuan Penelitian

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan tentang penyakit hipertensi dan gaya hidup sehat dalam masyarakat khsusnya di Kampung Cikembang Kabupaten Bandung.

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah

Latar Belakang

Setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya sakit. Penyakit yang di derita pun sangat beragam, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat dan sulit untuk disembuhkan. Penyakit yang berat ini berawal dari penyakit yang ringan.

Masyarakat sering mengabaikan penyakit yang telah dideritanya, sehingga lama kelamaan penyakit tersebut akan semakin parah. Salah satu penyakit yang cukup berbahaya adalah demam berdarah. Kita semua tahu bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Seekor binatang kecil yang bersayap yang sangat mengganggu manusia.

Virus penyebab penyakit ini adalah virus Dengue sp, dengan vektornya adalah nyamuk Aedes Aegypthy betina. Akhir-akhir ini penyakit demam berdarah semakin meningkat. Terutama pada saat musim hujan. Pada saat musim penghujan populasi nyamuk ini semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya genangan air kotor yang menjadi tempat sarang nyamuk ini.

Untuk mengatasi penyakit ini, kini banyak perusahaan yang memproduksi berbagai macam obat nyamuk. Ada yang berupa obat nyamuk yang dibakar, ada pula obat nyamuk yang elektrik. Berbagai invosi telah dikembangkan untuk meminimalisir korban dari penyakit ini.

Akan tetapi penggunaan obat nyamuk juga bisa membahayakan kesehatan kita. Hal ini disebabkan pada obat nyamuk mengandung bahan kimia yang tidak ramah bagi kesehatan tubuh manusia. Efek samping dari penggunaan obat nyamuk ini adalah infeksi kulit, gangguan pernafasan, atau bahkan bisa keracunan.

Sebagai upaya awal dalam mencegah terjadinya peningkatan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah, penulis mencoba untuk membuat lotion penolak nyamuk dengan menggunakan bahan yang alami dan aman untuk kita gunakan. Bahan yang dimaksud adalah lotion dari ekstrak serai. Karena tanaman ini mudah untuk di dapatkan dan sangat aman untuk digunakan oleh manusia.

Rumusan Masalah

  1. Apakah ekstrak serai bisa digunakan sebagai penolak nyamuk ?
  2. Bagaimana tingkat efektivitas lotion dari ekstrak serai ini untuk menolak nyamuk jika dibandingkan dengan lotion yang mengguanakan bahan aktif DEET ?
  3. Bagaimana cara kerja lotion serai dalam menolak nyamuk ?

Tujuan Penelitian

  1. Membuktikan ekstrak serai bisa digunakan untuk menolak nyamuk.
  2. Mendeskripsikan tingkat efektivitas lotion dari ekstrak serai untuk menolak nyamuk.
  3. Mendeskripsikan cara kerja lotion serai dalam menolak nyamuk.

Contoh Pendahuluan Skripsi

Nah itulah penjelasan singkat mengenai contoh pendahuluan. Mulai dari contoh pendahuluan makalah, contoh pendahuluan laporan, contoh pendahuluan karya ilmiah, contoh pendahuluan proposal, dan contoh pendahuluan skripsi. Semoga dapat bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Contoh Pendahuluan Terlengkap untuk Kamu yang Ingin Membuat Makalah”

Tinggalkan komentar