Kumpulan Contoh Biografi Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Contoh Teks Biografi – Setiap tokoh terkenal atau berpengaruh biasanya akan menuliskan pengalaman hidupnya dalam sebuah biografi. Ada banyak sekali contoh teks biografi tokoh ternama yang secara tidak langsung dapat memberi Anda inspirasi. Biografi jenis ini biasanya berisi tentang pengalaman hidup seorang pahlawan, artis, pengusaha, atlet, dan lainnya.

Akan tetapi, Apakah hanya orang terkenal yang berhak menuliskan biografi? Jawabannya tentu saja tidak karena Anda sendiri sebetulnya berhak untuk menuliskan biografi diri sendiri. Bedanya adalah biografi tokoh ternama biasanya dipublikasi karena menginspirasi. Sementara biografi Anda hanya untuk bacaan pribadi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks biografi.

Contoh Teks Biografi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

 

Dewi Sartika

Orientasi

Dewi Sartika merupakan putri dari pasangan priyayi Sunda yaitu Nyi Raden Rajapermas dan Raden Somanagara. Walaupun bertentangan dengan adat yang berlaku di masyarakat, kedua orang tuanya tetap menginginkan putrinya tersebut berpendidikan. Oleh karena itu, pasangan suami istri tersebut menyekolahkan Dewi Sartika di Sakola Belanda.

Pasca wafatnya sang Ayah, dirinya diasuh oleh sang paman yang juga merupakan priyayi karena menjabat sebagai patih Cicalengka. Dari sang paman inilah dirinya mendapatkan pengetahuan tentang kebudayaan tanah leluhurnya yaitu Sunda. Sementara itu, pengetahuan tentang kebudayaan barat ia terima dari seorang nyonya asisten residen Belanda.

Peristiwa dan Masalah

Sejak kecil, Dewi Sartika memang sudah tertarik dengan kegiatan pendidikan. Sambil bermain bersama anak-anak pembantu kepatihan, Ia juga mengajarkan mereka berbagai pelajaran seperti membaca, menulis hingga bahasa Belanda. Beberapa benda seperti papan bilik kandang kereta, arang dan pecahan genting digunakannya sebagai media pembelajaran.

Pada waktu itu, Dewi Sartika baru berusia 10 tahun dan tindakan yang dilakukannya sudah menghebohkan masyarakat Cicalengka. Hal ini dikarenakan pada waktu itu beberapa anak-anak Cicalengka sudah mampu membaca, menulis, dan berbahasa Belanda. Setelah beranjak remaja, Dewi Sartika kembali lagi ke rumah Ibunya di Bandung.

Usia yang beranjak dewasa membuat Dewi Sartika optimis untuk menggapai cita-citanya. Cita-citanya tersebut juga mendapat dukungan dari pamannya yang menjabat sebagai bupati Martanagara. Meski mendapat dukungan dari paman, bukan berarti membuat dirinya mudah dalam mewujudkan cita-cita. Hal ini dikarenakan adat istiadat waktu itu sangat mengekang kaum wanita.

Akhirnya pada tahun 1902 Dewi Sartika mampu meyakinkan pamannya untuk mendirikan sekolah di belakang rumahnya di Bandung. Dirinya mengajar beberapa anggota keluarga perempuan dengan materi merendam, memasak, menulis, dan menjahit. Pada Januari 1904 setelah berkonsultasi dengan bupati Martanagara Dewi Sartika akhirnya mendirikan Sakola Istri pertama se-Hindia Belanda.

Dalam melaksanakan pembelajaran, dirinya dibantu oleh Nyi Poerwa dan Nyi Oewid. Pada waktu itu, murid di Sakola Istri terdiri dari 20 orang. Pada tahun 1905, sekolahnya menambah kelas sehingga dipindahkan ke Jalan Ciguriang Kebon Cau. Lokasi ini dibeli Dewi Sartika dengan uang tabungannya sendiri serta sumbangan dana dari Bupati.

Angkatan pertama Sakola Istri lulus pada tahun 1909. Pada tahun-tahun berikutnya, Sakola Istri mula banyak bermunculan di wilayah Pasundan dengan membawa semangat dan cita-cita Dewi Sartika. Kemudian, pada tahun 1912 sudah ada 9 Sakola Istri se-kabupaten Pasundan. Memasuki usia yang kesepuluh, sekolah ini berganti nama menjadi Sakola Keutamaan Istri.

Seluruh wilayah Pasundan telah memiliki Sakola Keutamaan Istri di setiap daerahnya pada tahun 1920. Tidak hanya di Pasundan, semangat Dewi Sartika juga menyeberang hingga Pulau Sumatera di mana Encik Rama Saleh juga mendirikan Sakola Keutamaan Istri di Bukit Tinggi. Sejak tahun 1929 atau tepat pada 25 tahun berdirinya sekolah ini Dewi Sartika kembali mengganti namanya.

Dewi Sartika mengganti nama sekolah ini menjadi “Sakola Raden Dewi”. Atas jasanya di bidang pendidikan, maka Pemerintah Hindia Belanda menganugerahi dirinya Bintang Jasa. Pada 11 September 1947, Dewi Sartika meninggal dunia. Ia dimakamkan di desa Rahayu, Cineam, Tasikmalaya. Tiga tahun kemudian, jasadnya dipindahkan ke kompleks pemakaman Bupati Bandung.

Reorientasi

Sebagai generasi muda, kita tentu tidak boleh melupakan jasa Dewi Sartika dalam memperjuangkan pendidikan begitu saja. Tidak hanya sekedar mengenang, semoga kita juga dapat meneladani dan terispirasi untuk melakukan hal yang sama dengan Dewi Sartika. Harapannya tentu saja agar wajah pendidikan Indonesia khususnya bagi kaum wanita lebih cerah.

Contoh Teks Biografi Pahlawan

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

R. A. Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah perempuan keturunan bangsawan yang lahir pada 21 April 1879. Sebagai seorang yang dilahirkan di keluarga bangasawan Kartini tentu berkesempatan untuk mengecap pendidikan. Pastinya seluruh rakyat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan pahlawan yang satu ini. Kartini berhasil menamatkan pendidikannya di bangku sekolah dasar. Karakter yang haus akan ilmu pengetahuan membuatnya ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Akan tetapi, pada waktu itu pendidikan bagi kaum wanita masih sangat dibatasi. Hal ini berlaku juga bagi Kartini meskipun dirinya adalah seorang putri bangsawan. Sang Ayah pun tidak memberikan izin kepada dirinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kartini pun sedih karena bagaimanapun juga ia tidak bisa mengubah keputusan Ayahnya.

Kartini adalah seorang wanita Jawa yang memiliki pandangan maju pada zamannya walaupun dirinya sendiri terbelenggu oleh adat istiadat. Hingga kini Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Ini dapat dilihat dari berbagai surat korespondensi dengan teman-temannya di Belanda yang dibukukan oleh Abendanon.

Pada 17 September 1904, Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun setelah melahirkan anak pertama sekaligus tunggal. Meskipun telah tutup usia, Kartini tetap menginspirasi wanita Indonesia dari berbagai generasi melalui tulisannya. Tulisan tersebut terkumpul dalam buku berjudul “Door Duistemis Tot Licht” atau Habis Gelap Terbitlah Terang.

Kartini resmi ditetapkan sebagai salah satu pahlawan Nasional melalui Keppres No. 108 Tahun 1964. Selain itu, sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Bahkan W.R. Supratman membuat lagu khusus untuk mengenang jasa-jasanya yang diberi judul “Ibu Kita Kartini”. Sekarang, lagu tersebut tentunya tidak aneh lagi terngiang ditelinga rakyat Indonesia.

Contoh Teks Biografi Artis

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

 

Cornelia Agatha

Cornelia Agatha atau biasa disapa Lia lahir di Jakarta, 11 Januari 1973. Namanya mulai populer di panggung hiburan Indonesia ketika memerankan karakter gadis kaya bernama Sarah dalam serial TV Sis Doel Anak Sekolahan. Lia mengawali kariernya dari dunia modeling lewat ajang cover girl dan menjadi model dari sejumlah produk.

Tak hanya puas berkecimpung di dunia modeling, Lia pun mulai merambah dunia seni peran. Karier filmnya dimulai pada tahun 1992 dengan membintangi film remaja berjudul Lupus. Menyusul kemudian film Elegi Buat Nana, Rini Tomboy, Detik Terakhir, Jatuh Cinta Lagi, Janji Matahari dan yang terbaru Si Doel The Movie.

Beberapa penghargaan telah diperolehnya saat berkarier di dunia hiburan Indonesia. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya adalah aktris terpuji Forum Film Bandung (FFB) 2002 dalam perannya di sinetron Perempuan Pilihan. Penghargaan nominasi aktris terbaik juga pernah didapatnya dalam ajang FFI 2002 “Rini Tomboy”, FFI 2005 “Detik Terakhir” dan Piala Vidia 2004.

Cornelia Agatha memulai kehidupan rumah tangganya dengan menikahi Sonny M. Lawlani pada 18 Maret 2006 di Hongkong. Dari pernikahannya ini, Lia dikaruniai dua orang anak yang lahir pada 7 Desember 2006. Kedua anak tersebut diberi nama Makayla Athaya Lawlani dan Tristan Athala Lawlani. Namun, sangat disayangkan karena Lia menggugat cerai suaminya pada November 2012.

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Febriyanto Ramadhan

Nama saya adalah Febriyanto Ramadhan. Saya dilahirkan pada 22 Februari 1995 di Bekasi. Orang tua saya bernama Budi Julianto dan Dewi Susilowati. Saya merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Kedua adik saya bernama Aqhil Icassia Al Bariq dan Melody Aurora Putri. Masa kecil saya lalui di Pondok Gede, Bekasi bersama keluarga kakek nenek dari Ayah.

Setelah memasuki usia Sekolah Dasar saya tinggal bersama orang tua saya dan bersekolah di SD N Jatimulya 07. Ketika berada di jenjang kelas 5 SD saya pindah ke Gunung Kidul untuk tinggal bersama kakek nenek dari Ibu. Saya melanjutkan pendidikan saya di SD N Terbah 1, SMP N 1 Gedangsari hingga SMA N 2 Playen.

Pendidikan tinggi saya lanjutkan di Universitas Negeri Yogyakarta dengan mengambil prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Selama berkuliah saya cukup aktif di komunitas Unit Studi Sastra dan Teater (UNSTRAT) dan merintis komunitas Pencinta Alam di Fakultas Ekonomi. Saya menyelesaikan kuliah selama 5,5 tahun dengan IPK 3,45.

Selain belajar, semasa kuliah saya juga menekuni beberapa pekerjaan. Pengalaman kerja yang pernah saya tekuni adalah tentor Matematika di Star Privat, penulis lepas di Gudang Konten, Jasa Nulis Artikel dan Konten Provider. Sampai saat ini saya masih aktif sebagai penulis lepas di Beryl Content Writer dan Writer Gudeg.com.

Selain itu, saya juga pernah bekerja di perusahaan start up bidang fashion yaitu Gildan Jogja dan Capitols Supply sebagai Accounting Manager selama 1 tahun. Itulah biografi singkat dari seorang Febriyanto Ramadhan dengan segala kesederhanaannya. Semoga dapat menginspirasi siapapun untuk berani menjadi diri sendiri.

Contoh Teks Biografi Atlet

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Steven Gerrard

Steven Gerrard lahir di Whiston, Merseyside, Inggris pada 30 Mei 1980. Kiprahnya dikenal publik saat membela Liverpool dan tim nasional Inggris. Ia memulai karier sepak bola juniornya dengan memperkuat tim asal kotanya Whiston Juniors. Baru pada usia sembilan tahun, Gerrard bergabung dengan akademi sepak bola Liverpool.

Ia menandatangani kontrak profesional bersama Liverpool pada 5 November 1997 di usia 17 tahun. Debutnya di tim utama Liverpool baru terjadi pada 29 November 1998 di ajang liga Inggris saat menghadapi Blackburn Rovers. Dalam musim debutnya, Gerrard mencatatkan 13 kali penampilan bersama The Reds. Ia juga mengisi posisi vital gelandang tengah yang ditinggalkan Jamie Redknapp.

Pada Oktober 2003, sang pelatih Gerard Houllier memberikan ban kapten kepadanya. Pada musim ini juga Gerrard memutuskan untuk memperpanjang kontraknya selama 4 tahun. Setelah tidak meraih gelar apapun pada musim 2003-2004, dirinya sering dikaitkan dengan klub Inggris lainnya Chelsea. Bahkan klub asal London Utara ini menawarnya dengan harga 20 juta pounds.

Setelah melalui negosiasi yang alot, Gerrard akhirnya batal hengkang dan memilih bertahan di Liverpool bersama pelatih baru Rafael Benitez. Bersama pelatih asal Spanyol ini Gerrard menjadi kunci permainan Liverpool. Dirinya mampu mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions pada 2005. Dirinya juga menjadi bagian skuad Liverpool saat menjuarai piala FA pada tahun 2006.

Menjelang akhir kariernya, Gerrard melewatkan kesempatan terbaik untuk menjuarai liga Inggris di musim 2013/2014 setelah melakukan blunder fatal saat melawan Chelsea. Gerrard tidak hanya menjadi kapten di Liverpool, Ia juga sosok pemimpin yang disegani di timnas Inggris. Akan tetapi, selama berkiprah di timnas Gerrard belum mampu memberikan satu gelarpun.

Sebagai pesepakbola profesional Gerrard telah menerima beberapa penghargaan yang sifatnya individu. Penghargaan tersebut di antaranya adalah UEFA Club Footballer of The Year, PFA Player of The Year dan nominasi Ballon d’ Or. Selain itu, Gerrard juga menerima penghargaan non olahraga berupa beasiswa dari Liverpool John Moores University dan anggota Orde kerajaan Inggris.

Contoh Teks Biografi BJ Habibie

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

BJ Habibie

BJ Habibie merupakan presiden Republik Indonesia ketiga yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936. Ia merupakan putra keempat dari delapan bersaudara pasangan suami istri Bugis Jawa yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Pernikahannya dengan Asri Ainun Habibie pada 12 Mei 1962 dikaruniai dua orang anak yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare. Sementara itu, Ayahnya meninggal dunia pada 3 September 1950 karena serangan jantung. Setelah kematian Ayahnya, Ia pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Semasa sekolah, prestasinya sangat menonjol terutama di bidang-bidang eksakta.

Setalah menamatkan SMA nya, Ia melanjutkan studinya di Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB). Kemudian setelah lulus, Habibie terbang ke Jerman untuk belajar di Technische Hochschule Jerman. Gelar diploma diraih Habibie pada tahun 1960 kemudian menyusul gelar doktor di tempat yang sama pada 1965.

Habibie merupakan tokoh yang genius, penuh kontroversi namun dikagumi. Bagaimana tidak? Beliau hanya membutuhkan waktu 1 tahun untuk menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indonesia. Sementara itu, Ia membutuhkan waktu 10 tahun hingga meraih gelar doktor dengan predikat summa cumlaude.

Setamat kuliah Ia bekerja di perusahaan pesawat terbang terkemuka di Jerman yaitu MMB GMBH. Semasa mendedikasikan hidupnya di industri pesawat terbang dirinya pernah memperoleh penghargaan bergengsi yaitu Theodore Van Karman Award. Melihat sepak terjangnya, Soeharto pun memanggilnya pulang ke Indonesia.

Semasa berada di lingkup kekuasaan Soeharto, Habibie pernah memegang beberapa jabatan penting. Di antaranya adalah Menteri Negara Ristek, Kepala BPPT hingga wakil Presiden RI. Setelah Soeharto lengser, Mahkamah Agung mengukuhkan Habibie menjadi Presiden ketiga RI. Keputusan Mahkamah Agung jugalah yang melengserkan kekuasaannya menyusul kasus Timor Timur.

Habibie dianggap mengecewakan banyak pihak ketika mengatasi persoalan Timor Timur. Dalam persoalan ini, Habibie memang memberikan opsi kembali ke RI atau memilih merdeka kepada rakyat Timor Timur melalui jajak pendapat. Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa rakyat Timor Timur ingin merdeka. Akhirnya, pertanggung jawaban Habibie ditolak oleh MPR dan resmi diberhentikan.

Contoh Teks Biografi Albert Einstein

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Albert Einstein

Bagi kalangan fisikawan, Albert Einstein dianggap sebagai Bapak Fisika Modern. Beliau dilahirkan di Ulm, Jerman pada 14 Maret 1879. Pada tahun 1901, Einstein berganti kewarganegaraan Swiss. Lalu, pada tahun 1933 ia memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat dengan alasan ingin menghindari kekejaman Adolf Hitler.

Pada masa kanak-kanak kecerdasaan Einstein terutama di bidang Matematika mulai terlihat. Akan tetapi, Ayahnya bukanlah orang yang kaya raya sehingga kesulitan untuk menyekolahkan Einstein. Oleh karena itu, ia harus bekerja keras untuk melanjutkan pendidikannya.

Beruntungnya Einstein memiliki kerabat keluarga yang kaya raya dan bersedia menyekolahkannya hingga masuk Universitas Zurich. Tahun 1900, Ia telah menyelesaikan studinya dan memilih menjadi warga negara Swiss. Setelah lulus, Ia bekerja sebagai pegawai kantor patent di negara tersebut.

Akan tetapi, pekerjaan tersebut tidak melunturkan minatnya terhadap matematika dan fisika. Buktinya, setiap waktu senggang selalu dimanfaatkannya untuk memecahkan persoalan fisika dan matematika yang rumit. Salah satu karya papernya yang paling terkenal adalah tulisannya mengenai teori relativitas.

Teori tersebut menjelaskan perubahan massa menjadi energi yang diwakili dengan simbol E=mc2. Simbol E diartikan sebagai energi, sementara m adalah massa dan c mewakili kecepatan cahaya. Rumus inilah yang pada perkembangannya dimanfaatkan oleh Alfred Nobel untuk pembuatan bom atom. Ternyata kehadiran bom atom justru disalah gunakan oleh negara-negara yang terlibat perang.

Puncaknya adalah saat kota Hiroshima dan Nagasaki Jepang dibom atom oleh sekutu. Kejadian ini tentu saja membuat Einstein sangat berduka. Semenjak peristiwa itu, Ia lebih banyak mengabdikan hidupnya untuk kepentingan perdamaian. Selain menemukan konsep relativitas, Einstein juga menyumbangkan teori kuantum untuk efek foto elektrik.

Teori inilah yang membuat dirinya dianugerahi hadiah Nobel pada tahun 1921. Setelah pensiun sebagai pengajar di Universitas Pricenton tahun 1945, Ia memutuskan untuk melanjutkan penelitiannya tentang masalah penyatuan teori. Namun, penelitian ini tidak dapat diselesaikannya dan pada 18 April 1955 dirinya meninggal di rumah sakit Pricenton.

Ketika meninggal dunia, Albert Einstein sedang dalam keadaan tertidur. Dalam rangka menghormati jasa-jasanya pihak rumah sakit Pricenton memutuskan untuk mengawetkan otaknya. Selain itu, namanya juga diabadikan dalam sebuah unsur kimia yaitu Einstenium. Semua penghargaan ini diberikan karena besarnya sumbangsih einstein bagi ilmu pengetahuan khususnya fisika.

Contoh Teks Biografi Penulis

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Akira Toriyama

Jepang merupakan negara penghasil karya komik terbesar di dunia. Salah satu tokoh penulis komik terkenal negeri matahari adalah Akira Toriyama yang dilahirkan pada 5 April 1955. Seperti orang Jepang pada umumnya, Akira mempunyai sifat yang cekatan dan pekerja keras. Selain itu, ia juga teliti dan detail dalam menggarap setiap karya komiknya.

Salah satu karya Akira yang terkenal adalah komik Dragon Ball yang juga diadaptasi ke dalam anime. Selain Dragon Ball, Akira juga menulis komik berjudul Fox Tale dan Blue Dragon. Blue Dragon juga diadaptasi menjadi salah satu karakter dalam video game berjudul Dragon Quest. Di samping ketiga karya tersebut masih banyak lagi komik ciptaan Akira yang tidak dipublikasikan.

Dikarenakan dedikasinya dalam menghasilkan karya komik, maka Akira telah menerima berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan bergengsi yang diperolehnya adalah Shogakukan Manga Award pada tahun 1981. Sampai saat ini, nama Akira Toriyama telah menginspirasi para komikus-komikus muda dari berbagai negara tidak terkecuali Indonesia.

Contoh Teks Biografi Ayah

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Budi Julianto

Ayah saya merupakan seorang pria yang bertanggung jawab. Beliau bernama Budi Julianto, Ia dilahirkan di Jakarta pada 8 Juli 1975. Beliau merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan suami istri berlatar belakang Sunda dan Jawa. Ayah saya melewatkan masa kecil hingga remajanya di Jakarta.

Setelah lulus SMA, Ayah saya pergi merantau ke Yogyakarta untuk berkuliah di Institut Seni Indonesia dan mengambil jurusan seni rupa. Selain berkuliah, Ayah saya juga sibuk membantu usaha dagang burung milik pamannya di Muntilan. Mungkin dikarenakan faktor inilah Ayah saya tidak mampu menyelesaikan kuliah tingkat sarjananya.

Setelah gagal menyelesaikan kuliahnya, Ia pulang ke Jakarta dan mulai merintis bisnis dagang burung sekaligus menikahi wanita yang kelak menjadi ibu saya. Ayah lumayan lama menggeluti bisnis dagang burung, setelah usahanya bangkrut Ia memutuskan untuk bekerja di perusahaan forwarder.

Ketika saya memasuki usia sekolah dasar, Ayah kembali merintis usaha barunya yaitu dagang ikan hias. Setelah dirasa cukup siap, Ayah memutuskan keluar dari tempatnya bekerja dan mulai fokus terhadap bisnisnya. Bisnis dagang ikan inilah yang digeluti Ayah saya hingga sekarang ini untuk menghidupi keluarga kecilnya.

Contoh Teks Biografi Ibu

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Dewi Susilowati

Ibu saya bernama lengkap Dewi Susilowati. Ia dilahirkan dari dua pasangan suami istri Jawa di Gunungkidul pada 6 Januari 1975. Ia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Ibu saya merupakan sosok perempuan pekerja keras dan penuh kasih sayang. Masa kecil hingga remajanya dilalui dengan penuh kemandirian.

Ia menamatkan sekolah dasar hingga menengah atasnya di Kabupaten Gunungkidul. Setelah lulus, Ia langsung mengadu nasib dan merantau ke ibu kota. Ia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi karena saat itu kemampuan ekonomi keluarganya belum mencukupi. Tiba di ibu kota, Ibu saya bekerja sebagai buruh di PT Mattel Indonesia.

Bertahun-tahun Ibu saya bekerja sebagai buruh di perusahaan yang memproduksi boneka barbie yang lucu ini. Setelah melahirkan adik saya yang pertama, ibu saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Ia kemudian menjadi ibu rumah tangga biasa yang mengurus kedua adik saya. Beruntungnya, kondisi ekonomi di keluarga kami lumayan stabil karena bisnis dari Ayah berjalan lancar.

Contoh Teks Biografi Teman

Contoh Teks Biografi
Contoh Teks Biografi

Wijil Rachmadani

Gadis cantik dengan tahi lalat kecil di pinggir bibirnya itu bernama Wijil Rachmadani. Ia dilahirkan pada 20 Februari 1995 di kota bersuhu dingin yaitu Wonosobo. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara dari keluarga pasangan suami istri terpandang di Wonosobo. Masa kecil hingga remaja ia habiskan di kota kelahirannya, Wonosobo.

Barulah setelah lulus SMA, dirinya melanjutkan studi di Universitas Negeri Yogyakarta dengan mengambil prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selama berkuliah, Ia cukup aktif di beberapa organisasi yaitu Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Unit Studi Sastra dan Teater. Ia memang pribadi yang aktif, maksudnya aktif dalam berorganisasi dan berteman dengan banyak orang.

Selama menjalani perkuliahan, ia telah mencatatkan beberapa prestasi salah satunya adalah menjadi Mahasiswa Berprestasi UNY pada tahun 2015 setelah berhasil menjuarai Lomba Monolog di UNS Solo. Selain itu, ia juga berkesempatan untuk mewakili UNY dalam program pertukaran mahasiswa dengan UNM Makassar selama 1 semester.

Sekarang wanita yang ramah ini berdomisili di Yogyakarta dan telah menamatkan jenjang S1-nya. Kini, dirinya sibuk berkarier sebagai MC dan pembawa acara di berbagai program stasiun TV lokal yaitu TVRI Jogja. Selain sibuk berkarier, ia juga sedang dalam proses menempuh studi S2-nya di Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak hanya sibuk berkarier saja, ia juga kerap menghabiskan banyak waktu dengan teman-teman dan tentunya melakukan hal yang bermanfaat.

Sebenarnya, bukan hanya orang terkenal saja yang dapat menuliskan pengalamannya dalam media biografi. Anda sebetulnya juga berhak untuk menuliskan pengalaman pribadi menjadi sebuah biografi. Contoh teks biografi di atas menjadi bukti bahwa tidak hanya orang terkenal sajalah yang berhak menulis biografi. Hal ini dikarenakan setiap manusia perlu media untuk merekam kehidupannya.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Biografi

Tinggalkan komentar