15 Persiapan Pernikahan yang Wajib Kamu Cheklist Agar Berkesan !

Persiapan Pernikahan – Pernikahan merupakan salah satu momen terbesar dalam kehidupan hampir setiap orang. Setiap orang akan berusaha sebaik mungkin agar pernikahannya dapat berjalan dengan lancar dan terasa istimewa. Bukan hanya dari dorongan batin, dalam pernikahan juga akan dihadiri oleh keluarga dan orang-orang terdekat sehingga apabila tidak berjalan dengan lancar maka akan memberikan citra yang buruk kepada orang-orang yang  dikenal.

Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda dalam mempersiapkan pernikahan, ada yang sudah mempersiapkan pernikahan dari jauh hari, ada juga yang pernikahannya dikarenakan beberapa hal  lumayan mendadak. Entah dengan perencanaan yang lama atau sebentar, pernikahan akan berjalan lancar apabila memiliki persiapan yang baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan pernikahan.

Tentukan Budget

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Pastikan ini adalah langkah awal yang Anda lakukan dalam mempersiapkan pernikahan. Hal ini dikarenakan setiap orang akan memiliki keterbatasan persiapan pada budget. Dengan membuat budget Anda dapat menyesuaikan dan menyeimbangkan segala macam keperluan seperti lokasi pesta pernikahan, makanan catering, gaun pernikahan, jasa tata rias hingga jasa dekorasi pernikahan.

Dengan menentukan budget terlebih dahulu, Anda dapat dengan pasti mengetahui batasan sejauh mana Anda bisa membuat pesta pernikahan. Jangan sampai biaya pesta pernikahan melambung jauh melebihi budget. Oleh karena itu juga harus dipersiapkan budget khusus untuk hal-hal tak terduga setidaknya 10% dari budget pernikahan secara keseluruhan.

Dalam pernikahan juga bukan hanya melibatkan satu pihak, namun kedua pihak pengantin, oleh karena itu sebaiknya dibuat persetujuan yang jelas untuk persenan pembagian biaya dari dua keluarga pengantin. Jangan sampai karena tidak adanya persetujuan pembagian budget menyebabkan perselisihan diantara kedua belah keluarga pengantin.

Tentukan Konsep Pesta Pernikahan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Konsep pernikahan adalah hal yang penting untuk dipersiapkan di awal. Diskusikan dengan pasangan yang akan menikah tentang bagaimana harapan dari pesta pernikahan. Apakah pengantin ingin pernikahan di gedung yang mewah atau pernikahan dengan konsep luar ruangan di taman ataukah pernikahan sederhana di pekarangan rumah. Dengan menentukan konsep pesta pernikahan di awal akan memudahkan untuk menyesuaikan persiapan lainnya.

Pilihlah Catering yang Sesuai

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Catering adalah persiapan yang penting dalam persiapan pernikahan. Dalam menghadiri acara pernikahan selain memberikan ucapan selamat kepada pengantin, para tamu pasti akan menghabiskan waktu di pesta pernikahan dengan menikmati jamuan makanan. Makanan catering harus disesuaikan dengan budget Anda karena catering adalah salah satu persiapan yang membutuhkan banyak biaya.

Dalam memilih catering, anda tidak bisa sembarangan memilih karena akan disajikan kepada para tamu pesta pernikahan. Makanan catering meskipun tidak terlalu mewah yang penting adalah layak. Jangan sampai makanan catering terasa kurang layak untuk dimakan di pesta pernikahan. Oleh karena itu sependek apapun waktu persiapan pernikahan, Anda tetap harus mencicipi makanan catering terlebih dahulu sebelum dipesan.

Memilih Tempat Pernikahan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Tempat pernikahan adalah persiapan yang besar dan tidak kalah pentingnya dengan catering. Dalam memilih tempat pernikahan kendala yang sering dialami adalah waktu pernikahan tidak cocok dengan waktu tempat pernikahan available.Oleh karena itu Anda perlu memesan tempat pernikahan dari jauh hari agar dapat cocok dengan waktu pernikahan yang diinginkan.

Selain itu tempat pernikahan sebaiknya juga disesuaikan dengan lokasi tempat tamu undangan Anda. Apabila tempat pernikahan Anda terlalu jauh dari tempat tinggal para tamu maka bisa-bisa tamu Anda hanya sedikit yang datang.

Apabila Anda mengundang banyak orang ke pesta pernikahan pastikan bukan hanya gedung tempat pesta saja yang cukup luas tapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal kecil seperti toilet atau tempat parkir. Apabila tamu Anda banyak dan kebanyakan membawa kendaraan pribadi maka tempat parkir juga harus dipastikan luas agar dapat menampung parkir para tamu. Jangan sampai tamu undangan Anda harus berjalan jauh karena parkiran yang penuh sehingga harus mencari tempat parkir lain.

Apabila Anda menghendaki pesta pernikahan yang sederhana tentu saja solusi terbaiknya adalah halaman rumah. Namun pernikahan di halaman rumah juga dapat memiliki potensi negatif jika halaman rumah Anda kurang luas atau lingkungan rumah Anda berisik karena dekat jalan, pasar, dll.

Apabila Anda menginginkan suasana pernikahan di luar ruangan, maka Anda juga harus berpikir ulang. Bukan karena konsepnya yang buruk, menyiapkan dekorasi dan persiapan untuk pesta pernikahan di luar ruangan lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih banyak. Selain itu kelancaran pesta ini juga akan sangat ditentukan oleh cuaca yang tidak bisa dikendalikan manusia. Sangat tidak disarankan membuat pesta pernikahanoutdoor pada musim hujan.

Jika Anda menginginkan pernikahan dengan hanya mengundang sedikit tamu, Anda bisa menyewa semacam rumah makan, rooftop, ataupun beberapa halaman masjid.

Pakaian Pengantin

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Bagi Anda yang tidak terlalu mempermasalahkan kostum pernikahan, menyewa gaun pengantin adalah solusi terbaik. Tidak peduli sebaik apapun kostum pernikahan, Anda hanya akan berencana memakainya sekali seumur hidup. Dengan menyewa gaun pengantin, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran. Yang terpenting adalah ketika Anda memilih gaun pengantin pastikan ukurannya pas dengan tubuh Anda karena Anda tidak bisa mengubah ukuran gaun sewaan.

Namun bagi Anda yang merasa bahwa gaun pengantin adalah hal yang penting bagi kelancaran pesta pernikahan, akan lebih baik jika Anda memesan gaun pengantin khusus untuk pernikahan Anda. Memang pasti dengan memesan khusus akan mengeluarkan biaya lebih banyak dan waktu lebih lama namun bagi beberapa orang hal ini dirasa sebanding.

Salah satu kelebihan melakukan pemesanan gaun pengantin khusus adalah Anda bisa memilih sendiri desain yang diinginkan dan ukuran gaun pengantin akan disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Berbeda dengan melakukan penyewaan karena menggunakan gaun pengantin yang sudah ada sehingga sering kali banyak yang merasa kurang puas karena tidak menemukan desain dan ukuran yang pas.

Untuk memudahkan mencari jasa penyewaan gaun pengantin, sekarang di internet sudah banyak bertebaran iklan  penawaran jasa penyewaan gaun pengantin, bahkan beberapa sosial media seperti pinterest memiliki banyak akun yang menawarkan desain gaun yang bisa Anda pesan dengan mudah.

Pasanglah Dekor yang Sesuai Tema

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Apabila konsep awal pernikahan sudah Anda tentukan maka untuk dekor Anda tak perlu ambil pusing karena tinggal menyesuaikan tema. Dekorasi yang baik adalah yang segala macam peralatan sesuai dengan tema yang ditentukan jangan sampai perabotan memiliki warna yang saling mencolok.

Contohnya apabila pernikahan Anda memiliki konsep tradisional Jawa maka warna tema yang sesuai adalah putih dengan campuran coklat tua dan coklat muda dengan motif batik. Apabila bila Anda menggunakan kursi dengan warna biru maka antar warnanya akan terlalu mencolok dan tidak sedap dipandang mata.

Terutama bagian backgrounddari pelaminan harus memiliki warna yang tidak bertabrakan dengan warna gaun pengantin namun juga tidak boleh membuat warna gaun pengantin menjadi tidak terlihat.

Untuk dekorasi umumnya wedding organizer sudah menyiapkan, namun tidak ada salahnya Anda mengecek sebelum pesta pernikahan agar dekorasi sesuai dengan keinginan. Namun untuk Anda yang mengadakan pesta pernikahan di rumah, umumnya dari pihak dekorasi hanya menyiapkan seperti tenda, meja bangku dan pelaminan. Anda bisa menggunakan kreativitas Anda untuk memperindah pesta pernikahan.

Undangan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Undangan juga sangat penting untuk disiapkan. Biasanya kerabat atau teman tidak akan datang sebelum diundang meskipun sudah tahu kerabatnya ada yang menikah. Hal ini dikarenakan tamu tersebut merasa tidak diundang dan merasa tidak sopan jika datang tanpa diundang.

Dalam menyebarkan undangan selambat-lambatnya satu minggu sebelum pesta berlangsung agar para tamu undangan dapat menyesuaikan jadwal dan meluangkan waktu untuk datang. Namun juga jangan terlalu lama dari pesta pernikahan, karena bisa jadi tamu mudah lupa.

Sedangkan untuk mempersiapkan undangannya hendaknya dilakukan satu hingga dua bulan sebelum pesta berlangsung untuk mengantisipasi jika ada kesalahan dalam percetakan undangan karena proses revisi undangan akan memakan waktu lagi.

Untuk kerabat Anda yang sulit untuk dijangkau karena jauh, anda bisa membuat undangan elektronik berupa gambar atau file pdf kepada teman Anda sehingga lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah. Undangan elektronik ini juga sangat efektif untuk mengundang banyak orang dalam satu kelompok sekaligus, misalkan Anda mau mengundang teman-teman kantor, anda hanya tinggal mengirim undangan elektronik ke dalam grup kantor sehingga semua dapat terundang dalam sekali undangan.

Souvenir

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Souvenir bisa dikatakan adalah persiapan yang tidak harus terlalu bagus tapi setidaknya ada dalam pesta pernikahan Anda. Oleh karena itu umumnya budget untuk souvenir menyesuaikan sisa budget untuk persiapan lainnya. Souvenir berguna untuk membuat pesta pernikahan Anda memorableatau mudah diingat oleh para tamu.

Souvenir dapat berupa berbagai macam bentuk. Yang paling umum dijadikan souvenir pernikahan oleh masyarakat Indonesia oleh kipas tangan. Jika Anda menginginkan souvenir yang lebih bagus atau cantik ada bisa mencoba cangkir atau piring dengan foto atau tulisan nama pengantin, namun ini pasti akan membutuhkan biaya lebih tinggi.

Jika Anda menginginkan souvenir yang sederhana selain kipas Anda bisa mencoba pulpen, pisau kecil atau sendok dengan tulisan nama pengantin. Apapun  barangnya itu, yang terpenting adalah adanya identitas pesta pernikahan Anda berupa tulisan atau foto. Beberapa pernikahan bahkan menyediakan photo boothbagi para tamu yang ingin berfoto dimana fotonya bisa langsung dicetak dengan frame identitas pernikahan Anda.

Mas Kawin

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Salah satu hal yang umumnya tidak terlalu dipermasalahkan namun sangat sakral adalah mas kawin. Umumnya mas kawin yang paling banyak digunakan adalah cincin. Dalam syarat keagamaan umumnya mas kawin adalah hal yang wajib ada untuk disahkannya pernikahan.

Cincin pernikahan dapat dibeli secara langsung ataupun melalui pemesanan terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis dan desain yang diinginkan.

Siapkan Dokumen Pernikahan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Pernikahan sejatinya adanya meresmikan komitmen kedua pengantin dan membuat hubungan diantara keduanya legal secara hukum. Untuk itu pengantin wajib hukumnya untuk mengumpulkan dokumen pribadi guna pengesahan pernikahan secara hukum. Dokumen yang perlu dipenuhi berupa kartu tanda penduduk, akta kelahiran, kartu keluarga, surat nikah dan beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Banyak sekali pasangan yang terlalu fokus dalam mempersiapkan pesta pernikahan namun melupakan persyaratan yang sederhana namun wajib seperti ini.

Siapkan Panitia Pelaksanaan Pernikahan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Ketika pesta pernikahan sudah pasti kedua pengantin tidak bisa mengorganisir pesta pernikahan, oleh karena itu pasti membutuhkan panitia pesta. Pada pernikahan yang sederhana umumnya panitia pesta pernikahan berupa teman atau kerabat keluarga yang dimintai tolong membantu.

Namun dalam pernikahan yang memiliki banyak tamu atau persiapan yang banyak, akan lebih baik jika menyewa jasa wedding organizer dikarenakan mereka adalah profesional di bidangnya sehingga hasilnya juga akan lebih baik. Apabila pesta pernikahan Anda cukup besar maka biaya untuk jasa wedding organizertidaklah seberapa dibanding persiapan lainnya seperti tempat, catering atau dekorasi.

Buatlah Daftar Tamu

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Daftar tamu adalah hal yang sederhana namun penting. Banyak pengantin yang membuat kesalahan dengan membuat pemesanan gedung pernikahan terlebih dahulu sebelum membuat daftar tamu undangan yang jelas. Hal ini dapat membuat kapasitas gedung kurang dari daftar tamu yang diundang, atau kapasitas gedung jauh melebihi daftar tamu yang diundang. Hal ini juga berlaku kepada jumlah porsi catering.

Perlu diperhatikan juga dalam setiap undangan, Anda tidak hanya mengundang satu orang. Tamu undangan Anda dapat saja datang bersama pasangannya atau bahkan keluarganya. Dalam beberapa pesta pernikahan di undangan ada yang tertulis undangan tersebut ditujukan untuk berapa orang, namun dalam budaya  sosial di Indonesia hal tersebut dianggap kurang sopan karena terkesan pelit.

Tentukan Durasi Pesta Pernikahan

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Durasi pernikahan dalam budaya pernikahan Indonesia masih sering dianggap remeh. Banyak pengantin yang membuat pesta pernikahan mulai dari pagi sampai malam, hal ini umumnya ditujukan agar para tamu memiliki kesempatan datang lebih besar apabila terdapat kesibukan lain.

Namun sebenarnya durasi pernikahan yang panjang sangat tidak efektif dalam pernikahan bagi pengantin, hal ini dikarenakan pengantin akan kelelahan harus berhadapan dengan tamu seharian sehingga tidak sedikit pengantin yang kondisi kesehatannya menurun saat pernikahan karena kelelahan bahkan beberapa bisa pingsan.

Umumnya pernikahan dengan durasi yang singkat dilakukan di gedung pernikahan karena penyewaannya pun dihitung setiap jamnya sehingga menghindari biaya yang mahal dibuat lebih singkat.

Persiapkan Mental

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Mental adalah persiapan yang tidak kalah pentingnya dengan persiapan dalam bentuk fisik. Sebelum Anda menikah tanyakan kepada diri sendiri dan pasangan apakah Anda sudah  benar-benar siap untuk berkomitmen karena tanggung jawab pernikahan adalah suatu hal yang sangat serius.

Selain mental pengantin, mental keluarga juga harus dipersiapkan apakah kedua belah pihak keluarga sudah siap menerima anggota keluarga baru dan menggabungkan dua keluarga yang berbeda. Untuk mengetahui kesiapan dua belah keluarga ini sebaiknya dilakukan diskusi terlebih dahulu antara dua keluarga.

Setiap Persiapan Membutuhkan Waktu yang Cukup

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Sebenarnya tidak ada patokan pasti berapa lama persiapan yang dibutuhkan untuk membuat pesta pernikahan ada yang menyiapkannya mulai dari satu tahun sebelumnya namun ada juga yang hanya butuh persiapan satu bulan sebelumnya.

Umumnya butuh 3-4 bulan untuk menyiapkan pesta pernikahan mulai dari proses lamaran dan penentuan tanggal pesta pernikahan hingga persiapan teknis. Umumnya banyak yang tidak mau mempersiapkan pesta pernikahan terlalu jauh  dari hari-h adalah karena khawatir dalam berjalannya waktu banyak hal yang harus dilakukan perubahan untuk menyesuaikan keadaan.

Namun waktu yang terlalu dekat untuk mempersiapkan pesta pernikahan juga menyebabkan persiapan yang kurang matang baik persiapan teknis maupun persiapan mental.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Persiapan Pernikahan

Tinggalkan komentar