13+ Contoh Teks Pembawa Acara dalam Berbagai Acara dan Event

13+ Contoh Teks Pembawa Acara dalam Berbagai Acara dan Event

Contoh Teks Pembawa Acara – Banyak orang yang merasa bahwa menjadi pembawa acara adalah hal yang sulit. Namun ternyata hal ini salah, dan dikarenakan anda belum memiliki pengalaman dalam memandu sebuah acara. Berbagai kesulitan tentunya di dapatkan karena anda belum memiliki pengalaman yang cukup dalam memandu sebuah acara. Berikut ini adalah berbagai teks pembawa acara sesuai dengan berbagai acara.

Teks Pembawa Acara Formal

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Selamat pagi/ Assalamu’alaikum. W. Wb

Tentunya salah sejahtera untuk kita semua
Sebelum memulai acara, pertama-tama mari kita panjatkan segala puji dan syukur atas hidayah yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Yang saya hormati kepada Bapak…selaku pembicara untuk acara ini
Yang saya hormati kepada Ibu…selaku (sebutkan jabatan yang dimiliki)
Yang saya cintai untuk semua rekan mahasiswa

Mengucap syukur Alhamdulillah tidak pernah berhenti di panjatkan, karena segala hidayah dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang maha Esa sehingga kita semua diberi kesempatan untuk berkumpul dalam acara (nama acara). Bapak dan ibu yang saya hormati, sebelum melanjutkan ke acara inti mari bersama-sama kita mulai dengan doa agar seluruh agenda pada hari ini dapat berjalan lancar.

Doa menurut kepercayaannya masing-masing, dimulai..

Pada pagi hari yang berbahagia ini, izinkan saya untuk menyampaikan susunan acara sebagai berikut (sebutkan susunan acaranya). Tanpa menunggu lama lagi, langsung saja kami persilakan kepada ibu (nama dan jabatan)/ kepada bapak (nama dan jabatan) waktu dan tempat kami persilakan.

Bapak dan ibu sekalian, untuk acar selanjutnya mari kita dengarkan sambutan dari bapak (nama dan jabatan)/ibu (nama dan jabatan), waktu dan tempat kami persilakan.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba, akhirnya kita memasuki acara inti yaitu..(nama acara) yang akan dibawakan dan dipandu oleh bapak (nama), kepada yang bersangkutan dipersilakan waktu dan tempatnya.

Terimakasih kami sampaikan atas informasi dan ilmu yang diberikannya kepada kita semua, semoga selalu bermanfaat untuk ke depannya. Para hadirin yang saya hormati, selanjutnya akan ada sesi Tanya jawab. Untuk para hadirin yang ingin bertanya kami persilakan.

Tidak terasa bahwa saat ini kita sudah memasuki penghujung acara. Saya disini selaku pembawa acara ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembicara dan juga teman-teman dan para hadirin hingga panitia yang hadir disini. Saya selaku pembawa acara ingin meminta maaf jika ada kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan.

Mari kita tutup acara ini dengan doa, agar dapat memberi manfaat untuk kita semua. Dipersilakan untuk berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, dimulai. Selesai.

Akhir kata… Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Teks Pembawa Acara Resepsi Pernikahan

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, washshalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du:

Kepada yang terhormat bapak (nama), saudara, bapak, ibu, hadirin dan segenap para tamu undangan yang saya hormati, khususnya untuk kedua mempelai yang berbahagia. Marilah kita semua bersyukur kepada Tuhan yang Mahas Esa atas kesempatannya untuk mengizinkan kita hadir dalam resepsi pernikahan ini. Mari kita bersyukur atas rahmat dan hidayah yang selalu diberikannya.

Pada hari ini, tentunya banyak rasa syukur yang dapat di panjatkan karena kita bisa hadir dalam undangan bapak (nama) dan ibu (nama) dalam acara resepsi putra/ putrinya dengan pasangan yang dipilihnya untuk hidup bersama yang bernama (nama mempelai). Sebagaimana telah kita saksikan sebelumnya bahwa kedua mempelai yang duduk bagaikan raja dan ratu yang sedang berbahagia.

Tentunya malam ini adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh para mempelai, malam pertama dimana yang paling mendebarkan namun membahagiakan dan tidak akan dilupakan oleh kedua mempelai. Akad nikah yang sebelumnya telah dilaksanakan, semoga mendapat segala keberkahan dari Allah SWT dan kedua mempelai dapat menjadi suami istri yang memiliki rumah tangga sakinah, mawaddah, wa rahmat.

Sebagai pembawa acara dalam resepsi pernikahan ini, sebelumnya saya akan menyampaikan susunan acara yang sebagai berikut.

Saudara hadirin dan hadirat yang saya hormati, itulah susunan acara untuk resepsi pada siang/mala mini. Untuk mempersingkat waktu, marilah kita bersama-sama membuka acara dengan bacaan Quran yang akan dipandu oleh (nama). Waktu dan tempat dipersilakan.

Mudah-mudahan pembacaan surat dan al-Quran tadi dapat membuat acara ini berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Mudah-mudahan doa yang bersama-sama kita panjatkan tadi dapat membuat pahala kembali ke kita semua khususnya untuk kedua mempelai. Memasuki acara selanjutnya, mari kita masuk ke pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh ustadz (nama). Waktu dan tempat dipersilakan.

Selanjutnya kami persilakan sambutan dari pihak mempelai putri, sebagai tanda penyerahan anaknya kepada mempelai pria. Sambutan ini akan di sampaikan secara langsung oleh Bapak/ sodara (nama ) kepadanya saya persilakan.

Sambutan dari pihak mempelai pria untuk penerimaan mempelai putri, kepada Bapak/ Sodara (nama) saya persilakan. Kini sampailah kita kepada acara pemberian nasehat yang akan disampaikan oleh Bapak yang terhormat, yaitu Bapak (nama) kepada beliau saya persilakan.

Semoga nasehat yang telah diberikan tadi bukan hanya bermanfaat untuk kedua mempelai, namun dapat bermanfaat untuk kita semua. Semoga nasehat tersebut dapat menjadi bekal dan pegangan dalam membangun sebuah rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah dalam naungan ridha Allah SWT.

Bapak, ibu dan hadirin sekalian yang berbahagia. Tidak terasa kita memasuki puncak acara yaitu pembacaan doa yang akan di pimpin oleh ustadz (nama). Namun, sebelum doa dimulai saya memohon maaf sebesar-besarnya apa bila ada salah kata yang tidak sengaja saya ucapkan. Kepada bapak ustadz (nama) dipersilakan waktu dan tempatnya.

Wallaahul muwaffiq ilaa aqwamit thariq was salamu ‘alaikum warahmatulllah wabarakatuh.

Teks Pembawa Acara Ulang Tahun

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Kepada teman-teman sekalian dan sahabat yang saya cintai, saya ingin mengajak teman-teman sekalina untuk memanjatkan rasa syukur karean mengizinkan kita untuk berkumpul disini dalam rangka memperingati ulang tahun (nama) yang ke- (umur) tanpa ada halangan apapun. Malam ini tentunya adalah malam yang istimewa untuk teman kita, (nama).

Dimana pada usianya yang ke-(umur) diharapkan dapat menjadi sosok yang selalu mendapatkan kebahagiaan dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Sebagai pembawa acara, saya akan terebih dahulu membacakan susunan acara untuk ulang tahun sahabat kita tercinta pada siang/sore/malam hari ini.

Marilah terlebih dahulu kita membacakan Al-Fatihah agar acara ini dapat berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Terimakasih atas ketersediannya, semoga acara ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat dinikmati tanpa halangan apapun.

Segala doa tentunya kita berikan untuk sahabat kita tercinta yang berulang tahun hari ini. Untuk (nama yang berulang tahun dipersilakan untuk memberikan sambutannya). Demikian tado sambutan dari sahabat kita, terimakasih sebelumnya.

Demikianlah acara demi acara telah berlalu, saya menyampaikan terimakasih dan bersyukur karena acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar dan kita semua dapat bersenang-senang. Menutup acara ini mari kita mengucapkan hamdallah dan permohonan maaf saya jika ada salah kata yang kurang berkenan. Terimakasih.

Teks Pembawa Acara Perpisahan Sekolah

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Kepada yang terhormat, Bapak (nama) selaku kepala sekolah (nama sekolah).
Yang kamu hormati bapak/ibu guru dan jajaran staf karyawan (nama sekolah)
Serta teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan syukur karena rahmat yang telah di limpahkan oleh Tuhan yang maha Esa, sehingga kita dapat melaksanakan acara pelepasan siswa-siswi (nama sekolah). Untuk semua hadirin yang berbahagia, agar acara dapat berjalan dengan lancar, perkenalkan saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara hari ini.

Tidak terasa tiga jam telah terlewat dengan berbagai rangkaian acara sudah kita lewati. Dengan ini berakhir juga acara lepas kenang siswa-siswi (nama sekolah). Saya selaku pembawa acara ingin mengucapkan terimakasih atas waktunya, dan memohon maaf bila ada salah kata yang tidak disengaja. Terimakasih untuk semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan acara ini.

Terus maju untuk (nama sekolah) selamat siang!

Teks Pembawa Acara Upacara Bendera

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Upacara pengibaran bendera pada (tanggal bulan tahun).

Masing-masing pemimpin diharapkan dapat menyiapkan barisannya.
Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, diharapkan semua peserta disiapkan.
Penghormatan kepada seluruh peserta upacara kepada pemimpin upacara, dipimpin oleh barisan yang paling kanan.
Laporan setiap pemimpin barisan kepada pemimpin acara.
Pembina upacara memasuki lapangan upacara.
Penghormatan untuk upacara kepada Pembina upacara yang secara langsung dipimpin oleh pemimpin upacara.
Pengibaran bendera dan pembacaan teks pancasila.
Upacara selesai, pemimpin upacara membubarkan barisannya.

Teks Pembawa Acara Pertemuan Keluarga

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Yang saya hormati untuk para om, kakek nenek, hingga adik dan kakak yang tercinta. Saya ingin mengajak kalian semua untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan, atas nikmat dan rasa syukurnya sehingga kita dapat bersama-sama diberikan kesempatan untuk berkumpul di dalam acara (nama acara keluarga) di kediaman rumah (nama keluarga).

Pada kesempatan ini tentunya kami ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh keluarga, dan dapat datang tepat waktu untuk menambah kehangatan dari sebuah jalinan silaturahmi (nama keluarga) yang saya cintai. Sebelum memulai acara, kali ini saya akan membacakan apa saja agenda untuk acara keluarga pada hari ini.

Langsung saja kita mulai untuk acara yang pertama (acara berlanjut mengikuti susunan acara).

Alhamdulillah, acara sudah berlangsung dengan lancar dan dapat kita nikmati bersama-sama dengan lancar. Semoga acara ini dapat berjalan terus dan menjaga tali persaudaraan kita.

Billahittaufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Teks Pembawa Acara Lomba Maulid Nabi

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Assalamualaikum..Wr..Wb..

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in,

Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du Al-Mukarom.

Sebelumnya yang kami hormati yaitu Bapak (nama), selaku pengurus musholla (nama musholla)
Yang kamu hormati ketua (ketua acara) dan segenap pengurus musholla (nama musholla)
Dan tidak lupa yang kami hormati segenap bapak dan ibu yang berbahagia.

Rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul disini, dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tanpa halangan dan kendala apapum. Sholawat serta salam tentunya kali limpahkan kepada nabi agung kita Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya kepada zaman yang terang benderang dengan segala syafaatnya.

Sebelum kita mulai ke acara inti, saya selaku pembawa acara akan membacakan apa saja susunan acara yang akan kita lewati hari ini, yaitu (susunan acara).

Sebelum melanjutkan acara, mari kita buka acara ini dengan membaca basmallah, agar acara dapat berlangsung dengan lancar dan dilanjutka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dipimpin oleh sutadz (nama).

Sebelum memasuki penghujung acara, izinkanlah saya mengucapkan terimakasih dan permintaan maaf sekiranya ada kata-kata saya yang salah dan tidak di sengaja atau disengaja. Marilah kuta tutup acara ini dengan memabaca hamdallah.

Wabilahii taufiq wal hidayah…… Wassalamualaikun wr.wb.

Teks Pembawa Acara Akad Nikah

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Hadirin yang saya hormati,
Kedua calon pengantin yang kami sayangi,
Juga Bapak (nama) yang akmi hormati.

Pertama-tama, mari kita panjatkan syukur dan juga rahmat kepada hadirat Allah SWT. Alhamdulillah kita telah diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan yang sehat walafiat untuk ikut serta dalam kebahagiaan calon mempelai (nama mempelai).

Tidak lupa sholawat serta salam selalu di panjatkan kepada nabi agung kita Muhammad SAW dan beserta keluarga dan para sahabatnya yang mana pengikutnya bahkan hingga di penghujung zaman. Amiinn. Kepada semua hadirin yang berbahagia, pastinya hari ini adalah hari yang berbahagia karena kita akan menyaksikan kebahagiaan dari akad nikah yang berlangsung untuk calon mempelai.

Kedua mempelai ini juga memoho doa restu, agar pernikahannya kelak akan selalu mendapatkan rahmat dan menebarkan kebahagiaan untuk semua orang. Permohonan agar kedua mempelai juga dapat memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.Aaminnn YRA. Untuk bapak penghulu sekalian, dan para hadirin mari kita membaca Al-Fatuhah untuk membuka acara ini.

Terimakasih atas kesungguhannya dalam membuka acara ini, sebelumnya saya sebagai pembawa acara akan membacakan terlebih dahulu susunan acara sebelum memasuki acara inti. Inilah susunan acaranya.

Mari kita dengarkan sambutan dari wakil calon mempelai pria, kepada pihak wanjita yang akan diwakili oleh bapak (nama wakil). Selanjutnya mari kita dengarkan sambutan wakil calon pengantin wanita. Seiring dengan berjalannya acara, kami persilakan untuk para hadirin menikmati hidangan yang telah di sajikan.

Alhamdulillah acara akad nikah ini dapat berjalan dengan lancar, kami selaku pembawa acara tentunya inin mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf apabila ada tingkah laku dan perkataan yang kurang berkenan di hari para hadirin. Mari kita tutup acara ini dengan bacaan hamdallah..Alhamdulillahirabbil ’Alamiin

Billahi Taufik wa hidayah

Wassalamualaikum Wr Wb.

Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak Kecil

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

selamat siang adik-adik sekalian, apa kabar hari ini? senang gak datang ke ulang tahun (nama)? Pasti senag dong, karena acara kali ini pasti seru. Siapa yang tau ada acara apa saja hari ini? kali ini akan saya bacakan ya. (bacakan susunan acara). Sebelumnya nama kakak adalah (nama), salam kenal ya! supaya acara ini dapat berjalan labcar, yuk kita berdoa dulu sesuai keyakinan masing-masing.

Berdoa dimulai..

Biar gak bosen, kali ini kak sudah mempersiapkan banyak permainan yang pastinya seru. Bukan hanya permainan aja, tapi ada hadiahnya juga loh.

Masih semangat gak adik-adik? Gimana tadi seru gak permainannya? Kali ini kita akan memasuki acara utama yaitu pemotongan kue. Nanti kalian akan dapet satu-satu kok kuenya, janji jangan rebutan ya? yuk kita nyanyi bersama untuk teman kita yang sedang berulang tahun.

Rangakaian acara sudah selesai semuanya, waktunya kita berpisah dan akhiri acara ulang tahun (nama). Eh sebelum pulang jangan lupa berdoa ya sesuai dengan keyakinan masing-masing. Berdoa dimulai. Sampai jumpa dilain waktu adik-adik!

Teks Pembawa Acara Festival Band antar Pelajar

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepada ketua panitia festival antar pelajar, (nama).
Yang terhormat kepada kepala sekolah (nama sekolah)
Yang terhormat Pembina kesenian

Dan yang saya cintai dan juga banggakana seluruh peserta festival band pelajar

Pertama-tama sebelum memulai acara yang kita nantikan, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti rangkaian acara yang ada.

Untuk semua hadirin, perkenalkan saya sebagai pembawa acara untuk acara hari ini, terlebih dahulu akan menyampaikan susunan acara dari mulai pembukaan hingga penutupan.

Untuk membuat waktu yang lebih singkat, mari kita buka acara ini dengan mengucapkan basmallah. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa halangan apapun. Untuk pmbukaan, kami persilakan ketua panitia untuk menyampaikan sambutannya dan dilanjutkan dengan acara inti.

Demikian berlangsungnya acara destival band antar pelajar ini, kami memintaa maaf dan terimakasih atas segala antusias yang diberikan. Sampai jumpa di lain waktu!

Teks Pembawa Acara Empat Bulanan

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Dengan mengucap Alahmdulillah, segala rahmat yang telah diberikan tentunya terimakasih kepada Allah SWT. Dengan rahmat da keberkahannya yang diberikan, membuat kita semua dapat hadir senantiasa untuk hadir dengan keadaan sehat. Hadirin yang berbahagia, bapak (nama) tentunya sangat berterimakasih atas kesediaan bapak dan ibu untuk hadir di undangan dan datang ke majlis ini.

Semoga segala kebaikan bapak dan ibu dapat dibalas oleh Allah SWT. Selain ucapan terimakasih, tentunya bapak (nama) ingin memohon doa kepada bapak dan ibu tamu undangan, agar sang sitri dapat selalu diberikan perlindungan dari Allah SWT, agar dapat melahirkan anaknya tanpa halangan dan kekurangan apapun. Semoga anak bapak (nama) dan istri (nama) dapat menjadi anak yang berbakti.

Tentunya acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh bapak ustadz (nama). Waktu dan tempat saya persilakan sambil melanjutkan acara inti kita.

Kami sebagai pembawa acara memohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan, Wassalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuhh..

Teks Pembawa Acara Peringatan Hari Kartini

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Selamat siang untuk semua undangan yang telah hadir..

Puji dan syukur tentunya kami panjatkan, karena Tuhan yang maha Esa kita dapat dan hadir berkumpul bersama dalam kondisi yang sehat. Memperingati hari yang selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia, yaitu 21 April sebagai hari kartini. Tentunya hari ini adalah hari yang spesial tentunya untuk semua wanita di Indonesia.

Tentunya pada hari ini kita akan mengingat bagaimana perjuangan ibu Kartini untuk mengubah kaum wanita menjadi lebih baik. Sebelum memulai acara, say selaku pembawa acara akan memberitahukan susunan acara yang akan kita bersama lalui hari ini.

Itulah acara yang telah kita lalui bersama,untuk menuup acara marilah kita membaca hamdallah sebagai rasa syukur beakhirnya acara pringatan hari kartini pada siang ini. Saya memohon maaf apabila ada salah kata, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatu.

Teks Pembawa Acara Tahlilan

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Assalamualaikum.Wr.Wb

Alhamdulillahi robbil ‘alamiin, wassolatu wassalamu’alaa asrofil ambiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in, amma ba’du.

Segala puji dan syukur tentunya kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat yang diberikannya membuat kita dapat berkumpul disini sama-sama untuk mendoakan dan melakukan pembacaan yasin dan tahlil tanpa ada halangan apapun.

Tentunya shalawat serta salam tidak henti-hentinya kami panjatkan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta dengan keluarga dan para sahabatnya, sehingga kita dapat berkumpul disini dan membimbing kita di jalan yang lebih terang.

Selaku pembawa acara, kami akan membacakan susunan acara dalam pembacaan yasin dan tahlil untuk bapak (nama).

Sebelum acara dapat kita mulai, mari kita buka dengan bacaan surat Al-Fatihah agar acara dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun.

Alhamdillilaah itulah demikian rangakaian acara pembacaan surat yasin dan tahlil yang bersama-sama telah kita lakukan. Mudah-mudahan kita dapat mendapatkan amalan dan senantiasa dilimpahkan Ridho dari Allah SWT. Saya selaku pembawa acara juga ingin meminta maaf jika ada salah kata dan perbuatan yang disengaja maupun tidak di sengaja. Wasalamuallaikum.Wr.Wb.

Masih banya lagi teks pembawa acara yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi dan ide dalam memandu sebuah acara. Semoga dapat bermanfaat, dan dapat memberikan inspirasi untuk memnadu sebuah acara sesuai dengan temanya masing-masing.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Pembawa Acara