Not Angka

Ketika membicarakan musik, unsur yang paling penting adalah notasi angka. Meskipun pada saat menikmati sebuah lagu, Anda tidak perlu mengetahui not angka pada musik yang saat itu sedang didengarkan. Namun, not angka ini sangat penting bagi musisi yang sedang menuliskan lagu. Pembahasan mendalam tentang notasi angka akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Itu Not Angka?

Not atau yang disebut sebagai notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang pertama kali ditemukan oleh Guido D’Arezzo. Seorang ahli musik asal Prancis ini, menciptakan sebuah metode dalam membaca notasi musik menggunakan simbol angka. Notasi angka dalam hal ini sangat tepat digunakan untuk mempelajari vokal atau bernyanyi.

Sesuai dengan nama yang tercantum, notasi angka terdiri dari angka yang merupakan simbol dalam sebuah lagu. Angka-angka tersebutlah yang dapat dijadikan patokan seorang musisi dalam menghasilkan sebuah musik. Masing-masing angka memiliki simbol dan volume yang berbeda dalam penggunaannya.

Rangkaian tinggi dan rendahnya suara dalam angka 1 sampai 7 sangat berbeda. Dalam sebuah notasi angka, juga terdapat titik atau simbol yang dapat memberikan pemahaman terkait tinggi dan rendahnya notasi angka. Ketika sebuah titik diletakkan pada bagian bawah notasi angka, maka oktaf yang digunakan lebih rendah, begitupun sebaliknya.

Cara Membaca Not Angka

Ketika ingin mempelajari musik, pastikan untuk mengetahui cara membaca notasi angka. Hal ini sangat penting karena selain menjadi unsur musik, notasi angka juga merupakan kemampuan dasar bagi Anda, untuk mempelajari tahap-tahap musik selanjutnya. Sehingga, dapat membantu perkembangan musik yang akan Anda tekuni.

Pada saat baru pertama kali terjun dalam dunia musik, tentu Anda mengalami kesulitan pada saat mempelajari notasi angka, kan? Oleh karena itu, pengertian dan pemahaman terkait notasi angka perlu dilakukan, agar mempermudah dalam perkembangan pembuatan lagu.

Sebuah notasi merupakan simbol dari nada tinggi dan nada rendah yang dimunculkan pada saat bermain musik. Ketika sebuah notasi ini dirangkai dan menghasilkan sebuah irama, maka Anda akan memeroleh lagu yang dapat memberikan kesenangan pada pendengarnya.

Dalam sebuah notasi angka, terdapat cara yang dapat digunakan untuk mengetahui tinggi dan rendahnya sebuah notasi angka. Hal ini dapat diketahui melalui jumlah titik yang berada pada sebuah angka, sehingga dapat menghasilkan nada yang berbeda pada saat dimainkan.

Cara membaca sebuah notasi angka terbilang mudah, simbol titik dalam membaca notasi angka dapat disebut sebagai ketukan. Ketika dalam sebuah angka terdapat satu titik, maka dalam nada yang dihasilkan tersebut memiliki satu ketukan. Sedangkan, apabila setelah angka terdapat dua titik, maka dalam nada tersebut terdiri dari dua ketukan.

Selain simbol titik, dalam membaca notasi angka juga terdapat garis. Ketika garis berada di bawah dua angka, maka cara membacanya adalah terdapat setengah ketukan. Mengapa? Hal itu dapat disimpulkan bahwa semakin sedikit sebuah garis, maka akan semakin banyak jumlah ketukan yang diperoleh. Sehingga dalam dua angka yang terdapat garis, maka akan menghasilkan setengah ketukan.

Perbedaan Not Angka dan Not Balok

Terdapat dua cara dalam menuliskan sebuah notasi, yaitu menggunakan angka dan balok. Keduanya merupakan cara yang digunakan untuk menuliskan sebuah lagu dan dapat digunakan sebagai alat untuk memainkan musik. Pada saat menuliskan irama lagu, pasti membutuhkan notasi angka dan notasi balok yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Perbedaan notasi angka dan notasi balok, terletak pada saat penulisan simbolnya. Jika notasi angka dituliskan dalam sebuah angka, maka notasi balok dituliskan dalam sebuah gambar. Pada dasarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan sebuah irama yang dapat dimainkan oleh musisi atau penyanyi yang melihatnya.

Simbol pada notasi balok terdiri dari gambar yang berbentuk bulat, disertai tangkai yang menyerupai bentuk d dan p. Dalam penulisannya, irama lagu ini dirangkai dalam sebuah garis yang berjumlah lima dan disebut sebagai garis paranada. Jarak antara garis ini dapat menjadi alat untuk mengukur jangka waktu, serta ketinggian dari sebuah notasi tersebut.

Sedangkan dalam memahami dan membaca jenis notasi angka, Anda harus memahami titik dan garis yang digunakan dalam penulisannya. Ketika notasi balok diketahui tinggi dan rendahnya melalui letak notasi pada sebuah garis paranada, maka untuk mengetahui tinggi dan rendahnya sebuah irama pada notasi angka dapat dilihat melalui simbol titik.

Perbedaan notasi angka dan notasi balok juga dapat dilihat berdasarkan penulisannya. Ketika notasi angka menggunakan angka, maka notasi balok lebih menggunakan huruf pada saat memainkan musiknya. Tidak hanya itu, notasi balok juga menggunakan gambar untuk membaca dan memainkan sebuah musik yang ditampilkan.

Contoh Not Angka Lagu

Ketika mempelajari notasi angka pada sebuah lagu, membutuhkan ketelatenan dan intensitas yang tinggi, sehingga dapat memahami dan memainkan lagu dengan menikmati. Beberapa contoh notasi angka pada lagu di bawah ini dapat menjadi sarana bagi Anda untuk mempelajari dan memainkan musik di rumah.

Not Angka Lagu Nasional

Lagu nasional merupakan lagu kebangsaan yang biasanya dimainkan pada saat acara kenegaraan atau acara formal. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mempelajari music, alangkah baiknya mengetahui notasi angka pada musik nasional. Berikut ini merupakan contoh not angka pada lagu nasional yang dapat Anda pelajari.

Not Angka Lagu Indonesia Raya

3   4   5    3    3    2  2 1  5  5   5

In do ne sia . ta nah a ir ku ta nah

  6     5    4    3   2  .  2   3   4  2  . 2  1   1

Tum pah da rah ku . di san a lah . a ku ber

7   6 5  5  7    6   5 4  3  . 3  4

Di ri ja di pan du I bu ku . in do

 5    3  .  3     2    2   1   5    5      5    6  5    1   2

Ne sia . ke bang sa an ku bang sad an ta nah a

7  6   6  6  4   4  3   2    5  1  7   6

Ir ku ma ri lah ki ta ber se ru in do

5    4   3     2   1 . 5   5    6     4   4    4   4   4

Ne sia ber sat u . hi dup lah . ta nah ku hi dup

3     1    1  1

Lah ne gri ku

7       1   2   5    5    5   4   4   3  1

Bang sa ku rak yat ku se mu a nya

5     5     6   4  4    4     4    4    3     1    1    1

Ba ngun lah ji wa nya ban gun lah bad an nya

7    1   2   5   5   3    2  1

Un tuk in do ne sia ray a

Reff :

1   1   4   6   6   6   6    6   5   3     3   3

In do ne sia ray a mer de ka mer de ka

5    5    4   2   2   2    5     4   3    1

Ta nah ku ne gri ku yang ku cin ta

1  1   4    6    6  6   6     6  6    5    3  3

In do ne sia ray a mer de ka mer de ka

5    5    5   4  3   2   3   2  1

Hi dup lah in do ne sia ra ya

Not Angka Lagu Padamu Negeri

5    1   6   5   3   5   5   1    2   3

Pa da mu ne gri ka mi ber jan ji

4    5   5    3   1  1   1   2    3   2

Pa da mu neg ri ka mi ber bak ti

5    1   6    5    3  5  5   1     2     3

Pa da mu neg ri ka mi me ngab di

4   5   5   3    1  2  3  4  3   2   1

Ba gi mu ne gri ji wa ra ga ka mi

Not Angka Lagu Anak

Not Angka Lagu Balonku

3    4   5   I   5  3  5

Ba lon ku a da li ma

2   3    4  2    5    3   3

Ru pa ru pa war na nya

1  1  6  6    7    I   5   3

Hi ja u ku ning ke la bu

3     4   5    4    3   2  1

Me rah mu da dan bi ru

3    4   5  I     5   3   5

Me le tus ba lon hi jau

Dor

2   3  4   2     5   4   3

Ha ti ku san gat ka cau

1    1   6    6    7    I     5

Ba lon ku ting gal em pat

3    4     5    4  3   2  1

Ku pe gang e rat e rat

Not Angka Lagu Bintang Kecil

5     3    2   1     7  2   1     7     6  5

Bin tang ke cil . di la ngit yang bi ru

6   7    1    5         1     3   5   3   1   2

A mat ba nyak . meng hi as ang ka sa

5  3  2  1      3     5      3    2    1  6

A ku I ngin . ter bang dan me na ri

7   1    6   5  2    3     4    2   6    7  1

Ja uh ting gi ke tem pat kau be ra da

Not angka beserta contoh yang telah dijabarkan di atas dapat membantu Anda dalam memahami unsur dasar musik, kan? Tentunya dengan berlatih dan mengenal berbagai not angka beserta kemampuan dasar musik yang lain dapat, akan mempermudah Anda dalam memahami dan mengerti not angka beserta contohnya.

Tinggalkan komentar