Jenis-Jenis Musik

Siapa sih yang tidak menyukai musik? Seperti dalam kehidupan, musik memiliki berbagai macam jenis atau genre yang dapat menjadi simbol atau menerjemahkan perasaan dan situasi yang tengah berlangsung. Oleh karena itu, musik terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya musik populer. Musik populer juga terdiri dari 15 genre.

Selama ini, Anda mungkin sudah mengenal berbagai genre dari musik populer. Namun, sudahkah Anda memahami tentang masing-masing genre tersebut? Apakah salah satunya merupakan musik favorit Anda? Jika ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Jazz

Musik jazz memiliki banyak penggemar, karena ciri khas bunyi yang dihasilkan memberikan angin segar dan pembaharuan bagi pendengarnya. Jazz atau yang dikenal dengan musik jazz ini memiliki karakteristik bunyi yang terkesan elegan dan berkelas. Oleh karena itu, musik ini hanya disukai oleh kelompok tertentu saja.

Musik yang berasal dari Amerika ini masuk dan mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1930. Alat musik jazz terdiri dari beberapa alat musik, seperti saksofon, trombone, piano, trombone, dan gitar. Perpaduan yang dihasilkan dari kumpulan alat musik ini memberikan ciri khas yang berbeda dan memberikan bunyi yang unik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Musisi jazz yang terkenal di Indonesia sendiri juga memiliki musisi jazz yang juga terkenal dan memiliki fans yang banyak, yaitu Pra Budi Dharma, Indra Lesmana, Mus Mudjiono, dan Bubi Chen. Musisi di Indonesia tersebut berperan penting dalam perkembangan musik jazz dan penikmatnya di Indonesia.

2. Blues

Jenis musik Blues hampir memiliki kesamaan dengan musik jazz, karena menggunakan perpaduan alat musik yang hampir sama pula. Meskipun beberapa orang menggolongkan musik blues dan jazz dalam satu jenis, nyatanya keduanya memiliki perbedaan dari segi karakteristik bunyi dan peminatnya.

Musik blues pertama kali diciptakan oleh Amerika dan Afrika, sebagai alat untuk mengeluarkan jiwa emosionalnya. Blues sendiri memiliki arti frustasi atau rasa sedih yang kemudian dijadikan sebagai nama. Musik jenis ini lebih pelan dan mendayu dibandingkan musik jazz, namun memiliki arti yang mendalam pada setiap liriknya, karena mengungkapkan isi hati.

Musisi blues yang mendunia adalah B.B King, Robert Johnson, Jimi Hendrix, dan Muddy Waters. Sedangkan, di Indonesia musisi yang terkenal dalam genre blues adalah Ginda Bestari, Rama Satria Claproth, Gideon Tengker, Andrian Adioetomo, dan lain sebagainya.

3. Gospel

Genre musik ini memang kurang familiar di kalangan masyarakat, namun musik jenis ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Musik gospel adalah musik yang dihasilkan melalui dominasi vocal dan pertama kali dimunculkan pada saat ibadah agama Kristen. Dapat disimpulkan bahwa musik gospel pertama kali diciptakan di gereja.

Gospel merupakan salah satu jenis genre musik yang unik, karena menggabungkan berbagai genre musik yang lainnya. Sehingga, musik jenis ini dapat menciptakan bunyi dengan jenis baru, namun tetap familiar dan dinikmati oleh masyarakat. Berdasarkan perkembangannya, kini genre musik gospel mulai ditampilkan di luar gereja dan telah dinikmati secara massal di seluruh dunia.

4. RnB

RnB merupakan singkatan dari Rhythm and Blues yang merupakan gabungan musik genre blues, jazz, gospel, dan pop. RnB pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Afrika pada tahun 1940 yang langsung diterima di berbagai kelompok. Hal ini karena musik RnB terkesan mudah didengarkan, santai, dan memberikan ketenangan bagi orang yang mendengarkannya.

Musik RnB juga sering dikombinasikan dengan musik hip hop, sehingga bunyi yang dihasilkan semakin terkesan modern dan nikmat untuk didengar. Seiring dengan perkembangannya, musisi RnB yang telah terkenal di dunia juga semakin banyak, diantaranya Jay Z, Mariah Carey, Beyonce, John Legend, Alicia Keys, dan Usher.

5. Funk

Genre musik funk pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Afrika dan Amerika yang terdiri dari kombinasi genre musik RnB, jazz, dan soul. Musik funk pertama kali diluncurkan pada tahun 1960, yang telah berkembang dan masih memiliki penikmatnya hingga saat ini.

Mungkin, Anda pernah mendengar jenis musik punk, namun keduanya adalah genre musik yang berbeda. Musik funk terdiri dari kumpulan bunyi bass, drum, dan gitar yang memiliki ritme tajam namun terpotong-potong. Bagi penikmatnya, genre funk sangat cocok digunakan untuk menari. Musisi yang telah terkenal yaitu Tower of Power, James Brown, dan Sly and The Family Stone.

6. Rock

Genre musik rock merupakan gabungan dari berbagai jenis musik yang telah dikenal sejak tahun 1940-an. Musik ini termasuk salah satu musik yang terus berkembang dan memiliki banyak penikmat hingga saat ini.

Genre musik rock juga terdiri dari berbagai jenis, karena selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Jenis musik rock di antaranya hard rock, progressive rock, punk rock, alternative rock, dan lain sebagainya. Musik ini identik dengan bunyi dengan ritme yang cepat, vocal yang keras, serta memiliki keunikan pada beberapa bagiannya.

Musisi rock yang terkenal di dunia yaitu The Beatles, Mick Jagger, dan Kurt Cobain. Sedangkan, musisi rock yang terkenal di Indonesia yaitu The Rollies, Slank, dan Ahmad Albar. Apakah Anda menjadi salah satunya?

7. Metal

Genre musik metal merupakan hasil dari perkembangan musik rock yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1970. Musik ini memiliki jenis yang lebih keras, kencang, dan berteriak yang memberikan kesenangan dan kenikmatan tersendiri bagi orang yang menyukai musik jenis ini. Genre musik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu heavy metal dan black metal.

8. Electronic

Genre musik electronic ini juga sering disebut EDM atau Electronic Dance Musik, yang di dalamnya terdapat perpaduan alat musik modern atau instrumen elektrik yang menghasilkan musik yang berbeda. Adanya instrumen elektrik ini dapat memberikan sentuhan aplikasi, untuk menyempurnakan musik yang dihasilkan.

Electronic dikenal dengan musik yang memiliki ritme cepat dan cocok dinikmati sambil menari. Biasanya, musik electronic ini dikenal sebagai musik dugem atau musik yang biasanya dimainkan oleh DJ atau Dick Jockey. Dalam perkembangannya, musik electronic baru saja diterima d dan menjadi salah satu musik yang memiliki banyak penggemar di Indonesia.

9. Reggae

Reggae merupakan salah satu jenis musik yang berkembang di Jamaika pada tahun 1960-an dan telah memiliki banyak penikmat hingga saat ini. Genre musik yang satu ini memiliki tempo yang santai dan lambat, namun tetap memiliki irama yang dapat membuat para pendengarnya bergerak.

Reggae merupakan perpaduan musik rocksteady dan ska yang menghasilkan jenis musik baru. Ketukan yang terdapat pada jenis musik populer ini sangat khas, sehingga memberikan kenikmatan tersendiri pada para penggemarnya. Adapun musisi yang terkenal di dunia pada genre musik ini adalah Toots Hibbert, Bob Marley, dan Jimmy Cliff.

10. Hip Hop

Genre musik hip hop lahir di Amerika bagian timur, dan merupakan bentuk perkembangan dari musik RnB. Jenis musik ini memiliki ritme yang cepat, namun tetap dapat dinikmati dengan santai. Sehingga, dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi orang yang mendengarkannya. Genre musik hip hop juga dapat meningkatkan mood, sehingga sering didengar oleh semua kalangan.

Musik hip hop juga biasanya dikombinasikan dengan genre musik lain agar lebih nikmat didengar. Contohnya perpaduan musik hiphop adalah dengan rapcore atau rap. Di dalam genre musik ini terdapat lirik yang diucapkan dengan ritme cepat, namun tetap dapat dinyanyikan bersama dengan irama musiknya.

11. Techno

Musik techno dapat disebut juga sebagai EDM atau Electronic Dance Musik yang dimunculkan pada tahun 1980 di Amerika. Musik ini pada awalnya berasal dari perkembangan musik yang pesat yang diiringi dengan tari. Genre musik ini disebut techno, karena terdiri dari berbagai macam teknologi musik yang dikenal dengan sebutan kombinasi synthesizer.

Sebagian besar, musik techno terdiri dari berbagai kombinasi musik teknologi yang memiliki hentakan drum dan sequencer yang dapat membuat Anda bergoyang. Genre musik techno biasanya dimainkan di beberapa tempat seperti club malam. Musisi dunia yang telah terkenal memainkan musik techno adalah Carl Cox dan Richie Hawtin.

12. Pop

Genre musik pop sangat familiar di kalangan masyarakat, karena biasanya pertama kali orang mengetahui musik adalah melalui musik pop terlebih dahulu. Jenis genre pop ini identik dengan musik yang mencirikan kemodernan dari bunyi yang dihasilkan.

Musik pop sangat mudah didengarkan oleh semua kelompok tanpa batasan umur. Tidak hanya dinikmati di kalangan dunia, musik pop juga sangat dinikmati dan mendominasi musik di Indonesia. Oleh karena itu, seiring berkembangnya zaman, musik pop selalu menjadi salah satu musik idola di Indonesia.

13. Country

Ketika mendengarkan jenis musik ini mungkin, para pendengar belum menyadari bahwa sedang mendengar musik dengan genre country. Hal ini karena genre country ini identik dengan musik tradisional Amerika Serikat, tepatnya di daerah pegunungan Appalachia. Jenis musik ini telah tersebar di wilayah Eropa, seperti Italia, Spanyol, Inggris, dan lain sebagainya.

Musik country ini memberikan kesan mendengarkan musik pop, namun memiliki dua reff yang memiliki nada yang keras dan yang pelan. Hal ini membuat alunan musik country semakin easy going dan dinikmati oleh kalangan remaja. Salah satu musisi yang mendunia dengan genre country ini adalah Taylor Swift.

14. Dangdut

Genre musik dangdut ini berasal dari negara tercinta, yaitu Indonesia. Musik ini merupakan perpaduan antara karakteristik India dan Melayu, yang menggunakan alat musik tradisional dan modern. Genre musik ini memiliki irama yang dapat membuat Anda bergoyang ketika mendengarnya.

Pada zaman dahulu, musik dangdut biasanya dinikmati oleh kalangan berusia tua dan tergolong memiliki perekonomian yang rendah. Namun seiring berjalannya waktu, kini musik dangdut semakin bervariasi dan mulai dinikmati oleh kalangan muda. Hal ini juga berhubungan dengan munculnya musisi baru tanah air yang membawakan lagu dangdut.

Musisi yang telah terkenal di Indonesia dalam genre dangdut adalah Nella Kharisma, Roma Irama, dan Via Vallen. Kini, lirik musik dangdut memiliki makna yang mendalam, biasanya berhubungan dengan kisah cinta yang galau dan lain sebagainya. Selain itu, dangdut juga dapat di remake dengan berbagai lirik yang berasal dari genre musik lain, contohnya musik Korea.

15. Campur Sari

Berbeda dengan dangdut, musik campur sari identik dinikmati oleh kalangan berusia tua. Musik campur sari identik dengan ritme yang pelan, namun tetap memiliki cangkokan yang membuat penikmatnya bergoyang. Musik campur sari ini identik lebih kalem dibandingkan dengan musik dangdut, serta menggunakan alat musik tradisional.

Kehidupan sehari-hari memang erat kaitannya dengan musik, karena dapat meningkatkan mood dan dapat menjadi alternatif untuk mengungkapkan perasaan. Musik juga menjadi perwakilan dari berbagai kalangan untuk memperoleh kepuasan dan kesenangan hati. Melalui 15 genre musik populer yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengenal berbagai musik selain yang disukai saja, bukan?

Tinggalkan komentar