Alat Musik Triangle

Musik memang menjadi teman dalam kehidupan sehari-hari, untuk menghilangkan stres dan membuat jiwa menjadi lebih tenang. Perasaan yang ditimbulkan setelah mendengarkan musik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Perpaduan musik yang dihasilkan, tentu tidak luput dari peran alat musik. Salah satu jenis alat musik yang memiliki peran penting adalah triangle.

Alat musik triangle memiliki unsur yang beragam dan memiliki suara yang dapat memberikan bunyi merdu juga menyenangkan. Bagi Anda yang baru saja mendengar jenis alat musik ini, mungkin bertanya-tanya, seperti apa sih musik triangle itu? Jika ingin tahu lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Alat Musik Triangle?

Seperti namanya, triangle berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti segitiga. Alat musik yang digunakan dalam triangle ini menghasilkan bunyi dan dapat disesuaikan dengan lagu yang dimainkan oleh penyanyinya. Tinggi dan rendahnya nada yang dihasilkan, berasal dari bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan alat musiknya. Sangat unik, bukan?

Alat musik triangle rata-rata memiliki ukuran sekitar 15 sampai 18 cm, dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik triangle ini memiliki bentuk segitiga yang terbuat dari logam. Irama yang dihasilkan oleh alat musik ini juga disesuaikan dengan lagu yang dinyanyikan. Sehingga, dapat menghasilkan nada yang memiliki keselarasan dengan lagu yang dimainkan.

Alat musik triangle ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan benda yang panjang seperti stik. Tata cara bermain menggunakan alat musik ini terkesan lebih rumit, karena harus mengetuk bagian dalam dan bagian luar untuk memperoleh hasil irama yang tepat. Oleh karena itu, tidak sembarang orang dapat memainkan alat musik triangle.

Sejarah Alat Musik Triangle

Alat musik triangle juga memiliki sejarah yang juga tak luput dari unsur kebudayaan. Alat musik ini dibuat pada abad ke 16 masehi, dan tidak diketahui penciptanya. Dalam sejarah lagu klasik di Eropa, disebutkan bahwa alat musik yang berbentuk segitiga ini telah dimainkan dan dikenal oleh masyarakat pada abad ke 18 masehi.

Triangle merupakan alat musik yang tergolong dalam jenis perkusi dalam kategori indiofon. Bagi Anda yang belum mengetahui, indiofon adalah alat musik yang dihasilkan melalui getaran yang menggunakan pergerakan dari seluruh alat musiknya. Alat musik yang tergolong dalam jenis ini yaitu simbal, bel, dan chimes.

Dalam penggunaannya, alat musik triangle menjadi instrumen atau alat musik yang digunakan untuk membantu dan meramaikan irama yang dihasilkan. Adanya musik triangle ini dapat memperkaya musik yang Anda mainkan bersama dengan alat musik lainnya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, alat musik triangle ini telah ada sejak abad ke 16 dan 17. Hal ini dapat diketahui melalui sejarah musik dalam kategori lagu klasik Eropa, yang menyajikan musik dengan alat musik triangle. Musisi yang telah terkenal menggunakan alat musik triangle ini yaitu Joseph Haydn, Wolfgang, dan Ludwig dan lain sebagainya.

Bahan Pembuatan Alat Musik Triangle

Seperti yang telah disebutkan dalam pengertiannya, alat musik triangle berbentuk segitiga dan terbuat dari baja atau jenis logam lainnya. Setiap bahan yang digunakan dapat memengaruhi jenis logam yang diperoleh pada saat memainkan alat musik ini. Oleh karena itu, alat musik ini tidak memiliki tangga nada yang jelas pada saat dimainkan.

Setiap alat musik triangle pasti memiliki lubang atau bentuk lain dalam bagiannya agar dapat mengikat tali. Pada zaman dahulu, seutas tali pada bagian instrumen musik triangle ini terbuat dari usus binatang. Namun, seiring berjalannya waktu kini bahan untuk pembuatan seutas tali tersebut menggunakan kawat atau nilon, yang berperan sebagai penyangga pada saat alat musik triangle ini dimainkan.

Bahan untuk membuat alat musik triangle ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bunyi yang ingin dihasilkan. Hal itu karena masing-masing bahan dapat menghasilkan irama yang berbeda. Bentuk alat musik triangle pada zaman dahulu dibuat dengan bentuk segitiga sama sisi, sedangkan kini alat musik triangle ini dibuat dengan bentuk segitiga sama kaki.

Seiring perkembangan zaman pula, alat musik triangle ini memiliki variasi yang dapat digunakan berdasarkan fungsinya. Pada saat ini, pembuatan alat musik triangle disertai cincin yang terbuat dari logam yang dapat menghasilkan bunyi untuk melengkapi alat musik triangle. Biasanya, logam yang berbentuk cincin ini digunakan untuk menghasilkan bunyi yang gemerincing.

Fungsi Alat Musik Triangle

Alat musik triangle identik dengan instrumen ritmis atau dapat disebut sebagai jenis musik perkusi idiofoni, seperti yang telah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, alat musik triangle ini sering disebut sebagai alat bantu atau yang mengiringi lagu. Biasanya, alat musik triangle ini digunakan ketika pertunjukan musik yang dimainkan memiliki modifikasi serta atraktif.

Musisi yang memainkan alat musik triangle ini pasti memiliki kemampuan khusus, agar dapat menghasilkan suara yang khas dan sesuai dengan lagu yang sedang dimainkan. Meskipun terlihat sangat sederhana, yaitu dipukul menggunakan stik yang terbuat dari logam, namun pada kenyataannya membuat irama dengan alat musik triangle ini tidak semudah kelihatannya.

Musik yang dihasilkan dari instrumen triangle ini berfungsi sebagai imbuhan atau pelengkap lagu yang sedang dimainkan. Ketika sebuah musik yang ditampilkan memiliki keaktifan dan memiliki berbagai variasi, maka alat musik ini akan menjadi pelengkap yang dapat memperindah lagu.

Alat musik triangle ini cocok dimainkan dalam jenis musik apapun. Sehingga, benar-benar dapat dijadikan pelengkap dari musik yang Anda dengarkan. Adanya perpaduan alat musik triangle pada salah satu jenis musik kesayangan Anda, akan menghasilkan harmoni musik yang unik serta memiliki nuansa yang berbeda. Sehingga, dapat memperbaiki mood pada saat Anda mendengarkannya.

Pada dasarnya, alat musik memang identik dengan memberikan perasaan dan emosi yang baik bagi para pendengarnya. Adanya alat musik triangle ini dapat memberikan irama khas yang hanya dapat diperoleh dari instrumen ini saja. Sehingga, dapat memberikan dampak yang berbeda ketika Anda mendengarkan musik yang diimbuhi triangle ini.

Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Seperti yang Anda lihat, alat musik triangle ini memiliki bentuk dan cara bermain yang unik pula. Dengan bentuknya yang segitiga, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Tingkat kesulitannya terletak pada saat menyelaraskan suara pukulan dengan musik yang telah berlangsung. Oleh karena itu, alat musik ini memiliki fungsi sebagai pelengkap atau imbuhan.

Meskipun hanya memukulkan pada bagian alat musik triangle, namun permainan ini juga memiliki tantangan dan tingkat kesulitan pada saat memainkannya. Bunyi yang dihasilkan dari ketukan pada setiap bagian sangat berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu yang cukup untuk memahami dan merasakan indahnya bermain musik triangle, agar mendapatkan irama yang menyenangkan.

Alat musik triangle ini sangat cocok dipadukan dengan berbagai genre musik apapun. Sehingga, Anda dapat mempelajari setiap ketukan pada setiap jenis musik yang diinginkan. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kemampuan dasar dalam memainkan instrumen musik.

Cara memainkan alat musik triangle yang benar adalah memukul pada sisi bagian luar, sehingga menghasilkan irama yang pelan. Sedangkan, jika Anda menginginkan irama yang cepat, maka lakukan pukulan pada sisi bagian dalam, sehingga dapat menghasilkan tempo dan irama yang cepat. Anda juga dapat melakukan latihan secara berkala dan konsisten agar memahami alat musik triangle ini.

Meskipun alat musik triangle ini berbentuk kecil dan membutuhkan pemahaman khusus dalam memainkannya. Namun, kontribusinya dalam musik yang ada di dunia sangat besar. Perpaduan musik menggunakan alat musik triangle sangat khas dan unik, sehingga dapat memperbaiki mood para penikmatnya. Tertarik untuk memainkannya?

Tinggalkan komentar