7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !

Cara Memegang Raket – Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukti atlet-atlet muda bulutangkis Indonesia yang berprestasi yang telah membawa nama Indonesia sampai di tingkat Internasional. Untuk menjadi pemain olahraga bulutangkis handal sangat penting untuk anda mengetahui hal – hal dasar Cara memegang raket dengan bernar dan juga tepat.

Olahraga bulutangkis merupakan Olahraga yang sering menggunakan pergelangan tangan serta gerakan kaki dengan cepat, gerakan pergelangan tangan harus dilakukan dengan benar karena akan sangat menentukan kualitas pukulan saat bermain. Beberapa cara memegang raket bulutangkis dengan benar dan tepat yang perlu anda ketahui agar menghasilkan kualitas pukulan yang bagus.

Cara Memegang Raket Forehand Grip

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Setiap olahraga memiliki teknik tersendiri untuk cara memainkan nya. Olahraga bulutangkis memiliki teknik untuk memegang raket dengan benar serta memainkan pergelangan tangan yang sangat berpengaruh untuk kualitas pukulan setiap pemain dan di bantu dengan selalu latihan dengan rutin untuk mengasa kemampuan anda menjadi meningkat setiap hari nya pada saat anda latihan rutin.

Teknik memegang raket bulutangkis di namakan forehand grip, teknik ini cukup sederhana untuk dilakukan oleh pemain.

  1. Cara memegang raket bulutangkis dengan pegangan telapak tangan menghadap ke depan seperti berjabat tangan dengan seseorang dan harus dilakukan dalam posis miring anda dapat mengunakan tangan kiri maupun kanan sesuai kebiasaan anda dan sesuai teknik.
  2. Selanjutnya pada saat anda memegang bagian pegangan raket, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan dan memastikan terbentuk huruf V oleh ibu jari dan telunjuk sebagai celahnya karena hal tersebut menandakan cara anda memegang sudah cukup benar.
  3. Serta gunakan jari – jari tertentu untuk memegang dengan tepat akan menghasilkan pukulan dengan kulitas yang bagus dan sesuai.
  4. Lalu gunakan tiga jari agar seimbang yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket agar berat yang di hasilkan raket dapat seimbang sedangkan jari telunjuk agak terpisah bertujuan sebagai pendorong raket ke arah depan ketika memukul forehand.
  5. Teknik forehand harus di praktikan pada saat latihan setiap hari nya agar hasil pukulan akan terlatih dan berkualitas.

Cara Memegang Raket Backhand Grip

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang bulutangkis dengan benar dengan menggunakan teknik backhand, teknik ini biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris, teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, cara memegang raket dengan posisi miring dan posisi  pegangan backhand yang berbentuk V agak sedikit masuk ke dalam lalu pegang raket dengan erat saat mengayunkan nya.

  1. Teknik handback agak sedikit masuk kedalam maksutnya yaitu posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket.
  2. Teknik ini lebih terfokus kan dengan posis ibu jari.
  3. Teknik backhand sangat perlu untuk melemaskan juga jari telunjuk dan bergeraklah secara lebih dekat ke bagian jari tengah dengan begitu pukulan akan berkualitas.

pada cara memegang raket bulutangkis dengan teknik ini akan sulit bagi lawan untuk memperkirakan arah pukulan anda. Perlu nya menggunakan dan menempatkan ibu jari anda di permukaan yang lebih luas dari cengkeraman bulu tangkis. Menggunakan teknik handback sedikit sulit oleh sebab itu perlu nya anda untuk selalu latihan untuk memperlancar teknik handback tersebut.

Cara Memegang Raket Amerika Grip

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Cara memegang raket bulutangkis selanjutnya yaitu dengan menggunakan teknik american grip atau bisa disebut juga dengan frying pan, teknik ini biasanya di pakai oleh pemain atlet – atlet bulutangkis amerika. Teknik ini di gunakan untuk melakukan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.

Cara memegang raket bulutangkis dengan teknik american grip ini

  1. Pertama – tama ibu jari dengan jari telunjuk menempel pada bagian pegangan raket yang luas atau lebar seperti memegang stik drum
  2. Lalu pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket bulutangkis akan menonjol keluar di bawah telapak tangan anda untuk keseimbangan memukul.
  3. Posisi kaki pada saat berdiri harus sesuai dan seimbang agar berat badan yang dilakukan pada saat mau smash lawan akan lebih seimbang dan juga pukulan yang dihasilkan akan lebih berkualitas serta menghasilkan pukulan yang maksimal.

Pada teknik american grip sangat cocok untuk digunakan pada saat melakukan smash dengan benar dan tepat sehingga lawan akan susah untuk menebak gerak – gerik anda. Namun teknik american grip ini akan cukup sulit apabila digunakan pada saat melakukan netting sehingga akan menghasilkan gerakan yang kurang maksimal dan kurang efisien, ini termasuk salah satu kekurangan amerika grip.

Cara Memegang Raket Combination Grip

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang raket combination grip. Seperti yang kita ketahui, permainan bulutangkis terkenal dengan teknik pegangan raket yang beragam, tetapi teknik yang paling sering digunakan oleh pemain bulutangkis dan paling efektif adalah kombinasi dari teknik pegangan forehand dan backhand. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk teknik yang lain sesuai dengan posisi.

Itu karena kombinasi dari kedua teknik tersebut lebih mudah untuk diterapkan apabila menghadapi lawan dengan gerakan yang susah ditebak. Penggunaan teknik combination grip biasanya dipakai oleh pemain yang kewalahan ketika strategi yang digunakan sudah ditebak oleh lawan. Berikut cara memegang raket dengan combination grip

  1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.
  2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika menggunakan teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih. Sehingga ketika menggunakan teknik combination grip, refleks tubuh menjadi terbiasa dengan teknik tersebut. Melatih pergelangan tangan sambil  lompat tali dapat membuat anda memperoleh hasil yang maksimal dari teknik combination grip dengan perpaduan dua teknik.

Cara Memegang Raket pada Saat Smash

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang raket bulutangkis dengan teknik posisi berdiri atau kuda – kuda yang harus seseuai dan benar agar pukulan yang dihasilkan berkualitas dan tepat sasaran. Beberapa teknik memegang raket menggunakan teknik smash dengan benar yaitu Pertama – tama posisi berdiri pada saat menerima servis harus sesuai dengan teknik berdiri serta teknik memegang raket saat smash.

  1. pada saat menerima servis berdiri dan posisi memegang raket memiliki teknik tersendiri dan posisi berbeda dengan posisi tempat dalam permainan tunggal dengan permainan ganda.
  2. Posisi berdiri untuk nomor tunggal berada di tengah garis servis untuk nomor ganda berada dekat garis servis, jika di bandingkan dengan nomor tunggal agak maju satu meter
  3. posisi kaki kanan dan kiri juga berbeda.
  4. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang untuk pemain dengan tangan kanan posisi akan jadi stabil,
  5. setelah itu dapat menyesuaikan posisi sesuai dengan arah kedatangan shuttle.
  6. Teknik memegang bulutangkis pada saat teknik smash menggunakan american grip agar pukulan yang dihasilkan dapat mempengaruhi hasil maksimal dengan tekanan pukulan yang seimbang dan stabil.

Posisi memegang raket bulutangkis sangat berpengaruh sekali dalam kulitas pukulan  yang akan anda hasilkan. Teknik memegang raket bulutangkis dengan teknik smash akan membuat pukulan lebih berkualitas dan memiliki keseimbangan yang stabil dan menghasilkan tepat sasaran sehingga musuh akan susah untuk menebak gerakan anda saat bermain dan gerak pukulan lebih cepat.

Cara Memegang Raket ala Inggris

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Cara memegang raket dengan teknik pegangan inggirs yakni memiliki teknik tertentu untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas dan maksimal dengan cara, pertama – tama raket di pegang pada tangkainya atau gegaman nya lalu bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai raket yang sempit lalu pegang sekuat mungkin agar hasil maksimal.

  1. Cara memegang dengan teknik pegangan ala inggris hampir sama dengan teknik pegangan amerika grip yang membedakan
  2. pegangan yang dilakukan teknik amerika grip permukaan yang sempit sedangkan cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan dapat membuat lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan.
  3. Teknik pegangan ala Inggris harus memegang nya dengan kuat serta dorongan yang sesuai untuk mengalahkan lawan serta sesuai arah pukulan yang akan anda tuju,
  4. apabila melakukan teknik serta cara memegang dengan benar dan dengan posisi yang sesuai, hal tersebut akan menghasilkan pukulan yang berkualitas serta tepat sasaran sesuai arah yang anda tuju untuk melawan musuh.

Kelebihan Berbagai Teknik Cara Memegang Raket

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Pada umum nya memegang raket bulutangkis memiliki teknik – teknik khusus untuk memegang raket bulutangkis dengan benar akan menghasilkan pukulan yang berkualitas. Melakukan teknik yang sesuai dan berlatih rutin supaya terlatih dan ahli pada olahraga bulutangkis untuk menjadi atlet – atlet handal yang akan dengan bangga  membawa nama Indonesia sampai ke tingkat Internasional.

Cara memegang raket bulutangkis dengan benar memiliki teknik – teknik agar menghasilkan pukulan yang berkualitas khusus seperti forehand grip, backhand grip, combination grip, Amerika grip, pegangan ala Inggris dan posisi memegang pada saat mau smash. Setiap teknik yang di praktikan atau di gunakan mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan masing – masing.

1. Kelebihan teknik forehand grip

Yaitu teknik pegangan ini lebih mudah pada saat memukul bola di sebelah kanan dari tubuh sehingga bola akan sangat mudah di pukul dengan pukulan yang menggunakan teknik pegangan forehand serta pegangan forehand pada saat melakukan pukulan tidak perlu untuk memutar pegangan raket, teknik ini cukup mudah untuk di terapkan karena memegang raket teknik forehand termasuk dasaran.

2. Kelebihan teknik backhand grip

Yaitu pada saat memukul shuttlecock dengan cara pegangan backhand akan menghasilkan arah bola yang sulit di duga dimana lawan pemain akan kesulitan untuk memperkiraan gerak – gerik lawan atau pukulan lawan, dengan teknik memegang  backhand ini juga akan menghasilkan pukulan yang berkualitas, cepat dan juga cukup keras untuk melakukan pukulan kembali untuk melawan pemain.

3. Kelebihan teknik combination grip

Yaitu pegangan dengan cara memegang raket combination grip mudah untuk mengubah tangkai raket dengan cepat dan juga sesuai menyesuaikan arah datang nya bola pada saat lawan pemain berusaha menyerang, pegangan dengan teknik compination grip merupakan pegangan campuran forehand grip dan handback grip yang menghasilkan pukulan berkualitas dan juga efektif.

4. Kelebihan teknik amerika grip

Yaitu pegangan American grip akan mempermudah pemainpada saat memukul bola akan lebih mudah untuk mengarahkan bola, baik ke kanan maupun ke kiri serta dengan cara memegang raket dengan menggunakan teknik amerika grip akan lebih mudah untuk memukul ke atas sehingga pukulan ini biasanya digunakan untuk smash yang diberikan oleh lawan pada saat pertandingan.

5. Kelebihan teknik ala Inggris

Yaitu cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan dapat membuat lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan, saat anda melakukan pertandingan akan mudah bagi anda untuk menipu lawan pemain dengan gerakan yang susah untuk di tebak lawan pemain sehingga teknik ini cukup berkualitas saat digunakan bertanding.

Kelemahan Berbagai Teknik Cara Memegang Raket

Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Setiap cara memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing sesuai dengan kegunaan nya. Cara memegang raket bulutangkis memiliki beberapa teknik yang setiap tekniknya memiliki kelemahan masing – masing dimana anda harus menyesuaikan dengan  teknik yang sesuai untuk digunakan agar pukulan dapat maksimal. Berikut kelemahan setiap teknik memegang raket bulu tangkis.

1. Kelemahan teknik forehand grip

Ketika melakukan pukulan forehand tidak memerlukan kekuatan lebih untuk pergelangan tangan dan tidak perlu mengeluarkan kekuatan lebih pada bagian sendi bahu, cara memegang raket dengan teknik forehand pemain akan sedikit kesulitan dalam mengembalikan pukulan bola yang ada di depan net kepada lawan pemain bulutangkis, sehingga terjadi ketidak seimbangan dan kurang efektif.

2. Kelemahan teknik backhand grip

Yaitu memegang raket dengan teknik backhand akan lebih memerlukan kekuatan pada saat memukul untuk pergelangan tangan dan pergelangan sendi bahu agar seimbang dan maksimal, pegangan dengan cara backhand akan membuat pemain kesulitan untuk memukul balik bola keras yang arah nya ke samping sebelah kanan badan,terjadi kurang nya keseimbangan pada pukulan.

3. Kelemahan teknik combination grip

Yaitu ketika anda memukul dengan pegangan combination grip akan sedikt sulit untuk di perhatikan karena pegangan dengan teknik raket combination grip akan mudah untuk memukul bola yang datang nya ke arah tubuh, sebab  pegangan combination grip ibu jari mudah di geser. Hal ini akan sulit dan pukulan akan kurang maksimal apabila memukul bola yang datang nya tidak  ke arah tubuh.

4. Kelemahan teknik amerika grip

Yaitu ketika bermain olahraga bulutangkis pemain melakukan teknik dengan cara pegangan American grip pada saat melakukan pukulan backhand akan sedikit kurang efektif serta pada saat bermain net yang bola nya berada di samping kanan dan kiri, pukulan yang dihasilkan pengangan teknik amerika grip  akan kurang maksimal dan efektif untuk melakukan pukulan backhand dan net.

5. Kelemahan teknik ala Inggris

Yaitu dengan cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan dapat membuat lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan tetapi di samping itu juga memiliki kelemahan apabila pengangan dengan permukaan pipih akan mudah lepas pada saat bermain, sebaiknya pada saat menggunakan teknik ini lebih memegang nya dengan erat.

Untuk anda yang sedang belajar olahraga bulutangkis, sudah sepatutnya tau cara memegang raket yang benar dari macam-macam teknik yang telah dijelaskan diatas.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Cara Memegang Raket

Tinggalkan komentar