20 Cara Jitu Belajar Gitar untuk Pemula Agar Mahir dalam Waktu 1 Minggu !

Apakah kalian bisa bermain gitar ? Bagaimana sih cara belajar gitar yang mudah ? Belajar gitar itu adalah suatu perkara yang susah tapi gampang loh. Terkadang ada orang yang telah mempunyai bakat untuk dapat bermain gitar sehingga sangat mudah ketika belajar gitar. Namun ada pula orang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga pada saat belajar gitar agak sulit untuk menguasainya.

Namun kamu tidak perlu putus asa jika kamu belum bisa bermain gitar, karena keberhasilan dalam belajar gitar bisa kamu kuasai dengan cepat walaupun kamu tidak berbakat bermain gitar. Bagaimana caranya ?

Nah dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang masih pemula. Kita juga akan memberikan penjelasan mengenai kunci-kunci gitar dengan lengkap.

Sebelum kita berbagi tips mengenai cara bermain gitar yang muda, kamu harus mempelajari terlebih dahulu kunci-kunci dasar dalam bermain gitar. Berikut ini penjelasannya :


Belajar Kunci Dasar Gitar


Gitar pada umumnya memiliki 6 senar atau dawai, mulai dari yang paling kecil (paling bawah) sampai dengan yang paling besar (paling atas). Baik itu gitar akustik ataupun gitar elektrik. Keduanya memiliki nada yang sama pada setiap senarnya.

Yang membedakan gitar akustik dengan gitar elektrik adalah tuningnya. Nada-nada pada masing-masing senar gitar adalah sebagai berikut :

  • Senar 1 (senar paling bawah) bernada E’
  • Senar 2 bernada B
  • Senar 3 bernada G
  • Senar 4 bernada D
  • Senar 5 bernada A
  • Senar 6 (senar paling atas) bernada E
Chord Gitar
Kunci Dasar Gitar C

Gambar diatas merupakan kunci gitar C, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Kunci Gitar Lengkap dan Mudah
Kunci Dasar Gitar D

Gambar diatas merupakan kunci gitar D, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Belajar Kunci Gitar
Kunci Dasar Gitar E

Gambar diatas merupakan kunci gitar E, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Gambar Kunci Dasar Gitar
Kunci Dasar Gitar F

Gambar diatas merupakan kunci gitar F, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Kunci Dasar Gitar
Kunci Dasar Gitar G

Gambar diatas merupakan kunci gitar G, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Gambar Kunci Gitar
Kunci Dasar Gitar A

Gambar diatas merupakan kunci gitar A, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Kunci Gitar Lengkap
Kunci Dasar Gitar Dm

Gambar diatas merupakan kunci gitar Dm, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Kunci Gitar Dasar
Kunci Dasar Gitar Em

Gambar diatas merupakan kunci gitar Em, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Kunci Gitar
Kunci Dasar Gitar Am

Gambar diatas merupakan kunci gitar Am, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.

Setiap senar memiliki nada yang berbeda, tergantung dimana letak fret yang akan kamu tekan. Fret sendiri dapat dikatakan adalah kolom-kolom yang terdapat pada gitar dan dipisahkan oleh besi pada lengan gitarnya.

Untuk mengetahui posisi jari pada saat menekan senar, kamu bisa lihat video dibawah ini :

Yang terpenting dari semuanya adalah jika kamu ingin cepat menguasai bermain gitar maka kamu harus belajar dengan giat. Karena latihan merupakan hal yang dapat dilakukan di waktu senggang kamu.

Setelah kamu memahami kunci gitar, kamu juga harus mempelajari cara menyetem kunci gitar. Bagaimana caranya ? Berikut ini adalah penjelasannya :


Cara Belajar Menyetem Chord Gitar


Cara menyetem kunci gitar ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu cara menyetem dengan tuning standar, kemudian menyetem gitar dengan menggunakan tuner (efek gitar maupun aplikasi dari android), dan yang terakhir mencocokan dengan instrumen lain, serta juga bisa menggunakan teknik harmonik.

Semua cara menyetem gitar tersebut bisa kamu gunakan pada instrumen gitar akustik, gitar elektrik, atau bahkan juga bisa kamu gunakan pada instrumen lainnya seperti kencerung, ukulele, maupun bass.

Berikut penjelasannya lebih detail :

Cara Menyetem Gitar Manual

Sebenarnya metode ini sangatlah mudah untuk dilakukan, akan tetapi pada kenyataannya sering kali menyebabkan para pemula kebingungan. Mengapa bisa demikian ?

Karena kita harus melatih pendengaran kita dan kepekaan terhadap nadanya.

  1. Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  2. Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  3. Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  4. Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  5. Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.

Gimana ? Sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual ? Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah diatas. Akan tetapi faktor terpentingnya adalah pendengaran. Kamu harus mendengarkan nada yang keluar dengan sangat teliti.

Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Mengapa harus menggunakan tuning standar ? Karena tuning banyak sekali digunakan gitaris dan umumnya lagu-lagu yang beredar di pasaran menggunakan steman standar seperti ini.

Lalu bagaimana caranya menyetem supaya tuning kita menjadi standar tanpa menggunakan alat bantuk seperti tuner ini ? Langkah yang paling mudah adalah dengan mencocokan secara langsung dengan lagu yang telah kita dengar.

Dalam hal ini, carilah dan kemudian dengarkan lagu yang intro atau awalnya dimulai dari chord E. Karena dengan chord tersebut kita dapat mengetahui nada E tanpa dipetik atau nada open string.

Band yang sering menggunakan chord E sebagai chord awal lagunya adalah Peterpan, seperti pada lagunya yang berjudul Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, Bintang di Surga.

Cobalah kamu dengarkan salah satu lagu tersebut dan dengarkan chordnya yang pertama. Setelah mendengarkannya, langsung saja samakan nadanya dengan senar 6 pada gitar kamu. Bila sudah sama maka langkah selanjutnya bisa menggunakan cara seperti yang sudah dijelaskan pada cara menyetem manual di atas.

Cara Menyetem Gitar dengan Instrument lain

Mencocokan dengan instrument lain ini biasanya terjadi ketika kita masuk ke dalam studio. Kadang setelan nada gitar kita berbeda dengan instrument yang lainnya. Bagaimana caranya agar nadanya menjadi sama ?

Nah, kamu bisa mencocokannya dengan suara instrument lain. Misalnya adalah dengan keyboard. Tidak hanya gitar saja, ketika kalian bermain bass juga dapat menggunakan cara ini ketika kamu berlatih bersama-sama dengan timmu.

Itulah beberapa cara untuk menyetem kunci gitar, kamu bisa belajar dengan cara otodidak dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan diatas.

Setelah kamu paham kunci dasar gitar dan bagaimana cara menyetemnya, maka berikut ini adalah beberapa tips agar kamu lebih mudah belajar bermain gitar. Berikut ini adalah tipsnya :


Cara dan Tips Belajar Gitar untuk Pemula


Belajar Gitar
bukubiruku.com

Dalam bermain gitar, kamu akan melibatkan jiwa dan perasaan seseorang. Untuk itu jika kamu ingin belajar gitar dengan cepat dan mudah, kamu harus bisa menjiwai antara senar yang kamu petik dengan diri kamu sendiri, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk memahami.

1. Pilihlah Instruksi dari Buku / Internet

Internet merupakan tempatnya ilmu. Apapun yang kamu butuhkan selalu tersedia di internet. Kamu bisa memanfaatkan untuk belajar gitar dengan otodidak. Seperti dalam artikel ini, kita mencoba mengulas tentang bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk pemula.

Selain itu, agar kamu terus konsisten belajar dan latihan, cobalah buat agenda harian. Selain itu kamu bisa membuat sebuah target khusus. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menguasai cara bermain gitar dengan waktu yang singkat.

Semua tergantung niat dan semangat yang kamu miliki. Paling tidak dalam waktu 1 bulan kamu sudah harus bisa membawakan sebuah lagu untuk dimainkan.

2. Belajar Dari Musisi yang Profesional

Setelah kamu mampu mengasai chord gitar dasar, tingkatkan lah kemampuan yang kalian miliki. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan sering melihat musisi favotitmu sedang pentas.

Dengan begitu akan timbul motivasi sendiri untuk selalu berlatih agar kamu bisa seperti dia. Itulah salah satu cara bagaimana kamu bisa mahir dalam bermain gitar dengan cepat.

3. Pelajari Bagian Bagian Pada Gitar

Nah hal ini juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kamu harus mempelajari bagian-bagian yang terdapat dalam gitar. Hal ini nantinya akan menambah wawasan kamu tentang bagaimana menghasilkan sebuah suara yang enak untuk di dengar.

4. Latihan Secara Rutin

Teori saja tidak cukup untuk membuat kamu mahir dalam bermain gitar. Oleh karena itu kamu juga harus latihan secara rutin agar tangan kamu terbiasa untuk menekan senar sesuai chord gitar dasar.

Yang tadinya belum terbiasa, ketika kamu berlatihan secara terus menerus kamu akan menjadi biasa dan pada akhirnya menjadi mahir. Kamu bisa meluangkan waktu kosong untuk latihan belajar gitar. Kalau kesulitan belajar otodidak, kamu bisa didampingi oleh teman atau keluargamu yang mahir dalam bermain gitar.

5. Melatih Memori Otot Tangan

Ketika kamu udah bisa menyesuaikan jari kamu dengan chord dasar gitar, maka latihan selanjutnya adalah berlatih memainkan gitar tanpa melihat senar gitar kamu. Caranya bagaimana ? Iyaa seperti yang udah dijelaskan diatas, kamu harus terus sering latihan, agar tangan kamu terbiasa dengan posisi senar dan fretnya.

Cobalah fokus pada sebuah lagu, sampai pada akhirnya kamu bisa memainkan lagu tersebut tanpa melihat senarnya. Latihan terus dan terus 🙂

6. Kelola Kepalan Pada Ujung Jari Kamu

Lantas bagaimana kalau tangan saya ukurannya terlalu kecil sehingga tidak bisa memegang gitar dengan sempurna ? Kamu cukup membuang istilah tidak bisa tersebut. Gantilah menjadi “saya harus bisa” maka nantinya kamu akan bisa dan akan terbiasa untuk memegang gitar dengan sempurna.

7.  Bangun Kekuatan Fret Tangan Kamu

Kamu bisa melatih kekuatan fret tangan kamu dengan cara meremas sebuah objek yang mirip seperti bola selama kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan agar tangan kamu tidak kaku dalam memainkan gitar.

Jika tidak ada objek yang seperti bola, kamu juga bisa menggunakan squishy atau spons untuk melatih kekuatan fret tangan kamu.

8. Mulailah untuk Memainkan Sebuah Lagu

Setelah melalui tahapan yang sangat panjang, pasti kamu sekarang udah mulai terbiasa untuk memainkan gitar. Nah, inilah saatnya kamu berlatih untuk memainkan sebuah lagu.

Intinya jika kamu belum bisa menguasai sebuah lagu, kamu tidak boleh dulu untuk pindah ke lagu lainnya. Fokus dulu dengan satu lagu, kalau sudah mahir baru boleh pindah.

​9. Pelajari Kunci Dasar

Sebelum belajar memetik gitar, kita perlu mengetahui kunci-kunci dasar terlebih dahulu. Umumnya gitar memiliki 6 senar dimana masing-masing senar menghasilkan bunyi yang berbeda. Senar paling bawah disebut senar nomor 1 dan terus ke atas hingga senar paling atas nomor 6.

Berikut kunci dasar yang perlu diketahui:

  • Senar 1 hasilkan nada E’
  • Senar 2 hasilkan nada B
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 4 hasilkan nada D
  • Senar 5 hasilkan nada A
  • Senar 6 hasilkan nada E

10. Tentukan Posisi Gitar yang Pas dan Nyaman

Setelah mengetahui kunci dasar, selanjutnya kita perlu mengetahui cara memegang dan bermain gitar dengan posisi yang benar. Pertama-tama, posisikan gitar yang membuat kita merasa nyaman saat memegangnya. Sebagai seorang pemula, kita bisa memangku gitar kemudian mendekatkan badan gitar ke bagian dada dan perut kita.

Berikut ini langkah-langkah untuk menentukan posisi yang nyaman memegang gitar:

  • Duduk di kursi dengan nyaman. Kemudian menegakkan punggung dan bahu.
  • Mendekatkan badan gitar ke dada dan perut. Kemudian memegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V, ibu jari terletak di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.
  • Menahan badan gitar dengan bantuan kaki kanan. Selanjutnya, tekan-tekan senar secara asal dulu, mulai dari pelan-pelan hingga tempo cepat untuk melatih keseimbangan.
  • Pertahankan posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri

11. Mempelajari Cara Menyetel Senar Gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, selanjutnya adalah menyetem atau menyetel senar gitar. Karena jika tidak disetel, senar biasanya tidak mengeluarkan suara yang pas. Belajar nyetel perlu dilakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu dan pas. Belajar cara nyetem senar gitar  itu penting karena bisa membuat telinga kita terbiasa mendengar nada yang tepat.

Cara menyetel senar gitar:

  • Mengetahui nama/nomor senar. Dari atas (paling tebal) ke bawah (paling tipis) urutannya yaitu E, A, D, G, B, dan E’.
  • Mengatur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesui kebutuhan. Jika menginginkan nada tinggi, kencangkan senar gitar. Sedangkan jika menginginkan nada rendah, putar tuner sampai senar mengendur dengan tepat.

12. Belajar Memetik Gitar

Cara memetik gitar perlu dipelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Unutk memetik gitar, kita perlu menggunakan 5 jari.

Cara memetik gitar adalah sebagai berikut:

  • Meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4.
  • Kemudian jari telunjuk digunakan untuk memetik senar nomor 3, jari tengah memetik senar nomor 2, dan jari manis unutk senar nomor 1.
  • Lakukan ini dengan perlahan sampai bisa memetiknya dengan baik.

Tiap kunci gitar memiliki cara memetik sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika memainkan kunci A, maka kita perlu menekan senar A-S-G-B-E bagian bawah. Dan untuk kunci D,AM, atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

13. Belajar Melodi

Belajar memainkan melodi gitar bukan perkara mudah. Bisa dibilang melodi adalah tahap paling sulit dalam bermain gitar.

Berikut ini langkah-langkah belajar melodi:

  • Mencari tahu melodi gitar dengan cara membaca tabulasi. Tabulasi sendiri adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kita dalam belajar melodi.
  • Memahami scale. Ini merupakan cara untuk mencari melodi dalam lagu. Jika kita sudah memahami scale, kita akan dengan mudah menebak melodi sebuah lagu. Pentatonic scale adalah jenis scale yang paling umum dan mudah dipahami.
  • Setelah mengenali tabulasi dan scale, tahap selanjutnya adalah berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, dan juga membutuhkan pendengaran dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kita bisa berlatih dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Belajar melodi memang lebih rumit dari langkah yang lain. Proses terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi menghubungkan not demi not. Sehingga kita bisa menciptakan melodi dan harmoni yang indah.

14. Pakai Pick

Pick atau disebut juga plektrum adalah benda plastik kecil yang digunakan untuk membunyikan nada-nada tunggal saat memainkan gitar. Meskipun memainkan gitar dengan menggunakan pick tidak wajib, tapi tidak sedikit orang yang memulai belajar gitar dari sini.

Cara menggunakan pick adalah dengan cara mengepalkan tangan dominan kita kemudian tempelkan jempol ke jari-jari yang menekuk. Selanjutnya pegang pick dengan menggenggamnya secara tegak lurus terhadap kepalan, di antara jempol dan jari telunjuk. Sisakan hanya beberapa centi bagian yang menonjol dari tangan.

15. Memilih Gitar yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Jika kita ingin belajar gitar, tentu yang kita butuhkan adalah gitar itu sendiri. Namun, kita juga harus tahu lebih dulu genre atau tujuan kita belajar gitar.

Jika kita suka dengan lagu-lagu pop, kita bisa menggunakan gitar klasik atau akustik yang tidak begitu menunjukan skill di lagu-lagu tersebut. Gitar klasik atau akustik juga praktis karena dapat kita mainkan di mana saja tanpa harus mencolokannya ke amplifier.

Dan jika kita suka dengan musik rock, blues, country, atau metal kita wajib memiliki gitar listrik. Genre musik seperti ini biasanya tidak hanya sekeder menggenjreng kunci gitar, tapi kita mungkin akan menemukan banyak teknik gitar, dan berbagai macam sound yang tidak akan kita dapatkan pada gitar klasik atau akustik.

16. Melengkapi Diri dengan Peralatan

Kita perlu memiliki beberapa peralatan dalam belajar gitar. Yang sudah pasti adalah gitar, kemudian capo atau penjepit senar guna mendapatkan nada yang lebih tinggi tanpa harus mentranspose kunci gitar yang dimainkan.

Sebagai seorang pemula, umumnya telinga kita cenderung belun peka terhadap nada, akan sulit bagi kita untuk menyetel senar gitar sampai mendapatkan nada yang akurat. Kita membutuhkan alat berupa guitar tuner untuk membantu menyetem gitar. Untuk yang ingin belajar gitar listrik, kita tentu membutuhkan amplifier, efek gitar, dan starp gitar.

17. Mengetahui Alternatif Chord Sulit

Tidak selalu chord yang kompleks sulit dimainkan. Akan selalu ada alternatif chord kompleks sekalipun. Perbedaan yaitu hanyalah posisi fret dan senar yang ditekan. Namun bunyi yang dihasilkan akan serupa.

18. Latihan Bermain Sambil Berdiri

Setelah cukup mahir memaikan gitar dengan duduk, sudah saatnya untuk memainkan gitar sambil berdiri seperti seorang gitaris yang sedang manggung.  Untuk bisa melakukan ini, kita membutuhkan strap gitar yang dapat menahan gitar saat kita memainkannya sambil berdiri. Bermain gitar dengan berdiri tentu akan menjadi suatu tantangan tersendiri, karena kita tidak terbiasa dan jangkauan jari kita juga akan berbeda seperti saat bermain gitar dengan duduk.

19. Mulai dari Tempo Lambat

Kita bisa mulai mempelajari teknik dengan tempo yang lambat. Kita akan mendapatkan feel setiap not yang dipetik dengan tempo lambat. Jika sudah terbiasa, kita dapat bermain cepat dengan sendirinya.

20. Belajar Ngulik Lagu​

Jika bosan mempelajari teknik-teknik yang monoton, kita mungkin akan rehat sejenak dengan mempelajari lagu yang ingin dikuasai. Selain dapat melatih pendengaran, menerapkan teknik-teknik dalam lagu, kita juga dapat bersenandung dengan lagu tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang pemula. 

5 pemikiran pada “20 Cara Jitu Belajar Gitar untuk Pemula Agar Mahir dalam Waktu 1 Minggu !”

  1. Lagu yang cocok buat pertama kali belajar gitar kira2 apa ya kakak?? Yang mudah2 kunci nya..ehhehe thanks

    Balas

Tinggalkan komentar