Ingin Melatih Kreatifitas Anak ? Yuk Ajarkan Anak untuk Membuat Squishy !

Cara Membuat Squishy – Hallo sahabatnesia, kalian tau enggak apa itu squishy ? Terus bagaimana sih cara membuat squishy ini ? Sulit enggak yah ? Mungkin banyak yang belum tau tentang mainan yang satu ini. Kata “Squishy” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang menggambarkan sesuatu yang membuat kita ingin meremasnya. Kalau di Indonesia squishy bisa dibilang sesuatu yang menggemaskan.

Mainan squishy ini biasanya terbuat dari bahan busa yang lembut dan empuk, ketika ditekan maka squishy akan mengkerut dan ketika dilepas akan kembali seperti bentuk yang semula. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai mainan anak ataupun mainan di kala sedang bosan ataupun kesal.


Apa Itu Squishy ?


Cara Membuat Squishy
bagiinfo.com

Squishy adalah sebuah benda yang terbuat dari busa yang sangat lembut dan empuk. Seperti yang dijelaskan diatas tadi, squishy ketika di tekan akan mengkerut dan ketika dilepas akan kembali seperti bentuk semula.

Saat ini kebanyak squishy dijual belikan dalam bentuk gantungan kunci, entah itu untuk handphone ataupun tas. Sebagai gantungan tentunya squishy lebih dekat dengan sang pemilik sehingga selalu siap untuk diremas ketika bosan hehe 🙂

Bentuk dari squishy pun beraneka ragam namun tetap mempunyai kesamaan yaitu lucu menggemaskan. Keberagamannya mulai dari mirip es krim, boneka mini, buah, binatang, makanan, atau karakter kartun tertentu.

Yang cukup populer akhir-akhir ini adalah squishy yang dibuat mirip dengan roti, mulaid ari bentuk, warna bahkan aromanya. Tapi squishy bukan untuk dimakan yah, cukup di remas-remas aja hehe 🙂


Cara Membuat Squishy dari Spons


Nah kali ini kita akan membuat squishy dengan desain roti tawar dengan menggunakan spons. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat squishy dari spons :

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Spons

  • Spons atau busa yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, busa make up dll.
  • Gunting yang akan digunakan untuk memotong.
  • Lem, bisa menggunakan lem silikon ataupun acrilic. Pokoknya lem yang tidak kaku pada saat kering.
  • Catnya bisa menggunakan Puffy Paint (cat timbul). Warnanya sesuai dengan selera yang kamu inginkan.
  • Kuas

Langkah Langkah Membuat Squishy dari Spons 

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu desain yang akan kamu buat. Sebagai pemula dan dengan alat yang terbatas, kita akan membentuk bentuk yang simpel saja, contohnya roti tawar. Nanti kita akan beri sedikit variasi pada karakternya.
  2. Setelah mendapatkan desain yang kamu inginkan, selanjutnya potong busa menjadi bentuk yang kamu inginkan. Gunakan lem untuk menggabungkan beberapa spons, tunggu sampai spons kering.
  3. Sebelum mengecat, pastikan spons dalam keadaan bersih dan tidak basah agar hasilnya nanti lebih menempel kuat dan merata. Sampai disini tentu tidak perlu banyak petunjuk yah, semua tergantung dengan kreatifitas yang kamu miliki.
  4. Setelah cat mengering, kamu tinggal tusukkan gantungan kunci pada busa dan beri lem agar melekat kuat.
  5. Squishy ala kamu telah selesai. Selamat mencoba !

Jika ingin lebih jelas, kamu bisa melihat video dibawah ini 🙂


Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox


Cara Membuat Squishy Tanpa Spons
500px.com

Nah kali ini kita akan membuat squishy dengan desain roti tawar dengan menggunakan lem fox. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat squishy dengan lem fox :

Alat dan Bahan Membuat Squishy dengan Lem Fox

  • Spons yang sudah digunting berbentuk seperti roti tawar
  • Lem fox
  • Pewarna makanan
  • Air panas

Langkah Langkah Membuat Squishy dengan Lem Fox

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buat adonan terlebih dahulu dengan menggunakan lem fox dan dicampur air panas dengan perbandingan yang sama.
  2. Berikutnya tambahkan pewarna makanan sesuai selera yang kamu inginkan kedalam adonan.
  3. Kemudian aduk-aduk adonan sampai tercampur rata.
  4. Lalu oleskan ke permukaan spons berbentuk seperti irisan roti tawar sampai merata.
  5. Setelah selesai, lakukan penjemuran selama 3 sampai 8 jam hingga kering.
  6. Setelah kering, langkah selanjutnya adalah dengan meracik adonan untuk warna lain dalam hal ini kulit roti tawar. Jadi gunakanw arna coklat tua. Caranya membuat warnanya sama seperti cara diatas.
  7. Setelah jadi, oleskan dengan hati-hati pada bagian kulit roti tawar. Sebaiknya menggunakan kuas dengan ukuran kecil agar hasilnya rapih dan bagus.
  8. Jemur kembali sampai lapisan pewarnanya kering. Selesai sudah squishy ala kamu. Selamat mencoba !

Cara Membuat Squishy dari Slime


Dalam pembuatan kreasi squishy tidak hanya berhenti sampai disini, dikarenakan ternyata squishy juga bisa dibuat dari slime! apakah kalian belum mengerti apa itu slime, jika belum paham akan saya jelaskan sedikit. Slime adalah sejenis mainan yang bertekstur lengket dan pekat, dengan berbagai macam variasi warna dan bentuk.

Kali ini, kami akan memberi beberapa cara membuat squishy dari slime dengan bentuk donat. Penasaran hasilnya nanti seperti apa ya? Yuk, lihat cara membuatnya slime di bawah ini!

Alat dan Bahan Membuat Squishy Slime :

  • Slime warna putih yang akan kita jadikan sebgai bahan utamanaya.
  • Spons atau busa bisa kalian gunakan untuk bahan pembuatan slime.
  • Cat timbul bermacam warna, untuk digunakan memberi motif, bisa bentuk smiley dan motif kartun lain.
  • Wadah, yang akan dihunakan sebagai tempat menaruh ketika proses pembuatannya.
  • Stik es krim digunakan untuk mengaduk slime
  • Plastik kecil, sebagai tempat alas, supaya squishy tidak lengket.
  • Gunting utnuk memotong busa dan bentuk slime seandainya ada kelebihan bentuk.
  • Kuas untuk memols squishy yang nanti akan kamu buat.

Cara Membuat Squishy Slime :

  1. Gunting spons menjadi berbentuk bulat, atau bisa kalian menggunakan wadah bantuan.
  2. Potong ukuran slime menjadi 3 bagian, lalu berikan warna sesuai dengan selera, kemudian gunakan cat timbul.
  3. Aduk sampai warna tercampur rata, kemudian tuang slime bagian pertama ke di dalam spons yang sudah ditaruh di di dalam wadah (supaya slime tidak berceceran kemana-mana).
  4. Setelah itu, diamkan sepanjang 3 – 8 jam sampai slime kering. Lakukan lagi sampai adonan slime bagian pertama habis.
  5. Lanjut untuk memicu toping donatnya memanfaatkan slime bagian ke-2 dan ketiga. Kreasikan cocok imajinasi kamu. Sebaiknya kamu memanfaatkan kuas supaya hasilnya lebih rapi.
  6. Diamkan sepanjang 3 jam sampai kering, lalu masukkan ke di dalam kulkas supaya squishy jadi slow.
  7. Squishy slime wujud donat sudah jadi dan siap dimainkan bersama teman-temanmu.


Cara Membuat Squishy dari Clay


Nah, kalau tadi cara membuat squishy dari spons, sebenarnya ada juga lho, cara membuat squishy tanpa spons. Terus, menggunakan apa? Kita bisa membuatnya menggunakan dari bahan clay, sejenis mainan dari bahan lilin yang dimana bentuknya, bisa kita ubah dengan berbagai tekstur beragam bentuk. Selanjutnya bagaimana membuat squishy dari clay, yuk simak langkah membuatnya.

Alat dan Bahan Membuat Squishy Clay :

  • Bahan pertama yang harus kalian persiapkan adalah Clay, pilihlah warna yang menurut kalian bagus untuk kalian gunakan dan cocok untuk kalian gunakan membuat squishy.
  • Selanjutnya gunakan sedikit spon saja atau busa, kira-kira saja busa atau spon yang nantinya akan kalian butuhkan.
  • Gunakan tutup toples atau anda bisa menggunakan bedak padat yang bulat
  • White glue atau lem putih, untuk kita gunakan melapisi pada bagian luar clay.
  • Cat timbul ( puffy paint) untuk kita gunakan pada warnanya serta anda bissa menggunakan cat minyak.
  • Gunting, nanti akan kita gunakan untuk memotong.
  • Pulpen digunakan untuk membuat pola gambar squishy.
  • Plastik sebagai tempat wadah clay, ketika sudah dibentuk.

Tahapan Cara Membuat Squishy dari Clay

  1.  Tahapan pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat squishy dari clay adalah kalian harus mempersiapkan spons, kemudian buatlah pola bulat pada spons. Bisa kalian membuatnya menggunakan tutup toples kecil atau bekas tutup bedak juga bisa kalian gunakan.
  2. Selanjutnya kalian gunting pada bagiann spons tersebut, ambil clay yang sudah kalian siapkan tadi. Ambil sesuai dengan kebutuhan.
  3. Buatlah bentuk bulat pada clay, setelah itu letekan clay yang sudah kalian bentuk tadi diatas plastik kecil supaya tidak lengket, dan tekan hingga tipis.
  4. Setelah setesai, taruhlah spon diatas clay, dan lapisi spon dengan clay sampai spon tertutupi oleh clay, selanjutnya haluskan pada bagian yang menuru kalian terasa kasar.
  5. Bisa kalian campurkan dengan lem berwarna putih, selanjutnya bisa kalian lukis dengan bentuk emoji, yang kalian inginkan sesuai dengan kreasimu.
  6. Jika ingin squishy lebih memiliki struktur yang lebih slow, bisa kalian coba untuk masukan ke dalam kulkas. Akhirnya pembuatan squishy clay sudah selesai kalian buat, dan siap kalian mainkan.

https://youtu.be/b308U10KTo4

Nah itulah cara membuat squishy dengan barbagai bahan. Mulai dari cara membuat squsihy dengan spons, cara membuat squishy dengan lem fox, cara membuat squishy dengan slime, cara membuat squishy dengan clay dll. Semoga dapat bermanfaat.

Cara Membuat Squishy

5 pemikiran pada “Ingin Melatih Kreatifitas Anak ? Yuk Ajarkan Anak untuk Membuat Squishy !”

Tinggalkan komentar