Pengertian Keanekaragaman Hayati Beserta Tingkatan dan Manfaatnya

Keanekaragaman Hayati – Hallo sahabatnesia, apakah kalian tau apa itu keanekaragaman hayati ? Mungkin kita sering kali mendengarnya akan tetapi tidak mengerti akan maksudnya. Keanekaragaman hayati ini sangat diperlukan untuk kelestarian hidup organisme yang ada di bumi.

Walaupun pada kenyataannya kuantitas dan kualitas keanekaragaman hayati pada suatu wilaya bisa menurun atau bahkan dapat menghilang begitu saja. Keanekaragaman hayati atau yang biasa disebut dengan biodiversitas merupakan variasi organisme yang hidup dan memiliki 3 pembagian tingkatan, yakni gen, spesies, dan ekosistem.

Nah, dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai keanekaragaman hayati lebih detail lagi. Mulai dari pengertian keanekaragaman hayati, manfaat keanekaragaman hayati, dan contoh keanekaragaman hayati. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati
500px.com

Menurut UU Nomor 5 Tahun 1994, keanekaragaman hayati merupakan keanekaragaman yang ada diantara makhluk hidup yang ada di semua wilayah, yakni daratan, lautan, dan perairan atau akuatik, serta komplek ekologi yang termasuk dari keanekaragamannya yang meliputi keanekaragaman dalam spesies, antara spesies dengan ekosistem.

Keanekaragaman hayati merupakan beranekaragamnya makhluk hidup dalam suatu lingkungan tertentu. Keanekaragaman tersebut berdasarkan pada ciri-ciri dan sifat yang diamati. Keanekaragaman hayati ditimbulkan oleh 2 faktor, yakni faktor gen dan faktor lingkungan.

Keanekaragaman hayati menyebabkan tumbuhnya berbagai jenis hewan dan tanaman yang ada dilingkungan sekitar kita. Keanekaragaman tidak hanya terjadi pada antar jenis, akan tetapi dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Misalnya perbedaan warna, ukuran, dan bentuk dalam satu jenis.

Variasi merupakan perbedaan yang terdapat pada suatu individu dalam satu spesies. Faktor penyebab terjadinya variasi pada makhluk hidup diantaranya adalah :

  1. Faktor luar, misalnya dikarenakan oleh suhu, tanah, dan makanan.
  2. Faktor dari dalam, misalnya rekombinasi dari gen.

Apasih manfaat dari adanya keanekaragaman hayati ini ? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Tingkat Keanekaragaman Hayati
500px.com

Keanekaragaman hayati mempunyai berbagai macam peran atau manfaat bagi kehidupan umat manusia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pangan

Dengan adanya keanekaragaman hayati yang terdapat di sekitar kita, kita bisa menjadikannya sebagai sumber pangan bagi manusia. Setiap hari manusia membutuhkan sumber energi dari makanan dan minuman untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari

Namun manusia tidak bisa memproduksi makanan dan minuman sendiri melainkan harus mengambilnya dari hasil alam, yakni dari hewan dan tumbuhan. Dengan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia, Indonesia mempunyai setidaknya ada 400 jenis tanaman penghasil buah-buahan, 370 jenis sayur-sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 55 jenis rempah-rempah dan berbagai macam hewan yang bisa di konsumsi.

2. Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Sandang

Selanjutnya, keanekaragaman hayati bisa dimanfaatkan sebagai sumber sandang bagi manusia. Sandang atau yang biasa kita kenal dengan pakaian merupakan kebutuhan dasar bagi manusia.

Sandang dibuat dari serat atau yang berasal dari berbagai jenis hewan ataupun tumbuhan seperti kapas, pisang abaka, bulu, sisal, kenal, ulat sutera dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Papan

Adanya keanekaragaman hayati di negeri ini juga memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi penduduk Indonesia. Dengan adanya keanekaragaman hayati ini memberikan manfaat sebagai bahan untuk membangun rumah atau tempat tinggal.

Biasanya masyarakat menggunakan tanaman bambu untuk digunakan untuk membangun rumah mereka. Selain itu, keanekaragaman hayati yang dapat digunakan untuk membangun rumah adalah meranti, ulin, jati, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Obat-Obatan

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar. Terdapat 30.000 spesies tumbuhan yang mana 940 spesies merupakan tumbuhan obat dan 250 spesies tanaman obat digunakan dalam industri obat herbal lokal.

5. Keanekaraman Hayati Sebagai Sumber Kosmetik

Selain digunakan untuk obat-obatan, keanekaragaman hayati di Indonesia juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik atau kecantikan. Beberapa perusahaan kosmetik yang ada di Indonesia dapat dengan mudahnya mendapatkan bahan-bahan untuk memproduksi produk kecantikan.

6. Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pendapatan

Berlimpahnya keanekaragaman hayati di negeri ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakatnya sebagai sumber mata pencaharian. Masyarakat bisa menjual tanaman atau hewan yang sudah di ternakan atau dibudidayakan di lingkungan mereka.

7. Keanekaragaman Hayati Sebagai Penyeimbang Ekosistem

Yang terpenting dari adanya keanekaragaman hayati adalah sebagai penyeimbang ekosistem dalam suatu wilayah tertentu. Keberadaan makhluk hidup pada masing-masing ekosistem perlu untuk dijaga kelestariannya agar tidak terancam punah.

Salah satu contoh keanekaragaman hayati sebagai penyeimbang ekosistem adalah dengan adanya ekosistem hutan hujan tropis yang bisa menyediakan oksigen bagi manusia dan makhluk hidup yang lainnya serta menjaga agar iklim tetap stabil dengan mempertahankan temperatur dan kelembapan udara.

Macam Macam Keanekaragaman Hayati

Macam Macam Keanekaragaman Hayati
500px.com

Adapun keanekagaraman hayati mencakup 3 tingkatan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman genetik merupakan keanekaragaman yang paling hakiki. Keanekaragaman ini bisa berlanjut dan sifatnya diturunkan. Keanekaragaman genetik berhubungan dengan keistimewaan ekologi dan proses evolusi.

Ciri-Ciri Keanekaragaman Genetik :

  • Nama ilmiah sama
  • Adanya variasi
  • Perbedaan morfologi tidak terlalu mencolok

Contoh : jenis padi, jenis kelapa, jenis salak, jenis mangga.

2. Keanekaragaman Jenis (Spesies)

Keanekaragaman jenis merupakan keanekaragaman yang meliputi fauna dan flora. Adanya keanekaragaman jenis yang tinggi akan menghasilkan kestabilan bagi lingkungan.

Ciri-Ciri Keanekaragaman Jenis :

  • Tidak ada variasi
  • Nama ilmiah berbeda
  • Perbedaan morfologi mencolok

Contoh : Jenis jeruk, jenis palm

3. Keanekaragaman Ekosistem

Keanekaragaman ekosistem merupakan keanekaragaman yang paling kompleks. Adapun yang mencakup di dalamnya adalah keanekaragaman genetik dan keanekaragaman jenis beserta lingkungannya.

Ciri-Ciri Keanekaragaman Ekosistem

  • Memiliki vegetasi yang khas untuk setiap ekosistemnya

Contoh : padang rumput, ekosistem koniver (pinus), ekosistem tundra (lumut).

Faktor Penyebab Indonesia Mempunyai Keanekaragaman Hayati yang Tinggi

Keanekaragaman Hayati di Indonesia
500px.com

Kenapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu banyak ? Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati di Indonesia.

  1. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kepulauan.
  2. Indonesia mempunyai unsur fauna dan flora yang berkisar dari wilayah Indomalaya sampai ke wilayah Australia.
  3. Indonesia terbagi menjadi 2 zona biogeografi, yaitu wilayah oriental dan wilayah Australian.
  4. Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, Indonesia mempunyai laut yang sangat luas dengan garis pantai 81.000 KM atau sama dengan 14% dari panjang pantai bumi.
  5. Indonesia mempunyai pantai dengan hutan bakau yang luas dan memiliki kekayaan jenis flora dan fauna, yakni 4,25 juta ha.
  6. Indonesia mempunyai sumber daya terumbu karang yang terkaya di dunia.

Berdasarkan faktor-faktor diatas, bisa kita simpulkan bahwa keanekaragaman hayati di Indonesia memang sangat luar biasa. Ini dikarenakan zona geografi mempunyai karakter yang berbeda-beda. Banyak pulau yang menyimpan flora dan fauna endemik dan wilayah laut yang sangat luas dengan biodiversitas spesifiknya.

Oleh karena itu, sebagai warga negaa Indonesia kita wajib untuk menjaga dan berpartisipasi untuk melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia ini. Agar ekosistem tetap seimbang dan dapat berjalan dengan baik.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia. Mulai dari pengertian keanekaragaman hayati, manfaat keanekaragaman hayati, macam-macam keanekaragaman hayati, dan contoh keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman Hayati

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini