17 Pengaruh Letak Geografis Indonesia Beserta Pengertiannya

Letak Geografis Indonesia – Hallo sahabatnesia, ada yang tau enggak letak Indonesia dari segi geografisnya ? Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, pengaruh, keuntungan, kondisi letak geografis Indonesia.

Sebelum memasuk pembahasan tersebut, kita akan mengulas terlebih dahulu tentang pengertian geografi. Ada yang tau enggak apa itu geografi ?

Geografi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta perbedaan atau persamaan keruangan atas fenomena fisik serta manusia yang berada di atas permukaan bumi.

Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Geo (Bumi) dan Graphein (Menjelaskan atau Tulisan).

Nah itu lah pengertian geografi secara singkat. Dari pengertian tersebut kamu pasti sudah memiliki bayangan mengenai letak geografis Indonesia.

Berikut ini adalah pembahasan tentang letak geografis Indonesia :


Pengertian Letak Geografis Indonesia


Letak Geografis Indonesia
500px.com

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah atau negara yang berdasarkan fakta dan berdasarkan pada keadaan alam disekitarnya.

Letak geografis suatu wilayah juga berkaitan dengan letak astronomis, letak fisiologis, letak geologis, dan letak geomorfologis.

Secara geografis Indonesia terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Astralia. Indonesia juga terletak antara dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Lokasi ini sangat menguntungkan dan berpengaruh terhadap perkembangan negara Indonesia karena menjadi titik persimpangan jalur perdagangan Internasional antara benua Australia maupun benua Asia dan bahkan negara-negara Eropa lainnya.


Pengaruh Letak Geografis Indonesia


Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Berikut ini adalah pengaruh dari letak geografis Indonesia :

1. Indonesia Mempunyai 2 Musim

Secara fisik, letak geografis Indonesia dilalui oleh angin muson. Angin ini berganti arah sebanyak dua kali dalam satu tahun. Kehadiran angin muson membuat negara Indonesia hanya mempunyai dua musim yaitu musin hujan dan musim kemarau.

2. Wilayah Indonesia Sangat Strategis

Indonesia diapit antara dua benua dan dua samudera. Keadaan ini membuat wilayah Indonesia sangat strategis sebab dilalui oleh jalur perdagangan Internasional baik itu dari laut maupun dari udara. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara yang berpotensi perekonomiannya baik.

3. Indonesia Kaya Akan Budaya

Pengaruh letak geografis Indonesia yang lainnya adalah berkaitan dengan budaya. Kekayaan budaya di Indonesia tidal lepas dari kebudayaan Negara yang terletak di sekitarnya. Budaya luar yang masuk di Indonesia lambat laun terasimilasi dan hasilnya Indonesia mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam dan khas.

4. Indonesia Menjadi Jalur Perdagangan Internasional

Letaknya yang sangat strategis menjadikan negara Indonesia dijadikan sebagai jalur perdagangan Internasional. Hal ini bisa menjadi peluang untuk dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di Indonesia.

5. Indonesia Menjadi Jalur Transit dan Lintas Internasional

Indonesia merupakan jalur transit dan lintas Internasional yang menyebabkan negara Indonesia selalu di singgahi oleh pesawat-pesawat asing sebelum melanjutkan perjalanan ke negara atau benua yang lainnya.

6. Indonesia Menjadi Negara Maritim Terbesar

Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena mampunyai lebih dari 17 ribu pulau. Berdasarkan statistik Kementrian Kelautan dan Perikanan, hasil laut di Indonesia baru dimanfaatkan 48% dari potensi sebesar 6,7 juta ton. Bagaimana jika dimanfaatkan 100% ? Begitu melimpah dan luar biasa hasil laut Indonesia.

7. Indonesia Memiliki Keaneka Ragaman Hayati yang Melimpah

Letaknya yang berada dalam kawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan. Indonesia juga memiliki beraneka ragam jenis flora dan fauna yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya.

Indonesia mempunyai hutan dengan luas 120,35 juta Ha yang merupakan hutan tropis terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Zaire. Hutan memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai paru-paru dunia serta menjaga keseimbangan iklim global.

8. Indonesia Menjadi Negara Agraris Terbesar

Indonesia terletak dalam kawasan yang beriklim tropis yang menyebabkan tanah di Indonesia sangat subur. Hal yang demikian ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai negara pertanian dan perkebunan.

9. Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Pariwsata

Selain letaknya yang sangat strategis, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dimana setiap pulau mempunyai keindahan yang luar biasa. Dan bahkan banyak pulau di Indonesia yang belum dihuni dan masih alami.

Inilah yang menyebabkan banyaknya wisatawan asing yang mengeksplor daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sehingga dari segi perekonomian dapat meningkatkan devisa negara.

Baca juga artikel : 15 Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Beserta Dampaknya !


Keuntungan Letak Geografis Indonesia


Pengertian Letak Geografis
500px.com

Selain memiliki pengaruh, letak geografis juga mempunyai beberapa keuntungan, yaitu :

Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Ekonomi

  • Menambah devisa negara.
  • Sebagai pusat perekonomian diantara dua benua dan dua samudera.
  • Perkembangan pariwisata di Indonesia menjadi lebih pesat.
  • Sebagai jalur perdagangan Internasional.
  • Sebagai destinasi pariwisata utama.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Komunikasi

  • Indonesia kaya akan bahasa.
  • Indonesia bisa menguasai bahasa asing secara tidak langsung.
  • Masyarakat dituntut dapat berbahasa Inggris karena merupakan jalur lintas Internasional.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Transportasi

  • Percepatan infrastruktur di daerah-daerah Indonesia.
  • Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata.
  • Peningkatantransportasi laut secara maksimal.
  • Peningkatan akomodasi angkutan umum.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Sosial Budaya

  • Pakaian Indonesia semakin modern.
  • Adanya kulturasi budaya asing dengan budaya lokal.
  • Mempunyai keanekaragaman budaya.
  • Dapat dengan mudah menyebarkan budaya di Indonesia.

Kerugian Letak Geografis Indonesia


Pengaruh Letak Geografis
500px.com

Selain mempunyai keuntungan, letak geografis juga memiliki beberapa kerugian atau dampak negatif bagi Indonesia. Berikut ini adalah penjelasannya :

Kerugian Letak Geografis di Bidang Ekonomi

  • Adanya pasar gelap yang masuk ke Indonesia.
  • Eksploitasi secara besar-besaran.
  • Persaingan global.

Kerugian Letak Geografis di Bidang Komunikasi

  • Menguasai bahasa asing dapat mengakibatkan budaya lokal terus berkurang dan tidak menjadi prioritas lagi.
  • Sulitnya menggunakan bahasa Inggris.

Kerugian Letak Geografis di Bidang Transportasi

  • Tersingkirnya transportasi tradisional.
  • Semakin padatnya lalu lintas karena jumlah imigran.
  • Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan dari luar negeri.

Kerugian Letak Geografis di Bidang Sosial Budaya

  • Banyaknya budaya asing yang masuk membuat budaya lokal dapat terancam punah.
  • Maraknya perilaku dari turis asing yang membawa pengaruh negatif bagi masyarakat Indonesia.
  • Maraknya perilaku yang tidak sesuai dengan adat istiadat Indonesia dan norma-norma Indonesia karena pengaruh global.

Baca juga artikel : 3 Contoh Teks Observasi Singkat !


Kondisi Geografis Indonesia


Letak Indonesia Secara Geografis
500px.com

Yang termasuk ke dalam unsur-unsur lingkungan fisik geografis meliputi unsur letak, relifef, iklim, dan cuaca, jenis tanah, flora dan fauna, sumber daya mineral, dan sumber daya kelautan.

Dengan memahami unsur-unsur lingkungan fisik geografis suatu wilayah, maka kita dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan bahkan dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal untuk kepentingan hidup.

Letak Geografis Indonesia

Indonesia terletak antara dua benua dan dua samudera. Yaitu benua Asia dan benua Australia serta samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Letak geografis ini sangat berpengaruh pada keberadaan wilayah Indonesia. Baik dilihat dari keadaan fisik, ekonomi, sosial, ataupun politik.

Topografi Indonesia

Relief atau topografi adalah keadaan tinggi rendahnya bentuk permukaan bumi. Penampakan geografis alam yang berhubungan dengan relief wilayah daratan tinggi terdiri dari dataran tinggi, gunung, pegunungan, lembah, dataran rendah, dan dataran pantai.

Sedangkan relief daerah daratan perairan berupa danau, rawa, sungai, selat, teluk, dan terusan.

Cuaca dan Iklim Indonesia

Dalam ilmu geografi yang termasuk kedalam unsur-unsur cuaca dan iklim adalah arah angin, curah hujan, tekanan udara, suhu udara, dan kelembapan udara.

Kondisi iklim Indonesia juga dipengaruhi oleh angin muson yang merupakan angin yang bertiup setiap enam bulan sekali dan selalu berganti arah.

Indonesia merupakan wilayah yang dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis.

Flora dan Fauna Indonesia

Menurut kondisi bentuk geografisnya, jenis flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 macam tipe, yaitu sebagai berikut :

  • Tipe Asiatis, yaitu tipe flora dan fauna yang sejenis dengan yang ada di daratan Asia dan hidupnya di wilayah Indonesia bagian barat (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan)
  • Tipe Asutralia, yaitu tipe flora dan fauna yang sejenis dengan yang ada di daratan Australia dan hidup di bagian timur wilayah Indonesia (Papua dan pulau-pulau di sekitarnya)
  • Tipe peralihan, yaitu tipe flora dan fauna yang tidak dapat dijumpai di daratan Asia ataupun di daratan Australia. Tipe jenis hidup ini hidup di wilayah Indonesia bagian tengah (Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara)

Jenis Tanah Indonesia

Jenis tanah yang tersebar di wilayah Indonesia berjumlah skurang lebih 22 jenis tanah. Tidak semua jenis tanah itu subur. Tergantung pada 3 unsur penyebab kesuburan tanah, yaitu unsur hara, susunan butir tanah, dan kandungan air.

Tanah yang terkenal di Indonesia karena tingkat kesuburannya adalah tanah vulkanik, tanah aluvia, tanah humus, tanah podzolit. Dan tanah yang kurang subur adalah tanah gambut dan tanah kapur.

Sumber Daya Air dan Kelautan Indonesia

Sumber daya air merupakan segala potensi air yang dikandung udara, di permukaan bumi, didalam tanah, dan proses yang dapat memberikan manfaat untuk semua makhluk hidup.

Sumber daya keluatan merupakan segala potensi yang di kandung oleh permukaan dan di dasar laut yang dapat memberikan manfaat. Indonesia kaya akan berbagai jenis spesies ikan serta hasil laut yang lainnya.

Sumber Daya Mineral Indonesia

Sumber daya mineral merupakan segala potensi alam yang dimiliki berupa bahan galian yang terdapat pada perut bumi dan diperoleh melalui proses tambang.

Indonesia kaya akan bahan tambang seperti minyak bumi,batu bara, timah, bauksit, nikel, besi, tembaga, perak, emas, aspal, gas alam, belerang, dan lain-lainnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai letak geografis Indonesia dan kondisi alam Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Semoga dapat menambah wawasan kamu dan semoga bermanfaat 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 pemikiran pada “17 Pengaruh Letak Geografis Indonesia Beserta Pengertiannya

Tinggalkan komentar