Gambar Sketsa Pemandangan Alam

57 Gambar Sketsa Pemandangan Alam, Pantai, Gunung, dan Desa

Gambar Sketsa Pemandangan Alam – Hallo sahabatnesia, pernah kah kalian membuat sketsa gambar pemandangan ? Sketsa merupakan gambar yang dibuat oleh seseorang yang pada umumnya belum dijadikan sebagai hasil karya akhir.

Gambar sketsa biasanya dibuat dengan tujuan tertentu seperti untuk merekam hal-hal yang dilihat oleh seseorang melalui sebuah gambar atau lukisan yang mengandung prinsip, gagasan, atau citra.

Sketsa yang menggunakan cat air dan cat minyak pada umumnya dikenal dengan sebutan sketsa cat air atau sketsa cat minyak. Untuk karya tiga dimensi, seorang seniman dapat membuat gambar sketsa dari plastisin, wax, atau bahkan dari tanah liat sekalipun.

Lantas bagaimana cara menggambar sketsa yang baik dan benar ?

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya menggambar sketsa pemandangan untuk kamu yang masih pemula. Berikut ini penjelasan selengkapnya :


Cara Menggambar Pemandangan


Cara Menggambar Pemandangan
Cara Menggambar Sketsa

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika kamu ingin membuat gambar sketsa pemandangan. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Mencari Inspirasi

Mencari inspirasi merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Karena setiap seniman yang profesional pun pasti membutuhkan inspirasi untuk dapat menuangkannya dalam setiap goresan karyanya.

Jika seseorang yang ingin menggambar sketsa, namun dia belum memiliki inspirasi maka hasilnya tidak akan maksimal dan gambar yang dibuat tidak mempunyai makna yang berarti.

Jika kamu masih belum mempunyai inspirasi, maka cobalah untuk keluar dari rumahmu. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar untuk melihat pemandangan indah yang ada disekitarmu. Bisa berupa gunung, pantai, hutan, sawah, dan tempat-tempat bersejarah yang akan menumbuhkan inspirasimu.

2. Membuat Sketsa Dasar

Jika kamu sudah menemukan inspirasi, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mulailah menuangkan ide dan konsep yang kamu miliki dalan bentuk sketsa dasar atau istilahnya gambar kasarannya.

Sketsa dasar mempunyai fungsi untuk mengatur komposisi gambar. Di tahap ini kamu dapat menggambar secara keseluruhan namun kamu harus menghindari menggambar secara detail.

Yang perlu kamu perhatikan adalah gunakanlah pensil terlebih dahulu agar sketsa yang kamu buat bisa dihapus dan bisa di revisi kembali jika terjadi kesalahan.

3. Bentuk Sesuai Objek Aslinya

Setelah sketsa dasar sudah jadi, maka mulailah dengan belajar membuat bentuk sesuai dengan aslinya. Kamu harus belajar dan menggambar asal-asalan terlebih dahulu. Misalnya jika kamu ingin menggambar padi, maka buatlah seperti aslinya dan jangan menggambar seperti huruf V yang berjajar. Begitupun dengan objek gambar yang lainnya.

Menggambar mirip dengan yang aslinya memang sangat sulit, namun hal ini bertujuan agar gambar sketsa yang akan kamu buat terlihat lebih nyata dan enak untuk dipandang. Selain itu kamu juga memerlukan banyak jam terbang untuk menggambar pemandangan.

4. Pemilihan Warna

Setelah sketsa detailnya sudah jadi dan mirip dengan yang aslinya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemilihan warna yang akan digunakan. Tahap ini dapat dibilang tahapan terakhir yang harus kamu lakukan atau yang biasa disebut dengan finishing.

Masing-masing orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam mengkombinasikan warna. Ada yang menggunakan pensil warna, crayon, atapun cat air. Namun jika kamu masih pemula, sebaiknya menggunakan pensil warna.

Nah itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menggambar pemandangan yang mudah untuk kamu yang masih pemula. Berikut ini kita akan memberikan beberapa contoh sketsa pemandangan yang mungkin dapat membantu kamu untuk menemukan ide membuat sketsa.


Gambar Sketsa Pohon Simple


Sketsa Pemandangan Pantai
Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Jika kalian ingin membuat gambar sketsa pohon, maka kamu bisa mencari inspirasi di lingkungan sekitar kamu. Misalnya ada pohon jambu atau mangga, maka bisa kamu jadikan sebagai referensi kamu untuk menggambar sketsa. Jika kamu sudah mahir menggambar sketsa pohon, maka kamu bisa menambahkan gambar yang lainnya, misalnya gambar hewan atau orang dengan latar belakang pepohonan.

Sketsa Pemandangan Gunung
Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Nah, kalau gambar diatas adalah gambar sketsa pepohonan yang terdapat disebuah desa. Ini salah satu pengembangan dari gambar sketsa pohon. Kamu bisa mencari inspirasi lainnya di gambar-gambar berikutnya.


Gambar Sketsa Hutan Sederhana


Sketsa Pemandangan Laut
Gambar Sketsa Pemandangan Alam
Sketsa Pemandangan Pedesaan
Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Kalau kamu udah mahir menggambar pohon, maka kamu bisa mengembangkannya menjadi gambar sketsa hutan. Tingkatan dalam menggambar sketsa hutan lumayan lebih sulit. Karena tekstur dan detail dari gambarnya harus lebih disesuaikan. Agar hasilnya terlihat seperti aslinya.


Gambar Sketsa Pemandangan Alam Sederhana


Sketsa Pemandangan Alam Pegunungan
Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Gambar diatas merupakan salah satu gambar sketsa pemandangan, terdapat pohon besar yang di latar belakangi oleh gambar pegunungan dan bulan yang begitu besar. Kami bisa mencobanya untuk mengasah kemampuan kamu dalam menggambar sketsa.

Sketsa Pemandangan Pegunungan
Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Gambar Sketsa Pemandangan Pantai 


Sketsa Pemandangan Alam Pantai
Gambar Sketsa Pantai
Sketsa Pemandangan Pantai yang Mudah
Gambar Sketsa Pantai

Gambar Sketsa Laut yang Mudah Dibuat


Sketsa Pantai Sederhana
Gambar Sketsa Pantai

Setelah kalian udah bisa menggambar sketsa dengan pemandangan hutan, kalian juga bisa mencoba menggambar sketsa dengan pemandangan laut yang begitu indah cantik. Bagaimana cara mudah membuat sketsa laut atau pantai ? Kamu tinggal berkunjung ke pantainya langsung, disitu kamu akan menemukan inspirasi menggambar sketsa dengan sendirinya. Coba saja deh kalau enggak percaya 🙂

Sketsa Lukisan Pantai
Gambar Sketsa Pantai

Sketsa Pemandangan Desa yang Mudah Ditiru


Sketsa Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa
Sketsa Rumah Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa

Gambar diatas merupakan gambar sebuah rumah yang terletak di pinggir sungai. Jika kamu ingin mencari inspirasi perkampungan di pinggir sungai, maka sebaiknya kamu mengunjungi kota Banjarmasin. Karena disana merupakan kota yang dikenal sebagai kota seribu sungai. Pemandangannya sangat indah sekali. Kalau enggak mau jauh-jauh, cari aja sungai di dekat rumah kalian, terus gambar deh hehe 🙂

Contoh Sketsa Pemandangan Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa

Sketsa Pemandangan Perkampungan yang Mudah di Gambar


Gambar Sketsa Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa

Gambar diatas merupakan gambar sketsa dengan suasana pedesaan. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu referensi atau ide untuk menggambar sketsa. Biasanya pedesaan seperti ini terdapat banyak sawah dan perkebunan yang akan menambah inspirasi kamu untuk menggambar sketsa.

gambar Sketsa Kantor Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa
Cara Membuat Sketsa Desa
Gambar Sketsa Pemandangan Desa

Sketsa Pemandangan Gunung yang Keren


Gambar Sketsa Gunung
Gambar Sketsa Pemandangan Gunung / Pegunungan

Nah ini merupakan sebuah kombinasi antara gambar gunung es dengan gambar hewan serigala. Keren kan ? Kamu bisa menjadikan gambar ini sebagai referensi untuk menggambar sketsa. Kalau gambar yang dibawah ini adalah gambar sketsa gunung dengan suasana lagi hujan badai. Jadi banyak banget tuh awan diatasnya.

Sketsa Pemandangan Alam Gunung
Gambar Sketsa Pemandangan Gunung / Pegunungan

Sketsa Pegunungan yang Indah


Sketsa Pemandangan Gunung dan Sawah
Gambar Sketsa Pemandangan Gunung / Pegunungan

Ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi, yaitu gambar sketsa pegunungan es yang dibawahnya terdapat pepohonan yang lebat. Atau mau lebih simple lagi, lihat gambar dibawah ini nih. Karena menurut kita, gambar inilah yang sangat cocok untuk kamu yang pemula 🙂

Sketsa Pemandangan Gunung yang Mudah
Gambar Sketsa Pemandangan Gunung / Pegunungan

SketsaPemandangan Bawah Laut yang Simple


Sketsa Pemandangan Bawah Laut
Sketsa Pemandangan Bawah Laut

Selain menggambar sketsa pemandangan pantai, kamu juga bisa menggambar sketsa pemandangan laut. Disini kamu bisa menggambar berbagai ikan dan tumbuhan laut lainnya. Misalnya terumbu karang, anemon laut, kepiting dan lain sebagainya.


Sketsa Pemandangan Kota yang Mudah


Sketsa Pemandangan Kota
Sketsa Pemandangan Kota

Kalau gambar diatas adalah gambar sketsa dengan pemandangan kota. Kamu bisa menggambar berbagai gedung dan fasilitas umum yang ada di kota, misalnya rumah sakit, apotek, perpustakaan kota, dan yang lainnya. Kalau mau lebih kerennya, kamu bisa menggambar gedung-gedung pencakar langit yang sangat tinggi.


Sketsa Pemandangan Sawah yang Gampang


Sketsa Pemandangan Sawah
Sketsa Pemandangan Sawah

Kamu juga bisa menggambar sketsa dengan pemandangan sawah. Kamu juga bisa menambahkan background matahari yang cerah, burung-burung yang lagi beterbangan, dan pegunungan yang indah. Selain itu untuk tempat peristirahatan para petani seperti gazebo atau saung kecil.


Sketsa Pemandangan Air Terjun


Sketsa Pemandangan Air Terjun
Sketsa Pemandangan Air Terjun

Bagi kamu yang pemula, kamu juga bisa mencoba untuk menggambar sketsa pemandangan air terjun. Akan lebih bagus lagi jika di sekitar rumah mu terdapat air terjun. Jadinya kamu akan menemukan ide dan inovasi yang lebih banyak lagi. Untuk lebih bagusnya, kamu juga harus bisa membuat daerah arsiran gelap terang, sehingga gambar mu akan terlihat lebih bagus lagi.


Gambar Pemandangan Alam yang Indah


Gambar Pemandangan Alam
Gambar Pemandangan Alam

Selain menggambar sketsa, kamu juga harus mencoba untuk melukis. Karena melukis itu tingkat kesulitannya sangat tinggi sekali. Perli jam terbang untuk dapat mahir melukis. Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa mencoba untuk melukis pemandangan yang ada disekitar kamu. Pokoknya belajar dulu, banyak-banyak latihan yah hehe 🙂


Gambar Pemandangan Pantai yang Cantik


Gambar Pemandangan Pantai
Gambar Pemandangan Pantai

Selain melukis pemandangan disekitar rumah, kamu juga bisa melukis pemandangan pantai.  Kamu juga bisa menambahkan background pohon kelapa atau bahkan kapal-kapal yang sedang bersandar. Selain itu, untuk membuat gambar lebih hidup, kamu juga bisa berikan efek air yang berombak.


Gambar Pemandangan Gunung


Gambar Pemandangan Gunung
Gambar Pemandangan Gunung

Semakin mahir kamu dalam melukis, maka tingkat kesulitan melukis kamu harus lebih ditingkatkan. Nah gambar pegunungan ini bisa kamu coba nih. Dibawah gunung tersebut terdapat deretan pepohonan cemara yang sangat indah. Ditambah lagi terdapat air terjun dan sungai yang mengalir. Pokoknya lengkap banget yah gambarnya.


Gambar Pemandangan Laut yang Simple


Gambar Pemandangan Laut
Gambar Pemandangan Laut

Kamu juga bisa melukis gambar yang ada diatas ini. Gambar diatas merupakan gambar kapal yang sedang berlayar dilaut lepas. Keren banget yah, kamu harus banyak berlatih untuk bisa melukis gambar yang ada diatas. Selamat mencoba deh pokoknya hehe 🙂


Gambar Pemandangan Air Terjun yang Gampang


Gambar Pemandangan Air Terjun
Gambar Pemandangan Air Terjun

Bagi kamu yang pemula, gambar air terjun sangat cocok banget nih. Gambar diatas selain simple juga terlihat elegan. Karena objeknya hanya satu, yaitu air terjun. Jadinya tidak terlalu sulit untuk melukisnya. Kamu bisa tambahkan beberapa objek yang lainnya yang sekiranya cocok dikombinasikan dengan air terjun tersebut.


Gambar Pemandangan Desa yang Mudah di Gambar


Gambar Pemandangan Desa
Gambar Pemandangan Desa

Gambar diatas merupakan gambar dengan suasana pedesaan dengan objek tambahan beberapa bunga yang begitu cantik. Lukisan ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk kamu melukis. Karena jika dilihat dari tingkat kesulitannya tidak terlalu sulit.

Lukisan Pemandangan Alam yang Simple

Lukisan Pemandangan Gunung yang Mudah

Lukisan Pemandangan Pantai yang Gampang

Lukisan Pemandangan  Air Terjun yang Sederhana

Lukisan Pemandangan Sawah Padi yang Indah

Lukisan Pemandangan Laut yang Bagus

Itulah beberapa referensi gambar sketsa pemandangan. Mulai dari sketsa gunung, sketsa pantai, dan sketsa desa. Teruslah berlatih untuk membuat dirimu semakin mahir dalam membuat sketsa.

Gambar Sketsa Pemandangan Alam

3 thoughts on “57 Gambar Sketsa Pemandangan Alam, Pantai, Gunung, dan Desa

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini