Gambar Henna, Foto Henna, Corak Henna

47 Gambar Henna Tangan yang Bikin Moment Pernikahanmu Semakin Manis Dikenang !

Gambar Henna Tangan – Hallo sahabatnesia, apakah kalian tau apa itu henna ? Itu loh yang biasa digunakan perempuan di pergelangan tangannya. Biasanya henna dibuat dengan motif-motif yang bervariasi sesuai dengan keinginan yang punya tangan hehe.

Di Indonesia sendiri, henna sudah sangat populer loh. Sering kali kita melihat di tangan mempelai wanita menggunakan henna. Seakan-akan jika tidak memakai henna belum tampil sempurna. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas cara memakai henna dan beberapa contoh gambar henna. Mulai dari motif henna tangan dan motif henna kaki.

Nah cukup jelas bukan ? Jadi bagi kamu yang ingin membuat henna di tangan sendiri tapi masih bingung dengan cara membuatnya, maka baca saja artikel ini sampai selesai 🙂


Apa Itu Henna ?


Pengertian Henna
Pengertian Henna

Henna adalah sebuah pewarna alami yang berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Lawsonia Innermis. Tanaman henna tumbuh di daerah yang mempunyai suhu tinggi seperti daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Daun henna yang kering kemudian ditumbuk menjadi bubuk. Bubuk inilah yang akan menjadi bahan utama dalam membuat pasta yang dibutuhkan dalam henna.

Kemudian henna digunakan untuk di tangan, di kaki, ataupun di daerah tubuh yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing. Ketika digunakan henna akan merekat pada kulit.

Seniman henna membuat sebuah motif pada kulit. Sehingga henna lebih terlihat indah dan cantik serta menambah keanggunan bagi yang menggunakannya

Henna bukan lah sebuah tato, karena henna ini sifatnya tidak permanen. Henna di anggap sebagai salah satu kosmetik tertua di dunia dan telah dipakai pada kulit, kuku, dan rambut selama berabad-abad silam.


Sejarah Henna


Sejarah Henna
Motif Henna Tangan

Kata henna berasal dari bahasa latin untuk nama tanaman Lawsonia Inermis yang diucapkan oleh masyarakat Arab sebagai Hinna. Henna merupakan sebuah kesenian yang sudah berusia kurang lebih 5 abad.

Beberapa sejarahwan mengatakan bahwa bangsa Mogul lah yang membawa henna ke India. Namun beberapa sejarahwan lainnya berbeda pendapat, kalau asal mula henna berasal dari India.

Di India henna merupakan salah satu cara untuk mempercantik diri selain menggunakan make up atau perhiasan. Henna biasanya digunakan dalam acara-acara penting seperti pada saat acara pernikahan.

Awalnya sebelum dimulai proses pernikahan, mempelai wanita akan menghadiri pesta henna yang diselenggarakan oleh pihak keluarga.

Tangan mempelai wanita akan dihias dengan henna dari ujung jari sampai siku dan nama mempelai pria akan ditulis secara tersembunyi di sela-sela motif henna tersebut.

Dalam sejarah pemakaian henna, henna digunakan untuk menangkal kejahatan dan dipercaya akan membawa nasib baik bagi yang menggunakannya.

Di Indonesia, henna lebih dikenal dengan sebutan innai atau pacar yang merupakan bahan pewarna alami yang terbuat dari daun tanaman pacar. Di beberapa tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, penggunaan henna atau innai merupakan bagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan.

Baca juga artikel : 3 Cara Mudah Membuat Sketsa untuk Kamu yang Pemula !


Cara Membuat Henna Bubuk


Motif Henna Tangan Sederhana
Motif Henna Tangan

Pada dasarnya meracik henna bubuk menjadi henna pasta itu tidak terlalu sulit, akan tetapi tidak mudah juga. Maksudnya apa sih ? Maksudnya ketika kita membuat henna pasta, butuh kesabaran dan keuletan untuk bisa mendapatkan racikan yang pas atau sempurna.

Karena untuk meracik henna pasta tidak ada takaran yang pasti. Bekalnya hanya ilmu perkiraan saja. Loh kenapa bisa begitu ? Karena setiap henna bubuk mempunyai karakteristik yang berbeda. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya tahun panen, curah hujan, iklim, daerah tumbuh dan masih banyak lagi faktor yang lainnya. Meskipun begitu, cara meraciknya tetap sama, hanya takaran saja yang mungkin sedikit berbeda dan dapat disesuaikan.

Bahan Bahan Membuat Henna

1. Henna Bubuk

Henna bubuk harus dalam keadaan fresh atau segar. Identik dengan warnanya yang hijau. Beberapa henna bubuk bewarna hijau kekuningan, dan henna yang masih segar akan beraroma seperti bayam.

Karena ini henna bubuk, pastikan teksturnya halus seperti bedak. Cara mengujinya dengan menggunakan saringan teh atau saringan apa saja yang mempunyai lubang yang sangat kecil.

2. Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon

Yang digunakan hanyalah air perasannya saja. Yang terpenting adalah bulir-bulir atau sari-sarinya tidak terikut. Oleh karena itu, kamu harus menyaringnya dengan teliti. Jika bulir-bulirnya terikut, akan menyebabkan cone kamu tersumbat.

Jika tidak bisa mendapatkan jeruk lemon atau jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan air teh atau air kopi.

3. Essential Oil

Essential oil yang biasa digunakan untuk meracik henna pasta adalah Cajuput, Eucalyptus, Lavender, Tea Tree, dan Lemon. Kenapa harus menggunakan essential oil ?

Karena essential oil mengandung terpinol yang bisa membantu henna menghasilkan warna yang gelap, sekaligus dapat membuat adonan henna menjadi lebih lembut.

4. Mangkuk atau Wadah

Gunakanlah mangkuk dengan ukuran yang sedang. Sebenarnya ukuran mangkuknya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. Jika henna yang akan dibuat sedikit, maka sebaiknya gunakanlah mangkuk yang lebih kecil.

5. Sendok

Kamu bisa menggunakan sendok kayu atau sendok stainless steel.

Langkah Langkah Membuat Henna Pasta :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ambil henna bubuk secukupnya. Kali ini kita hanya menggunakan 1 sendok makan saja. Masukkan henna kedalam mangkuk dan beri sedikit air jeruk yang sudah diperas. Tapi hanya sedikit saja yah, kemudian aduk sampai adonannya merata. Tambahkan air jeruk lagi jika dirasa air jeruknya kurang. Pokoknya sampai adonannya seperti kentang yang udah ditumbuk atau seperti adonan kue yang masih kental.
  • Berikutnya tutup dengan menggunakan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 6 jam. Sampai adonan terlihat perubahan warnanya menjadi kecoklatan pada bagian atas adonan. Akan lebih bagus lagi jika adonan diletakkan di tempat yang hangat, misalkan dibawah lampu belajar. Ingat, suhu yang hangat bukan panas. Karena jika suhu terlalu panas, henna akan rusak.
  • Langkah kedua, setelah di diamkan kurang lebih 6 jam, buka tutup plastiknya dan aduk sampai rata adonannya. Tambahkan essential oil kurang lebih 4 – 5 tetes. Jangan terlalu banyak yah, karena akan mempengaruhi warna hennanya. Bahkan jika gagal tidak akan mengeluarkan warna sama sekali. Kemudian aduk terus sampai adonan menjadi rata. Tutup kembali dengan plastik wrap dan diamkan lagi kurang lebih 6 – 8 jam. Lama juga yah ? Iya gitulah hehe 🙂
  • Langkah ketiga, buka plastik penutupnya dan aduk sampai rata kembali. Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan kembali sisa air jeruk. Jadi air jeruk sisanya jangan dibuang yah. Menambahkan air jeruk sedikit demi sedikit sampai adonan menyerupai pasta gigi. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  • Langkah keempat, masukkan adonan ke dalam carrot bag atau plastik segitiga dan pindahkan ke dalam cone jika kamu ingin menggunakannya, atau bekukan jika kamu ingin menggunakannya nanti.

Gimana ? Mudah atau Sulit ? Jadi itulah penjelasan bagaimana cara membuat henna pasta sendiri. Semoga bisa di praktekkan deh dan selamat mencoba 🙂


Gambar Henna Tangan Simple


Motif Henna Tangan Simple
Gambar Henna Tangan

Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa membuat henna seperti gambar yang diatas. Desainnya lebih unik akan tetapi lebih terlihat elegan. Dari tingkat kesulitan pun tidak terlalu sulit. Pas banget pokoknya buat kamu yang masih pemula.

Motif Henna Tangan Gampang
Gambar Henna Tangan

Gambar diatas juga merupakan gambar henna yang simple. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Desain dan coraknya tidak terlalu sulit.

Gambar Henna Tangan Simple
Gambar Henna Tangan

Tattoo Henna Tangan Simple


Gambar Henna Pengantin
Gambar Henna Tangan

Gambar diatas merupakan pengembangan dari henna simple tadi. Gimana ? Keren enggak desainnya ? Selain di pergelangan tangan, kamu juga bisa melukis henna di telapak tangan. Kamu bisa jadikan gambar diatas sebagai referensi untuk membuat henna di tangan kamu sendiri.

Gambar Henna Telapak Tangan
Gambar Henna Tangan

Motif Henna Tangan Sederhana


Henna Tangan
Motif Henna Tangan Simple

Kalau gambar sebelumnya kebanyakan menggunakan motif bunga dan lingkaran, gambar di atas menggunakan segi empat sebagai objeknya dan kemudian dikembangkan menjadi seperti gambar diatas. Kamu bisa berinovasi lagi, bisa saja kamu membuat desain dengan menggunakan segitiga sebagai objeknya.

Henna Tangan Mudah
Motif Henna Tangan Simple

Ukiran Inai Tangan Sederhana


Gambar Henna
Ukiran Inai Tangan Simple
Gambar Henna Simple
Ukiran Inai Tangan Simple

Gambar diatas merupakan gambar henna dengan motif bunga yang desainnya sangat cantik sekali. Bukan hanya ditangan saja, membuat henna juga bisa di kaki dan biasanya digunakan sebelum acara pernikahan. Gimana ? Apa kamu tertarik ingin mencobanya ?

Gambar Henna Bunga
Ukiran Inai Tangan Simple

Foto Henna Tangan Sederhana


Motif Henna Sederhana
Foto Henna Tangan Sederhana
Gambar Mahendi Simple
Foto Henna Tangan Sederhana

Jika kamu mencari desain henna yang sangat sederhana, kamu bisa jadikan gambar diatas sebagai referensi kamu untuk membuat henna yang sederhana. Walaupun sederhana, desain henna tersebut terlihat lebih elegan dan lebih cantik. Apalagi kalau berada ditangan kamu, hehe 🙂


Corak Inai Tangan Sederhana


Gambar Mahendi Tangan
Corak Inai Tangan Sederhana

So beautiful, keren banget yah. Nah loh, mendingan buruan dicoba tuh desain diatas. Kalau dibilang sulit sih enggak sulit-sulit amat. Karena udah ada contohnya gitu hehe. Kamu bisa jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat henna yang elegan.


Motif Henna Pengantin Terbaru


Henna Pengantin
Motif Henna Pengantin Terbaru

Nah kalau gambar diatas merupakan salah satu gambar henna pengantin. Jadi dari segi desain dan corak agak sedikit rumit. Gimana kalau tangan kamu seperti gambar diatas ? Wah pasti keren banget yah dilihatnya. Sangat indah sekali desainnya. Yaaa tapi buatnya tidak gampang hehe, butuh jasa orang yang bisa membuat henna.

Henna Pengantin Cantik
Motif Henna Pengantin Terbaru

Gambar Henna Pengantin Simple


Motif Henna Pengantin
Gambar Henna Pengantin Simple
Motif Henna Pengantin Simple
Gambar Henna Pengantin Simple

Nah loh, ribet banget yah kelihatannya ? Henna pengantin memang seperti itu. Namanya juga bayar jasa orang yang bisa membuat henna dengan mahir. Kalau desainnya biasa, buat sendiri juga bisa kali yah hehe. Tapi boleh tuh dicoba, siapa tau bisa dapat penghasilan dari membuka jasa membuat henna. Tidak ada salahnya loh untuk mencoba.


Model Henna Pengantin Cantik


Gambar Henna Pengantin
Model Henna Pengantin Cantik
Gambar Henna Pengantin Sederhana
Model Henna Pengantin Cantik

Waduuh, gimana yah itu cara buatnya ? Desainnya gokil banget. Penuh tapi tertata rapih dan terlihat lebih elegan. Butuh jam terbang yang banyak untuk membuat motif henna seperti gambar tersebut.


Ukiran Henna Tangan Pengantin


Gambar Henna Pengantin yang Simple
Ukiran Henna Tangan Pengantin
Desain Henna Pengantin
Ukiran Henna Tangan Pengantin

Makin bawah kayanya makin sulit yah. Lihat aja tuh desainnya, makin enggak karu-karuan sulitnya. Tapi jadi ke pingin yah ? Nanti ada saatnya jika pasangan kamu melamar kamu hehe 🙂


Contoh Henna Tangan Pengantin


Design Henna Pengantin
Contoh Henna Tangan Pengantin
Corak Henna Tangan
Contoh Henna Tangan Pengantin

Kalau gambar diatas merupakan perpaduan antara motif bunga dan kemudian dikembangkan menjadi seperti motif batik. Sangat indah sekali bukan ? Apa kamu mau nyoba buat ? Silahkan saja, siapa tau buatan kamu lebih bagus hehe 🙂


Gambar Mahendi Tangan Simple


Gambar Mahendi
Gambar Mahendi Tangan Simple
Gambar Mahendi Tangan
Gambar Mahendi Tangan Simple

Nah kalau gambar diatas merupakan gambar henna tangan yang simple. Ini sangat cocok bagi kamu yang pemula. Pertama kamu bisa membuat sebuah lingkaran dan kemudian kamu kembangkan serta kamu tambahkan desain-desain khusus seperti motif bunga atau batik.


Desain Henna Tangan Simple


Gambar Mahendi Pengantin
Desain Henna Tangan Simple
Desain Henna Tangan Simple

Wiiih, desain di atas terlihat simple tapi keren banget yah. Coba deh kamu buat dirumah, mungkin sangat cocok di tangan kamu.


Gambar Henna Kaki Sederhana


Henna Kaki
Gambar Henna Kaki Sederhana

Nah ini dia nih motif henna kaki, jadi membuat henna itu enggak mesti di tangan. Sebenarnya bisa dimana saja. Akan tetapi kalau mau lebih tahan lama, gambarnya memang harus ditangan. Karena kulit tangan itu tidak mudah berkeringat dan teksturnya cukup bagus untuk di lukis dengan henna hehe 🙂

Gambar Henna Kaki
Gambar Henna Kaki Sederhana

Henna Mehndi Kaki Sederhana


Henna Kaki Sederhana
Henna Mehndi Kaki Sederhana
Henna Kaki Pengantin
Henna Mehndi Kaki Sederhana

Wah kamu bisa enggak nih buat motif henna kaki seperti gambar yang ada diatas ? Kelihatannya sulit banget yah ? Tapi di coba aja dulu, biar koleksi desain henna ala kamu semakin bertambah. Banyakin jam terbang, biar jadi seniman henna yang profesional hehe 🙂


Tattoo Henna Kaki yang Mudah Dibuat


Gambar Henna Kaki Simple
Tattoo Henna Kaki

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian henna, cara memakai henna, cara membuat henna sendiri dengan simple serta referensi sederhana gambar dan motif henna tangan dan motif henna kaki yang bisa kamu contoh dirumah.

  • Gambar Henna Kaki
  • Gambar Henna Tangan
  • Gambar Henna Pengantin
  • Motif Henna Tangan
  • Motif Henna Kaki
  • Motif Henna Pengantin
  • Desain Henna
  • Design Henna
  • Corak Henna
  • Model Henna

Gambar Henna Tangan

Satu pemikiran pada “47 Gambar Henna Tangan yang Bikin Moment Pernikahanmu Semakin Manis Dikenang !

Tinggalkan komentar