15 Contoh Mading 3D Keren Beserta Tips Membuatnya, Dijamin Mudah !

Contoh Mading – Hallo sahabatnesia, pasti kalian udah tau dong apa itu mading ? Mading sendiri adalah sebuah singkatan dari majalah dinding. Mading merupakan salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana.

Kenapa disebut mading ? Karena konsep dasar mading sebagian besar seperti majalah pada umumnya, hanya saja penyajiannya biasa diletakkan di dinding atau yang sejenisnya.

Konsep dasar majalah terlihat dari cara penyjiannya, baik yang berwujud tulisan, gambar, ataupun kombinasi dari keduanya.

Bagi kita para pelajar, mungkin kita tidak asing lagi dengan yang namanya mading. Karena kita bisa melihatnya setiap saat ketika kita berada di sekolah. Mading juga merupakan salah satu sarana untuk berkreatifitas dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa.

Dibeberapa sekolah, mading menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler dan bahkan banyak sekali peminatnya khususnya bagi siswa yang sangat suka menulis. Bagi kalian yang ikut ekskul mading, tentunya kalian tidak akan kesulitan untuk membuat mading yang menarik.

Tapi bagaimana dengan yang belum pernah ikut ekskul mading ? Apakah membuat mading yang menarik itu sulit ? Nah, kalian tidak perlu khawatir ! Dalam artikel ini kita akan share tentang bagaimana cara membuat mading yang baik dan menarik.

Berikut ini adalah ulasan selengkapnya :


Cara Membuat Mading 3D


Cara Membuat Mading
Cara Membuat Mading

Kali ini kita akan memberikan beberapa tips untuk membuat mading 3D atau mading 3 dimensi. Bedanya mading 2D dengan mading 3D apa ? Gampang saja untuk membedakannya, kalau mading 3D bisa dilihat dari segala arah. Sedangkan mading 2D hanya bisa dilihat dari satu arah saja.

1. Menentukan Tema

Tema merupakan hal pertama dan paling utama yang harus kamu pikirkan sebelum membuat mading. Dalam menentukan tema, kita harus menggunakan kreatifitas dalam menentukan tema apa yang kira-kira menarik dan lagi trend sehingga dapat mengundang banyak pembaca.

Tips lain dalam menentukan tema mading, kamu bisa menggunakan tema sesuai dengan waktu atau tanggal hari-hari besar nasional, seperti tema guru pada saat hari guru, tema ibu pada hari ibu, dan sebagainya.

Penentuan tema ini sangat penting karena akan menjadi dasar dari segala hal yang terkait dengan mading yang akan kamu buat. Misalnya saja, ketika kita memilih tema lingkungan hidup, maka semua rubrik atau konsep yang ada di mading haruslah berhubungan dengan lingkungan hidup.

2. Merancang Sketsa

Ketika kamu sudah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah merancang mading semenarik mungkin. Bagaimana caranya ? Kamu bisa memulainya dengan membuat sketsa dan rancangan tata letak dari berbagai sisi.

Setelah itu, buatlah daftar konsep apa saja yang kamu butuhkan dalam mading tersebut. Dari sinilah kreatifitas kamu akan dibutuhkan. Dalam mading yang baik dan menarik harus memuat beberapa kaidah dibawah ini :

Logo

Kamu bisa mencantumkan logo di dalam mading yang akan kamu buat. Bisa saja logo ekskul mading sekolah kamu atau bahkan organisasi lainnya seperti logo OSIS dan logo Sekolah kamu.

Hal ini akan menjadi suatu kebanggaan sendiri ketika logo ekskul mading kamu banyak dilihat oleh orang lain. Sehingga akan menumbuhkan semangat dan kreatifitas lebih untuk berinovasi menjadi lebih baik kedepannya.

Judul

Judul mading dapat kamu buat dengan menggunakan anama sekolah (Contoh: “Mading SMADA Balikpapan”) atau judul yang berkaitan dengan tema secara umum. Tips lainnya adalah kamu bisa menggunakan singkatan-singkatan unik yang dapat menarik perhatian orang lain untuk membaca mading yang kamu buat.

Edisi

Yang dimaksud edisi disini adalah tema (Contoh Edisi: “Hari Pahlawan) atau jika isi mading bersifat umum tanpa mengandung tema khusus, kamu bisa membuat edisi berdasarkan bulan atau bahkan tanggal diterbitkannya.

Salam Redaksi

Salam redaksi merupakan sambutan atau sapaan dari penyusun kepada pembaca. Misalnya “Hallo guys, mading kita kali ini bertemakan hari Pahlawan loh. Isinya apa aja ? Penasaran ? Emhh… pokoknya bikin baper deh ! Check this out !”

Susunan Redaksi

Maksudnya susunan redaksi adalah dalam mading yang kamu buat, kamu juga harus mencantumkan nama-nama orang yang telah menyusun mading tersebut. Jadi lebih terlihat profesional gitu.

Artikel atau Essay

Setiap mading harus memiliki artikel atau essay. Buat apa mading jika tidak mempunyai artikel dan essay ? Sebaiknya isi artikel atau essay harus sesuai dengan tema mading yang akan kamu buat.

Opini

Opini berisi pendapat orang-orang dilingkungan sekolah kamu tentang tema mading yang kamu buat. Misalnya, kamu mengambil tema tentang hari  pahlawan, maka kamu bisa mewancarai teman-teman kamu atau bahkan guru-guru kamu tentang bagaimana caranya menghormati jasa seorang pahlawan dalam kehidupan kita.

Berita Utama

Berita utama berisi berita yang sedang trend atau yang lagi populer di lingkungan sekolah kamu. Misalnya, berisi tentang prestasi yang baru saja dicapai oleh sekolah atau berita tentang pelantikan pengurus OSIS atau bahkan perlombaan classmeeting.

Materi Tambahan

Jika masih terdapat ruang di mading yang kamu buat, kamu kamu bisa menambahkan beberapa materi tambahan seperti berikut ini :

  • Tips menarik
  • Info unik
  • Puisi dan pantun
  • Ilustrasi atau karikatur
  • Cerpen
  • Komik singkat
  • Cerita humor

Pojok Mading

Sebaiknya di pojok mading diberi tanggapan atau komentar dari penyusun mengenai isi mading yang telah dibuat.

Hiasan

Untuk membuat hiasan mading menjadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan seperti pita, renda, kancing, biji-bijian, kain perca, kain flanel, atau bahkan hiasan yang terbuat dari koran ataupun bahan bekas lainnya.

3. Proses Pembuatan

Setelah sketsa selesai dibuat, sekarang saatnya kamu mulai dalam proses pembuatannya. Proses ini meliputi pembuatan konsep dan desain mading. Konsep yang dibuat haruslah menarik, sehingga dapat menarik perhatian orang lain untuk membaca artikel yang ada di mading yang kamu buat.

Jangan lupa, konsep mading haruslah sesuai dengan tema yang telah kamu tentukan sebelumnya. Selain konsep mading, hal lain yang harus kamu perhatikan adalah desain. Desain sangat berperan penting dalam menarik perhatian pembaca.

Kalau desain mading sudah terlihat bagus dari kejauhan, tentu saja orang yang melihatnya akan tertarik untuk menghampiri dan membaca isi yang ada di mading tersebut.

Bahan Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Mading :

  • Triplek / Gabus yang digunakan sebagai dasar atau alas mading.
  • Lem kertas yang digunakan untuk melekatkan kertas di mading.
  • Gunting atau kater digunakan untuk memotong kertas.
  • Kertas karbon atau kertas lipat yang digunakan sebagai hiasan sederhana.
  • Hiasan seperti biji-bijian, daun-daunan, rumbai, dan lain-lain untuk mempercantik mading yang kamu buat.

Tips Membuat Mading :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan alas mading (gabus atau triplek) dengan ukuran 100cm x 50 cm tergantung selera dan tempat mading yang akan digunakan.
  2. Kemudian lapisi alas tersebut dengan menggunakan kertas manila atau karton. Apabila gabus sudah mempunyai warna, maka tidak perlu lagi dilapisi kertas. Karena sudah cukup bagus menurut saya.
  3. Langkah selanjutnya, pasang judul mading dengan huruf yang terbuat dari gabus atau bisa juga dengan menggunakan kertas berwarna yang dipotong membentuk rangkaian kata.
  4. Setelah itu, mulailah untuk menempel isi mading, dari potongan majalah, koran, ataupun gambar yang sudah kamu persiapkan untuk membuat mading. Jangan lupa, isi mading haruslah menarik seperti yang sudah dijelaskan pada saat merancang sketsa mading.
  5. Jika isi mading sudah ditempel dengan baik, selanjutnya hiaslah mading dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah kamu sediakan. Disini kreatifitas kamu harus kamu tonjolkan. 
  6. Jika kamu ingin mading yang kamu buat lebih awet, maka kamu bisa melapisi madingnya dengan menggunakan plastik bening. Dengan begitu, mading bisa awet dan aman dari tangan-tangan nakal yang suka merusak dekorasi mading.

4. Publikasi (Penerbitan)

Setelah mading selesai dibuat, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah penerbitan mading. Jangan lupa untuk memberitahukan teman-teman di sekolah kalau mading yang kamu buat sudah jadi.

Nah itulah beberapa tips dan cara mudah untuk membuat mading 3D. Selanjutnya kita akan memberikan beberapa contoh desain mading yang sangat unik dan keren pastinya, untuk di jadikan sebagai referensi tema mading yang akan kamu buat.

Baca juga artikel : Sejarah dan Perkembangan Wayang di Indonesia !


Contoh Mading


Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana caranya membuat mading, selanjutnya kita akan mengulas contoh mading yang bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membuat mading.

Contoh Mading 3D

Berikut ini adalah beberapa gambar mading 3D yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat mading. 

Mading 3D
Contoh Mading 3D
Contoh Mading 3D
Contoh Mading 3D
Mading 3 Dimensi
Contoh Mading 3D
Gambar Mading 3D
Contoh Mading 3D
Contoh Mading 3 Dimensi Sederhana
Contoh Mading 3D
Contoh Mading Kreatif
Contoh Mading 3D

Condoh Mading Kreatif

Contoh Mading
Contoh Mading Kreatif
Mading Kreatif
Contoh Mading Kreatif
Majalah Dinding
Contoh Mading Kreatif
Mading Kreatif 3D
Contoh Mading Kreatif

Contoh Mading Kelas

Contoh Mading Kelas
Contoh Mading Kelas
Mading Kelas Kreatif
Contoh Mading Kelas
Contoh Mading Kelas SMP
Contoh Mading Kelas

Contoh Mading Sekolah

Mading Sekolah
Contoh Mading Sekolah
Mading Sekolah Dasar
Contoh Mading Sekolah

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat mading yang baik dan menarik beserta contoh gambar mading. Mulai dari contoh mading 3D, contoh mading kelas, contoh mading sekolah, contoh mading kreatif dan sebagainya. Semoga dapat menambah wawasan mu lebih luas lagi 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

 

Tinggalkan komentar