Contoh Bentuk Struktur Organisasi Perusahaan, Kelas, Desa (Lengkap)

Contoh Bentuk Struktur Organisasi Perusahaan, Kelas, Desa (Lengkap)

Struktur Organisasi – Struktur organisasi pastinya ada di dalam sebuah perusahaan, baik kecil hingga perusahaan yang besar. di setiap organisasi dibutuhkan adanya organisasi untuk menunjang apa tugas setiap wewenang. Dalam hal ini struktur organisasi juga bermacam-macam sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah berbagai struktur organisasi dan mengenal lebih jauh struktur organisasi yang ada.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah sebuah komponen yang penting dan harus dimiliki oleh setiap organisasi. Dalam hal ini, struktur organisasi sendiri merupakan berbagai macam pembagian tugas dan juga bagaimana tanggung jawab yang dimiliki oleh komponen-komponen penting yang ada dalam suatu perusahaan. Hal ini juga ikut menunjukkan bagaimana koordinasi yang dimiliki oleh setiap bagian.

Dalam hal ini, semua bisnis yang dijalankan dalam sebuah perusahaan tentunya tidak akan pernah lepas dari berbagai macam komponen-komponen yang penting dalam struktur perusahaan. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting dalam membangun sebuah perusahaan baru atau membuat sebuah perusahaan mendirikan sebuah pondasi bisnis yang baru dan lebih sukses.

Sudah banyak contoh yang menujukan betapa pentingnya memiliki struktur organisasi dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Hal ini akan mengurangi atau menghindari adanya kesalahan dalam koordinasi atau tumpang tindih yang bisa menjadi salah satu hal yang merusak suatu organisasi. Dengan adanya struktur organisasi tentunya akan menghindari berbagai kegiatan tumpang tindih dalam wewenang.

Tujuan Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Dengan adanya struktur organisasi, tentunya tujuan perusahaan akan tercapai dan terlaksana dengan baik. Tujuan untuk dibuatnya struktur organisasi adalah untuk melihat pembagian kerja dan juga bagaimana fungsi dari struktur tersebut dapat berjalan dengan baik. Bukan hanya dengan kegiatan yang sama, melainkan juga dengan pembagian kerja yang berbeda agar dapat di koordinasikan dengan baik.

Tujuan lain dengan dibuatnya struktur organisasi juga untuk mengetahui seberapa spesialisasi sebuah pekerjaan, wewenang atau tugas tersebut. Nantinya juga pembagian kerja yang di miliki oleh setiap divisi atau department dan juga bagian akan saling berkoordinasi dengan baik tanpa adanya tumpang tindih. Dalam hal ini hubungan antaran komponen dan juga posisi ada dalam struktur organisasi.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

1. Melihat kejelasan tanggung jawab

Setiap anggota nantinya akan bertanggungjawab pada organisasi yang mana mengetahui apa dan mana yang harus di pertanggungjawaban. Dalam hal ini, tentunya setiap anggota diharuskan untuk bertanggungjawab kepada pimpinan atau atasan yang memberikan sebuah wewenang. Hal ini dikarenakan wewenang harus memiliki tanggungjawab.

2. Kejelasan kedudukan

Kedudukan seseorang yang ada dalam struktur organisasi juga sangat memberikan kemudahan untuk organisasi yang mana digunakan untuk melakukan sebuah koordinasi, atau adanya hubungan karena adanya keterkaitan penyelesaian suatu fungsi. Fungsi ini nantinya akan dipercayakan untuk seseorang dalam menjalankan wewenang yang dimilikinya.

3. Memberikan kejelasan uraian sebuah tugas

struktur organisasi sendiri memiliki fungsi yang juga tidak kalah penting untuk memberikan sebuah kejelasan untuk tugas dan juga melakukan berbagai pengawasan dan juga sebuah pengendalian. Dalam hal ini, bawahan juga dapat bekerja untuk berkonsentrasi penuh dalam melaksanakan sebuah pekerjaan atau wewenang yang diberikan karena tugas yang jelas.

Struktur Organisasi Dan Cara Membuatnya

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Salah satu cara membuat struktur organisasi adalah dengan menggunakan Microsoft word, berikut caranya:

  1. cara pertama untuk membuat struktur organisasi adalah dengan membuat satu untuk dokumen baru. Nantinya dokumen tersebut dapat diberi dengan judul lalu klik menu dan pilih insert, lalu Smart Art.
  2. Setelah itu, nantinya buka di jendela baru untuk memilih pilihan Hierarchy. Pilihlah format untuk struktur organisasi yang sekiranya pas dengan keinginan atau cocok dengan perusahaan anda.
  3. Nantinya secara otomatis, word sudah akan memberikan anda pilihan berbagai warna untuk setiap kotaknya. Nantinya anda dapat memilih warna apa yang anda inginkan untuk setiap struktur organisasi yang diinginkan. Namun jika salah memilih, jangan khawatir, anda masih bisa melakukan pengubahan warna maupun bentuk untuk struktur organisasi anda.
  4. Setelah sudah memilih warna yang sekiranya cocok dengan keinginan anda, anda dapat memberikan tanda terlebih dahulu di semua kotak yang ada, lalu klik bagian kanan untuk memilih pilihan format shape.
  5. Setelah itu anda bisa melihat panel baru yang akan muncul, pilih Fill lalu Sold Fill untuk dapat kemudian memilih warna apa yang sekiranya anda sukai dan cocok untuk struktur organisasi yang anda miliki.
  6. Lalu setelah anda sudah memilih warna yang diinginkan, jangan lupa untuk menambahkan kotakl baru jika diinginkan. Jika anda ingin menambah kotak baru pada struktur organisasi anda, pilihlah tandai salah satu kotak yang ingin ditambahkan, klik kanan laku Add Shape dan arahkan di posisi yang diinginkan.
  7. Selain itu untuk menambahkan kotak baru, anda juga dapat memilih pilihan Text Editor untuk menampilkan kotak. Tekan enter di baris yang palimng akhir untuk menyesuaikan dengan jumlah kotak yang diinginkan. Nantinya posisi poin ini juga akan menenetukan posisi kotak yang akan di tambahkan.
  8. Cara terakhir, anda sudah bisa menambahkan nama dan juga jabatan untuk struktur organisasi yang telah anda buat. Simpan hasilnya dan cetak.

Setelah membuat struktur organisasi, anda juga bisa mmepercantik struktur organisasi yang anda buat, caranya yaitu alah satunya anda dapat membuatnnya memiliki bentuk tuga dimensi. Dalam hal ini, anda dapat menemukan desain yang anda inginkan pada menu Design. Di menu ini anda tinggal memilih menu apa yang anda inginkan untuk membuat suatu design berbeda di struktur organisasi.

Struktur Organisasi Lini

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Struktur organisasi lini adalah sebuah bentuk organisasi yang mana merupakan pelimpahan dari wewenang yang ada secara langsung. Hal ini juga dilakukan secara vertikal yang mana sepenuhnya dilakukan dari pimpinan terhadap karyawan. Struktur organisasi yang memiliki bentuk lini ini juga lebih dikenal dengan struktur organisasi yang memiliki bentuk lurus atau jalur.

Sturktur organisasi ini bahkan bentuk dari struktur organisasi yang paling lama atau tua untuk digunakan, bahkan sudah sejak dulu digunakan oleh banyak perusahaan. Ciri-ciri struktur organisasi lini ini adalah :

  • Memiliki hubungan yang mana hanya antaran pimpinan dan juga bawahan, dalam hal ini hubungan ini juga memiliki sifat langsung dan melalui hanya pada satu garis wewenang.
  • Memiliki jumlah karyawan yang sedikit
  • Memiliki sarana dan alat yang terbatas
  • Biasanya digunakan untuk organisasi kecil
  • Selain top manajer, bawahan dari manajer hanya dianggap sebagai pelaksana

Contoh struktur organisasi lini ini adalah:

  • Direktur
  • Manajer keuangan – manajer pemasaran
  • Kabag

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Stuktur organisasi ini memiliki bentuk organisasi yang mana kekuasan yang dimiliki oleh pimpinan dilimpahkan atau diberikan kepada pada pejabat yang memimpin satuan di bawahnya.

Ciri-ciri struktur organisasi fungsional adalah:

  • Organisasi yang di naungi berukuran kecil
  • Di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa kelompok-kelompok yang mana memiliki kerja staf ahli
  • Memiliki spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
  • Target yang hendak untuk dicapai jelas dan juga pasti, artinya tidak memiliki tujuan yang mengambang
  • Memiliki pengawasan yang sengaja dilakukan dengan secara ketat

Contoh fungsi struktur organisasi fungsional adalah:

  • Direktur perusahaan A
  • Bagian A – Bagian B – Bagian C
  • Pejabat fungsional – pejabat umum

Struktur Organisasi Lini Dan Staf

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Organisasi ini merupakan salah satu kombinasi atau gabungan dari organisasi lini dan juga organisasi fungsional. Struktur organisasi ini merupakan salah satu pelimpahan dimana semua wewenang yang ada di dalam organisasi dapat berlangsung secara vertikal. Hal ini bisa berupa seorang atasan pimpinan hingga untuk bawahan. Hal ini dimaksudkan untuk dapat memberikan pemikiran, nasehat dan lainnya.
ciri-ciri yang dimiliki oleh Struktur organisasi lini dan fungsional ini adalah:

  • Memiliki hubungan antara atasan dan juga bawahan yang mana memang tidak seluruhnya secara langsung
  • Memiliki jumlah karyawan yang banyak
  • Memiliki atau sudah membentuk sebuah organisasi atau perusahaan yang besar

Contoh Struktur organisasi lini dan fungsional ini adalah:

  • Organisasi
  • Kepala bagian
  • Manajemen – akutansi

Struktur Organisasi Lini dan Fungsional

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Untuk Struktur organisasi yang satu ini, Struktur organisasi ini merupakan organisasi yang mana setiap anggotanya masing-masing memiliki wewenang sendiri yang sama dan juga memiliki cara kepemimpinan yangt kolektif. Dalam hal ini, dalam organisasi komite lebih mengutamakan persoalan kepemimpinan yang dimilikinya. Dalam artian, organisasi ini memiliki pimpinan yang memag kolektif.

Struktur organisasi ini juga memiliki sifat yang manajerial. Namun tidak menutup kemungkinan untuk memiliki komite yang dapat memiliki sifat yang formal ataupun informal. Komite sendiri dapat dibentuk agat menjadi suatu bagian dari struktur organisasi yang bersifat formal. Namun tetap dalam hal ini, dibuat kedalam struktur organisasi agar memiliki tugas dan juga wewenang apa yang sekiranya khusus.

Ciri-ciri dalam struktur organisasi lini dan fungsional ini adalah:

  • Struktur organisasi yang satu ini tidak terlihat adanya perbedaan, baik antara tugas pokok dan juga bantuan
  • Dalam hal ini, spesialisasi dilakukan secara praktis, yang mana digunakan untuk pejanbat fungsional.
  • Pembagian kerja dan juga wewenang yang mana dimiliki oleh masing-masing bagian, tidak akan adanya perbedaan untuk masing-masing tingkat eselon.
  • Struktur organisasi yang dibuat juga tidak akan terlalu rumit. Dalam hal ini, biasanya hanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, ketua seksi dan juga para petugas lainnya.
  • Tugas yang dimiliki oleh pimpinan biasanya dilakukan secara kolektif
  • Untuk semua anggota pimpinan, dipastikan akan memiliki hak yang mana menyangkut dengan wewenang dan juga tanggungjawab yang sama
  • Para pelaksana nantinya akan di buat menjadi kelompok. Pembagian kelompok tersebut akan dibagi sesuai dengan tugas dan juga bentuk satgas nya

Contoh struktur organisasi lini dan fungsional ini adalah :

  • Sekolah
  • Kabag dan keuangan
  • Manajemen – studi pembangunan

Struktur Organisasi Matrik

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Organisasi yang satu ini juga disebut dengan bentuk organisasi yang mana memiliki manajemen proyek. Memiliki nama lain juga atau yang lebih dikena dengan nama penggunaan struktur organisasi yang mana menunjukkan di bagian mana spesialis masing-masing bagian untuk menunjukkan keterampilan yang dimilikinya. Dalam hal ini, kegiatan perusahaan juga dikumpulkan untuk dijadikan satu.

Masing-masing dari bagian ini akan mendapat sebuah proyek yang harus di selesaikan, menurut kemampuan dan tugasnya masing-masing. Struktur organisasi berbentuk matriks ini memiliki struktur organisasi yang hampir sama dengan lini dan staf. Hal ini dapat dibuktikan khususnya dibidang untuk pengembangan dan juga penelitian. Struktur organisasi matriks ini juga akan menghasilkan wewenang.

Tidak hanya satu, namun wewenang yang dihasilkan juga lebih dari satu atau ganda. Hal ini membuktikan bahwa wewenang yang dibuat secara horizontal akan diterima oleh manajer proyek, namun untuk wewenang yang fungsional hanya akan dikerjakan sesuai dengan keahlian yang melekat hingga proyek dapat selesai. Hal ini juga akan terlihat dari struktur matriks yang ada.

Contoh dari struktur organisasi matriks ini adalah:

  • general manager
  • riset dan pengembangan – administrasi – pembelian – rekayasa
  • kelompok riset dan pengembangan – kelompok administrasi – kelompok pembelian – kelompok rekayasa

Struktur Organisasi Komite

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang satu ini adalah bentuk organisasi yang mana memiliki tugas kepemimpinan dan memiliki tugas tertentu. Dalam hal ini, tugas tersebut dilaksanakan secara kolektif dalam artian dikerjakan oleh sekelompok pejabat, berupa dewan, komiter, atau manajemen sendiri. Organisasi komite tersebut terdiri dari:

  • Pimpinan komite yang mana para anggotanya memiliki wewenang lini
  • Anggota komite yang mana orang-orang tersebut memiliki wewenang staf

contoh dari struktur organisasi komite ini adalah :

  • Organisasi A
  • Ketua department
  • Departemen
  • Divisi

Struktur Organisasi Formal

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Dalam hal ini, struktur organisasi yang formal merupakan salah satu struktur yang memiliki bentuk gambaran untuk struktur organisasi secara formal yang berada di perusahaan. Bukan hanya perusahaan, melainkan struktur organisasi formal ini juga digunakan untuk perusahaan yang besar. Struktur organisasi ini memiliki keunggulan, yaitu untuk dijadikan sebagai saluran komunikasi.

Bukan hanya itu, melainkan juga dijadikan sebagai pengawas antar hubungan dan juga bagaimana pembagian kerja yang ada. Namun, kelemahan juga dimiliki oleh struktur organisasi formal ini yaitu diama semua yang sudah diatur, dipastikan harus sesuai dengan struktur organisasi. Seperti yang kita ketahui jika semakin besarnya perkembangan yang ada maka semakin banyak kendala yang didapat.

Jika mengalami banyak kendala, maka juga akan semakin besra kemungkiann birokrasi di dalamnya ikut terganggu dan banyak terjadi. Hal inilah yang akan membuat suatu kendala baru dalam perusahaan.

Struktur Organisasi Informal

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Hubungan yang dimiliki struktur organisasi ini adalah memiliki sifat bayangan. Hal ini dapat diartikan sebagai tidak resmi. Hubungan yang dilakukan antar pekerjaan yang dimiliki oleh para anggita organisasi, dapat di lakukan bahkan secara langsung tanpa keadaan apapun.

Struktur ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat membantu banyak orang dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Bahkan pelajaran informal juga dapat didapatkan dari keadaan ini. Bukan hanya keuntungan, melainkan kelemahan dari struktur organisasi informal ini adlaah akan terjadi over laping antaran para anggota.

Jenis Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Jenis struktur organisasi yang ada adalah fungsional dimana komunitas akan memiliki tujuan tersendiri dan sama. Bahkan dalam hal ini tidak aka nada yang mementingkan organisasi, hanya akan ada pimpinan, wakil dan juga bendahara hingga sekretaris.

Ternyata, jika kita menelaah lebih jauh, banyak sekali jenis struktur organisasi itu. Anda dapat membuat struktur organisasi untuk organisasi anda sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan oleh perusahaan atau organisasi anda. Bukan hanya untuk organisasi atau perusahaan besar, namun berbagai organisasi dan perusahaan membutuhkan struktur organisasi.

Struktur organisasi merupakan hal yang sangat penting tentunya, sebuah organisasi tanpa struktur tidak akan bekerja secara sinergis dan bisa dipastikan tidak akan berjalan dengan lancar.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Struktur Organisasi