Montase adalah

Istilah montase memang masih cukup asing di telinga sebagian besar orang. Kendati demikian, montase adalah salah satu istilah yang perlu untuk dikenal oleh banyak orang. Sebab, montase merupakan kumpulan gambar yang disatukan atau digabungkan dalam 1 frame background.

Dengan demikian, montase sering dianggap sebagai karya seni yang menarik, sehingga buat semua orang yang menyukai dunia seni, istilah montase wajib untuk diketahui secara jelas dan lengkap, misal seperti pengertiannya, fungsinya, cara pembuatannya, hingga perbedaannya dengan karya seni kolase.

Daftar Isi Artikel

Pengertian Montase

Montase adalah

Jika definisi montase secara singkatnya adalah kumpulan gambar yang disatukan atau digabungkan dalam 1 frame background. Namun, jika definisi ini lebih diperjelas lagi, maka montase adalah sebuah karya seni yang berasal dari gabungan beberapa macam material.

Bahan montase adalah mulai dari koran, majalah, brosur, buku, gunting, hingga beberapa bahan atau material sejenis ini. Nantinya, 1 susunan karya seni montase akan memiliki makna dari gambar yang telah disusun di setiap sisi maupun sudutnya.

Yang terpenting, penggabungan antara beberapa material ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, karya seni montase wajib dilakukan dengan mengutamakan seni yang bermaksud, dan tentunya aktivitas ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Sementara itu, cukup berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, masih ada banyak orang yang belum mengenal istilah ini dengan baik, sekarang sudah ada beberapa di antaranya yang mengenal istilah ini secara cukup baik.

Fungsi Montase

Fungsi Montase

Setiap karya seni pada dasarnya memiliki fungsinya masing-masing, dan hal ini juga berlaku kepada karya seni montase. Sebagai karya seni yang selalu dibanggakan, montase memiliki beberapa fungsi yang antara lainnya adalah:

  • Fungsi praktis montase: Sebagai sebuah maha karya seni yang dapat digunakan untuk dekorasi sebuah bangunan tertentu maupun dekorasi rumah biasa.
  • Fungsi edukatif montase: Dapat dimanfaatkan sebagai media perkembangan pikiran, daya serap, emosi, kreativitas, dan juga estetika.
  • Fungsi ekspresi montase: Sebagai teknik perakitan yang memanfaatkan bahan-bahan dan tekstur yang berbeda, sehingga dapat menjadi sebagai bentuk ekspresi.
  • Fungsi psikologis montase: Dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan karya seni yang dihasilkan dari penanaman semua ide dan emosi, sehingga dapat membangkitkan rasa puas dan senang di dalam diri masing-masing individu. Dengan demikian, beban psikologis dapat berkurang.
  • Fungsi sosial montase: Dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi banyak orang, dengan modal kreatif yang tinggi. Sebab, maha karya yang unik dan menarik adalah ciri khas dari karya seni montase.

Tutorial Pembuatan Montase

Tutorial Pembuatan Montase

Membuat karya seni montase, sudah pasti akan membutuhkan bahan-bahan montase yang tepat. Selain itu, cara pembuatannya pun juga wajib dilakukan dengan urutan yang benar, supaya tidak terjadi kendala dalam jenis apapun itu pada saat pembuatannya.

Disini, informasi seputar tutorial pembuatannya serta bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan juga akan dibagikan secara sukarela. Jadi, Anda tidak perlu bingung ketika harus dan ingin menciptakan sebuah karya seni montase. Berikut adalah tutorial pembuatan montase yang tepat dan mudah:

  • Siapkan semua alat dan bahan pembuatan montase yang diperlukan secara tepat.
  • Bahan-bahan montase misalnya seperti gunting, lem perekat, buku gambar, kertas HVS, crayon, dan pensil warna yang beragam.
  • Kemudian tentukan tema dan konsep yang memang menjadi keinginan dan kebutuhan masing-masing individu.
  • Pastikan tema dan konsep dari montase ini telah sesuai dengan judulnya, dan usahakan untuk memilih konsep yang sederhana, karena pada dasarnya montase adalah sebuah maha karya yang sederhana.
  • Mulai cari dan lakukan pemilihan gambar yang nantinya akan digabung dan membentuk montase.
  • Meskipun nantinya ada salah satu gambar yang jika dilihat secara kasat mata akan terlihat sedikit tidak masuk akal, tetapi gambar tersebut masih mampu menarik perhatian beberapa orang dan berkesinambungan, maka hal ini tidak menjadi sebuah masalah.
  • Keluarkan segala kreativitas dan imajinasi yang dimiliki semaksimal mungkin.
  • Ketika kreativitas dan imajinasi ini sudah membuahkan hasil yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah memotong gambar yang sudah dicetak, dan usahakan untuk memotongnya secara rapi supaya pada saat ditempel tidak terlihat aneh dan akan terlihat seperti karya seni yang nyata.
  • Setelah proses pemotongan gambar telah dilakukan dengan benar, sekarang bisa masuk ke tahapan penempelan gambar yang sudah dipotong tersebut.
  • Sangat disarankan untuk melatih penempelan gambar tanpa menggunakan lem terlebih dahulu. Sebab, cara ini akan lebih meningkatkan kerapian dalam karya seni tersebut.
  • Pastikan background yang akan digunakan tidak memiliki desain yang terlalu ramai, dan jika ingin menggunakan background yang memiliki ceritanya sendiri, pastikan gambar yang akan ditempel tidak akan mengganggu penampilannya.
  • Tambahkan warna arsiran dengan tujuan sebagai penegas kepingan gambar montase yang sedang dibuat. Namun, jangan sampai warna yang dipilih ini akan mendominasi seluruh karya dalam montase.
  • Lakukan pengecekan terhadap karya montase yang telah berhasil dibuat tersebut, dan lakukan modifikasi jika masih merasa karya tersebut ada yang kurang.
  • Selesai, karya seni montase telah berhasil diciptakan.

Perbedaan Montase dan Kolase

Perbedaan Montase dan Kolase

Pada dasarnya montase dan kolase sama-sama karya seni yang patut untuk dibanggakan, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu juga, bahwa kedua jenis karya seni ini memiliki perbedaan satu sama lain.

Jika montase adalah sebuah karya seni yang mengkombinasikan gambar sudah jadi dengan gambar maupun tema yang baru. Untuk kolase adalah sebuah karya seni yang membuatnya dengan menempelkan bahan-bahan dasar yang belum pernah diolah menjadi objek yang diinginkan oleh orang-orang tertentu.

Lalu, apa perbedaan mozaik dan kolase? Jika kolase memiliki arti seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya itu, untuk mozaik itu sendiri memiliki definisi sebagai susunan kepingan dengan bahan-bahan yang sama, dan nantinya dapat membentuk suatu karya seni yang sesuai dengan keinginan.

Dengan demikian, sekarang Anda sudah tahu tentang apa itu montase beserta fungsi, cara pembuatan, dan perbedaannya dengan kolase serta mozaik. Selain itu, dengan membaca penjelasan di atas, Anda jadi setuju bukan bahwa montase adalah salah satu karya seni yang menarik untuk dipelajari?