Doa Setelah Wudhu

Sahabatnesia.com, Doa setelah wudhu artinya adalah sebuah doa yang diucapkan setelah seseorang atau umat muslim melaksanakan syarat wajib wudhu. Doa ini bersifat sunnah, sehingga ketika doa ini diucapkan setelah melakukan wudhu, akan menambah pahala bagi seseorang yang sudah mengucapkannya tadi.

Namun, jika doa ini secara tidak sengaja tidak diucapkan setelah wudhu, maka hal ini diperbolehkan, dan seseorang yang secara tidak sengaja melupakan doa ini dengan alasan yang tidak disengaja, tidak akan mendapatkan dosa yang disebabkan kecerobohannya itu.

 

Wudhu Artinya

Pengertian dari wudhu adalah sebuah syarat wajib bagi kaum muslim, yang hendak menunaikan ibadah shalat. Salah satu tujuan utama dari wudhu adalah untuk menyucikan diri manusia secara menyeluruh, dan dilakukan dengan mengikuti syarat sebelum menghadap Allah SWT.

Untuk menambah amalan dalam pelaksanaan syarat wajib sebelum melaksanakan ibadah shalat ini, seorang umat muslim dapat mengucapkan doa. Adapun doa setelah wudhu latin yang dapat diucapkan setelah wudhu itu adalah:

doa sesudah wudhu

ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLAALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN.

Arti dari doa setelah wudhu Arab ini adalah: Saya bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah SWT, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, buatlah saya menjadi hamba yang bertaubat dan jadikanlah saya sebagai orang yang bersuci.

Tujuan Wudhu

doa sesudah wudhu

Tujuan utama dari pelaksanaan wudhu adalah untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah shalat. Namun, wudhu masih memiliki tujuan lainnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari umat Islam.

Disini, juga akan dibagikan informasi lengkap terkait tujuan dan manfaat dari pelaksanaan wudhu, yang antara lainnya adalah:

  • Menggugurkan maupun menghapus dosa yang ada pada anggota tubuh yang sudah dibasuh
  • Melepaskan belenggu dan dikabulkan keinginannya
  • Membuat wajah terlihat berseri dan lebih bersinar
  • Menjaga daya tahan tubuh, seperti kesehatan kulit dan kesehatan dari setiap anggota tubuh yang sudah dibasuh dengan air wudhu.

Tujuan wudhu ini sangatlah bermanfaat dalam kehidupan umat muslim, sehingga ketika Anda merasa marah, gelisah, cemas, dan perasaan-perasaan tidak nyaman seperti ini lainnya, Anda bisa menyempatkan diri untuk mengambil air wudhu guna menenangkan diri dan pikiran.

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Selain doa setelah wudhu, ada juga doa sebelum wudhu yang tidak kalah penting untuk Anda pelajari. Kedua jenis doa ini sama-sama memiliki hukum sunnah, sehingga ketika Anda mengamalkan doa ini dengan cara yang benar, Anda bisa mendapatkan pahala yang berlimpah.

Maka dari itu, banyak dari para kaum muslim yang memilih mengucapkan kedua jenis doa ini ketika sedang melaksanakan syarat wajib yang berbentuk wudhu. Namun, meskipun kedua jenis doa ini telah diketahui oleh banyak kaum muslim, masih ada beberapa umat yang belum mengetahuinya secara jelas.

Sama halnya dengan doa setelah wudhu singkat, doa sebelum wudhu juga tergolong singkat dan pendek. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan dalam menghafal jenis-jenis doa berikut ini:

  • Doa sebelum wudhu: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAAHU, WA ASYHADUANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH. Doa ini memiliki arti saya yang bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah SWT, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.
  • Niat wudhu: نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا للَِّهِ تَعَالَى, NAWAITUL WUDHU’A LIROF’IL HADASIL ASHGHORI FARDHOL LILLAHI TA’AALA. Niat wudhu ini memiliki arti saya berniat wudhu untuk mengangkat hadas kecil fardhu karena Allah Ta’aala.

Untuk doa sesudah wudhu, sudah dijelaskan di bagian sebelumnya. Sehingga, dalam hal ini Anda hanya perlu memahami beberapa doa di atas.

Tata Cara Wudhu

Pada dasarnya, wudhu tidak boleh dilakukan hanya dengan mengucapkan doa sebelum wudhu, berniat, dan mengucapkan doa setelah wudhu pendek saja. Namun, tata cara berikut ini wajib dilakukan dengan metode yang tepat, supaya wudhu yang Anda lakukan dapat dinyatakan sah.

1.     Membaca Doa Sebelum Wudhu dan Niat Wudhu

Langkah paling utama dalam pelaksanaan wudhu adalah dengan mengucap atau membaca doa sebelum wudhu dan niat wudhu. Jika doa sebelum wudhu memiliki hukum sunnah di dalamnya, untuk niat wudhu memiliki hukum wajib, sehingga Anda tidak boleh melupakannya.

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

2.     Membersihkan Kedua Telapak Tangan

doa sesudah wudhu
doa sesudah wudhu

Cucilah kedua telapak tangan Anda hingga bersih dan terhindar dari segala hal yang bersifat najis, baik yang yang tampak maupun yang tidak tampak.

3.     Membersihkan Mulut dan Lubang Hidung

doa sesudah wudhu
doa setelah wudhu
doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Dalam langkah ini, berkumur-kumurlah dan menghirup air ke dalam lubang hidung. Dalam tahapan ini Anda bisa melakukannya secara bersamaan maupun secara terpisah.

 

4.     Membasuh Muka secara Merata

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Basuhlah muka dengan mengusap-usap bagian muka secara perlahan namun juga merata. Pastikan muka telah dibasuh dengan air wudhu, hingga segala kotoran sudah hilang dan muka menjadi suci kembali.

5.     Membersihkan Kedua Tangan sampai Siku

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Bersihkan tangan kanan sampai siku terlebih dahulu, baru setelah tangan kanan telah dibersihkan sampai bersih, Anda bisa melanjutkannya dengan membasuh tangan kiri hingga bagian siku juga.

6.     Mengusap Kepala

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Setelah membasuh dan membersihkan tangan hingga ke bagian siku, sekarang Anda bisa mengusap atau membasuh kepala mulai dari dahi hingga batas rambut bagian atas.

7.     Menyapu atau Membersihkan Daun Telinga

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Kedua telinga juga harus dibersihkan secara tepat, supaya segala hal kotoran hilang dari bagian-bagiannya. Bersihkan daun telinga bawah menuju ke bagian atas.

8.     Membersihkan Kedua Kaki hingga Mata Kaki

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

Basuhlah atau bersihkan kaki kanan terlebih dahulu dari mulai ujung kaki, mata kaki, dan juga dapat sampai lutut kaki. Jika kaki kanan sekiranya sudah bersih, Anda bisa melanjutkannya ke kaki bagian kiri.

9.     Amalkan Doa Setelah Wudhu secara Tepat

Untuk tahapan yang paling terakhir ini bersifat sunnah, akan tetapi jika Anda sedang mencari pahala yang berlimpah, Anda bisa mengamalkan doa ini secara tepat sehabis melaksanakan aktivitas wudhu yang sesuai dengan tata caranya.

doa setelah wudhu
doa setelah wudhu

—-

Wudhu merupakan tahapan paling penting sebelum menunaikan shalat. Maka dari itu, semua tata cara dan doanya harus betul-betul dihafalkan dengan baik dan benar.