Kumpulan Kata Kata PSHT yang Menyentuh Hati dan Romantis !

Kumpulan Kata Kata PSHT yang Menyentuh Hati dan Romantis !

Kata Kata PSHT – Anak PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Teratai dikenal dengan banyak sekali falsafah hidup yang sangat bijak. Kata-kata ini pun turun temurun dijadikan sebagai prinsip hidup setiap anggota PSHT. Itulah yang menjadikan kata-kata anak PSHT digunakan oleh banyak orang.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kata kata PSHT. Mulai dari Kata kata psht bijak, kata kata psht lucu, kata kata psht cinta, kata kata psht romantis, kata kata psht yang menyentuh hati, bagus, keren, dll.

Kata Kata PSHT Berdasarkan Tokoh Tertentu

Kata Kata PSHT Berdasarkan Tokoh Tertentu
Kata Kata PSHT Berdasarkan Tokoh Tertentu

“Sephiro Gedhening Sengsoro Yen Tinompo Amung Dadi Coba” yang berarti tak peduli seberapa besar rintangan yang menghadang, namun dengan hati yang ikhlas menerima semuanya hanya akan menjadi sebuah percobaan sederhana.

“Manusia dapat dihancurkan, dimusnahkan serta dapat pula dimatikan, akan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan jika ia mau selalu berpegang teguh dengan hati nuraninya. Sebab kekuatan terbesar adalah dengan mengikuti hati nurani.

“Olo Tanpo Rupo Yen Tumandhang Amung Sedelok” yang artinya setiap rintangan yang ada, entah itu berupa cacian, hinaan, makian dan segala bentuk kejelekan yang ada, jika dihadapi dengan senang hati rasanya hanya akan sebentar kemudian berlalu.

“Tega Larane, Ora Tego Patine” artinya bahwa PSHT itu bisa saja mencelakai atau menyakiti orang lain disertai niat karena ingin memperbaiki, dan mengarahkan orang tersebut ke hal yang lebih baik bukan dengan niat merusak orang itu.

“Sak Apik-apike Wong Yen Aweh Pitulung Kanthi Cara Dedhemitan” artinya adalah dikatakatan sebaik-baiknya manusia adalah yang mau memberikan sebuah pertolongan dengan diam-diam tanpa di keras-keraskan karena ingin mendapatkan pujian.

“Suro Diro Joyo Diningrat Lebur Dening Pangastuti” artinya segala kesempurnaan hidup (Kesaktian, Kepandaian, Kejayaan, dan Kekayaan ) tetap kalah jika dibandingkan dengan budi pekerti yang luhur.

“Satria Ingkang Pilih Tanding” artinya adalah Ksatria itu adalah julukan untuk orang yang hanya mau bertanding dengan orang yang memiliki kekuatan setara dengannya, bukan bertanding dengan orang yang sudah jelas jauh lebih lemah daripada dirinya.

“Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake” artinya tampil berani meski tidak memiliki kawan dan berani menang tanpa harus merendahkan yang lainnya.

“Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan” artinya jangan merasa susah apabila mendapatkan cobaan dan jangan merasa susah jika suatu saat nanti merasakan kehilangan. Karena itu adalah hal yang wajar yang menimpa manusia.

“Ojo Seneng Gawe Susahe Liyan, Opo Alane Gawe Seneng Liyan” arinya jangan gemar menyusahkan orang lain, Karena toh tidak ada susahnya membahagiakan orang lain.

“Ojo Waton Ngomong Ning Yen Ngomong Sing Gawe Waton” artinya jangan jika berani berbicara maka harus berani juga dalam membuktikan apa yang telah ia katakan sebelumnya.

“Ojo Rumongso Biso Ning Sing Biso Rumungso” artinya sebagai manusia biasa jangan pernah merasa paling bisa di antara yang lainnya namun harus selalu sadar diri atas apa yang dapat dilakukan orang-orang di sekitar kita, karena bisa jadi lebih baik daripada yang bisa kita lakukan.

“Ngunduh Wohing Pakarthi” artinya adalah siapa yang berbuat pasti akan menerima hasil perbuatannya.

Kata Kata Prinsip Anak PSHT

Kata Kata Prinsip Anak PSHT
Kata Kata Prinsip Anak PSHT

“Ngunduh Wohing Pakarthi" Artinya : siapa yang berani berbuat sesuatu entah itu baik atau buruk pasti akan menerima hasil dari perbuatannya, maka berfikirlah sebelum melakukan segala sesuatu.

“Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman" Artinya : Jangan mudah menjadi orang yang selalu terheran-heran, Jangan mudah juga merasa menyesal atas segala sesuatu, Jangan mudah terkejut-kejut menyaksikan apapun itu, Jangan mudah kolokan atau bertingkah manja.

“Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman" Artinya : Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh hasrat dalam mengincar dan memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi yang sifatnya hanya sementara saja.

“Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka" Artinya : Jangan merasa paling pandai agar suatu saat nanti tidak salah arah, dan jangan suka berbuat curang agar tidak celaka di kemudian hari.

“ Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo" Artinya : Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah, dan menyenangkan pandangan sesaat. Serta jangan berfikir mendua dalam segala hal agar tidak menjadikan kendor niat dan semangat.

“Aja Sok Rumangsa Bisa, Nanging Sing Bisa Rumangsa" Artinya : jangan merasa diri paling super atau paling bisa dalam hal apapun, tapi perlu untuk selalu sadar diri dan sadar akan keberadaan orang lain dimanapun berada.

“ Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli" Artinya : Bekerja keras dan bersemangat tanpa disertai dengan rasa pamrih, mencoba cepat tanpa perlu mendahului yang lainnya dan berusaha untuk selalu tinggi tanpa merasa harus melebihi yang lain.

“Urip Iku Urup" Artinya : Hidup itu harus menyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain yang ada di sekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita berkecil hati dan malah menjadi orang yang meresahkan lingkungan sekitar.

“Memayu Hayuning Bawana" Artinya : Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan, tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain di sekitarnya.

“Cilik ora kurang akal,gede ora luweh akal." Artinya : kecil bukan berarti kurang akalnya, namun besar juga bukan berarti lebih berakal jika selalu ingat maka tidak akan mundur.

Kata Kata PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup

Kata Kata PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup
Kata Kata PSHT Mengenai Kebijaksanaan Hidup

“Aja seneng gawe ala ing liyan, apa alane gawe senenge liyan" Artinya : Jangan sampai mencelakakan orang lain, tidak ada ruginya bagi kita jika berusaha membuat senang orang lain.

“Ngundhuh wohing pakarti, sapa nandur bakal ngundhuh." Artinya : Apapun perbuatan yang telah dan akan kita lakukan pasti akan kembali pada diri kita sendiri, maka itu berhati-hatilah dalam berbuat, apalagi jika menyangkut kepentingan banyak orang.

“Urip Kudu Urup." Artinya : Hidup itu harus menyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tetapi jika kita hanya mampu memberikan sedikit sekali manfaat untuk sekitar, maka setidaknya jangan meresahkan lingkungan sekitar kita.

“Cilik ora kurang akal, gede ora luweh akal,yen eleng ora bakal mundur." Artinya : Kecil bukan berarti kekurangan akal, dan besar bukan berarti lebih berakal, sebab kalau ingat maka tidak akan mundur.

“Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan." Artinya : Jangan gampang sakit hati manakala musibah telah datang dan menimpa diri kita. Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu yang telah berhasil kita dapatkan sebelumnya.

“Sak apik-apike wong yen weweh pitulungan kanthi dedemitan." Artinya : Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan dengan cara diam-diam tanpa mengumumkannya kepada banyak orang karena hal tersebut akan menimbulkan rasa sombong pada dirinya.

“Sopo suci adoh saka bebaya pati." Artinya : Siapa yang mempunyai pemikiran terpuji pasti akan di jauhkan dari segala macam mara bahaya.

“Seja ala seja pati." Artinya : Siapapun yang terbersit dalam hatinya sedikit saja niat jelek pasti akan mendapatkan balasan yang sepadn dari Tuhannya.

“Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman." Artinya : Jangan mudah menjadi orang yang terheran-heran, jangan mudah menyesali segala hal yang telah terjadi sebelumnya, dan sampai jangan mudah terkejut-kejut, serta jangan mudah pula bersikap manja

“Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman." Artinya : Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh hal-hal duniawi yang sifatnya semu belaka seperti kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi

“Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka." Artinya : Jangan merasa paling pandai di antara yang lainnya agar tidak sampai salah arah; dan jangan sekali-kali ingin berbuat curang agar tidak celaka dimanapun berada.

Kata Kata PSHT Dalam Menjalani Hidup

Kata Kata PSHT Dalam Menjalani Hidup
Kata Kata PSHT Dalam Menjalani Hidup

“Untuk mengetahui dan mengukur seberapa bijaknya dirimu, lihatlah seberapa besar keinginanmu belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat."

“Hidup berjalan di atas waktu. Sebenarnya kita hanya perlu bersabar dalam menjalani setiap waktunya karena semua yang terikat pada waktu pasti akan berlalu."

“Setiap orang berbuat kesalahan, tetapi Tuhan akan selalu memberinya kesempatan kedua untuk berubah dan menjadi lebih baik lagi memperbaiki segala kesalahan yang sudah-sudah."

“Apa yang kita pikirkan akan selalu ke mana kita akan menuju dan apa yang akan terjadi pada diri kita. Jika ingin mengubah hidup, maka mulailah dengan mengubahlah pola piker terlebih dahulu."

“Kehidupan itu 10% merupakan peristiwa yang terjadi pada diri kita dan 90% sisanya adalah mengenai bagaimana kita menanggapi peristiwa tersebut."

“Waktu terbaik untuk menanam pohon memang sepuluh tahun yang lalu, tetapi waktu terbaik lainnya adalah saat ini."

“Memberi ikan pada seseorang akan memberinya makan untuk sehari. Tetapi mengajarkannya menangkap ikan, akan memberinya makan untuk seumur hidup."

“Hidup itu sesungguhnya adalah hal yang sederhana, kita sendirilah yang sebenarnya membuatnya terlihat begitu rumit."

“Bertanya seperti orang bodoh lebih baik daripada orang yang tetap bodoh karena tak mau bertanya."

“Tujuan hidup kita yaitu memberikan pertolongan kepada orang lain. Jika belum mampu melakukannya maka setidaknya jangan sakiti hati mereka."

“Jadikan batu-batu yang dilemparkan ke hadapanmu menjadi bahan baku untukmu membangun sebuah istana yang megah."

“hanya ada tiga hal yang konstan dalam hidup ini: Perubahan, pilihan, dan prinsip."

“Orang yang kuat akan senantiasa mencari sesuatu di dalam dirinya sendiri. Sedangkan orang yang lemah selalu berusaha mencari-cari sesuatu pada diri orang lain."

Kata Kata PSHT Penuh Semangat

Kata Kata PSHT Penuh Semangat
Kata Kata PSHT Penuh Semangat

“Pertanyaan paling mendasar dalam hidup ini adalah: sejauh ini apa yang sudah berhasil kamu lakukan untuk sesama?"

“Ketika amarah sudah berhasil menguasai kita, cobalah untuk sedikit memikirkan segala bentuk konsekuensi-konsekuensi yang ada nantinya."

“Ketika kita merasa bahwa hidup ini terkesan terlalu mudah untuk kita, kita harus mulai berhati-hati. Kita mungkin belum siap untuk menghadapi pukulan yang akan segera datang ke semua orang termasuk kita, tidak peduli kaya maupun miskin."

“Hujan deras merupakan sebuah tantangan. Jangan minta agar hujan dikecilkan, tapi coba untuk minta sebuah payung yang lebih besar sehingga mampu menyelesaikan tantangan tersebut."

“Kita, manusia biasa itu hidup dari apa yang kita dapatkan, tetapi kita juga menciptakan kehidupan yaitu dari apa yang kita beri."

“Lebih baik kita melakukan tindakan positif seperti menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan yang tidak ada gunanya dan tidak menghasilkan apapun bahkan untuk kita sendiri."

“Kesuksesan itu dibangun dari kumpulan pelajaran berharga yang diajarkan oleh berbagai bentuk kegagalan."

“Sama seperti batu permata yang dijernihkan dengan gosokan, manusia pun disempurnakan dengan adanya cobaan hidup yang datang silih berganti."

“Banyak kegagalan dalam hidup ini ternyata justru menimpa orang-orang yang tidak sadar bahwa mereka sudah begitu dekat dengan sebuah keberhasilan saat mereka lebih memutuskan untuk menyerah."

“Manusia diumpamakan sebagai sebuah magnet, dan setiap detail peristiwa yang dialaminya datang akibat daya tariknya sendiri."

“Perjalanan seberapapun jauhnya akan selalu dimulai dengan satu langkah pertama."

“yang yang selamanya akan menghambat mimpi untuk tercapai adalah rasa takut yang berlebihan akan menemui kegagalan."

“Setengah hidup kita adalah apa yang kita tentukan, dan setengahnya lagi ditentukan oleh teman-teman yang kita pilih."

“Manusia dibimbing oleh kekuatan yang lebih tinggi yaitu perasaan daripada mempertimbangkan hasil dari apa yang ada di pikirannya."

“Kebahagiaan terbesar yang dapat kita raih tidak pernah bergantung pada kondisi kehidupan di mana kesempatan akan menaruh kita, tetapi selalu merupakan hasil dari isi hati nurani yang terpuji, kesehatan, pekerjaan, serta kebebasan."

“Saat di mana kita menemukan orang-orang dengan karakter yang bertentangan dengan karakter kita sendiri, sebaiknya melihat dan menilai karakter diri kita sendiri."

Kata Kata PSHT Mutiara

Kata Kata PSHT Mutiara
Kata Kata PSHT Mutiara

“Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang dapat kita pelajari dengan otodidak, seperti halnya naik sepeda. Jika kita bersedia dan siap untuk menguasainya, kita dapat dengan cepat meningkatkan kualitas pada setiap bagian hidup kita."

“Bukanlah menjadi sebuah masalah besar apakah kucing itu hitam atau putih, selama dia bisa menangkap tikus dengan baik, ia tetap menjadi kucing."

“Perasaan positif menunjukkan jalur energi Ilahi yang terbuka dengan sangat lebar. Perasaan negatif menunjukkan jalur energi ilahi yang tertutup rapat-rapat. Karena perbuatan Tuhan akan selalu menyertai segala apa yang dipikirkan, dirasakan serta di angankan hambanya"

“Entah itu sebuah Kebaikan maupun kejahatan, jika waktunya tiba pasti akan ada balasannya, dan ingatlah bahwa balasannya tentu akan setimpal."

“Nilai akhir dari kehidupan tergantung pada kesadaran dan kekuatan ketika kita melakukan sebuah perenungan bukan hanya pada kelangsungan hidupsemata."

“Menuntut Ilmu seperti pelayaran perahu yang melawan ombak, tidak maju mau tidak mau hanya ada pilihan untuk mundur mundur."

“Jalanilah seluruh bagian dari hidup dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah dan terus fokus hanya pada hal-hal yang positif."

“Orang yang gigih dan senantiasa melakukan kerja keras dalam hidupnya akan menjadi seseorang yang luar biasa di masa depannya."

“Jangan sekalipun terbersit untuk melepaskan satu saja kesempatan, karena waktu tidak akan terulang lagi dan kesempatan tidak akan datang dua kali."

“Hidup bukan tentang seberapa cepat kau berlari atau seberapa tinggi kau mendaki, tetapi seberapa baik caramu bangkit setelah jatuh dan terpuruk."

“Setiap benda ada gunanya, betapapun rendah dan remehnya benda itu, setiap hal punya tempatnya di alam ini."

“Hargailah dirimu sendiri terlebih dulu, maka orang lain tak akan segan untuk selalu menghargaimu."

Kata kata psht bijak, kata kata psht lucu, kata kata psht cinta, kata kata psht romantis, kata kata psht yang menyentuh hati, bagus, keren, dll.

Kata Kata PSHT Bijak

Kata Kata PSHT Bijak
Kata Kata PSHT Bijak

“mulailah menyayangi dirimu dengan cara jangan membiarkan perasaan negative dan pikiran buruk merusak hati dan pikiranmu."

“Indah atau tidaknya sesuatu tentu tergantung bagaimana cara masing-masing orang dalam melihat sesuatu tersebut."

“Pedang akan berkarat jika tidak diasah, manusia akan jauh tertinggal di belakang jika tidak belajar."

“Impian merupakan wujud dari bibit awal sebuah keberhasilan. Apa yang membuatnya tumbuh dengan subur atau gugur dan mati kelak adalah seberapa sabar kamu dalam proses memupuknya."

“Guru hanya bertugas untuk membukakan pintu, dan sisanya tergantung kamu untuk masuk seorang diri."

Kata kata psht bijak, kata kata psht lucu, kata kata psht cinta, kata kata psht romantis, kata kata psht yang menyentuh hati, bagus, keren, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kata Kata PSHT

Share
Additional Info