Contoh Teks Ulasan Singkat

Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebuah tulisan yang bermutu. Tulisan tersebut dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah teks ulasan. Untuk bisa mengkritisi karya orang lain dengan baik, Anda harus mengenal ciri-ciri, sistematika penulisan, dan contoh-contoh teks ulasan, sebelum Anda mencoba membuatnya sendiri.

Pengertian Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Teks ulasan adalah sebuah tulisan yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap sebuah karya milik orang lain. Karya tersebut bisa berupa film, buku, novel, cerpen, drama, lagu, dan lain sebagainya. Pada saat mengulas sebuah karya milik orang lain, penulis wajib bersikap kritis serta tidak tendensius (tidak memihak atau bersikap netral), demi kemajuan karya tersebut di kemudian hari.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Agar bisa disebut sebagai teks ulasan, maka ada beberapa ciri-ciri yang harus dipenuhi antara lain:

1. Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya orang lain.
3. Opini yang ditulis harus berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
4. Teks ulasan dikenal pula dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Dalam sebuah teks ulasan yang baik dan benar, harus terdapat poin-poin struktur sebagai berikut:

a. Orientasi

Bagian orientasi ini memuat mengenai pengenalan gambaran umum tentang sebuah karya yang akan diulas oleh penulis. Tujuan poin orientasi ini adalah agar pembaca bisa mengetahui apa karya yang akan diulas oleh penulis.

b. Tafsiran

Bagian tafsiran ini memuat secara detail mengenai keunikan, keunggulan, kualitas, atau bagian karya yang diulas oleh penulis.

c. Evaluasi

Evaluasi adalah pandangan obyektif pengulas terhadap sebuah karya yang sedang diulasnya. Pandangan evaluasi ini dilakukan setelah tafsiran, agar pengulas bisa memberikan review mengenai kekurangan dan kelebihan dari sebuah karya.

d. Rangkuman

Rangkuman merupakan kesimpulan ulasan dari sebuah karya. Biasanya, pengulas akan memberikan komentar apakah karya tersebut berkualitas atau tidak.

1. Contoh Teks Ulasan Lagu

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul: “Heal The World” Lagu Penggugah Kemanusiaan
Pengulas:

Orientasi

Heal The World adalah sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1991 oleh King of Pop dunia Michael Jackson. Heal The World dirilis dalam sebuah album yang berjudul “Dangerous” dengan cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka.

Heal The World dalam bahasa Indonesia berarti Menyembuhkan Bumi. Lagu dengan durasi mencapai 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang keinginan dan harapan agar manusia bisa menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi generasi berikutnya. Lagu ini menyerukan ajakan perdamaian dan mengkampanyekan kehidupan yang berdasarkan cinta serta kasih sayang antar umat manusia.

Tafsiran

Pada awal lagu, penonton dan pendengar disuguhi dengan adegan anak kecil yang membaca sebuah syair. Anak kecil tersebut membacakan syair mengenai generasi muda yang ingin melihat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi keturunan mereka kelak. Anak kecil itu berfikir bahwa manusia dapat menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.

Jika manusia mau berusaha, manusia bisa melihat kebahagiaan tanpa merasakan ketakutan atau kengerian. Cinta saja cukup untuk membuat dunia ini tumbuh lebih baik. Lirik dalam lagu ini memberitahukan bahwa perang yang terus berlangsung tak akan pernah membuat dunia menjadi lebih baik.

Evaluasi

Saat pertama mendengarkan lagu ini, Anda akan disuguhi dengan alunan melodi musik yang menyentuh jiwa. Alunan melodi pop melankolis yang disusun oleh Michael Jackson benar-benar membuat atmosfer pendengarnya terbangun dan tersentuh. Michael Jackson kemudian menyuguhkan lirik dengan makna yang begitu mendalam. Tak ada seorang pun yang tak tergugah ketika mendengarkan lirik lagu ini.

Namun, kelemahan lagu ini terletak pada durasinya yang terlalu lama. Bagi orang yang bukan fans fanatik sang King of Pop, mendengarkan lagu ini yang lama dengan lirik bagian akhir yang terus diulang-ulang akan menimbulkan kebosanan.

Rangkuman

Lagu ini benar-benar memiliki makna dan emosi yang mendalam. Liriknya benar-benar menggugah kembali dan mempertanyakan dimana rasa kemanusiaan kita selama ini. Di tengah perang yang terus berkecamuk demi ambisi kekuasaan, misalnya di Timur Tengah, lagu ini memotivasi kita untuk merenungkan kembali apa arti kedamaian yang sesungguhnya.

2. Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul : Menemuimu dalam Doa

Orientasi

Menemuimu dalam Doa adalah sebuah novel drama percintaan yang ditulis oleh Hamida Surya. Novel ini menceritakan jalan hidup tokoh utamanya yang bernama Indah. Diceritakan, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya, meskipun setiap hari ia masih selalu terbayang-bayang dengan kenangan manis yang pernah dilalui bersama mantan kekasihnya tersebut.

Tafsiran

Indah adalah seorang gadis biasa berumur 19 tahun. Ia hidup di keluarga yang terbilang cukup. Ia hidup seperti gadis belia pada umumnya. Namun, hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan Galih. Perkenalan tak sengaja lewat media sosial itu ternyata membuka lembaran kisah baru dalam hidup Indah. Apalagi, ternyata Galih adalah sepupu dari sahabat dekat Indah.

Pendekatan yang dilakukan oleh keduanya mengantarkan mereka untuk menuju ke tahap hubungan yang lebih serius yaitu pacaran. Namun, ternyata api cinta harus padam diantara mereka setelah hubungan pacaran itu setahun terjalin. Setelah putus, mereka kembali hidup seperti sebelumnya dan berusaha tak saling mengenal satu sama lain lagi.

Hingga pada akhirnya 4 tahun kemudian mereka kembali bertemu. Pertemuan ini menghidupkan kembali memori lama yang dulu pernah ada. Hingga pada akhirnya hubungan mereka kembali terjalin. Namun, dia akhir cerita, Indah terpaksa harus meninggalkan Galih karena ia merasa Galih tak lagi mau mendengarkan apa yang baik untuk dirinya. Ia memutuskan menyimpan Galih dalam doa saja.

Evaluasi

Novel Menemuimu dalam Doa adalah novel Teenlit yang sesuai dengan gejolak kehidupan remaja. Bahasa yang digunakan oleh penulis ringan dan mudah dimengerti oleh para pembacanya. Novel ini menggambarkan bagaimana seorang remaja dihadapkan pada dua pilihan antara melupakan atau terus mendoakan orang yang ada di hatinya.

Rangkuman

Novel remaja romantis ini menitikberatkan pada perjuangan melawan konflik antara pikiran dan hati yang terjadi di usia muda. Alur tak sejalan antara apa yang dikatakan oleh otak dan hati memang kerap terjadi. Novel ini menampilkan realita kehidupan remaja yang Nampak nyata. Namun, cover depan novel ini dirasa kurang menarik dan terkesan mati, tak sesuai dengan isi bahasan dalam novel itu sendiri.

3. Contoh Teks Ulasan Film

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahardian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya dan menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013.

Tafsiran

Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Disana ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati, namun kisah cinta mereka terhalang perbedaan suku, derajad ekonomi, dan juga takdir yang lebih membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

Evaluasi

Film berdurasi 2,5 jam ini memperlihatkan situasi Indonesia pada tahun 1930an, namun usaha untuk menampilkan atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil. Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, karena melodi yang digunakan terkesan modern.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum apik membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013. Kata-kata puitis sepanjang film membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan.

4. Contoh Teks Ulasan Buku

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Orientasi

Judul buku: Cinta Brontosaurus
Penulis: Raditya Dika
Penerbit: Gagas Media
Tahun terbit: 2006

Sinopsis

Seorang penulis bernama Dika baru saja putus cinta dari Nina. Sejak itu, dia percaya bahwa cinta ada kadaluarsanya. Namun, Kosasih yang merupakan agen naskah Dika berusaha membangkitkan kepercayaan Dika kembali terhadap cinta. Usaha ini menempatkan Dika pada perkenalan dan perjumpaan absurd dengan berbagai wanita.

Hingga tanpa disengaja Dika berjumpa dengan Jessica yang ternyata memiliki jalan pemikiran sama anehnya dengan Dika. Di sisi lain, Dika mendapatkan tawaran film dari bukunya yang berjudul Cinta Brontosaurus. Namun, masalah lain datang ketika naskahnya harus diubah menjadi genre film horor yang saat itu sedang tenar. Padahal buku itu mengisahkan pengalamannya memahami cinta.

Penilaian

Tampilan buku ini sangat menarik dengan cover yang terlihat ceria. Isi buku cukup mengaduk emosi pembacanya dengan gabungan kisah komedi, cinta, hingga kehidupan sehari-hari. Bahasa dalam buku ini sangat menggambarkan kehidupan anak muda zaman sekarang yang terbiasa dengan bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik. Meskipun akhir ceritanya mengambang dan banyak kata vulgar.

Kesimpulan

Dibalik segala kelebihan dan kekurangannya, buku ini mengundang minat banyak orang karena nama besar penulisnya. Sisi humor Raditya Dika dituangkan dalam buku ini dan mampu menghibur setiap pembacanya.

5. Contoh Teks Ulasan Cerpen

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Orientasi

Judul cerpen: Aku, Ibu, dan Takdir
Penulis: Bahtari Anugerah
Tahun terbit: 2015

Review

Cerpen ini memuat kisah kerasnya kehidupan yang harus dilalui oleh seorang gadis bernama Bella yang harus terpisah dari ibu kandungnya. Sejak kecil ia harus hidup bersama neneknya. Ayahnya tak tahu pergi kemana, sedangkan ibunya harus bekerja jauh.

Saat usia Bella sudah 15 tahun, ia mulai bertanya siapa dan dimana ibunya berada. Namun, sayangnya sang nenek yang sudah tua tak lagi mengingat siapa ibu dari Bella sebenarnya. Hingga akhirnya Bella memutuskan untuk mencari keberadaan ibunya. Singkat cerita, Bella justru harus menelan kenyataan pahit bahwa yang ia temui justru adalah jasad ibunya yang terbaring lemah.

Penilaian

Cerpen ini dipenuhi dengan alur kesedihan, namun alurnya jelas dan ringkas. Namun, cerpen ini tak menceritakan misteri masa lalu sang ibu dan juga alasannya meninggalkan sang anak. Sehingga pembaca akan kesulitan mencerna apa yang sebenarnya terjadi.

Kesimpulan

Cerpen ini layak dibaca agar kita bisa mengerti akan arti kehidupan dan selalu bersyukur. Terutama jika pembaca masih memiliki sosok orang tua yang lengkap. Cerpen ini juga mengajarkan agar kita tidak pernah marah dengan takdir yang digariskan oleh Tuhan.

6. Contoh Teks Ulasan Puisi

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Orientasi

Judul: Ibu
Penulis: Cantika Ayu

Review

Puisi ini menggambarkan betapa besar jasa dan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya. Ibu digambarkan sebagai sosok yang selalu ada untuk anak-anaknya. Pada bait ketiga puisi, penulis menyelipkan doa kepada Ibu dan berharap senyumnya tak pernah hilang. Penulis juga melantunkan sajak doa agar rezeki sang Ibu tak pernah terputus.

Penilaian

Puisi ini menggambarkan kasih sayang anak kepada seorang Ibu yang begitu besar. Ia menyadari cinta kasih sang Ibu selama ini takkan tergantikan oleh apapun di dunia. Sehingga ia hanya bisa memanjatkan doa agar sang ibu diberikan rezeki dan dlindungi Tuhan. Keunggulan puisi ini adalah mampu menghadirkan gambaran kehidupan sehari-hari orang tua dan anak yang menyentuh.

Kesimpulan

Meskipun ada berbagai kekurangan, namun secara keseluruhan puisi ini layak dibaca. Puisi ini mampu menyadarkan pembaca betapa besar kasih sayang seorang Ibu dan betapa berhutangnya kita sebagai anak.

7. Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul album: Kotak Kedua
Penyanyi: Kotak Band
Tahun Rilis: 2008
Label: Warner Music Group

Album Kotak Kedua ini terdiri dari 12 lagu dengan single unggulannya berjudul Beraksi. Album yang dirilis Juni 2008 ini telah mendapatkan penghargaan AMI Award dalam kategori album rock terbaik. Secara keseluruhan, album ini sangat menarik karena menghadirkan warna musik berbeda di industri seni Indonesia. Lagu-lagu yang ada di dalamnya bahkan juga terus didengarkan hingga sekarang.

Keunikan musik yang diusung oleh Band Kotak memang layak untuk mendapatkan apresiasi yang tinggi. Meskipun telah 10 tahun berlalu, album Kotak Kedua masih banyak didengarkan oleh penggemar setianya. Lagu-lagu dalam album ini sangat ekspresif dan memiliki makna tersendiri. Ada semangat baru yang mampu dihadirkan dari setiap lagu yang dinyanyikan dalam album ini.

8. Contoh Teks Ulasan Singkat Novel dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul: Sang Pemimpi
Penulis: Andrea Hirata
Jenis Buku: Fiksi
Penerbit: Bentang
Cetakan: Juli 2006

Sang Pemimpi adalah novel kedua Tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini menceritakan tentang lika-liku jalan hidup penulis yang digambarkan dalam sosok Ikal bersama teman-temannya dalam jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan masa-masa SMA, Ikal dan teman-temannya tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan menggapai cita-citanya.

Novel dengan bahasa yang puitis ini mampu menyihir pembaca untuk bisa ikut merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat. Selain itu, novel ini juga diselingi dengan lelucon cerdas yang bisa menggelitik pola pikir pembacanya.

Meskipun merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, namun novel ini tak ada kaitannya sama sekali dengan Laskar Pelangi buku pertama. Namun, pesan yang ingin disampaikan tetap ada, yaitu jangan sampai kemiskinan menghalangi kita untuk mewujudkan mimpi. Kisah dalam novel ini mengakarkan pembaca akan pentingnya kerja keras dan semangat pantang menyerah.

9. Contoh Teks Ulasan Novel Singkat

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Judul: Surat Untukmu Sahabat
Penulis: Bunga Riska Nizam
Penerbit: Aletta Pictures
Tahun Terbit: 2013

Novel ini menceritakan mengenai surat terakhir untuk seorang sahabat yang menderita kanker bernama Keke. Sudut pandang dari 5 orang sahabat yang mengalami masa-masa berat saat harus ditinggalkan oleh seorang sahabatnya karena penyakit kanker. Mereka terpaksa tak bisa melalui masa SMA bersama secara lengkap.

5 orang sahabat ini kembali berkumpul di penghujung tahun untuk berziarah di makam Keke. Mereka pun membaca surat yang dituliskan oleh sahabatnya sebelum meninggal. Kelebihan novel ini sangat terasa ketika penulisnya mampu menggiring emosi pembaca untuk ikut terhanyut dalam cerita persahabatan yang penuh kesedihan dan berusaha memaknai arti kehilangan orang terdekat.

Novel ini disajikan dengan kosakata dan kalimat yang mudah sekali dipahami. Persahabatan memang menjadi tema yang sangat menarik dan populer di kalangan remaja sebagai salah satu bahan untuk menghargai kehidupan. Pada akhirnya, novel ini menyuguhkan pelajaran bahwa kehilangan bukan berarti harus diratapi dengan kesedihan terus menerus tanpa henti.

10. Contoh Teks Ulasan Berita

gambar demo tolak omnibus law

Sebuah berita tentang demonstrasi menolak UU Omnibus Law kembali menghiasi headline salah satu situs berita terbesar di Indonesia. Diberitakan massa dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia yang bergerak di sekitaran jalan MH Thamrin.

Iring-iringan long march massa demo dikomandoi para orator yang berdiri di atas mobil komando. Kemudian massa berjejer mengikuti mobil komamdo tersebut. Para demonstran membawa sejumlah poster yang berisi penolakan terhadap UU Omnibus Law. Ini bukanlah satu-satunya demonstrasi menolak UU Omnibus Law (UU Ciptaker), namun ini merupakan demo yang kesekian kali.

Para demonstran berharap pemerintah dan DPR bisa membatalkan UU Omnibus Law ini karena dianggap merugikan para buruh. Dari pihak pemerintah sendiri masih bertekad akan mengesahkan UU Ciptaker ini karena dianggap akan baik untuk iklim investasi di Indonesia.

11. Contoh Teks Ulasan Drama

gambar itaewon class

Itaewon Class

Orientasi

Pengarang: Gwang Jin

Sutradara: Kim Sung-yoon

Genre: Drama

Pemain: Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung, Kwon Nara

Tayang: 31 Januari – 21 Maret 2020

Durasi: 70 menit

Itaewon Class adalah drama Korea yang mengisahkan tentang seorang pemuda yatim piatu yang bernama Park Seo Roy yang memiliki keinginan kuat untuk sukses menjadi pengusaha Food & Beverages dan menjadi yang terbesar di Korea. Motivasi untuk sukses ini tidak lepas dari keinginannya untuk membalas dendam kepada Jang Dae Hee, seorang pengusaha F&B terbesar di Korea yang memiliki andil terhadap kesulitan hidup Park Sae Roy di masa lalu. Keseluruhan isi cerita berkisah seputar Park Seo Roy mengembangkan usahanya. Diselingi bumbu percintaan dan konflik antar tokoh. Drama ini diangkat dari webtoon populer dengan judul yang sama.

Tafsiran

Seperti drama Korea pada umumnya, Itaewon Class juga menyelipkan kisah percintaan para tokoh utamanya. Namun, kisah percintaan ini bukan sebagai inti utama dari keseluruhan cerita. Hanya sebagai pemanis cerita. Itaewon Class lebih mengedepankan motivasi sukses dari si tokoh utama dalam hal kewirausahaan. Drama ini juga memberi pelajaran tentang pentingnya investasi dan juga pemasaran dengan media sosial untuk pengembangan usaha.

Itaewon Class termasuk “berani” mengangkat beberapa hal yang pada dasarnya masih tabu di negeri asalnya, seperti LGBT, rasisme, bullying, dan feminisme.

Evaluasi

Itaweon Class mendapat sambutan baik dari penonton di negara asalnya dan masuk jajaran drama televisi dengan rating tertinggi di negeri ginseng tersebut. Dan mendapat sambutan positif dari masyarakat internasional setelah ditayangkan di Netflix.

Kelebihan dari drama ini adalah jalan ceritanya yang relatif segar, akting para pemeran yang “dapet banget”, sinematografi “apik”, dan juga didukung lagu soundtrack yang pas.

Sedikit kekurangan dari drama Itaewon Class adalah jalan ceritanya yang mulai agak kedodoran di episode-episode terakhir. Namun, secara keseluruhan tidak mengurangi inti cerita.

Rangkuman

Drama Itaewon Class layak untuk ditonton khususnya oleh anak-anak muda yang mungkin sedang mengalami kemalangan hidup. Atau juga bagi yang ingin berwirausaha bisa mengambil inspirasi dari apa yang dialami oleh tokoh utama dalam drama ini. Recomended!

12. Contoh Teks Ulasan Warisan Budaya

gambar candi borobudur

Candi Borobudur

Orientasi

Nama Warisan Budaya: Candi Borobudur

Dibangun Oleh: Dinasti Syailendra

Tahun Pembuatan: 750 M

Fungsi Awal: Tempat Ibadah Agama Budha

Arsitek: Gunadharma

Candi Borobudur adalah candi Budha yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Borobudur merupakan candi budha terbesar di Indonesia dan telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Dalam bahasa Sansekerta kata Borobudur berarti “biara di perbukitan”. Sesuai namanya, Borobudur memang berada di perbukitan. Borobudur dibangun sebagai tempat ibadah agama budha. Karena agama budha adalah agama resmi kerajaan Mataram Kuno. Borobudur juga pernah menjadi satu dari 7 keajaiban dunia.

Tafsiran

Setelah kerajaan Mataram Kuno runtuh, Borobudur sempat terlantar sehingga tertutup tanah dan pepohonan. Penemuan kembali candi Borobudur dimulai pada 1814 ketika pulau Jawa sedang berada di bawah kendali Inggris dengan pemimpinnya Thomas Stamford Raffles. Sejak ditemukan kembali, Candi Borobudur terus menerus mengalami pemugaran dan benar-benar selesai pada tahun 1982. Dan akhirnya Borobudur masuk sebagai salah satu situs warisan budaya dunia pada 1991. Candi Borobudur ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya.

Candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata kebanggaan Indonesia. Ia menjadi objek wisata paling populer ke-3 di Indonesia setelah Bali dan Lombok. Komplek wisata candi Borobudur tidak hanya menawarkan pesona candi sebagai objek wisata. Namun juga ada safari gajah, sendratari Ramayana, dan sunrise. Harga tiket masuk Borobudur untuk wisatawan domestik sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara sekitar $20.

Evaluasi

Borobudur memang sudah menjadi destinasi wisata yang populer. Namun, dari segi kunjungan wisatawan mancanegara masih kalah jauh dibandingkan dengan Angkor Wat di Kamboja yang sama-sama menawarkan destinasi wisata berupa warisan budaya. Ini yang masih perlu diperbaiki dari promosi candi Borobudur ke dunia internasional. Salah satu hal yang membuat Borobudur masih kalah dengan Angkor Wat adalah masalah akses. Dimana akses ke Borobudur harus menggunakan jalur darat. Dan akses ke bandara terdekat masih cukup jauh.

Rangkuman

Candi Borobudur merupakan warisan budaya yang harus terus dilestarikan. Untuk melestarikan Borobudur menjadi tugas banyak pihak. Bukan hanya pengelola saja. Namun juga pemerintah dan masyakarat juga harus terlibat dalam pelestarian Borobudur sesuai peran yang bisa diambil.

13. Contoh Teks Ulasan Deskriptif

gambar laskar pelangi

LASKAR PELANGI

  • Tahun Rilis : 2008
  • Genre : Drama, Roman
  • Produksi : Miles Films, Mizan Productions, dan SinemArt
  • Sutradara : Riri Riza
  • Pemeran : Cut Mini, Mathias Muchus, Slamet Rahardjo Djarot, Ikranagara, Teuku Rifnu Wikana

Laskar Pelangi adalah sebuah film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Andrea Hirata, seorang penulis produktif asal pulau Belitung. Film ini bercerita tentang anak-anak dari pulau Belitung termasuk wilayah berpenduduk miskin. Mereka bersepuluh adalah siswa SD Muhammadiyah, sekolah nyaris ambruk dan terancam ditutup.

Awalnya mereka berjumlah 9 siswa, kemudian datang anak bernama Harun, seorang anak dengan keterbelakangan mental yang “menyelematan” dari akan ditutupnya sekolah tersebut. Karena jika jumlah siswa tidak sampai 10 anak, maka sekolah akan ditutup. Setelah jumlah siswa genap 1o anak, sekolah dengan bangunan adanya tersebut dizinkan untuk berkegiatan seperti sekolah yang lain pada umumnya.

Karakter “Aku” dalam Laskar Pelangi yang menjadi tokoh utama adalah Ikal. Salah seorang siswa SD Muhammadiyah Belitung yang sangat menyukai dunia sastra. Masing-masing dari 10 anak di SD Muhammadiyah Belitung memiliki keunikan sendiri-sendiri. Ada Lintang yang merupakan anak nelayan miskin namun memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ada juga Mahar yang kreatif dan penyuka seni.

Sekolah sederhana itu dibiayai lewat uluran tangan para donatur. Gedungnya bobrok, ruang kelas hanya beralaskan tanah, atapnya bolong, bangku seadanya, dan jika malam hari digunakan untuk menyimpan ternak. Tak hanya itu, untuk menggaji guru dan kepala sekolah saja hanya mampu membayar dengan sekian kilo beras.

Dengan segala keterbatasan sekolah “Laskar Pelangi” tersebut, tidak menghalangi siswa-siswanya untuk menorehkan prestasi. Seperti ketika mereka menjuarai lomba karnaval antar sekolah. Dan pucaknya adalah ketika perwakilan anak-anak “Laskar Pelangi” berhasil menjuarai lomba cerdas cermat. Mengalahkan sekolah-sekolah negeri dan juga sekolah PN Timah yang biasanya menjadi juara pada ajang tersebut.

Film Laskar Pelangi memiliki banyak sisi positif. Seperti motivasi untuk mengejar cita-cita meskipun berada di tengah-tengah keterbatasan. Seperti digambarkan tokoh utama Ikal. Selain itu film ini juga mengajarkan semangat juang bagi seorang pendidik agar tidak putus asa dalam mendidik generasi penerus.

14. Contoh Teks Ulasan Kritis

Ulasan/Tanggapan Kritis Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak

penggunaan gadget pada anak

Evaluasi

Hari ini kita tidak bisa lepas dari gadget dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan gadget khususnya smartphone tidak hanya sekedar alat komunikasi saja tapi juga sebagai sarana hiburan, pendidikan, dan bahkan alat mencari nafkah. Penggunaan gadget bukan hanya oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Baik untuk hiburan, mencari informasi, atau bermain game. Penggunaan gadget oleh anak-anak dalam waktu yang lama dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental si anak.

Deskripsi Teks

Penelitian di Bristol University tahun 2010 mengungkapkan, bahaya penggunaan gadget pada anak-anak dapat meningkatkan gangguan kecemasan, kurang atensi, risiko depresi, autisme, psikosis, kelainan bipolar dan perilaku bermasalah lainnya.

Lebih jelas ada beberapa dampak negatif penggunaan gadget terlalu lama pada anak untuk kesehatan fisik, yaitu:

  1. Meningkatkan risiko gangguan mata seperti miopi dan mata lelah.
  2. Kurang tidur dan jadi kurang fokus.
  3. Berisiko mengalami keterlambatan bicara bagi anak-anak kecil yang terlalu lama menatap layar gadget.
  4. Berisiko mengalami peningkatan berat badan karena kurang gerak, insomnia, sakit kepala, nutrisi yang buruk, dan masalah penghilatan.

Selain berdampak bagi kesehatan fisik, penggunaan gadget terlalu lama juga berdampak bagi kesehatan mental, seperti:

  1. Berisiko mengalami perubahan perilaku hingga depresi.
  2. Berkurangnya kemampuan menahan diri, berpikir, dan mengendalikan emosi.
  3. Timbul perasaan cemas, kesepian, rasa bersalah, isolasi diri, depresi, dan perubahan suasana hati.

Penegasan Ulang

Penggunaan gadget pada anak-anak apalagi dalam waktu yang lama lebih banyak memberikan dampak yang negatif dibanding sesuatu yang positif. Dengan demikian, orang tua untuk tidak memberikan gadget pada anak terlalu dini.

15. Contoh Teks Ulasan Informatif

Novel Perahu Kertas

ulasan perahu kertas

Judul : Perahu Kertas
Penulis : Dewi Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Editor : Hermawan Aksan
Cetakan : I, Agustus 2009
Tahun Terbit : 2010
Jumlah Halaman : 444 halaman

Novel Perahu Kertas menceritakan kisah seorang remaja bernama Keenan yang memiliki cita-cita di bidang seni namun berbeda dengan keinginan orang tuanya yang menginginkannya untuk belajar ekonomi. Alasannya karena meenurut orang tua Keenan menjadi pelukis tidak menjanjikan secara ekonomi.

Tokoh lain adalah Kugy. Seorang gadis periang, lincah, dan nyentrik. Kugy bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng. Namun, karena alasan potensi karir pendongeng yang kurang menjanjikan akhirnya Kugy memutuskan untuk belajar di fakultas sastra di salah satu universitas di Bandung.  Tempat yang sama dengan Keenan menempuh pendidikan ekonominya.

Pertemuan antara kedua tokoh utama tersebut diperantarai dua sahabat mereka yaitu Eko dan Noni. Eko adalah sahabat sekaligus famili dari Keenan, sedangkan Noni adalah sahabat baik Kugy.  Persahabatan di antara mereka berempat lama-lama semakin erat. Dan secara diam-diam Keenan dan Kugy saling memagumi satu sama lain. Kekeguman itu lama-lama berubah menjadi rasa cinta. Namun, mereka tidak berani untuk mengutarakan perasaan satu sama lain. Salah satu alasan adalah karena Kugy sendiri sudah memiliki kekasih bernama Joshua. Selain itu Keenan sendiri juga dekat dengan Wanda, seorang kurator benda seni yang secara kebetulan adalah sepupu Noni.

Hubungan Keenan dan Wanda tidak berlangsung lama karena Keenan memutuskan untuk pindah dari Bandung ke Bali. Pun hubungan Kugy dan Joshua, juga tidak langgeng. Karena Kugy sudah menjalin hubungan dengan Remy yang merupakan bosnya di tempat Kugy bekerja setelah lulu kuliah.

Keenan dan Kugy kembali bertemu setelah ayah Keenan mengalami stroke. Keenan harus balik ke Jakarta untuk melanjutkan bisnis ayahnya. Dan pertemuan kedua tokoh ini dalam suasana yang sudah berbeda membuat mereka tidak bisa menahan perasaan masing-masing.

Novel perahu kertas memiliki kelebihan dengan ceritanya yang sederhana. Namun syarat makna tentang persahabatan dan motivasi untuk meraih cita-cita. Selain itu bahasa yang digunakan juga mudah dipahami oleh pembaca.

Satu hal yang menjadi catatan dari novel ini adalah banyaknya latar tempat yang digunakan. Sehingga pembaca bisa menjadi bingung untuk memahami.

Masih banyak contoh teks ulasan lain tentang karya seni. Setelah ini Anda pun bisa mencoba berlatih membuat teks ulasan sesuai dengan kaidah-kaidah dan contoh di atas.

Tinggalkan komentar