Referensi Surat Pengunduran Diri Bagi Kamu yang Ingin Resign Kerja

Referensi Surat Pengunduran Diri Bagi Kamu yang Ingin Resign Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri – Hallo sahabatnesia, pernahkah kalian ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan karena ada pekerjaan lain yang lebih baik dibanding pekerjaan tersebut ? Dalam dunia kerja pastinya banyak hal yang akan kita temukan baik itu berupa hambatan, suka dan duku ataupun pengalaman kerja yang mungkin masih belum sesuai dengan fashion kita.

Satu hal yang paling ditakuti oleh seorang karyawan adalah ingin mengundurkan diri akan tetapi menjadi salah satu karyawan yang sangat disenangi oleh pipimpinannya. Jadi harus gimana yah ngomongnya ? Ini cukup sulit loh hehe.

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas tentang contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar tanpa menyinggung perasaan pimpinan kita. Bagaimana caranya ? Nah baca artikel ini sampai selesai yah 😀

Surat pengunduran diri yang akan kamu buat tentunya ingin disetujui oleh pimpinan perusahaan tanpa harus mengurangi citra baik diri kamu dan keluarga dihadapan pimpinan perusahaan kamu. Oleh karena itu hendaknya dalam membuat surat pengunduran diri atau yang dikenal dengan surat resign harus memperhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah dengan tidak menyertakan alasan yang negatif seperti karena ingin bekerja di perusahaan lain yang dari segi gajinya lebih besar atau karena faktor internal yang membuat kamu tidak nyaman bekerja di perusahaan tersebut.

Sebelum kita membahas contoh surat pengunduran diri, kita akan mengulas sedikit mengenai beberapa tips menulis surat pengunduran diri atau surat resign. Berikut ini adalah penjelasannya.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri
500px.com

Dalam menulis surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar pimpinan kamu menyetujui surat tersebut tanpa harus menyakiti perasaannya. Berikut ini adalah ulasan lebih detailnya.

  1. Dalam menulis surat pengunduran diri, sebaiknya menggunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.
  2. Alasan yang kamu ungkapkan dalam surat pengunduran diri harus jelas serta tidak mengandung alasan yang sifatnya negatif.
  3. Ucapkan juga terimakasih kepada perusahaan, baik itu kepada pimpinan kamu dan pegawai yang lainnya untuk memberikan rasa terimakasih. Hal ini penting, karena kamu pernah mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga dari mereka semua.
  4. Sampaikan permohonan maaf kepada pimpinan perusahaan dan juga para pegawai yang lainnya. Karena setiap pekerjaan yang kita lakukan tidak luput dengan kekhilafan atau kesalahan.

Nah itulah beberapa tips sebelum kamu membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Selanjutnya kita akan memberikan beberapa referensi mengenai contoh surat resign yang baik dan benar.

Format Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign

Struktur penulisan surat pengunduran diri sebenarnya hampir sama dengan surat lamaran kerja, akan tetapi perbedaannya hanya terletak pada penulisan surat pengunduran diri akan lebih terasa berbeda. Karena dalam penulisannya Anda harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya seperti surat resmi yang biasanya kita buat, harus memuat bagian-bagian dalam surat seperti :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang sopan
  • Tanda tangan
  • Materai (jika diperlukan)

Contoh Susunan Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Pada paragraf pertama Anda bisa menyatakan bahwa Anda mengundurkan diri. Secara singkat jelaskan alasan atau alasan Anda untuk pergi. Adalah tepat untuk memulai surat pengunduran diri dengan ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan ragu untuk menggunakan kata-kata Anda sendiri selama mereka bersikap sopan dan profesional.

Menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan sentuhan yang bagus. dan terlihat profesional untuk menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘mereka’.

  • Anda dapat menyatakan jika Anda telah ditawari pekerjaan baru atau promosi di organisasi lain dan memberikan penjelasan singkat mengapa Anda menerimanya.‘Kesempatan akan melanjutkan karir saya’ adalah alasan bagus untuk menggunakan kata-kata tersebut.

Pada paragraf kedua, sebutkan rincian seperti tanggal, dan bisa kalian tulis apapun yang akan Anda butuhkan untuk dibersihkan sebelum Anda pergi. Mengklarifikasi tanggal hari terakhir Anda akan membiarkan atasan Anda tahu berapa lama dia harus menemukan seseorang untuk menggantikan Anda. Sebaiknya berikan detail kontak Anda sehingga atasan Anda bisa menghubungi mereka jika mereka memiliki pertanyaan tentang proyek yang sedang Anda kerjakan. Ini akan membuat transisi jauh lebih mulus untuk semua orang.

  • Ringkas tentang rincian yang perlu Anda sebutkan. Jika perlu waktu terlalu lama untuk menjelaskan beberapa rincian, pertimbangkan untuk menyebutkannya secara singkat dan berbicara dengan atasan Anda tentang hal itu selama pertemuan Anda.

Ada baiknya menutup surat Anda dengan ‘Saya menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin saya timbulkan’ dan memberikan pernyataan positif singkat tentang waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di tempat yang Anda tinggalkan. Menutup surat Anda sepanjang baris ini akan melunakkan apa yang bisa menjadi berita sulit bagi atasan Anda untuk didengar.

  • Tidak selalu perlu diakhiri dengan sebuah kalimat tentang seberapa besar Anda menikmati pekerjaan Anda. Tapi jika rasanya alami untuk memasukkan hal ini maka lakukanlah.

Terakhir, dengan sopan berterima kasih kepada bos/manager anda atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama Anda di perusahaan.

  • Bersikap sopan dan menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang telah Anda berikan akan meninggalkan kesan keseluruhan yang baik pada atasan Anda.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

  • Jika Anda menulis dengan mesin ketik komputer anda bisa terlebih dahulu untuk pindai tanda tangan Anda dan masukkan ke dalam dokumen tersebut.

Namamu

 

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penduran Diri yang Baik dan Benar

Jika kamu ingin meninggalkan sebuah pekerjaan, maka sebaiknya terlebih dahulu kamu memberikan sebuah pemberitahuan kepada boss perusahaan tempat kamu bekerja. Agar perusahaan tersebut bisa mencarikan orang yang dapat menggantikan posisi kamu terlebih dahulu.

Nah, kamu bisa menggunakan surat pengunduran diri atau surat resign sebagai alat untuk pemberitahuannya, serta dalam pembuatan surat pengunduran kerja ini, kamu bisa menggunakan surat pengunduran diri sebagai pemberitahuan secara resmu bahwa kamu hendak keluar dari perusahaan tersebut.

(Nama Kota Kamu), (Tanggal Bulan Tahun)

 

Kepada Yth,

HRD

PT (Nama Perusahaan)

(Alamat Perusahaan Kamu Bekerja)

(Nama Kota Tempat Kamu Bekerja)

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (Nama Kamu) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Kamu Bekerja) sebagai (Jabatan Kamu), terhitung sejak tanggal (Tanggal Pengunduran Diri Dari Perusahaan Tersebut).

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan kesempatan dan hal-hal apapun yang pernah saya dapatkan di (Nama Perusahaan Tempat Kamu Bekerja), dan tidak hanya itu saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (Nama Perusahaan Tempat Kamu Bekerja) jika ada kesalahan atau kekeliruan yang pernah saya lakukan selama bekerja disini.

Saya berharap agar (Nama Perusahaan Tempat Kamu Bekerja) bisa berkembang terus menerus dan selalu menjadi yang terbaik dan terdepan di masa yang akan datang.

Hormat Saya

 

(Nama Lengkap Kamu)

Nah kurang lebih seperti itu contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Kamu hanya tinggal melengkapi data-data yang belum di isi diatas sesuai dengan identitas kamu dan perusahaan tempat kamu bekerja.

Contoh Surat Resign dari Perusahaan yang Sopan

Balikpapan, 28 Februari 2016

 

Kepada Yth,

Manager PT. Pertamina Indonesia

Jalan Minyak No. 17

Balikpapan

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Muhammad Lutfi Aji Arya Putra bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pertamina Indonesia Cabang Balikpapan sebagai HUMAS yang terhitung sejak tanggal 27 Februari 2016.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk PT. Pertamina Indonesia Cabang Balikpapan yang sudah memberikan kesempatan untuk saya untuk berkontribusi selama 5 tahun bekerja. Tidak hanya itu, saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan staff PT. Pertamina Indonesia Cabang Balikpapan jika terdapat kesalahan atau kekhilafan yang pernah saya lakukan selama saya bekerja disini.

Saya berharap agar PT. Pertamina Indonesia Cabang Balikpapan dapat terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik di masa yang akan datang.

Hormat saya,

 

Muhammad Lutfi Aji Arya Putra

 

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi
500px.com

Jika kamu mengikuti sebuah organisasi, kemudian ingin mengeluarkan diri dikarenakan faktor x, maka kamu bisa menggunakan referensi surat pengunduran diri dari organisasi dibawah ini.

Surabaya, 11 Januari 2016

Kepada Yth,

Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA Negeri 2

Surabaya

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Shafira Nurlita

Kelas : XI IPA 4

Jabatan : Sekretaris

 

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Pengurus OSIS SMA Negeri 2 Surabaya. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

  1. Orang tua tidak menyetujui.
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar saya.
  3. Minat saya untuk menjadi Pengurus OSIS sudah tidak ada.

Selama satu tahun memegang tanggung jawab sebagai Sekretaris Pengurus OSIS, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pelajaran serta melatih kemampuan saya dalam berorganisasi.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus OSIS dan Pembina OSIS SMA Negeri 2 Surabaya. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya pernah melakukan kesalahan atau kekhilafan selama mengemban amanah menjadi Sekretaris Pengurus OSIS.

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Mengetahui,

Orang Tua Murid Yang Mengajukan

(Sutomo Sugiharto) (Shafira Nurlita)

Menyetujui,

Pembina OSIS Ketua OSIS 2015/2016

(Agung Ekos S) (Arya Putra)

Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa dari Kampus

Surat pengunduran diri atau surat resign mahasiswa dari kampus untuk berhenti kuliah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat pengunduran diri dari sekolah. Akan tetapi surat pengunduran diri dari kampus sedikit lebih rumit pada formatnya.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin mengundurkan diri dari kampus sebaiknya kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Terdapat 3 jenis surat resign atau surat pengunduran diri dari kampus. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Surat pengunduran diri yang pertama yaitu surat resign yang disampaikan kepada pembimbing akademik. Kemudian, surat ini akan diteruskan ke dekan, dan setelah itu dekan akan memberikannya kepada rektor.
  2. Surat pengunduran diri yang kedua adalah pengunduran diri secara langsung, yakni dari mahasiswa yang bersangkutan ke rektor kampus dengan syarat harus memperoleh persetujuan dari pihak yang terkait.
  3. Surat pengunduran diri yang ketiga secara umum yaitu diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Bagian-bagian dalam surat pengunduran diri dari kuliah adalah sebagai berikut.

  • Bagian pembuka
  • Bagian pendahuluan
  • Bagian Penutup
  • Mengetahui

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri mahasiswa dari kampus yang baik dan benar.

Nomor : /UN28.09/PP/

Lampiran : 1

Hal : Pengunduran Diri Sebagai Mahasiswa

 

Kepada Yth,

Rektor Universitas Balikpapan

Di Balikpapan

 

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri mahasiswa dengan data pribadi dibawah ini :

Nama : Muhammad Lutfi Aji Arya Putra

NIM : 2802976823

Program Studi : Teknik

Jurusan : Teknik Sipil

Fakultas : Teknik

Aktif Kuliah : Semester 1 sampai dengan semester 5

Alamat : Jalan Projakal, Perumahan Graha Indah Blok I/10

 

Selanjutnya saya mohon kepada rektor untuk memberikan surat keterangan pengunduran diri untuk saya dengan kelengkapan transkrip akademik sebagaimana yang sudah terlampir.

Atas perhatian Bapak Rektor, saya ucapkan terimakasih.

Nama

 

Muhammad Lutfi Aji Arya Putra

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Pensiun

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Nah itulah beberapa referensi mengenai contoh surat pengunduran diri / contoh surat resign yang baik dan benar sesuai dengan prosedur. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Contoh Surat Pengunduran Diri