Contoh Cover Makalah dan Proposal yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Referensi

Contoh Cover Makalah – Hallo sahabatnesia, pernahkah kalian membuat makalah ? Pastinya pernah dong. Tapi pernah enggak sih kalian memperhatikan pada bagian covernya ? Kebanyakan dari kita tidak pernah memperhatikan pada bagian covernya. Padahal bagian cover itu yang sangat penting.

Sebelum orang membaca suatu makalah, maka yang pertama kali dilihat adalah bagian covernya. Jika cover makalah tersebut tidak menarik, maka pembaca enggan membaca atau membuka apa yang ada didalamnya. Awalnya saya juga membuat cover makalah asal-asalan. Namun setelah mengetahui ilmunya, saya jadi mengerti bahwa membuat cover makalah itu harus sebagus mungkin.

Tapi pada kenyataannya orang yang membuat cover makalahnya sederhana bukan berarti dia malas. Akan tetapi bingung untuk membuat cover makalah yang baik dan benar agar menarik.

Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai cover makalah. Dari cara pembuatannya sampai dengan contoh-contoh cover makalah. Harapan saya setelah kamu membaca artikel ini, pengetahuan dan wawasan kamu mengenai cover makalah akan bertambah. Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.

Cara Membuat Cover Makalah

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat cover makalah yang baik dan  benar. Sebelum kamu membuat cover makalah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yakni membuat kerangka makalah.

1. Judul Makalah

Judul merupakan bagian pertama yang harus ditulis terlebih dahulu. Pemberian judul ini berfungsi untuk memberikan suatu informasi pokok kepada para pembaca mengenai hal yang akan diulas pada makalah tersebut. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam penulisan judul ini adalah sebagai berikut.

Format

  • Menggunakan font Times New Roman, dengan size: 14 atau 16, huruf kapital (caps lock) dan di Bold.
  • Pengaturan margin, bagian kiri: 3,5 cm, bagian kanan: 2 cm, bagian atas dan bawah: 2,5 cm.
  • Letak menggunakan rata tengah, caranya tekan CTRL + E pada microsoft word.
  • Ukuran kertas yang digunakan adalah A4

2. Tujuan Pembuatan Makalah

Langkah selanjutnya adalah membuat bagian tujuan pembuatan makalah. Pada bagian ini ditulis berupala alasan atau tujuan kenapa makalah ini dibuat. Misalnya “Makalah ini dibuat sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional dan Uji Kompetensi”. Ditulis dengan menggunakan font Times New Roman dengan ukuran font : 12.

Logo merupakan hal yang wajib untuk dicantumkan dalam penyusunan cover makalah. Hal ini dikarenakan logo menunjukkan bahwa makalah tersebut memang bersifat formal.

Logo diletakkan pada bagian tengah cover, untuk ukurannya sendiri bisa disesuaikan saja. Yang penting jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. Cukup bisa terlihat dengan jelas oleh pembacanya.

4. Identitas Penulis

Identitas penulis dicantumkan dibawah logo. Jika penyusun makalah ini dikerjakan secara individu maka yang perlu dicantumkan adalah nama, kelas/jurusan, dan nomor identitas diri. Nah, bagaimana kalau makalahnya dikerjakan secara berkelompok ? Kamu cukup menuliskan nama anggota dalam kelompok itu saja.

5. Identitas Instansi / Sekolah / Universitas / Organisasi

Langkah selanjutnya adalah memcantumkan identitas instansi / sekolah / universitas / organisasi yang penulis tersebut tempati. Penulisan ini menggunakan huruf kapital dan ditebalkan. Contohnya seperti ini.

Nama Sekolah atau Universitas

  • SMK NU KAPLONGAN
  • UNIVERSITAS INDONESIA
  • HARDVARD UNIVERSITY

Nama Jurusan

  • AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BALIKPAPAN
  • MANAJEMEN INTERNATIONAL UNIVERSITAS PASUNDAN
  • FACULTY OF HEALTH OXFORD UNIVERSITY

6. Alamat

Berikutnya adalah mencantumkan alamat. Tuliskan identitas alamat sekolah / universitas / lembaga terkait yang kamu tempati. Untuk penulisannya sendiri menggunakan font dengan ukuran 10. Tuliskan yang lengkap (nama jalan, nomor alamat, kecamatan atau distrik, kabupaten, provinsi, dan kode pos). Jangan lupa untuk menyertakan kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon, email, dan faksimile.

7. Tahun Pembuatan Makalah

Hal terakhir yang mesti kamu lakukan adalah mencantumkan tahun pembuatan. Hal ini dikarenakan makalah sifatnya dokumen, maka tahun pembuatan ini berfungsi sangat penting sebagai arsip. Jadi ketika dibutuhkan lagi, mudah untuk ditemukan.

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah
500px.com

Contoh diatas merupakan contoh cover makalah untuk individu. Gambar diatas bisa kamu jadikan sebagai referensi yang tepat dalam pembuatan cover pada makalah kamu. 

Contoh Cover Makalah
500px.com

Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh Cover
500px.com

Nah, kalau contoh cover makalah diatas diperuntukan untuk kelompok. Karena makalah yang dibuat dikerjakan secara bersama-sama. Jadi, ikuti saja formatnya diatas. 

Contoh Cover Proposal yang Baik dan Benar

Bedanya cover makalah dengan cover proposal adalah desainnya lebih condong bebas. Jadi kita bisa berinovasi dalam pembuatan desainnya. Hal ini dikarenakan proposal sangat penting sekali. Proposal memiliki fungsi sebagai alat untuk permohonan bantuan dana. Oleh karena itu desainnya harus semenarik mungkin.

Bagi kamu yang pernah ikut organisasi pasti sudah tau mengenai hal ini. Jika cover proposal biasa saja atau bahkan tidak bagus, maka donatur atau sponsor tidak akan tertarik untuk membaca isinya. Hal ini tentunya akan merugikan untuk kita. Lantas bagaimana contoh cover proposal yang baik dan benar ? Berikut ini beberapa referensi contoh cover proposal.

Cover Proposal
500px.com
Contoh Cover Proposal
500px.com
Cover Skripsi
500px.com

Nah itulah penjelasan singkat mengenai contoh cover makalah dan contoh cover proposal yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk belajar. Semoga dapat bermanfaat

Contoh Cover Makalah

Tinggalkan komentar