Unsur Kebudayaan Universal Beserta Contohnya

7 Unsur Kebudayaan Universal Beserta Pengertian dan Contohnya

Unsur Kebudayaan – Hallo sahabatnesia, Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang begitu luar biasa. Namun apakah kalian tahu tentang pengertian kebudayaan ? Apa saja unsur unsur yang terdapat di dalamnya ?

Sebagai anak bangsa yang cerdas, kita harus paham akan arti budaya. Kali ini kita akan mencoba mengupas tentang pengertian budaya menurut para ahli beserta unsur unsur kebudayaan yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Pengertian Budaya


Pengertian Budaya
500px.com

Secara umum, pengertian budaya adalah mengatur agar manusia bisa mengerti bagaimana seharusnya untuk bertindak, berbuat, menentukan sikap ketika berinteraksi dengan orang lain.

Istilah budaya dari kata culture yang merupakan istilah bahasa asing yang memiliki arti kebudayaan. Kata tersebut berasal dari bahasa latin “colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya merupakan sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti atau makna dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung kearah cara berpikir manusia.


Pengertian Budaya Menurut Para Ahli


Pengertian Budaya Menurut Para Ahli
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian budaya menurut beberapa ahli :

1. Definisi Budaya Menurut E.B Taylor

Budaya merupakan komples yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Definisi Budaya Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaningrat kata budaya berasal dari kata “colere” kemudian “culture” yang diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

3. Definisi Budaya Menurut Linton

Budaya merupakan keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

5. Definisi Budaya Menurut Effat Al-Syarqawi

Beliau mendefinisikan bahwa pengertian budaya dari pandangan agama islam adalah khzanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin di dalam kesaksian dan berbagai nilai yang menggariskan bahwa suatu kehidupan harus memiliki makna dan tujuan rohaniah.

6. Definisi Budaya Menurut Jensen dan Trenholm

Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, adat istiadat, kepercayaan, aturan, dan juga kode. Yang jika dilihat secara sosial mengartikan kelompok-kelompok tertentu, kemudian mengikat mereka satu dengan yang lainnya serta memberikan mereka kesadaran bersama.

7. Definisi Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara

Budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat terhadap zaman dan alam. Perjuangan ini membuktikan kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan rintangan untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidupnya.


7 Unsur Budaya


Unsur Unsur Budaya
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 7 unsur budaya :

1. Bahasa

Bahasa merupakan suatu pengucapan yang indah dalam elemen kebudayaan dan sekaligus sebagai alat perantara yang paling utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan.

Bentuk bahasa ada dua, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan.

2. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan berkisar pada pengetahuan tentang kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat peralatan yang digunakannya. Sistem pengetahuan meliputi flora dan fauna, ruang pengetahuan tentang alam sekitar, waktu, ruang dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia serta tubuh manusia.

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial

Organisasi sosial merupakan sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial meliputi kekerabatan, asosiasi, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, dan perkumpulan.

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Yang dimaksud dengan teknologi adalah jumlah dari semua teknik yang dimiliki oleh para anggota dalam suatu masyarakat yang meliputi cara bertindak dan berbuat dalam mengelola dan mengumpulkan bahan-bahan mentah.

Kemudian bahan tersebut dijadikan sebagai alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya yang berupa material.

Unsur teknologi yang sangat menonjol adalah kebudayaan fisik yang meliputi alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian, perhiasan, tempat tinggal, perumahan, dan alat-alat transportasi.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Sistem mata pencaharian hidup adalah segala usaha atau upaya manusia untuk medapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan.

Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi meliputi berburu, mengumpulkan makanan, bercocok tanam, perikanan, peternakan, dan perdagangan.

6. Sistem Religi

Sistem religi bisa diartikan sebagai sebuah sistem yang terpadu antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal yang suci dan tidak dapat dijangkau oleh akal dan pikiran.

Sistem religi meliputi sistem kepercayaan, sistem nilai, pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

7. Kesenian

Secara sederhana kesenian dapat diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan atau estetika. Bentuk keindahan yang beraneka ragam itu muncul dari sebuah permainan imajinatif dan kreatif.

Hal itu dapat memberikan kepuasan batin bagi manusia. Secara garis besar, kita dapat memetakan bentuk kesenian dalam tiga garis besar, yaitu seni rupa, seni suara dan seni tari.


Unsur Unsur Budya Menurut Para Ahli


Unsur Kebudayaan Universal
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan unsur-unsur budaya menurut para ahli :

1. Melville J. Herkovits

Ia mengatakan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok yaitu :

  • Keluarga
  • Sistem Ekonomi
  • Alat-alat teknologi
  • Kekuasaan politik

2. Bronislaw Malinowski

Ia mengatakan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, akan tetapi sedikit berbeda dengan pendapat Melville J. Herkovits, yaitu :

  • Adanya sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk bisa menyesuaikan diri dengan alam yang ada di sekitarnya.
  • Organisasi ekonomi.
  • Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas untuk pendidikan (keluarga merupakan lembaga pendidikan utama)
  • Organisasi kekuatan (politik)

3. C. Kluckohn

Ia mengemukakan terdapat 7 unsur budaya atau kebudayaan yang sifatnya secara universal yaitu :

  • Sistem pengetahuan
  • Bahasa
  • Sistem Teknologi dan peralatan
  • Sistem Kesenian
  • Sistem Mata Pencaharian
  • Sistem Religi
  • Sistem kemasyarakatan

Ciri Ciri Budaya


Ciri Ciri Budaya
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri kebudayaan :

  • Kebudayaan merupakan budaya sendiri yang berada di daerah tersebut dan dipelajari.
  • Bisa disampaikan kepada setiap orang dan setiap kelompok serta bisa diwariskan dari setiap generasi.
  • Bersifat dinamis, artinya suatu sistem yang dapat berubah sepanjang waktu atau mengikuti perkembangan zaman.
  • Bersifat selektif, artinya mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas.
  • Memiliki unsur budaya dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
  • Etnosentrik, yang artinya menganggap budaya sendiri sebagai budaya terbaik atau menganggap budaya orang lain sebagai budaya standar.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian budaya, definisi budaya menurut para ahli, unsur unsur budaya, unsur kebudayaan menurut para ahli, ciri ciri budaya, beserta contoh kebudayaan Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kamu 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

1 thought on “7 Unsur Kebudayaan Universal Beserta Pengertian dan Contohnya

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini