Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Kumpulan Contoh Resensi Buku Pengetahuan yang Baik dan Benar

Contoh Resensi Buku Pengetahuan – Hallo sahabatnesia, apakah ada yang pernah meresensi buku pengetahuan ? Pada artikel ini kita akan menjelaskan bagaimana cara meresensi buku dengan baik beserta contohnya.

Namun disini kita akan membahas lebih kepada buku pengetahuan yah atau yang biasa disebut dengan buku non fiksi. Sebelum kita belajar untuk meresensi sebuah buku, kita harus memahami dulu arti atau makna dari resensi itu sendiri.

Resensi buku dapat diartikan dengan merangkum sebuah buku dan tentu harus sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu. Sebelum kita belajar meresensi buku, kita pahami terlebih dahulu pengertian resensi. Berikut penjelasannya :


Pengertian Resensi


Pengertian Resensi
500px.com

Resensi berasal dari bahasa latin yaitu revidere atau recensie yang artinya adalah menimbang, melihat kembali, atau menilai. 

Dalam KBBI, resensi adalah ulasan dari sebuah buku. Jadi resensi merupakan ulasan singkat mengenai isi suatu buku, novel, majalah, drama ataupun film yang biasanya disiarkan oleh media-media sosial.

Adapun tindakan meresensi ialah untuk memberikan suatu penilaian, pembahasan, mengkritik, atau mengungkapkan kembali isi yang terdapat di dalam sebuah buku.


Tujuan Resensi


Tujuan Resensi
500px.com

Berikut ini adalah beberapa tujuan meresensi buku :

  1. Mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih jauh tentang masalah yang diangkat dalam karya yang dibuat resensi. Entah itu berupa buku, novel ataupun majalah.
  2. Resensi dibuat untuk memberikan pemahaman serta informasi secara lebih kepada pembaca tentang sebuah karya yang akan diresensi.
  3. Mmberikan pertimbangan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya untuk dibaca atau diterbitkan.
  4. Memberikan jawaban dan informasi kepada pembaca mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pembaca mengenai sebuah karya yang telah diterbitkan.

Manfaat Resensi


Conth Resensi Buku
sahabatnesia.com

Beberapa manfaat resensi buku atau novel :

  1. Sebagai bahan pertimbangan dan memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang suatu karya dan untuk mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
  2. Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang akan diresensi secara gratis dari penerbit buku apabila karya yang diresensinya di muat di koran atau majalah.
  3. Merupakan sarana atau media promosi buku. Buku yang di resensi merupakan buku baru yang belum pernah di resensi oleh orang lain. Dengan demikian, resensi merupakan sebagai media promosi buku baru tersebut untuk menarik perhatian orang yang suka membaca.
  4. Pengembangan kreatifitas. Semakin sering menulis, maka kita akan semakin terlatih untuk lebih berinovasi dalam menulis. Hal ini dilakukan untuk dapat mengembangkan kreativitas yang kita miliki.

Jenis Jenis Resensi


Jenis Jenis Resensi
500px.com

Berikut ini adalah jenis-jenis resensi buku :

1. Resensi Informatif

Resensi informatif adalah resensi yang hanya memberikan informasi mengenai isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan buku atau karya.

2. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif adalah resensi yang membahas secara lebih detail pada tiap bagian atau babnya.

3. Resensi Kritis

Resensi kritis adalah resensi yang berbentuk ulasan secara lebih detail dengan metodologi ilmu.


Unsur Unsur Resensi


Unsur Unsur Resensi
sahabatnesia.com

Berikut ini adalah unsur unsur resensi buku atau resensi novel :

1. Identitas Buku

Identitas buku meliputi :

  • Judul Buku
  • Nama Pengarang
  • Nama Penerbit
  • Ketebalan Buku
  • Tahun Terbit
  • Nomor Edisi

Identitas buku juga dapat meliputi ukuran buku, warna dan ilustrasi jilid buku. Akan tetapi dalam kepentingannya dengan penulisan resensi hal ini jarang sekali dimunculkan atau dibuat.

2. Ikhtisar Buku

Ikhtisar buku disusun berdasarkan pokok-pokok yang terkandung dalam buku. Akan tetapi karena buku yang akan di resensi berupa novel maka cara menentukan pokok-pokoknya berbeda dengan buku non fiksi.

Pokok-pokok isi novel dapat ditentukan dengan berdasarkan keadaan maupun peristiwa-peristiwa penting yang digambarkan di dalam novel.

3. Kepengarangan

Sosok pengarang sering kali diceritakan dalam resensi novel. Hal ini berkaitan dengan latar belakang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karya yang dibuat olehnya.

Bagian-bagian tersebut diceritakan secara ringkas dan pada umumnya tidak melebihi satu paragraf.

Sosok pengarang pada umumnya dicantumkan di halaman pertama atau dibagian belakang novel tersebut. Dari sanalah kamu bisa berbicara tentang unsur kepengarangan.

Untuk pengarang yang sudah terkenal, kamu dapat membaca dari sumber-sumber lainnya seperti di internet.

4. Keunggulan dan Kelemahan Buku

Keunggulan dan kelemahan buku pada resensi dapat berkaitan dengan unsur-unsur novel. Terhadap unsur-unsur ini, kamu dapat memberikan penilaian, baik itu berdasarkan kesederhanaan, kejelasan, kekhasan, penguasaan masalah, dan aspek-aspek lainnya yang dapat kamu tentukan sendiri sesuai dengan kreatifitas kamu.


Cara Merensi Buku Pengetahuan Lengkap


Contoh Resensi Buku Pengetahuan Alam
500px.com

Bagian-Bagian dalam Meresensi Buku :

  1. Judul resensi
  2. Judul buku yang akan di resensi
  3. Indentitas buku
  4. Rangkuman atau sinopsis padu buku 
  5. Kelebihan buku
  6. Kekurangan buku
  7. Pendapat penulis

1. Menentukan Buku yang Akan di Resensi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan buku yang akan di resensi. Buku yang layak untuk diresensi adalah buku yang memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Berisi hal-hal yang aktual
  • Berkualitas baik
  • Belum pernah di resensi 
  • Terbitan baru 

2. Menuliskan Identitas Buku 

Identitas buku yang harus kamu perhatikan adalah judul buku, penulis, penerbit, kota tempat terbit, tahun terbit, dan berapa jumlah halaman yang terdapat pada buku tersebut.

Contohnya :

Judul Buku : Muhammad Al Fatih 1453

Penulis : Felix Siauw

Penyunting : Salman Iskandar

Penerbit : Al Fatih Press

Cetakan : Kelima, November 2013

Tebal Buku : XXVI + 320 halaman

ISBN : 978 602 17997 03

3. Menulis Rangkuman atau Sinopsis Buku

Merangkum isi buku bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai isi buku. Kamu harus membaca buku tersebut secara menyeluruh dengan cermat untuk dapat memahami isinya. Rangkuman harus mencerminkan garis besar isi buku secara keseluruhan. 

4. Mengemukakan Kelebihan dan Kekurangan Buku

Setelah merangkum isi buku, kamu harus menuliskan apa kelebihan dan kekurangan isi buku. Itu artinya kamu harus menilai buku tersebut.

Dalam penilaian itu, kamu dapat memberikan tanggapan pribadi terhadap buku yang kamu resensi. Meskipun demikian, penilaian yang kamu berikan haris dilakukan secara jujur dan objektif.

5. Menulis Resensi Secara Lengkap

Setelah kamu memperoleh data yang lengkap, selanjutnya data tersebut kamu resensi dengan sebuah tulisan yang padu.

Dan jangan lupa memberikan rekomendasi atas kelayakan buku tersebut untuk dibaca.

Baca juga artikel : Contoh Resensi Novel Terlengkap Sesuai dengan EYD


Contoh Resensi Buku Pengetahuan


Resensi Buku Pengetahuan Lengkap Terbaru
wallpapercave.com

Identitas Buku

Judul Buku : Kuasai Lebih Cepat, Buku Pintar Accelerated Learning

Pengarang Buku : Colin Rose

Penerbit Buku : Kaifa Mizan

Tahun Terbit : 2003

Penerjemah : Femmy Syahrini

Tebal Buku : 193 halaman

Resensi Buku

Buku Kuasai Lebih Cepat, Buku Pintar Accelerated Learning ini adalah salah satu buku yang dikemas Kaifa Mizan secara simple dan jelas. Buku ini berisi beberapa tips agar pembaca mampu belajar dan memahami lebih cepat dalam berbagai ilmu.

Belajar cepat sangat dibutuhkan di abad ke-20 ini. Arus informasi semakin mudah terakses dan berkembang sedemikian cepatnya, membuat kita harus belajar dengan cepat. Belum lagi ilmu pengetahuan yang terus berkembang dan meningkat.

Buku ini menawarkan konsep belajar cepat tanpa membuat pembacanya merasa kelelahan. Oleh karena itu, buku ini akan memberikan tips, bahwa belajar cepat harus memaksimalkan potensi otak yang kita miliki. 

Sebagai penggugah penulis menyatakan bahwa otak manusia merupakan sebuah alat yang sangat canggih dan hebat. Tetapi tidak terdapat buku panduan penggunaannya.

Setelah menguatkan pembaca bahwa otak kita mempunyai potensi yang sangat luar biasa, penulis pun menggugah pembaca dengan meyakinkan kesadaran diri pembaca bahwa kita semua bisa menjadi orang yang sukses.

Selain tips-tips praktis yang menggugah pembaca, buku ini pun memaparkan beberapa bekal kepada orang tua, guru, pelatih dan siswa agar mampu memaksimalkan potensi diri yang mereka miliki.

Selain isinya yang inspiratif, buku ini mempunyai tampilan yang sangat menarik dan elegan. Desain cover maupun desain isi buku menjadikan pembaca nyaman pada saat membaca buku ini.

Terlebih, buku ini dilengkapi dengan beragam informasi seputar kesuksesan orang-orang terkenal dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh siswa, mahasiswa, guru, orang tua atau siapapun yang ingin belajar dan sukses. Harga buku ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kualitas tampilan dan isi yang akan kamu pelajari nantinya.

Baca juga artikel : Kumpulan Contoh Resensi Buku Non Fiksi yang Baik dan Benar


Contoh Resensi Buku Sejarah Muhammad Al Fatih 1453


Contoh Resensi Buku Sejarah
khansashops.blogspot.com

Identitas Buku

Judul Buku : Muhammad Al Fatih 1453

Penulis : Felix Siauw

Penyunting : Salman Iskandar

Penerbit : Al Fatih Press

Cetakan : Kelima, November 2013

Tebal Buku : XXVI + 320 halaman

ISBN : 978 602 17997 03

Sinopsis Buku Muhammad Al Fatih 1453

Menekuni sejarah, terutama yang berkaitan dengan sejarah Agama Islam, akan sangat memberikan motivasi dan renungan yang membuat kita berpikir dan melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali meninggalkan sejarah Agama Islam apalagi melupakannya.

Buku “Muhammad Al Fatih 1453” merupakan buku yang mengisahkan tentang penaklukkan Kota Konstantinopel oleh seorang Panglima Besar pada saat itu.

Konstantinopel merupakan sebuah kota yang sangat strategis karena terletak di persimpangan antara Benua Asia dan Benua Eropa. Kota yang mempunyai pelabuhan paling sibuk pada saat itu.

Konstantinopel adalah kota yang mendapatkan kesempatan terhormat dengan menjadi salah satu dari tiga peradaban terbesar di Dunia sekaligus mendapatkan gelar “Kota dengan Sistem Pertahanan Terbaik” pada saat itu.

Hampir puluhan percobaan untuk dapat menaklukkan kota tersebut, tapi semuanya gagal. Hingga 8 abad lamanya akhirnya kota tersebut dapat ditaklukkan.

Konstantinopel merupakan sebuah kota yang mempunyai benteng pertahanan berlapis tiga dengan ketinggian benteng pertahanan kurang lebih 20 meter.

Kota dengan pertahanan terkuat itu ternyata dapat ditaklukkan oleh seorang Sultan yang menjadi seorang tokoh besar Agama Islam, siapakah dia ?

Buku “Muhammad Al Fatih 1453” adalah buku yang menceritakan biografi seorang tokoh besar, tokoh yang mendapatkan julukan “Sebaik-baik panglima”, tokoh yang mampu menggerakkan pasukannya untuk berjuang menaklukkan Kota Konstantinopel dengan pertangan terkuat pada saat itu.

Muhammad Al Fatih adalah seorang ilmuwan dan ulama yang telah menghafal Al-Qur’an semenjak masih kecil, serta mempunyai kemampuan dalam berbahasa. Ia hafal dan paham terhadap 7 bahasa.

Kehidupan beliau sangat akrab dengan budaya keilmuan, selama masa pendidikannya beliau didampingi oleh dua ulama terbaik pada waktu itu.

Muhammad Al Fatih adalah seorang panglima perang yang sangat meyakini bisyarah (kabar) dari Nabi Muhammad SAW, yaitu :

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada dibawah komandonya adalah sebaik-baiknya pasukan.” (HR. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335)

Seluruh kehidupannya ia dedikasikan untuk tujuan yang mulia ini. Beliau menjadi panglima perang sekaligus menjadi gubernur pada umur 21 tahun dan terus melakukan penaklukkan demi penaklukkan sampai beliau wafat ketika ingin menaklukkan Kota Roma. 

Sampai saat ini Kota Roma belum pernah ditaklukkan oleh panglima manapun.

Kelebihan dan Kekurangan Buku 

Kelebihan : Pembaca dapat menekuni dan mempelajari sejarah umat Islam sebagai motivasi dalam beribadah. 

Kekurangan : Dalam buku ini masih terdapat beberapa kata yang masih belum bisa dipahami.

Baca juga artikel : Contoh Autobiografi Singkat Tentang Diri Sendiri yang Dapat Kamu Tiru !


Contoh Resensi Buku 7 Keajaiban Rezeki


Contoh Resensi Buku Pengetahuan Terpopuler
500px.com

Identitas Buku 

Judul Buku : 7 Keajaiban Rezeki

Penulis Buku : Ippho D. Santoso

Penerbit Buku : Elex Media Komputindo

Tanggal Terbit : April 2010

Jumlah Halaman : 191

Sinopsis Buku 7 Keajaiban Rezeki

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Kita akan mengupas satu-persatu untuk masing-masing babnya. Berikut ini penjelasannya :

Bab 1 Sidik Jari Kemenangan

Semua orang mempunyai sidik jari masing-masing. Tentunya disik jari antara satu dengan yang lainnya berbeda. Di dalam sidik jari ini tersimpan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang akan membawa kita untuk menuju kesuksesan yang kita cita-citakan.

Bab 2 Sepasang Bidadari

Tahukan kamu apa maksud dari sepasang bidadari ? Yang dimaksud sepasang bidadari disini adalah orang tua kita. Kita tidak akan pernah bisa terlahir ke dunia ini tanpa adanya orang tua. Orang tua adalah awal dari segalanya. Seluruh ridho Allah selalu ikut dalam ridho orang tua.

Terutama untuk mempermudah terbukanya pintu rezeki. Salah satu kiat atau tips untuk membuka pintu rezeki adalah menjaga hubungan baik dengan orang tua kita.

Bab 3 Golongan Kanan

Semua orang tentunya mempunyai otak yang sama. Baik beratnya, jumlah selnya, sarafnya, dan yang lain sebagainya. Hanya kualitas dan kapasitas otak yang berbeda-beda. Otak seseorang dibagi menjadi 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri.

Otak kiri berhubungan dengan ilmu pasti, algoritma, dan cenderung teratur. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan gambar, musik, imajinasi. Di Dunia ini khususnya di Indonesia golongan kiri lebih mayoritas dibandingkan dengan golongan kanan.

Bab 4 Simpul Perdagangan

Sebuah negara dibagi menjadi 2, yaitu negara maju dan negara berkembang. Negara berkembang yang ingin menjadi negara yang maju harus mempunyai warga negara yang 2% bermata pencaharian sebagai pedagang atau seorang pengusaha.

Memang pada kenyataannya negara maju seperti Jepang dan Cina mempunyai penduduk yang sebagian besar adalah pedagang.

Bab 5 Perisai Langit

Alam menyediakan segalanya untuk kebutuhan hidup kita di Dunia. Di dunia seperti ini hukum sebab dan akibat memang selalu berlaku. Maka dapat dikatakan ada hukum doa dan loa (Law of Attraction).

Apa yang kita berikan kepada alam, itulah yang akan alam berikan kepada kita. Jika dalam doa kita memberikan energi yang positif bagi alam, maka alam juga akan bereaksi positif kepada kita.

Bab 6 Pembeda Abadi

Jika kita ingin untuk menjadi golongan kanan dan menjadi seorang pengusaha atau pemimpin untuk memajukan negara Indonesia ini, maka kita harus mempunyai ciri khas yang disebut pembeda abadi.

Seorang pemimpin harus mempunyai sesuatu yang berbeda dari orang lain. Untuk menjadi sesuatu yang muncul di antara mereka, kita harus mempunyai pembeda abadi agar kita dapat di ingat atau ditandai di benak banyak orang.

Bab 7 Pelangi Ikhtiar

Yang dimaksud dengan ikhtiar dalam ilmu keagamaan adalah berusaha dan berdoa. Sedangkan yang dimaksud dengan pelangi adalah jika kita menggabungkan kiat dari yang pertama sampai yang ketujuh ini.

Kita pasti akan membuat diri kita mempunyai sesuatu kekuatan besar dan luar biasa. Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah bersedekah. Dalam sedekah juga tersimpan sebuah energi yang tidak kalah penting dan sangat dahsyat dampaknya untuk kehidupan kita.

Jika seseorang ingin menjadi seorang dermawan dan kaya, maka tidak perlu dan tidak harus pusing untuk menjadi sarjana atau pegawai negeri.

Kelebihan dan Kekurangan Buku 

Kelebihan : Dilihat dari isi dan pemaparannya, buku ini sangat bagus sekali. Terutama untuk mengasah otak kanan, kreativitas, dan imajinasi. Serta dalam buku ini terdapat penjelasan bagaimana caranya munguasai pintu-pintu rezeki dengan otak kanan serta melibatkan ilmu agama dan Allah di dalamnya.

Kekurangan : Menurut saya, buku ini hampir tidak memiliki kekurangan karena sangat berkualitas dan bermanfaat sekkali untuk saya. Akan tetapi ada sedikit kekurangan, yaitu kurannya ilustrasi dalam bentuk gambar. Sehingga ketika membaca agak sedikit bosan karena semuanya tulisan.


Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Sosial


Cara Meresensi Buku Pengetahuan
500px.com

Identitas Buku 

Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengarang Buku : Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M

Penerbit Buku : Yudistira

Tahun Terbit : 2007

Jumlah Halaman : i-vi + 84

Review Buku Ilmu Pengetahuan Sosial

Hak dan kewajiban yang sama konon dibawa oleh setiap insan sejak ia terlahir ke dunia ini. Kemudian insan ini mengalami diferensiasi yang sangat menakjubkan. Kesempatan dalam bermasyarakat di kotak-kotakan ke dalam kelas sosial, status, dan asal-usul.

Manusia memang dilahirkan sama, akan tetapi masyarakat kemudian membeda-bedakannya sendiri. Filosof Prancis J.J Rousseau berpendapat bahwa “Kesialan terbesar manusia adalah kebudayaan dan khususnya pendidikan.” 

Dua perkara inilah yang kemudian membuat manusia menjadi membeda-bedakan menurut kependudukan sosialnya, besarnya pendapatan, jenis kelamin, agama, warna kulit, ataupun tingkat kepandaian.

Sedangkan kalau segala tanda pangkat di copot, akte kelahiran di tiadakan, kartu penduduk di hilangkan, dan gelar akademik dibuang, serta tidak ada lagi perbedaan sosial di dalam masyarakat.

Buku ini menceritakan tentang struktur sosial, penyebab konflik sosial, dan mobilitas sosial, kelompok sosial di dalam masyarakat multikultural serta kesamaan dan keragaman budaya yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Buku 

Kelebihan : Tata bahasa buku ini mudah dipahami, materi yang terdapat didalamnya juga cukup lengkap dan sangat bagus, serta buku ini dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.

Kekurangan : Buku ini mempunyai sedikit kekurangan yaitu kruang adanya contoh-contoh masalah atau kasus dalam beberapa point tertentu.

Buku ini sangatlah bermanfaat untuk para pembaca. Tidak hanya untuk pelajar, namun juga bisa untuk umum. Buku ini sangat mudah untuk mudah dipahami, apalagi untuk pelajar. Buku ini mencakup semua tentang keadaan yang ada di dalam masyarakat.


Contoh Resensi Buku Satwa Terancam Bahaya


Contoh Resensi Buku Pengetahuan Alam

Identitas Buku

Judul Buku : Satwa Terancam Bahaya

Penulis Buku : Jen Green

Penerbit Buku : Pakar Raya

Cetakan : Tahun 2006

Tebal : 32 Halaman

Banyak diantara kita yang sangat menyukai hewan liar. Akan tetapi, sekarang banyak hewan liar yang terancam punah. Bahkan beberapa diantaranya mungkin sudah punah.

Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan.

Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat. 

Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah. Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka.

Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan : Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri. 

Kekurangan : Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

Saya rasa buku ini memang perlu untuk dibaca oleh siapapun. Baik pelajar maupun masyarakat umum. Karena setelah membaca buku ini, kita dapat mengetahui betapa malangnya satwa-satwa yang terancam punah. Bahkan mayoritas penyebabnya terjadi kepunahan itu karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, tujuan, fungsi, dan tips bagaimana cara meresensi buku yang baik dan benar. Selain itu terdapat contoh resensi buku pengetahuan yang cukup lengkap. Semoga dapat menambah wawasan kamu lebih luas lagi 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

5 thoughts on “Kumpulan Contoh Resensi Buku Pengetahuan yang Baik dan Benar

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini