Kumpulan Ucapan Terimakasih, Sederhana Tapi Sangat Sulit untuk Diucapkan !

Sebenarnya mudah enggak sih untuk mengucapkan kata terimakasih kepada orang yang telah menolong kita ? Mungkin kita gengsi banget yah untuk mengucapkan kata terimakasih ini. Sebenarnya dari hal kecil tersebut sudah bisa menggambarkan karakter yang kita miliki loh.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu mengucapkan kata terimakasih kepada orang yang telah membantu atau menolong kita. Dengan begitu kita akan menjadi manusia yang disenangi oleh orang lain.

Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas tentang beberapa referensi ucapan terimakasih dalam berbagai bahasa dan contoh ucapan terimakasih untuk orang-orang tertentu. Misalkan ucapan terimakasih untuk guru, ucapan terimakasih untuk sahabat, ucapan terimakasih untuk orang tua dan yang lainnya.

Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya :


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Arab


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Arab
pixabay.com

 Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam hadistnya : “Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya “Jazaakallah Khairan” (Semoga Allah swt membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “Shohih”)

Lantas apa pengertian dari Jazakallahu Khairan ? Kalimat tersebut maknanya hampir sama dengan ucapan terima kasih atau dalam bahasa Arabnya adalah “Syukron”. Hanya saja makna kalimat “Jazakallah Khairan” jauh lebih luar baisa dibanding dengan ucapan “Syukron”.


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Inggris


Berikut ini adalah beberapa referensi ucapan terimakasih dalam bahasa Inggris. Jika ada orang bule yang menolong kita, maka sebaiknya kita memberikan ucapan terimakasih kepadanya.

“I cannot give anything to you, I can only say thank you. May your goodness get the best reward from the God

Artinya : Saya tidak dapat memberikan apa pun kepada kamu, Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih. Mudah-mudahan kebaikan mu mendapatkan balasan terbaik dari Tuhan.

“I just want to let you know. All the things you did for me do not go unnoticed. You are important pieces to this puzzle. I appreciate your help.”

Artinya : Saya hanya ingin kamu tau. Semua yang kamu lakukan untuk ku tidak terlupakan. Kamu adalah bagian berharga untuk puzel ini. Saya menghargai bantuan kamu.

“I really felt a sincere kindness when you helped me. Thank you”

Artinya : Saya benar-benar merasa kan kebaikan yang tulus ketika kamu membantu ku. Terimakasih.

“I thank you most warmly.” Artinya : Saya ucapkan terimakasih yang paling hangat.

“I truly appreciate you.” Artinya : Saya sangat mengapresiasi kamu.

“I truly / sincerely appreciate your.” Artinya : Terimakasih, saya sangat (dengan tulus hati) menghargai kamu.

“I want you to know, I appreciate your generosity. You are not only best friend for me. But also my most valuable person in my life.

Artinya : Saya ingin kamu tahu. Saya menghargai kebaikan kamu. Kamu tidak hanya sahabat terbaik. Tetapi juga orang paling berharga dalam hidup ku.

“I will forever be grateful.” Artinya : Saya akan selama nya berterimakasih.

“It was so awesome of you.” Artinya : Itu tadi sangat mengagumkan.

“If I told you how much I appreciate you. I would be talking the rest of my life.” Artinya : Jika saya bilang ke kamu betapa saya menghargai kamu, saya mungkin mengatakan nya sampai akhir hidup ku.

“It was very kind of you.”  Artinya : Terimakasih, kamu sungguh baik hati.

“Please accept my best thanks.” Artinya : Tolong terimalah ucapan terimakasih terbaik ku.

“Thank you.” Artinya : Terima kasih.

“Saying thanks will open the blessing door for you.”  Artinya : Berterimakasih membukakan pintu berkah untuk kamu.

“Thank you anyway.”  Artinya : Bagaimanapun terimakasih.

“Thank you a lot.” Artinya : Terimakasih banyak.

“Thank you because you have become very good person in my life. Hopefully what you’ve given to me will be paid by the best reward from God.”

Artinya : Terimakasih karena kamu telah menjadi orang yang sangat baik dalam hidupku. Semoga apa yang telah kamu berikan kepadaku bisa dibalas dengan pahala terbaik dari Allah.


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Korea


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Inggris
pixabay.com

Dalam bahasa Korea sendiri, ucapan terimakasih banyak sekali jenisnya. Ucapan terimakasih dibedakan pada tingkatan rasa hormat yang perlu kita tunjukkan kepada seseorang. Berikut ini adalah ulasan mengenai ucapan terimakasih dalam bahasa Korea.

Dalam fase pertama, yang paling sering digunakan untuk mengucapankan kata “Terimakasih” dalam bahasa Korea adalah “gamsahamnida” (합니다 감사). Ucapan tersebut adalah ucapan secara formal yang biasa digunakan terhadap orang asing dan oprang-orang yang dihormati.

Berikutnya ada juga ucapan terimakasih yang hanya digunakan pada moment-moment tertentu saja. Misalnya ketika seseorang benar-benar berkorban untuk memberi bantuan kepada kamu. Ucapan terimakasih yang dapat diucapkan adalah daedanhi gamsahamnida” (대단히 감사 합니다). Yang mempunyai arti “Terimakasih yang sangat banyak.”

Selanjutnya adalah pula ucapan terimakasih yang digunakan untuk teman-teman dekat. Ucapan terimakasih yang digunakan adalah gomawo” (고마워).

Sedangkan untuk membalas ucapan terimakasih yang lazim digunakan di Korea adalah gwenchana (괜찮아) dan anieyo (아니에요).


Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Jepang


Tidak hanya dalam bahasa Korea, dalam bahasa Jepang ucapan terimakasih juga beraneka ragam dan memiliki tingkatan-tingkatan tersendiri. Berikut ini adalah ulasannya secara lengkap.

Arigatou (ありがとう)

Arigatou merupakan bentuk yang paling umum dan paling mudah untuk digunakan. Artinya adalah “terimakasih.”

Doumo arigatou (どうもありがとう)

Doumo arigatou artinya adalah “terimakasih banyak”. Sedikit lebih panjang dari ucapan pada umumnya. Akan tetapi ucapan ini jauh lebih sopan dan baik untuk digunakan untuk berterima kasih terhadap hal yang sekiranya sangat berharga.

Arigatou gozaimasu (ありがとうございます)

Arigatou gozaimasu mempunyai derajat yang lebih sopan dan digunakan kepada orang yang lebih tua.

Arigatou gozaimashita (ありがとうございました)

Arigatou gozaimashita merupakan bentuk lampau dari istilah arigatou gozaimasu, dalam bahasa Jepang bentuk lampau mempunyai makna yang lebih sopan dan lebih memiliki arti yang mendalam dibanding dengan bentuk umum. Bentuk ini juga biasa digunakan dalam surat.


Ucapan Terimakasih untuk Guru yang Sopan


Ucapan Terimakasih
pixabay.com

Bagi kalian yang ingin mengucapkan terimakasih kepada guru, tapi masih bingung untuk mengatur kata-kata yang baik seperti apa, kamu enggak perlu khawatir. Karena kita akan memberikan beberapa referensi yang sangat bagus untuk mengucapkan terimakasih kepada guru. Berikut ini adalah ulasannya:

“Wahai guruku, kami mengucapkan terimakasih banyak atas semua dedikasihmu, pengorbananmu, dan semua perhatianmu kepada kami. Kami sangat senang sekali bisa bertemu denganmu. Semoga Allah swt selalu melindungimu.”

“Kami sangat bersyukur sekali bisa menjadi muridmu. Sebagai seorang guru, ibu bukan hanya mengajar kami, akan tetapi selalu mendidik kami dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Terimakasih guruku, engkau telah mewujudkan semua mimpi dan cita-cita kami. Semoga Allah swt selalu melindungimu.”

“Terimakasih guruku, engkau adalah orang yang paling berpengaruh dalam hidupku. Engkau telah membantu aku untuk menemukan jati diriku yang sebenarnya, serta mampu mengembangkan potensi yang aku miliki. Semoga Allah swt selalu melindungimu.”

“Engkau akan selalu menjadi yang terbaik, kemanapun kamu pergi dan apapun yang akan kami lakukan, kami akan selalu tetap mengingat jasa-jasamu kepada kami. Terimakasih guruku. Kami sangat menyayangimu sebagaimana kami menyayangi kedua orang tua kami.”

“Kami selalu bersyukur atas apa yang telah ibu guru berikan kepada kami. Ibu bukan hanya mengajarkan kami untuk belajar akademis, akan tetapi ibu juga mengajarkan kepada kami mengenai makna kehidupan. Semoga Allah swt selalu melindungimu wahai guruku.”

“Terimakasih guru, karena engkau telah mengajarkan kepada kami betapa pentingnya hidup ini. Engkau telah memberi kami keberanian dalam menjalani kehidupan yang keras ini. Semoga Allah swt selalu melindungimu.”

“Jasa-jasamu sangat mulia sekali, engkau adalah guru terbaik yang pernah aku temui. Nasehat dan juga bimbingan darimu akan selalu aku ingat selama-lamanya. Aku sangat menyayangimu wahai guruku. Semoga Allah swt selalu melindungimu.”


Ucapan Terimakasih untuk Sahabat yang Benar


 “Wahai ibuku tercinta, terimakasih atas semua pengorbanan yang telah engkau berikan kepadaku. Ibu bagiku adalah sosok pahlawan yang begitu luar biasa. Ibu tidak pernah lelah untuk membahagiakan aku, sekalipun ibu harus tersakiti. Semoga Allah swt senantiasa untuk melindungi ibu. I love you so much.”

“Ketika hatiku terasa gundah, ketika aku merasa hidup ini tidak berguna lagi, dan ketika aku selalu menyerah pada keadaan, hanya ibu yang selalu memberikan aku motivasi untuk selalu bangkit. Terimakasih ibu, engkau adalah bidadari tanpa sayap yang Allah swt berikan kepadaku. I love you so much.”

“Dulu ketika aku masih kecil, aku sering sekali menangis untuk minta dibelikan ini dan itu. Setelah aku beranjak dewasa seperti ini dan memiliki penghasilan sendiri, ibu tidak pernah meminta untuk dibelikan ini dan itu. Ibu, aku sangat menyayangimu. Terimakasih karena telah berjuang untuk membesarkan aku hingga seperti ini. Semoga Allah swt selalu menyayangimu sebagaimana engkau menyayangi aku ketika aku kecil.”

“Ibu dimasa lemahmu, dihari tuamu akan selalu aku berikan sebuah kecupan untuk mu sebagai rasa terimakasih ku kepadamu karena telah bersabar dalam mendidik dan membesarkan aku hingga menjadi seperti ini. Kuharap aku dapat merawatmu seperti engkau merawatku ketika aku masih kecil.”

“Ibu walaupun tubuhmu sudah tidak sekuat dulu, rambutmu sudah tidak sehitam dulu, engkau masih tetap berjuang untuk menghidupi anak-anakmu. Terimakasih bu, aku sangat menyayangimu. Semoga Allah swt yang membalas semua kebaikanmu kepadaku.”


Ucapan Terimakasih untuk Ibu yang Berkesan


Ucapan Terimakasih Untuk Guru
pixabay.com

Sahabat adalah orang yang selalu berada di samping kita disaat kita sedih dan senang. Akan tetapi jika kamu memiliki sahabat yang hanya ada disaat kamu senang, maka itu bukanlah sahabat. Nah, bagaimana cara kita merangkai ucapan terimakasih kepada sahabat kita ?

Berikut ini adalah beberapa referensi untuk kamu yang ingin mengucapkan terimakasih kepada sahabat kamu :

“Wahai sahabatku, terkadang ada kala kita harus berpisah. Mungkin kita hanya terpisah oleh jarak akan tetapi tidak dengan hubungan ini. Kamu juga tidak bisa selamanya untuk selalu bersamaku, karena kelak kita akan menentukan jalan hidup kita sendiri. Kamu akan selalu aku kenang sampai akhir hayat ku kelak. Terimakasih atas semua pengorbananmu untuk ku. Aku sangat menyayangimu sahabat.”

“Wahai sahabat, terimakasih karena selalu mempercayaiku sebagai sahabatmu. Aku sangat senang sekali memiliki sahabat yang begitu luar biasa sepertimu. Disaat aku sedih, disaat aku jatuh, disaat aku terpuruk, engkau selalu ada untuk terus menyemangati aku. Aku sangat menyayangimu wahai sahabatku.”

“Wahai sahabat, terimakasih atas perhatian yang selalu engkau berikan kepadaku. Aku hanya bisa berharap, jangan pernah tinggalkan aku wahai sahabatku. Karena aku tidak akan jadi seperti apa tanpa dirimu di sampingku. Begitu banyak kisah menyedihkan yang kita lalui bersama. Aku sangat menyayangimu wahai sahabatku.”


Ucapan Terimakasih untuk Pacar yang Romantis


“Terimakasih sayang, disaat aku berada di sisimu aku merasa sangat nyaman dan bahagia, walaupun dalam hubungan kita banyak sekali pertengkarannya. Tetapi sampai detik ini kita masih sanggup untuk menyelesaikannya. I love you so much.”

“Terimakasih sayang, selama ini engkau mencintai aku dengan tulus. Aku tidak pernah menyesal untuk mengenal dan mencintaimu. I love you so much.”

“Terimakasih sayang, karena engkau bisa menerima dan memahami aku dengan apa adanya. Aku tau aku belum bisa membahagiakanmu, tapi kamu begitu setia untuk selalu berada di sisiku. I love you so much.”

“Terimakasih sayang, disaat aku terpuruk, disaat aku jatuh, disaat aku berada di titik terendah. Engkau selalu menemani aku dan selalu memberikan semangat kepadaku untuk bisa bangkit lagi. I love you so much.”

Nah itulah beberapa referensi ucapan terima kasih. Semoga dapat bermanfaat 🙂

  • Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Arab
  • Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Inggris
  • Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Korea
  • Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Jepang
  • Ucapan Terimakasih untuk Guru
  • Ucapan Terimakasih untuk Ibu
  • Ucapan Terimakasih untuk Pacar
  • Ucapan Terimakasih untuk Sahabat

Tinggalkan komentar