7 Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi Singkat

Apasih yang dimaksud dengan teks eksemplum ? Mungkin kita sering mendengarnya akan tetapi belum mengetahui maknanya. Berikut kita akan membahas lengkap mengenai pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum, ciri ciri teks eksemplum, beserta contoh dari teks eksemplum.

Berikut adalah penjelasannya :


Pengertian Teks Eksemplum


Pengertian Teks Eksemplum
500px.com

Teks eksemplum merupakan teks yang berbentuk cerita yang menceritakan tentang perilaku seseorang atau tokoh dalam sebuah cerita. Ceritanya diawali dengan perkenalan tokoh.

Setelah pengenalan tokoh, akan membahas peristiwa apa saja yang dilakukan oleh tokoh tersebut serta diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.


Ciri Ciri Teks Eksemplum


Ciri Ciri Teks Eksemplum
sahabatnesia.com

Sama halnya dengan teks yang lainnya, teks eksemplum juga mempunyai ciri-ciri. Apa saja ciri-cirinya ? Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Teks eksemplum memiliki nuansa naratif.
  2. Teks eksemplum berisi suatu peristiwa yang tidak di inginkan oleh tokoh.
  3. Pada umumnya teks eksemplum menceritakan pengalaman pribadi dari seseorang.
  4. Menunjukkan urutan peristiwa atau kejadian yang cukup jelas.
  5. Terdapat perubahan perilaku pada tokoh untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Struktur Teks Eksemplum


Struktur Teks Eksemplum
500px.com

Teks eksemplum mempunyai struktur tertentu yang membedakannya dengan teks-teks yang lainnya. Apa saja strukturnya ? Berikut penjelasannya :

  1. Abstrak : Inti dari suatu peristiwa atau kejadian sebagai pengantar yang menjelaskan peristiwa yang akan diceritakan.
  2. Orientasi : Bagian awal dari teks eksemplum yang biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.
  3. Insiden : Bagian yang menceritakan tentang kejadian-kejadian yang dialami oleh tokoh yang berkaitan. Biasanya tokoh mendapatkan suatu permasalah yang menimpanya.
  4. Interpretasi : Bagian yang menerangkan tentang pesan moral, evaluasi atau perbaikan, dan akibat yang timbul karena tindakah tokoh tersebut. Interpretasi hampir sama dengan koda yang terdapat dalam struktur teks anekdot.
  5. Koda : Bagian penutup dalam teks eksemplum.

Baca juga artikel : Struktur Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya !


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi #1


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman
500px.com

Jangan Matematika

Saya memang tidak begitu pintar bila dihadapkan dengan soal-soal pelajaran matematika. Saat duduk dibangku SD, saya merasa soal-soal matematika yang harus saya kerjakan sangat sulit dan begitu membingungkan.

Sedangkan Ibu saya adalah seorang wanita yang sangat perhatian terutama pada anak-anaknya sendiri. Beliau juga menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang pandai dan bisa dibanggakan.

Sedangkan saat dibangku kelas 2 SD saya sudah mulai nakal dan malas sekali untuk belajar. Waktu di kelas, jika ada teman yang mengajakku bermain, pasti aku lebih memilih bermain ketimbang mendengarkan guru yang sedang menjelaskan di depan.

Siang itu, saya pulang dari sekolah dengan wajah yang lesu. Hal ini disebabkan karena nilai matematika yang saya dapatkan sangat memalukan alias mendapatkan nilai jelek.

Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas, Ibu bertanya, “Hari ini kamu mendapat nilai berapa nak ?” Saya hanya bisa terdiam dan sulit untuk berterus terang kepada Ibu. 

Hingga Ibu mengulangi pertanyaannya kembali. Dengan berat hati saya harus mengatakan yang sebenarnya kepada Ibu bahwa nilai yang saya dapatkan sangat memalukan.

Dengan terbatah-batah saya berkata, “Mata pelajaran matematika saya hanya mendapatkan nilai dua, Bu.” Mendengar hal itu, Ibu pun langsung marah kepada saya. Dilemparkanlah buku matematika ku ke lantai.

Tetapi saya sangat senang, walaupun ibu sangat marah tapi dia tetap bangga kepada ku karena aku telah berkata jujur dan mau mengakui kesalahan yang aku lakukan.

Sejak saat itulah aku berusaha untuk menggemari dan mempelajari pelajaran matematika dan tidak akan mengulangi kesahalan yang pernah aku buat. Yaitu bermain dengan teman ketika guru sedang menjelaskan.

Baca juga artikel : Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi #2


Contoh Teks Eksemplum Liburan
500px.com

Tragedi Menginap di Kost

Semester 2 saya di izinkan untuk ngkost oleh orang tua saya. Karena di semester 2 banyak kegiatan malam yang harus saya lakukan. Sebelum itu, saya tidak pernah ngekost.

Saya selalu berangkat dari rumah sendirian dengan mengendarai sepeda motor karena rumah saya lumayan jauh dari kampus. 

Kostan yang saya pilih letaknya tidak terlalu jauh dengan kampus. Kira-kira hanya membutuhkan waktu 5 menit jika berjalan kaki. Saya satu kamar dengan teman saya, Shafira namanya. 

Meskipun berbeda jurusan tapi bagi begitu dekat dan akrab. Setelah merapihkan barang saya, saya mulai melakukan aktivitas seperti biasanya. Saya harus mulai beradaptasi.

Tepatnya hari minggu, pertama kalinya saya menginap di kostan. Pada malam hari, saya terbangun dari tidur saya. Saya melihat sesosok hantu berkepala tanpa tubuh yang melayang di samping lemari saya.

Saya sangat ketakutan dan ingin berteriak tapi tidak bisa. Rasanya suara saya tercekat di tenggorokan. Saya ingin membangunkan Shafira, tapi tangan ini tidak bisa bergerak.

Lalu saya putuskan untuk menutup mata dan berdoa. Setelah saya membuka mata, Alhamdulillah hantu itu sudah tidak ada. Kemudian saya melanjutkan tidur sambil berdoa.

Saya merasa bersalah karena sebelum tidur tidak berdoa terlebih dahulu. Sejak saat itu saya sering sholat dan mengaji bersama Shafira agar kami tidak diganggu lagi oleh hantu yang saya lihat.


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi #3


Contoh Teks Eksemplum Singkat Pengalaman Pribadi
500px.com

Kebahagian yang Lebur dalam Kesedihan

Si sebuah kota, hiduplah sebuah keluarga. Keluarga itu mempunyai anak yang bernama Citra. Kehidupan dalam keluarga itu selalu di lilit oleh hutang. Kedua orang tua Citra selalu bersyukur setiap cobaan yang menimpa mereka.

Pada suatu ketika, sang Bapak dipecat dari kantornya karena secara tidak sengaja merusak mesin printer milik kantor tersebut. Akhirnya sang Bapak pulang dengan wajah yang tidak karu-karuan, lalu ia menceritakan permasalahan ini kepada istrinya.

“Bu, hari ini Bapak di pecat dari kantor.” Kata sang Bapak.

“Ya mungkin itu sudah menjadi takdir kita pak.” Jawab istrinya.

“Sekarang Bapak bingung mau mencari pekerjaan dimana. Sekarang ini mencari pekerjaan tidak mudah.” Kata sang Bapak.

“Ya sudah pak, tidak usah terlalu di pikirkan. Sekarang mari kita makan dulu !” Seru istrinya untuk mengajak makan siang.

Tiba-tiba sang anak menghampiri mereka dengan keadaan sedih. Sepulang sekolah tadi ia selalu memikirkan nilai rapornya yang dibawah rata-rata. Citra sangat bingung sekali, karena ia takut dimarahi oleh kedua orang tuanya.

Bukannya dimarahi, justru Citra mendapati wajah kedua orang tuanya yang lagi bersedih. Sejak kejadian inilah Citra giat belajar agar bisa meraih cita-citanya dan agar bisa membantu masalah yang dihadapi oleh kedua orang tuanya.

Sejak saat itu pula, Ayah Citra jatuh sakit karena selalu memikirkan pekerjaan yang tidak kunjung di dapatkan.

Pada suatu hari, Citra sedang melaksanakan Ujian kenaikan kelasnya. Demi meraih nilai yang tinggi, Citra rajin belajar dari jauh-jauh hari. Beberapa hari setelah melaksanakan ujian, akhirnya dia berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan.

Tidak disangka ia mendapat nilai terbaik dari semua nilai teman-temannya. Ketika bel berbunyi, Citra berlari pulang dengan wajah yang sangat senang karena ia tidak sabar untuk menunjukkan kepada orang tuanya.

Namun perasaan bahagia itu tidak berlangsung lama karena melihat sebuah jasad yang terbaring di rumahnya. Dia melihat ibunya yang menangis karena melihat jasad ayahnya yang sudah tertutup dengan kain kafan.

Citra pun mulai meneteskan air matanya. Betapa sedihnya Citra ketika ingin menunjukkan nilai yang ia dapat kepada ayahnya, justru ayahnya telah terlebih dahulu tiada.

Ia sadar bahwa kematian juga akan datang secara tiba-tiba. Ia juga sadar bahwa untuk mebahagiakan kedua orang tuanya bukan hanya dari nilai saja. Namun masih banyak cara yang lainnya. Jadi bagaimanapun keadaan kita, kita harus selalu berusaha untuk membahagiakan kedua orang tua kita.

Baca juga artikel : Pengertian Teks Anekdot Beserta Contohnya !


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi #4


Contoh Teks Eksemplum Fiksi
500px.com

Boros

Pada suatu hari ada seorang pria bernama Arya yang suka sekali menghabiskan uang jajannya dan bahkan ia habiskan uang jajannya itu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Dia berperilaku seperti itu dikarenakan dia merasa bahwa orang tuanya adalah keluarga yang kaya raya dan serba berkecukupan.

Ketika dia beranjak remaja, perilaku borosnya pun semakin menjadi-jadi. Apalagi ditambah dengan adanya pacar yang ia miliki. Padahal orang tuanya sering sekali mengingatkan dia agar tidak boros.

Karena mencari uang itu tidak semudah apa yang kita bayangkan. Dia tetap saja menghambur-hamburkan uangnya tanpa melihat bagaimana jerih payah kedua orang tuanya untuk mendapatkan uang.

Lalu pada suatu ketika, orang tua Arya jatuh bangkrut dalam bisnisnya sehingga menyebabkan keadaan keluarga mereka menjadi sangat miskin dan serba kekurangan.

Belum lagi ditambah hutangnya kepada Bank yang semakin membuat keadaan menjadi lebih parah. Hal itu membuat Arya menjadi frustasi karena dia tidak terbiasa dengan kehidupan yang serba kekurangan. Hingga kejadian itu membuat Arya bunuh diri.

Oleh karena itu hendaklah kita menumbuhkan sikap untuk menghemat agar kita dapat menabung sebagian dari uang yang kita miliki dan yang pasti akan bermanfaat di masa yang akan datang. Jangan seperti Arya yang selalu menghambur-hamburkan uangnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian teks eksemplum, ciri ciri teks eksemplum, struktur teks eksemplum, dan contoh teks eksemplum singkat, contoh teks eksemplum pengalaman pribadi beserta strukturnya.

Tinggalkan komentar