Pianika

Alat musik pianika sekilas nampak seperti piano, karena sama-sama terdiri dari tuts hitam yang digunakan untuk memainkan nada. Yang membedakannya, alat musik pianika termasuk jenis alat musik tiup. Untuk memainkannya, bisa ditiup langsung atau bisa juga menggunakan pipa lentur.

Apa Itu Pianika?

Alat musik pianika sering juga disebut dengan melodia, yaitu sejanis alat musik tiup. Biasanya, dalam pelajaran sekolah akan diberikan teori serta prakteknya langsung. Alat musik pianika ternyata masih sejenis dengan harmonika.

Namun pada pianika akan ada bilah keyboard dengan luas kurang lebih tiga oktaf. Hingga akhirnya akan menghasilkan melodi pokok dan juga kontra melodi. Pianika juga bisa digunakan sebagai pengiring lagu. Untuk tutsnya memiliki warna hitam dan juga putih seperti yang terdapat dalam piano.

Setiap tuts memiliki fungsi yang berbeda, tergantung dari jenis warnanya. Untuk memainkan nada kromatis maka menggunakan tuts warna hitam. Sementara tuts putih digunakan untuk memainkan nada asli.

Cara Memainkan Pianika?

Sebelum memainkan pianika, hal yang sangat penting adalah mengetahui letak jari-jari dalam tuts. Kelima jari harus berada pada tuts yang berbeda. Bukan hanya itu saja, dalam memainkan pianika diperlukan konsentrasi penuh supaya tidak memecah fokus.

Ketika memainkan piaika, bagian tangan kiri berfungsi untuk memegang pianika, kemudian pada bagian tangan kanan menenakan melodi lagu, serta mulut meniupnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memainkan pianika, diantaranya:

  • Menggunakan lima jari untuk memainkan tuts, masing-masing jari memiliki peran untuk memainkan tuts tertentu.
  • Ketika meniup sebaiknya rata (nafas rata, tidak terengah-engah).
  • Bentuk bagian tangan kanan layaknya memegang bola sehingga jari akan bisa bergerak lebih leluasa.

Ketika memainkan pianika, bagian tangan memiliki beberapa peran yang terdiri dari:

  1. Bagian ibu jari memegang nomor 1
  2. Jari telunjuk memenag bagian tuts nomor 2
  3. Jari tengah memengang jari bagian nomor 3
  4. Jari manis memegang tuts nomor 4
  5. Jari kelingking memegang tuts bagian nomor 5

Setelah memahami penjelasan di atas, bisa disimpulkan jika memainkan pianika tidak berbeda jauh dengan piano. Adanya selang tiup lah yang menjadi pembeda yang mencolok, sekaligus menjadi hal yang unik. Meskipun pianika kerap dimainkan oleh anak kecil, namun tak ada salahnya juga mencoba memainkan pianika dengan lagu-lagu populer di atas bukan?

Tinggalkan komentar