Ciri Ciri Paragraf Persuasif

7 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks EksplanasiHallo sahabatnesia, ada yang tau enggak apa itu teks eksplanasi ? Mungkin ketika kita mendengar kata eksplanasi, yang pertama kali kita pikirkan adalah tentang suatu peristiwa. Pada kenyataannya, teks eksplanasi memang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

Jadi apa sih sebenarnya teks eksplanasi itu ? Pada artikel ini kita akan coba mengulas teks eksplanasi secara detail. Mulai dari pengertian teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi, dan struktur teks eksplanasi.

Untuk mempermudah kamu memahami teks eksplanasi lebih dalam, kita juga memberikan beberapa contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya. Silahkan kamu simak penjelasan dibawah ini :


Pengertian Teks Eksplanasi


Pengertian Teks Eksplanasi
500px.com

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang suatu proses “Mengapa” dan “Bagaimana”. Dapat berupa kejadian-kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

Suatu peristiwa yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan sebuah proses. Peristiwa tersebut tidak hanya untuk kita amati dan rasakan.

Peristiwa tersebut dapat kita pelajari, misanya dari segi “Mengapa” dan “Bagaimana” peristiwa tersebut bisa terjadi.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian teks eksplanasi. Apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai teks eksplanasi ? Pastinya sudah dong. Jika kurang paham, dibawah ini kita akan membahas ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi 🙂


Ciri Ciri Teks Eksplanasi


Ciri Ciri Teks Eksplanasi
500px.com

Teks eksplanasi mempunyai 3 ciri-ciri yang dapat memudahkan kita untuk membedakannya dengan teks yang lainnya. Berikut adalah ciri ciri teks eksplanasi :

  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, mempunyai sebab akibat, dan interpretasi.
  2. Memuat informasi berdasarkan fakta atau kenyataan.
  3. Fakta itu memuat informasi yang bersifat ilmiah.

Struktur Teks Eksplanasi


Struktur Teks Eksplanasi
500px.com

Teks eksplanasi mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, kemudian dilanjutkan oleh sebab akibat, dan diakhiri dengan interpretasi. Untuk lebih memahami lebih dalam lagi mengenai struktur teks eksplanasi silahkan perhatikan uraian dibawah ini :

  1. Pernyataan umum, yaitu pernyataan yang berisi tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaannya dan proses terjadinya atau proses terbentuknya.
  2. Urutan sebab akibat, berisi tentang detail penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai yang paling akhir.
  3. Interpretasi, berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik yang telah dijelaskan.

Baca juga artikel : Cara Mudah Membuat Kliping dalam Waktu Singkat !


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


Contoh Teks Eksplanasi Singkat
www.miung.com

Teks eksplanasi pada umumnya mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai berikut :

  1. Fokus pada hal yang bersifat umum, bukan partisipan manusia.
  2. Menggunakan istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional.
  4. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Teks Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu peristiwa yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya


Teks Eksplanasi Banjir
camera.co.id

Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi.

Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehinggal mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain.

Itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi dikarenakan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.

Interpretasi :

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pacifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Baca juga artikel : Kumpulan Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam


Eksplanasi
karikaturozie.blogspot.com

Gunung Meletus

Pernyataan Umum :

Gunung meletus merupakan fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat.

Walaupun begitu, gunung berapi terbentuk oleh letusan yang sangat dahsyatnya itu. Beberapa gunung berapi di Indonesia adalah Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Toba, Gunung Kerinci, Gunung Tambora, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Hampir semua aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif karena berhubungan langsung dengan batas lempeng bumi. Fenomena gunung meletus diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan.

Sehingga mampu melelehkan material batuan di sekitarnya itu, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma akan mengintrusi material yang berada disekitarnya melalui rekahan-rekahan yang mendekati permukaan bumi.

Magma dibentuk melalui suhu yang sangat panas di dalam perut bumi. Pada kedalaman yang relatif, suhu yang sangat tinggi mampu melelehkan seluruh material yang ada didalam perut bumi.

Pada saat material-material ini meleleh maka akan menghasilkan gas yang nantinya akan bercampur dengan magma tersebut. Magma yang akan dikeluarkan oleh gunung meletus terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60 sampai 160 KM dibawah permukaan bumi.

Kemudian magma yang mengandung gas, berada dibawah tekanan batu-batuan padat yang terdapat disekitar kawah. Tekanan ini menyebabkan magma meletus dan bergerak keluar menuju permukaan bumi.

Gas dan magma ini bersamaan meledak dan membentuk lubang yang biasa disebut dengan lubang utama. Sebagian besar magma dan material vulkanik lainnya kemudian menyembur melalui lubang utama ini.

Setelah semburan berhenti, kawah yang menyerupai mangkuk ini biasanya terbentuk pada bagian puncak gunung berapi. Sementara itu, lubang utama berada di dasar kawah tersebut.

Dampak dari letusan gunung berapi terhadap lingkungan dapat berupa dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak negatif dari letusan gunung berapi adalah berupa bahaya langsung yang dapat dirasakan oleh manusia dan makhluk hidup yang lainnya.

Seperti awan panas, gas beracun, debu vulkanik, dan jatuhan piroklastik yang keluar dari gunung berapi tersebut. Sedangkan bahaya yang tidak langsung setelah erupsi berakhir adalah terjadi hujan lahar, rusaknya lahan pertanian dan perkebunan, serta ancaman berbagai penyakit seperti penyakit saluran pernapasan.

Adapun dampak positif yang dapat dirasakan adalah lahan yang subur, material yang keluar dari perut bumi dapat dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat, energi panas bumi, areal wisata alam, dan sumber daya air.

Interpretasi :

Oleh karena itu, sampai saat ini gunung berapi masih menjadi sebuah momok yang mengerikan untuk masyarakat. Karena kedahsyatan letusan gunung berapi mampu membelah pulau dan membentuk danau.

Baca juga artikel : 7 Cerita Anekdot Tergokil, Dijamin Bikin Ngakak !


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial


Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya
www.kaskus.co.id

Sampah

Pernyataan Umum :

Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai seperti sayuran, daun-daun kering, dan sisa-sisa makanan. Sampah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik, botol, kaleng, dan sebagainya. Salah satu untuk meminimalisir, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor.

Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD

Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap.

Apabila banjir, tentu saja akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Interpretasi :

Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan.

Dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali untuk menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi beserta contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya. Mulai dari contoh teks eksplanasi banjir, contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi peristiwa alam dan lain sebagainya.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

4 pemikiran pada “7 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Tinggalkan komentar