Contoh Artikel

Contoh artikel biasanya mudah ditemui terutama pada situs-situs media massa. Sedikit berbeda dengan feature dan berita, teks artikel umumnya tidak mengaitkan isi tulisan dengan sumber berita. Hal itu membuat teks artikel tidak akan basi dan bisa dibaca kapan saja.

Artikel dibagi menjadi 2, yaitu teks artikel ilmiah dan teks artikel non ilmiah. Teks artikel ilmiah umumnya membahas mengenai informasi objektif dan faktual yang bisa digunakan pembaca untuk menambah pengetahuan. Sedangkan artikel non ilmiah cenderung untuk menghibur para pembacanya.

Pengertian Artikel

contoh artikelAda beberapa ahli dalam bidang sastra yang mengemukakan pengertian dari artikel. Nama para ahli dan lembaga tersebut seperti, Sumadiria, Al-Aqli, Ensikologipedia Pers Indonesia, Andi Baso dan Rillan E. Wolselley. Menurut para ahli tersebut, artikel memiliki pengertian sebagai berikut.

●               Sumandiria

Artikel merupakan sebuah karya tulis lepas yang berisi opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang suatu permasalahan atau objek yang sifatnya aktual. Tujuan penulisan artikel tersebut untuk memberitahukan, memengaruhi, menghibur dan juga meyakinkan pembaca.

 

●               Al-Aqli

Artikel adalah suatu tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap artikel biasanya akan membahas mengenai suatu permasalahan sampai selesai dan tuntas. Tulisan tersebut akan disampaikan secara lugas dan jelas oleh para pembaca agar bisa mendapatkan intisari.

 

●               Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel merupakan suatu karangan prosa yang ada di dalam media massa dengan membahas pokok permasalahan yang dibahas secara lugas. Tujuannya agar pembaca bisa lebih mudah memahami dan menangkap isi dari tulisan tersebut.

 

●               Rillan E. Wolseley

Artikel merupakan suatu karangan tertulis panjang yang biasanya tidak ditentukan tujuan dari penyampaian gagasan serta fakta. Maksud dari pembuatan artikel tersebut untuk mendidik, menghibur serta meyakinkan.

 

●               Andi Baso Mappatato

Artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, tulisan non fiksi serta karangan tertulis yang panjangnya tidak menentu.

 

Berdasarkan pendapat dari para ahli tersebut, dapat disimpulkan pengertian artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap meliputi struktur judul, pendahuluan, penyajian masalah, pembahasan sampai dengan penutup. Contoh artikel biasanya dimuat di surat kabar, buletin atau majalah tertentu.

 

Tujuan umum pembuatan artikel yaitu untuk mempengaruhi, memberitahu, mendidik dan meyakinkan bahkan bisa menghibur para pembacanya. Tidak semua artikel menjurus pada berita terbaru atau yang sedang trending, terkadang ada beberapa tema artikel yang tujuannya memberikan inspirasi.

 

Apa saja fokus dari penulisan artikel? Artikel juga memiliki beberapa tujuan khusus dibandingkan dengan karya tulis lainnya yaitu sebagai berikut.

 

  • Sebagai Tujuan Kreatif

Penulisan artikel bertujuan untuk menyalurkan sebuah gagasan atau ide.

 

  • Sebagai Tujuan Eksistensi

Penulisan artikel dijadikan sebagai wadah penegasan diri atau menyatakan eksistensi diri penulis kepada para pembaca.

 

  • Untuk Memecahkan Masalah

Artikel yang sudah dibuat biasanya juga memiliki tujuan sebagai alat bantu bagi pembaca untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi.

 

  • Artikel untuk Tujuan Penugasan

Artikel bisa menjadi suatu karya tulis ilmiah yang menjadikan seorang pelajar bisa meraih prestasi. Nah, oleh sebab itu terkadang banyak perguruan tinggi yang memberikan tugas  anak didiknya membuat tugas akhir berupa artikel.

 

  • Sebagai Tujuan Persuasi

Artikel bertujuan untuk mengulas sesuatu yang berisi bujukan agar para pembaca mau melakukan sesuatu atau membeli barang yang direkomendasikan pada artikel. Banyak perusahaan jasa atau bisnis tertentu memesan sebuah artikel yang tujuannya mempromosikan bisnisnya tersebut.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Ciri-ciri dari artikel yaitu penulisannya singkat, padat dan jelas dengan pembahasan yang lengkap serta tuntas. Sumber bahan yang dibahas pada artikel berdasarkan fakta dan bersifat faktual. Artikel bersifat faktual artinya isi artikel sesuai dengan data-data yang dimiliki oleh penulis.

contoh artikel

Isi dari artikel bisa berupa pemaparan biografi tokoh, argumentasi, kisah-kisah perjalanan, peristiwa dan hal-hal fakta lainnya. Isi yang disampaikan dalam artikel tentunya berdasarkan informasi narasumber atau riset tertentu bukan semata-mata dari pemikiran penulis.

 

Topik atau gagasan yang diambil dalam contoh artikel biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan para pembaca dan juga masyarakat umum. Oleh sebab itu, penulisannya dibuat umum dan tidak menjurus pada oknum atau peristiwa tertentu.

 

Sebagai sebuah karya tulis yang banyak tujuannya, artikel tentunya juga memiliki beberapa manfaat penting. Artikel bisa menjadi sarana untuk menyampaikan ide dari penulis dengan mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya.

Langkah Menulis Artikel

Artikel bisa menjadi sarana publikasi hasil pemikiran dan penelitian ilmiah dan memberikan dampak akademis yang signifikan bagi pembaca.

langkah menulis artikel

Penulis artikel dituntut untuk bisa berpikir secara sistematis dan mampu berbahasa dengan tertib dan teratur. Agar bisa memenuhi tujuan tersebut, penulis harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

 

●               Memilih Topik yang Akan Dibahas

Cara menulis contoh artikel yang pertama yaitu dengan menentukan tema. Usahakan Anda mengambil tema yang mudah untuk dipahami oleh masyarakat luas. Agar lebih mudah untuk mendapatkan tema, lakukan penelitian atau observasi terlebih dahulu.

 

Melakukan penelitian merupakan cara efektif agar artikel memiliki dasar serta landasan yang kuat serta menarik minat orang untuk mau membaca artikel. Pilihlah tema artikel yang sesuai dengan keinginan untuk lebih bersemangat dalam menggali ide yang lebih menarik.

 

●               Menentukan Angle

Setelah menentukan topik, Anda perlu menentukan sudut pandang penulisan artikel. Sudut pandang disebut juga angle yang akan membuat artikel berbeda dengan artikel orang lain. Pemilihan angle akan memudahkan penulis menentukan judul artikel yang menarik.

 

Buatlah judul yang sesuai dengan pembahasan topik. Banyak yang mengatakan judul bisa dibuat di tahap akhir, ternyata hal tersebut tidak benar. Mengapa demikian? Karena pembuatan judul di awal akan mempengaruhi penulis tidak membuat pembahasan yang melenceng dari topik.

 

Syarat dari penentuan angle yaitu harus jernih, tajam dan jelas. Rumus dalam pembuatan angle yaitu unsur 5W + 1H (What, When, Who, Where, Why dan How).

 

●               Mengumpulkan Bahan yang Akan Dibahas Pada Artikel

Penulis bisa menggunakan 3 hal sebagai cara untuk mengumpulkan bahan, yaitu riset, observasi dan juga wawancara. Apabila Anda sudah merasa memiliki cukup bahan dan pertimbangan matang, maka selanjutnya silahkan menyusun kerangka penulisan artikel.

 

Kerangka tulisan dibuat dengan cara melakukan perencanaan garis besar dan poin yang ingin diinformasikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kerangka tulisan yaitu analisis masalah, teori dan juga hasil penelitian.

 

Gunakanlah teknik sub judul untuk memudahkan dalam menjabarkan isi informasi artikel. Dengan pola penulisan sub judul, para pembaca juga akan lebih mudah memahami isi yang ingin disampaikan penulis di dalam artikel.

 

●               Mengolah Tulisan Dalam Artikel

Mengolah tulisan merupakan tahapan paling penting dalam pembuatan artikel. Setelah berhasil menentukan tema, sudut pandang dan juga referensi maka tahapan selanjutnya yaitu mengolah semua hal itu menjadi suatu tulisan yang utuh.

 

Pertama, tentukan terlebih dahulu gaya penulisan yang ingin digunakan. Hal ini bisa didapatkan dengan membaca tulisan orang lain. Jika Anda sudah menemukan gaya menulis yang sesuai keinginan, maka coba pelajari dan ikuti gaya penulisan tersebut.

 

Kedua, perhatikan tanda baca dan juga penulisan kalimat. Penulis pemula banyak melakukan kesalahan pada bagian satu ini. Dasar dari sebuah tulisan adalah kalimat yang utuh, jadi perhatikan cara Anda menyimpan subjek, predikat, tanda koma dan titik yang tepat.

 

Ketiga, penulis perlu menghindari penggunaan kata yang sama dalam satu paragraf. Jika Anda terpaksa harus menulis kalimat yang sama, maka berusahalah untuk mencari padanan katanya. Pada bagian ini biasanya kecakapan kosakata penulis sangat diuji.

 

●               Buatlah Intro dengan Menggunakan Kalimat Menarik

Kalimat pembuka yang baik akan membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel hingga selesai. Akan tetapi, kalimat pembukaan sebaiknya tidak terlalu panjang dan sisipkan pertanyaan tertentu yang membuat pembaca merasa penasaran dengan kelanjutannya.

 

●               Tambahkan Gambar atau Foto Sebagai Penunjang

Memberikan foto yang menarik pada artikel akan membuat pembaca lebih tertarik untuk memahami lebih jauh informasi yang dibahas. Pastikan gambar sesuai dengan pemilihan topik artikel. Selain itu, tambahkan deskripsi teks pada gambar sebagai pembahasan tambahan.

 

●               Menggunakan Heading

Heading berperan penting bagi para pembaca. Heading berfungsi untuk menyusun level heading dan sub heading yang ada pada website. Dengan adanya heading, pembaca akan lebih mudah untuk memahami informasi pada artikel tanpa harus membaca keseluruhan teks.

 

Biasanya dalam sebuah blog, penggunaan tag heading bisa mempermudah Google dan Search Engine untuk mengindex atau menemukan tulisan. Metode tersebut akan membuat pembaca datang ke blog Anda. Heading juga bisa mempermudah penulis menyortir halaman cepat.

Contoh Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan adalah sebuah tulisan artikel yang isinya memberikan informasi seputar dunia kesehatan. Tujuan dari penulisan artikel tersebut yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang masalah kesehatan baik mengenai penyakit, obat, lokasi berobat dan informasi lainnya.

contoh artikel

Berikut ini ada contoh penulisan artikel kesehatan yang membahas mengenai beragam obat flu yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Penulis ingin menginformasikan bahwa ibu yang sedang hamil dan menyusui tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat yang bisa membahayakan bayi.

 

Ini Dia Daftar Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui

contoh artikel kesehatan

Penyakit flu bisa menyerang semua kalangan terutama pada ibu menyusui. Penyebab flu tersebut biasanya karena faktor kelelahan atau pengaruh cuaca tidak menentu. Untuk menyembuhkannya, ibu disarankan untuk memilih obat flu yang aman untuk ibu menyusui serta mengandung satu bahan aktif.

 

Selain bisa mengkonsumsi obat yang berasal dari apotek, ibu menyusui akan lebih aman jika menyembuhkan flu menggunakan bahan alami. Mau tahu apa saja jenis  obat flu yang aman untuk ibu menyusui? Yuk, simak dulu ulasan yang ada yang dibawah ini.

 

Pilihan Obat Flu Apotik yang Aman Bagi Ibu Menyusui

contoh artikelObat flu yang dibeli dari apotek memang pada umumnya sangat diminati oleh mayoritas ibu menyusui untuk menyembuhkan flu dengan cepat. Akan tetapi, salah memilih obat flu dapat berpengaruh pada ASI dan juga bayi, oleh sebab itu pastikan ibu mengkonsumsi obat berikut ini karena dikenal lebih aman.

 

  • Paracetamol

Moms bisa memanfaatkan paracetamol sebagai obat flu untuk ibu menyusui yang dianggap aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Paracetamol dapat berfungsi untuk menurunkan demam pada tubuh sekaligus meredakan nyeri yang terjadi di sekujur tubuh.

 

Jika ibu menyusui memilih paracetamol sebagai obat flu, sebaiknya hindari minum obat lain yang juga mengandung paracetamol. Mengapa demikian? karena kondisi tersebut dapat menggandakan dosis dari dari obat dan sangat tidak dianjurkan bagi ibu menyusui.

 

  • Obat Flu yang Mengandung Phenylephedrine dan Pseudoephedrine

Obat flu satu ini juga banyak dikatakan oleh para ahli aman dikonsumsi oleh ibu menyusui yang sedang terkena flu, batuk atau pilek. Akan tetapi, kandungan obat flu berupa  Phenyl Ephedrine dan Pseudoephedrine tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

 

Ibu menyusui disarankan untuk menghentikan pemakaian dalam tiga hari sampai maksimal seminggu saja dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Karena obat tersebut dapat memberikan efek pusing serta gangguan pencernaan juga penggunaannya tidak tepat.

 

  • Ibu Profen

Ibu profen sudah lama dikenal efektif dalam menyembuhkan demam, flu dan juga sakit kepala. Bahkan ibu profen juga bisa meredakan pilek yang disebabkan karena infeksi sinus. Akan tetapi, bagi moms yang memiliki riwayat penyakit maag, tidak disarankan untuk mengkonsumsi ibu profen.

 

  • Obat Flu dengan Kandungan Antihistamin

Flu bisa saja terjadi karena terjadinya reaksi alergi pada tubuh. Dengan kondisi demikian, ibu menyusui bisa mengkonsumsi obat dengan kandungan antihistamin. Untuk mengkonsumsi obat ini, sebaiknya dosis yang dipakai sesuai dengan anjuran dokter.

 

  • Obat Flu yang Mengandung Guaifenesin

Kandungan guaifenesin pada obat flu yang dianggap aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Obat tersebut berfungsi untuk meredakan batuk dan flu serta mencairkan lendir pada tenggorokan. Selain itu, obat tersedia dalam bentuk sirup yang memudahkan ibu dalam mengkonsumsinya.

 

Obat dengan kandungan guaifenesin bisa diminum setelah makan sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kemasan. Selesai minum obat, moms disarankan untuk banyak minum air putih untuk cepat mengencerkan dahak serta melegakan saluran pernafasan.

 

Bisakah Flu Pada Ibu Menyusui Diobati dengan Bahan Alami?

Selain dengan mengkonsumsi obat dari apotek, obat flu yang aman untuk ibu menyusui juga sebaiknya terbuat dari bahan alami yang berkhasiat. Karena dengan bahan alami, ibu menyusui tidak hanya bisa menyembuhkan flu, tapi juga memperbaiki kualitas ASI bagi Si Kecil.contoh artikel

 

  • Menggunakan Air Hangat

Dengan banyak minum air hangat, Moms akan lebih mudah untuk meredakan gejala yang tidak enak saat terserang flu. Selain itu, air hangat juga bisa meredakan hidung dan tenggorokan yang tersumbat menjadi lebih lega. Minum air hangat setiap hari agar cairan tubuh juga bisa terpenuhi.

 

  • Air Jahe

Jahe memiliki kandungan minyak atsiri, gingerol dan antioksidan alami yang berguna dalam meredakan flu secara alami. Air jahe tersebut dapat memberi rasa hangat pada saluran tenggorokan serta mengatasi hidung yang tersumbat.

 

Air jahe juga mengandung mineral dan asam amino untuk melancarkan aliran darah pada tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi air jahe, produksi ASI pada payudara juga akan lebih banyak dan berkualitas.

 

  • Teh Hitam atau Teh Hijau

Ibu menyusui yang terkena flu bisa memanfaatkan teh hitam dan teh hijau untuk dikonsumsi secara rutin. Kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan antioksidan theanine yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal.

 

  • Madu

Madu dikenal sebagai obat flu yang aman untuk ibu menyusui serta mampu meredakan berbagai macam penyakit. Konsumsi madu sebanyak 1-2 sendok setiap pagi, kemudian campurkan ke dalam teh hangat.

 

Moms perlu tahu nih, selain bisa meredakan flu, madu juga sangat berkhasiat untuk menjaga imunitas tubuh bayi terjaga serta ASI lebih lancar. Jadi jangan ragu untuk menggunakan madu sebagai obat saat demam melanda.

 

  • Minuman Yoghurt

Yoghurt sudah dikenal sejak lama memiliki kandungan prebiotik atau bakteri baik yang dapat menjaga imunitas tubuh serta melancarkan ASI. Minuman satu ini juga bisa digunakan untuk meredakan flu dan batuk pada ibu menyusui.

 

Pilihlah yoghurt tanpa rasa, tidak memiliki kandungan gula serta pewarna untuk dikonsumsi setiap hari. Karena minuman berperisa asam ini bisa menimbulkan risiko penyakit tertentu jika salah mengkonsumsinya, seperti diabetes, jantung dan hipertensi.

 

Obat flu yang aman untuk ibu menyusui sebaiknya dikonsumsi berdasarkan rekomendasi dokter. Agar lebih aman, ibu bisa memanfaatkan bahan alami saja untuk menyembuhkan flu. Obat flu alami selain berkhasiat menyembuhkan penyakit, juga bisa mempengaruhi aliran ASI bagi Si Kecil lebih lancar

Contoh Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan merupakan sebuah tulisan yang sengaja dibuat seseorang yang isinya membahas mengenai dunia pendidikan. Tujuan penulis membuat artikel tersebut untuk memberikan informasi tertentu, baik mengenai sistem belajar di suatu sekolah, tips jitu belajar dan lain-lain.

contoh artikel
smiling young teacher near the board

Dibawah ini ada contoh artikel pendidikan yang membahas mengenai manfaat menjadi seorang guru dan pengaruhnya terhadap kemajuan pendidikan.

 

Manfaat Menjadi Guru yang Harus Anda Pahami

 

Banyak yang mengatakan bahwa guru adalah salah satu pekerjaan yang mulia. Tapi faktanya memang benar, walaupun gaji kadang kurang memadai. Meskipun demikian, Anda tidak perlu ragu untuk menekuni profesi tersebut, karena sebenarnya manfaat menjadi guru sangat banyak menguntungkan.

 

Menjadi Sosok Pribadi yang Lebih Bermanfaat

contoh artikelGuru adalah profesi yang dipandang baik oleh semua orang serta dapat menebarkan banyak manfaat. Walaupun mayoritas dibayar dengan gaji yang kecil, tetapi seorang guru tetap berusaha untuk ikhlas dan berusaha menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Guru membagikan ilmu yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan baru bagi muridnya. Selain itu, guru juga menanamkan pendidikan karakter dan tauladan yang baik. Hal tersebut sudah cukup membuktikan bahwa guru adalah sosok pribadi yang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya

 

Wawasan dan Semangat Belajar Semakin Bertambah

contoh artikelSaat mengajarkan sesuatu kepada siswa, pasti Anda sebagai seorang guru juga ikut serta dalam belajar memahaminya. Tidak mungkin jika mengajarkan sesuatu tanpa menguasai bidang ilmunya terlebih dahulu. Lewat kegiatan mengajar, semangat untuk belajar bagi guru juga akan terus bertambah.

 

Memiliki Jam Kerja yang Fleksibel

Guru mengajar dengan menyesuaikan pada jam pelajaran sekolah, jadi bisa memiliki banyak waktu luang. Apalagi jika Anda guru privat, jam mengajar bisa ditentukan sendiri sesuai dengan kesepakatan. Sehingga selain menjadi seorang guru, masih banyak sisa waktu untuk freelance, part time dan lain-lain.

 

Memiliki Peran Penting Bagi Masa Depan

contoh artikel

Pada saat proses belajar mengajar berlangsung, Anda bisa fokus menceritakan hal yang berhubungan dengan materi pelajaran atau bahkan hal lain. Tidak heran kadang seorang guru berusaha memanfaatkan situasi yang ada untuk melakukan kegiatan sharing masalah hidup.

 

Hal tersebut memang sengaja dilakukan karena dua faktor, pertama karena tidak ingin muridnya merasa bosan dan mengantuk. Kemudian yang kedua karena memang guru ingin berbagi pengalaman.hidup lewat tokoh motivator.

 

Guru melakukan itu dengan tujuan agar muridnya memiliki semangat juang yang tinggi dalam menggapai cita-cita kedepannya. Kadang ada beberapa murid yang merasa tertarik dan ingin seperti tokoh yang digambarkan gurunya tersebut.

 

Memiliki Libur Kerja Lebih Panjang Dibandingkan Profesi Lainnya

Ini manfaat yang sangat menarik jika berprofesi menjadi guru, karena umumnya memiliki waktu libur yang lebih lama sesuai dengan jadwal murid. Guru memiliki jatah libur banyak tiap tahunnya, mulai dari libur kenaikan kelas, libur semester dan event lain yang membuat guru banyak memiliki waktu luang.

contoh artikel

Libur kerja dengan waktu yang cukup lama tersebut belum tentu dimiliki bagi orang yang memiliki profesi lain. Ada kalanya libur panjang maksimal hanya tiga hari pada hari besar tertentu saja. Jadi manfaat satu ini sangat menguntungkan bagi seorang guru.

 

Manfaat menjadi guru sangat menguntungkan bagi diri sendiri serta orang lain disekitar. Menjadi guru bukanlah hal yang mudah dan belum tentu orang lain bisa melakukannya. Oleh sebab itu muliakanlah profesi guru karena jasanya yang sangat besar dalam dunia pendidikan.

Contoh Artikel Ilmiah

contoh artikel

Artikel ilmiah merupakan suatu karya tulis ilmiah yang menyesuaikan dengan struktur artikel ilmiah serta menggunakan metodologi ilmiah dalam penyusunannya. Artikel ini biasanya dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas sehari-hari dan biasanya disebut makalah. Contoh artikel makalah seperti dibawah ini.

https://images.app.goo.gl/QiwMYmATVRaKMe2i6

Contoh Artikel Singkat

Artikel singkat adalah suatu tulisan yang tujuannya memberikan pengetahuan kepada para pembaca. Biasanya bersifat umum dengan teks yang singkat, padat dan jelas. Contoh penulisan artikel singkat dalam bentuk deskripsi seperti dibawah ini.

 

Sekilas Tentang Danau Litore

Danau tolire merupakan sebuah danau yang berada sekitar 15 km dari pusat kota Ternate. Danau ini memiliki ciri khas rupa yang unik, bentuknya mirip balanga raksasa yang menganga. Danau indah ini berada di sela kaki gunung Gamalama.

 

Saat Anda melemparkan batu ke arah danau Litore, maka Anda tak akan mampu melihat percikan air yang dihasilkan dari benturan air dan batu itu. Sebuah hal yang barangkali dapat membuat professor pusing dengan fenomena semacam ini.

 

Danau Tolire ini juga diselimuti mistik dan mitos. jadi, untuk Anda yang senang dengan suasana lain saat liburan berkunjunglah ke danau Tolire ini. Makanan khas pulau Ternate yang nikmat, pemandangan pantai dan deretan pulau eksotis sedang menanti Anda.

Contoh Artikel Penelitian

contoh artikelArtikel penelitian merupakan karya tulis ilmiah yang berisi mengenai hasil observasi dari suatu topik permasalahan. Misalnya akhir-akhir ini sedang banyak dibicarakan hasil penelitian virus Covid 19 yang bisa menular dengan cepat. Contoh artikel Covid bisa dilihat dibawah ini.

https://www.gatra.com/detail/news/520100/internasional/penelitian-kemanjuran-vaksin-covid-19-berkurang-pada-varian-delta

Contoh Artikel Jurnal

contoh artikel

Artikel jurnal merupakan tulisan informatif dan academia yang membahas mengenai suatu topik secara periodik. Biasanya artikel ini digunakan untuk kebutuhan akademis dan hasil dari suatu fakta penelitian. Berikut ini contoh artikel jurnal.

https://images.app.goo.gl/vMnSxxhNUq4CBLgh7

Contoh Review Artikel

contoh review artikelReview artikel biasanya memuat suatu ringkasan penelitian tentang topik tertentu. Review artikel bisa juga diartikan sebagai rangkuman atau evaluasi dari tulisan orang lain. Review artikel tergolong tulisan yang menarik dan berbeda dengan tulisan artikel pada umumnya. Berikut ini contoh artikel menarik.

https://images.app.goo.gl/8Vbr5teCxYQaXTn8A

Setelah mengulas lengkap pengertian, ciri-ciri, manfaat sampai contoh artikel, apakah Anda berminat untuk menjadi seorang penulis? Ya, menjadi penulis memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tulisan yang dibuat benar-benar bermanfaat dan tidak merugikan pihak lain.