Cara Mudah Mengganti Password Wifi untuk Kamu yang Masih Pemula

Tau enggak sih bagaimana caranya mengganti password wifi ? Sebenarnya caranya gampang lho. Akan tetapi karena belum mengerti jadi terlihat sulit. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas bagaimana caranya mengganti password wifi.

Ada beberapa tutorial yang akan dijelaskan. Mulai dari cara mengganti password wifi speedy, cara mengganti password wifi indihome, cara mengganti password wifi zte, cara mengganti password wifi first media, cara mengganti password wifi huawei, dan cara mengganti password wifi mnc.

Kenapa Harus Mengganti Password Wi-Fi?

Hari-hari ini semakin banyak rumah-rumah yang memiliki jaringan Wi-Fi. Mengakses Wi-Fi bisa dilakukan oleh siap saja yang memiliki password untuk masuk. Mengganti password menjadi penting karena beberapa alasan, seperti:

  • Baru Memasang Wifi

Pada saat pertama kali memasang Wi-Fi, pengaturan Wi-Fi masih default yang berarti harus segera diganti passwordnya. Cara untuk mengetahui password Wi-Fi dalam kondisi default sangat mudah tidak perlu otak-atik komputer atau router. Secara default, umumnya username dan password yang digunakan adalah:
1.) username = admin, password = admin
2.) username = user, password = user

Kondisi default ini banyak orang yang tahu sehingga rentan pembobolan. Bisa-bisa justru kita yang kehilangan akses ke Wi-Fi kita.

  • Mencegah Pembobolan Akses

Mungkin kita pernah merasa Wi-Fi di rumah jadi terasa lemot. Bisa jadi ini karena ada yang ikut masuk ke jaringan Wi-Fi kita. Terlebih jika jangkauan Wi-Fi kita cukup luas dan rumah kita terletak di pemukiman padat. Tidak menutup kemungkinan ada orang yang ikut mengakses Wi-Fi kita untuk berselancar di internet secara gratis. Sehingga jaringan internet kita jadi lebih lambat karena ada orang lain yang ikut mengakses.

  • Mengamankan Router

Tidak menutup kemungkinan router Wi-Fi rumah kita mengalami gangguan ketika banyak yang mengakses jaringan Wi-Fi kita. Bisa jadi ini disebabkan karena ada orang yang mengakses jaringan kita secara ilegal. Agar router di rumah kita tidak mengalami gangguan, salah satu caranya adalah dengan mengganti password Wi-Fi.

  • Koneksi Lebih Stabil

Setiap ISP (internet service provider) menerapkan bandwidth. Misalnya bandwidth awal 10 Mbps akan turun ke 2 Mbps jika ada 5 pengguna yang terhubung. Tidak hanya membuat koneksi menjadi stabil, mengganti password juga akan membuat orang lain kehilangan akses.

  • Mengamankan Koneksi

Saat jaringan Wi-Fi kita terbobol, bukan hanya koneksi internet kita saja yang akan digunakan oleh orang lain. Namun, data yang terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah kita juga bisa bobol. Tidak hanya dilihat, tapi juga bisa dicuri.

Cara Mengganti Password Wi-Fi menggunakan Laptop/PC

Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti password Wi-Fi dengan menggunakan PC:

  1. Menyambungkan PC ke jaringan Wi-Fi yang akan diganti passwordnya
  2. Mengakses alamat IP 192.168.1.1 melalui browser
  3. Memasukkan username dan password router. Biasanya username dan password adalah user/admin
  4. Memilih menu Network 
  5. Klik menu WLAN, lalu klik pilihan Security
  6. Cari kolom WPA Passphrase
  7. Mengetik password baru
  8. Klik tombol Submit

Cara Mengganti Password Wi-Fi menggunakan HP

Selain menggunakan PC/komputer, kita juga bisa mengganti password Wi-Fi dengan menggunakan HP baik Android ataupun iPhone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Mengakses 192.168.1.1 melalui browser HP
  2. Memasukkan username dan password. Umumnya username dan password yang digunakan adalah admin/user
  3. Pilih Network kemudian WLAN
  4. Pilih menu Security
  5. Cari kolom WPA Passphrase
  6. Mengetik password baru yang diinginkan

Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Cara untuk mengganti password wifi indihome sebenarnya sangat simple dan kamu tidak harus mengetahui tentang ilmu jaringan terlebih dahulu untuk melakukan hal ini. Akan tetapi kebanyakan orang tidak ingin mencobanya dikarenakan takut salah setting dan akhirnya tidak bisa digunakan.

Sebelum dijelaskan tentang bagaimana caranya mengganti password wifi, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu keterangan yang ada di router (bagian bawah pada modem). Jika kamu tidak tahu apa itu router, silahkan lihat gambar dibawah ini :

cara mengganti password wifi
Tutorial Cara Mengganti Password Wifi

Walaupun jenisnya berbeda, tapi cara settingnya tetap sama saja. Nah sekarang balik modem kamu untuk melihat IP Address, username, dan password untuk dapat masuk ke control panelnya.

Walaupun biasanya IP bawaan modem 192.168.1.1 / 192.168.1.254. Akan tetapi untuk lebih jelasnya kamu bisa melihatnya pada bagian belakang modem tepatnya pada bagian bawahnya. Contohnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

cara mengganti password wifi indihome
Tutorial Cara Mengganti Password Wifi

Nah dari gambar tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk dapat mengubah password wifi. Selanjutnya kita sudah bisa masuk ke control panel router melalui web browser dengan cara yang akan saya jabarkan seperti dibawah ini.

Langkah – Langkah Ganti Password Wifi

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui info atau data untuk akses loginnya. Kamu hanya perlu membuka web browser seperti google chrome, firefox, atau yang lainnya.Kemudian ketikan atau di copas saja alamat IP yang sudah di dapat pada form url.
  2. Nanti akan muncul pop up windows untuk login. Kemudian masukan username dan password untuk bisa login.
    cara mengganti password wifi tp link
    Tutorial Cara Mengganti Password Wifi
  3. Setelah kamu masuk ke control panelnya, kamu hanya perlu menekan tombol interface setup lalu klik menu wireless dan kemudian ganti password wifi pada bagian pre-shared key. Setelah itu tentukan password baru yang kamu inginkan. Kalau sudah, jangan lupa tekan tombol save pada bagian bawah halaman. Jika bingung, silahkan lihat gambar dibawah ini.
    cara mengganti password wifi indihome zte
    Tutorial Cara Mengganti Password Wifi

Nah jika kamu sudah klik tombol save, maka password wifi kamu sudah terganti. Sangat mudah bukan ? Untuk yang saya tandai dengan petunjuk warna bitu itu adalah SSID atau nama yang akan tampil jika wifi kamu tersedia.

Jika masih gagal paham, silahkan lihat video tutorial dibawah ini :

Cara Mengganti Password Wifi ZTE

Untuk mengganti password dan nama SSID, silahkan kamu masuk terlebih dahulu ke menu setting. Caranya silahkan kamu baca tutorial dibawah ini :

  1. Sambungkan ponsel / komputer / laptop ke jaringan Wifi modem dengan menggunakan kata sandi default yang terdapat pada bagian bawah modem. Setelah itu buka browser. Bisa menggunakan google chrome atau mozilla. Kemudian copas IP yang terdapat pada bagian bawah modem ke url google. Atau kamu bisa ketik 192.168.1.1 pada kolom url google.
  2. Login menggunakan username dan password yang terdapat pada bagian bawah modem. Setelah berada pada menu pengaturan, cari dan klik Administration > User Management. Untuk old password, isikan dengan password yang lama. Dalam hal ini berarti “admin” sebagai old passwordnya. Kemudian lanjutkan untuk mengisi password baru sesuai dengan keinginan kamu pada kolom “New Password dan Confirmed Password” kemudian klik submit pada bagian bawah halaman.
  3. Langkah yang terakhir adalah mengecek apakah password login sudah terganti atau tidak. Klik logout dan kemudian login lagi dengan menggunakan username : admin dan menggunakan password baru kamu.

Sangat mudah bukan ? Jika kamu masih gagal paham, untuk lebih mudahnya silahkan lihat video tutorial dibawah ini :

Cara Mengganti Password Wifi First Media

Bagi kamu yang masih kebingungan ketika akan mengganti nama dan password wifi di modem first media bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan smartphone yang mempunyai kemampuan browser, misalnya HP Android. Selain itu kamu juga bisa menggunakan cara sambungkan router (modem wifi first media) dengan kabel ethernet atau kabel LAN yang sudah disediakan di dalam paket (kotak) modem.
  2. Untuk yang menggunakan smartphone, buka dengan menggunakan browser google chrome. Lalu ketikan alamat web pengaturan router di 192.186.100.1
  3. Sedangkan yang menggunakan PC, buka saja aplikasi browser internet di PC kamu, lalu ketikan 192.168.0.1 di kolom alamat web di browser kamu.
  4. Kemudian akan muncul halaman web yang berisikan kolom “username” dan password“. Isi kolom tersebut dengan “admin” dan kemudian login. Kalau enggak bisa, coba kamu cek dibawah routernya. Karena biasanya usernama dan passwordnya dicantumkan dibawah router.
  5. Kemudian apabila muncul tulisan “new password”, abaikan saja lalu klik “back”, kemudian cari pilihan “basic“, nanti akan ada kolom SSID, itu adalah nama wifi kamu, silahkan ganti nama wifi sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikutnya klik “apply“.
  6. Untuk mengganti password, bagi yang mengganti melalui smartphone, atur ulang terlebih dahulu koneksi wifi dengan nama yang baru agar bisa connect lagi dengan jaringan wifi first media. Kemudian “Setup“, lalu klik “Security” nanti akan muncul tulisan “WPA2 Free Wireless” dan ganti password lama kamu dengan yang baru kemudian klik “apply“.
  7. Password kamu berhasil diganti. Selamat mencoba.

Cara Mengganti Password Wifi Huawei

Cara mennganti nama dan password wifi dengan menggunakan modem huawei tidaklah sulit. Caranya hampir sama dengan cara diatas. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video turotial dibawah ini :

Cara Mengganti Password Wifi MNC

Nah yang terakhir ini adalah cara mengganti password wifi mnc. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial dibawah ini :

Bagaimana Cara Melihat Password Wi-Fi

Kita mungkin sudah lama menggunakan Wi-Fi dan sudah menghubungkannya dengan semua perangkat elektronik secara otomatis pada Wi-Fi sehingga membuat lupa password. Namun kita bisa melihat password Wi-Fi dengan mudah.

Cara melihat password WiFi menggunakan Windows

1. Menekan tombol Windows key + R kemudian ketik “control” dan tekan “Enter”

2. Pilih Settings > Network & Internet > Status > Network and Sharing Center

3. Pilih nama Wi-Fi kita

4. Pilih Wireless Properties

5. Pilih Security > Show Characters

Cara melihat password Wifi menggunakan Mac

1. Buka aplikasi Keychain. Kita dapat meluncurkannya melalui Spotlight Search

2. Klik System kemudian klik Password di bawah Kategori

3. Pilih nama jaringan Wi-Fi

4. Klik Show Password

5. Kita akan diminta otentifikasi. Cukup dengan mengisi username dan password.

Cara melihat password wifi di ponsel Android

1. Pilih Pengaturan

2. Pilih Koneksi

3. Pilih Wi-Fi

4. Ketuk Kode QR

5. Ambil tangkapan layar dari kode QR

6. Dengan menggunakan pemindai Kode QR, muat tangkapan layar dengan mengetuk ikon kode QR

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana merubah password wifi dengan mudah. Mulai dari cara mengganti password wifi speedy, cara mengganti password wifi indihome, cara mengganti password wifi zte, cara mengganti password wifi first media, cara mengganti password wifi huawei, dan cara mengganti password wifi mnc.