Cara Membuat Origami Mudah

7 Cara Membuat Origami Bunga, Kupu Kupu, Bintang, Love untuk Pemula !

Cara Membuat Origami – Hallo sahabatnesia, ada yang tau apa itu kertas origami ? Ituloh kertas yang biasanya dibuat untuk pesawat-pesawatan, kemudian ada juga yang membuat kertas origami bunga, burung, bintang dan sebagainya.

Nah udah tau kan ? Kebangetan banget kalau kamu enggak tau apa itu kertas origami. Kalau orang bilang sih, masa kecil mu kurang bahagia berarti hehe.

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas bagaimana cara membuat kertas origami. Walaupun kertas origami hanya berbentuk segi empat, namun kertas ini dapat dibuat apa saja loh.

Kertas ini juga sangat bermanfaat sekali untuk melatih kreatifitas anak. Jadi bagi kamu yang udah berkeluarga dan sudah memiliki anak, maka sebaiknya putra-putri kamu coba dilatih untuk membuat kerajinan tangan dari kertas origami.

Nah bagi kamu yang belum tahu caranya merubah kertas origami menjadi mainan lucu, mari kita belajar bersama disini. Berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya 🙂


Seni Melipat Kertas


Cara Membuat Origami
500px.com

Seni melipat kertas origami dimulai di Jepang setelah para biksu membawa beberapa kertas dari Tingkok pada abad ke-6. Seni melipat origami kemudian mempunyai simbol yang sangat religius.

Melipat kertas menjadi aktivitas dan rutinitas sebagai ajang hiburan populer di Jepang setelah kertas mulai di produksi secara massa dan harganya menjadi lebih terjangkau. Kini kertas origami telah populer di seluruh dunia.

Untuk membuat seni kertas origami sangatlah mudah asalkan kamu mengetahui acaranya. Bagi kamu yang belum tau caranya tidak usah khawatir. Berikut ini adalah beberapa tutorial tentang cara membuat kertas origami.


Cara Membuat Origami Bunga


Cara Membuat Bunga Dari Kertas
500px.com

Origami bunga merupakan origami yang klasik dan paling populer di kalangan masyarakat. Membuat bunga kertas dari origami tidak begitu sulit. Akan tetapi bagi kamu yang masih pemula, mungkin akan mengalami sedikit kesulitan pada saat melipat kelopaknya.

Bagi kamu yang memiliki pasangan, kamu bisa memberikan hadiah bunga dari kertas origami ini. Tentunya kertasnya harus yang berkualitas dong. Pastikan pula pemilihan warna dan teksturnya harus sesuai dengan selera pasangan kamu.

Selain itu, origami bunga ini juga bisa kamu jadikan sebagai hiasan kamar, kliping, dan sebagainya. Berikut ini adalah tutorialnya, silahkan di simak 🙂

Cara Membuat Origami Bunga Tulip

1. Siapkan Alat dan Bahan

Origami Kupu Kupu
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bunga dari kertas origami adalah :

  • Kertas lipat yang berukuran 20 cm x 20 cm serta memiliki warna yang berbeda-beda. Tergantung selera yang kamu inginkan. Misalnya warna depannya berwarna biru dan bagian belakangnya berwarna putih. Tujuannya agar untuk memudahkan kamu dalam proses pembuatannya.
  • Pinset
  • Pensil atau bolpoin untuk membuat garis dan untuk membentuk kelopak bunga mawar.

2. Siapkan Kertas Lipat

Cara Membuat Bunga
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Langkah selanjutnya adalah siapkan kertas lipat yang akan kamu bentuk sebagai bunga mawar. Lalu lipat kertas origami hingga membentuk beberapa kotak persegi kecil. Intinya lipatannya sampai sekecil mungkin yah.

3. Tebalkan Bekas Lipatan

Bunga Dari Kertas
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Setelah berhasil melipat origami menjadi beberapa kotak persegi kecil, langkah selanjutnya adalah tebalkan garis lipatan tadi dengan menggunakan bolpoin atau pensil yang udah kamu siapkan. Sebaiknya warna bolpoin atau pensil berbeda dengan garis yang pertama yah.

4. Lipat Kertas Sesuai dengan Gambar

Cara Membuat Origami Bunga
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Setelah menebalkan garis lipatan dengan bolpoin atau pensil, maka langkah selanjutnya adalah lipat origami pada setiap sudutnya. Kemudian buka lipatan dan tebalkan. Selanjutnya lipat kembali ke empat sudutnya sesuai dengan gambar.

Setelah itu dilakukan, kertas harus mempunyai lipatan kebawah sesuai dengan gambar nomor 4. Intinya lipat pada bagian yang sudah diberi garis. Simple kan ?

Cara Melipat Kertas Origami
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Setelah lipatannya kamu tebalin, balik kertas origami. Kemudian tebalkan garis dengan menggunakan bolpoin sesuai dengan gambar. Tujuan diberikannya garis dengan menggunakan bolpoin agar memudahkan kamu untuk melipat kertas origaminya.

Bagi kamu yang sudah mahir, tidak perlu lagi membutuhkan garis bantuan seperti itu. Jika sudah, maka lipatlah sesuai dengan garis tersebut.

Origami Sederhana
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Sekarang kita fokus pada salah satu sudut lagi. Buatlah lipatan lembah sepanjang garis yang bewarna merah (sesuai gambar). Sekarang fokus pada garis kecil yang berwarna merah yang berada di gambar 2.

Buat lipatan lembah dengan membawa sudut kenan ke kiti, sehingga akan menyerupai gambar nomor 3. Berikutnya balikkan lipatan sehingga bagian atasnya membentuk segitiga baru di bawah lipatan dibalik seperti gambar nomor 4.

Cara Membuat Love dari Kertas Origami
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Kemudian buatlah lipatan lembah pada garis yang ditunjukkan oleh gambar 1 untuk membuat kertas terlihat seperti gambar 2. Lipatlah ke arah berlawanan seperti pada langkah sebelumnya agar kertas terlihat seperti gambar 3.

Cara Membuat Origami Kupu Kupu
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Perhatikan gambar diatas. Dengan berpusat pada garis yang terdapat pada gambar 1. Lipat ujung kertas sehingga membentuk sebuah kelopak seperti gambar 2. Ulangi langkah tersebut untuk 3 sudut yang lainnya.

Pada tahap ini kertas mulai terlihat seperti origami bunga mawar, seperti gambar 3.

Kertas Lipat
http://caraaslan.blogspot.co.id/
Cara Membuat Origami Love
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Perhatikan gambar di atas. Jika kamu sudah sampai tahap ini, balikkan bunga ke bagian atas seperti gambar 1. Kemudian beri bagian atas bunga tanda x seperti pada gambar 1 untuk membantu dalam melakukan langkah berikutnya.

Dengan lembut tekan di empat sisi pada bagian dengan tanda x seperti yang di tunjukkan gambar nomor 2. Tempatkan jari-jari kamu ke dalam empat lubang yang baru saja kamu buat.

Tekan dengan sangat hati-hati jari kamu secara bersama-sama dan putar searah dengan jarum jam sehingga membentuk gambar nomor 3.

Jika memungkinkan, gunakan pinset, dan putar pada bagian tengah bunganya lebih lanjut dan tekan ke bawah menuju pusat bunga seperti di gambar nomor 4. Langkah ini mungkin sangat membutuhkan beberapa latihan. Berhati-hatilah untuk tidak lebih memutar terlalu keras agar bunga tidak terpisah.

Cara Membuat Bintang dari Kertas
http://caraaslan.blogspot.co.id/

Langkah berikutnya, ambilah pensil dan letakkan pensil tersebut di sekitar kelopak bunga. Kemudian tahan pensil selama sekitar 30 detik sehingga kelopak akan menggulung seperti gambar 1.

Lakukan hal yang sama untuk bagian yang lainnya sehingga akan membentuk seperti gambar nomor 2. Hasil akhir harus sama dengan gambar nomor 3. Jika semua terlihat seperti gambar, maka origami bunga yang kamu buat sudah selesai.

Untuk rangkain bunga yang lebih banyak, kamu bisa membuat bunga mawar lebih dari satu, dan menyatukannya dalam satu rangkaian bunga sehingga akan menjadi rangkaian bunga mawar yang sangat cantik.

https://www.youtube.com/watch?v=mtrKfjf-3Yo

Baca juga artikel : 7 Cara Mudah Membuat Clay yang Aman untuk Anak !


Cara Membuat Origami Kupu Kupu


Kreasi Kertas Origami
500px.com

Bagi kamu yang belum tau caranya membuat kupu kupu dari kertas origami tidak perlu khawatir. Berikut adalah tutorial untuk membuat kupu-kupu dari kertas origami.

Origami Kupu Kupu

Membuat Origami
http://hidupmulia.net/

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan kertas dan lem. Pada kertas warn, kamu bisa memilih warna apa saja sesuai dengan selera kamu. Perlu untuk kita ketahui, warna kertas yang kita pilih akan membuat kupu-kupu terlihat hidup.

Cara Membuat Origami Bunga Mawar
http://hidupmulia.net/

2. Berikutnya rapihkan bagian sisi bawah dan atas sehingga sama rata dengan menggunakan tangan. Langkah ini bisa dimulai pada bagian tengah sampai ke bagian sisi yang akan di rapihkan. Lalu kamu bisa mulai dengan melipat sisi diagonalnya sampai menyerupai bentuk segitiga. Kemudian buka kembali lipatannya. Sehingga terdapat bekas lipatan pada kertas. Silahkan perhatikan gambar diatas.

Melipat Origami
http://hidupmulia.net/

3. Langkah berikutnya lipat kertas bagian atas dan dorong kertas dari kedua belah sisi, yaitu sisi kiri dan sisi kanan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari sehingga akan menyerupai gambar di atas.

Cara Membuat Kupu Kupu dari Origami
http://hidupmulia.net/

4. Perlu bagi kita untuk menyesuaikan letak tekukkan ke arah sudut kertas agar kertas lebih menyeupai bentuk segitiga. Silahkan perhatikan gambar diatas.

Cara Membuat Bunga dari Origami
http://hidupmulia.net/

5. Lipat kembali kertas origami dimulai dari arah bawah ke atas sama seperti tadi. Sehingga akan menyerupai gambar diatas.

Cara Membuat Hiasan Kamar dari Kertas Origami
http://hidupmulia.net/

6. Kemudian kita balik lipatan tersebut, Lalu lipat ujungnya melewati titik tengah pada bagian atasnya. Silahkan perhatikan gambar di atas.

Origami Bunga Mawar
http://hidupmulia.net/

7. Langkah selanjutnya adalah menekan bagian belakang kertas. Agar klipatan yang di awal tidak mudah lepas dan pastinya nanti akan merepotkan.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas
http://hidupmulia.net/

8. Selanjutnya arahkan kertas agar tetap sejajar dengan sisinya. Namun perlu untuk sedikit di paksa supaya kertas yang kita lipat tidak lepas dan tetap dalam keadaan terlipat. Setelah selesai, lakukan hal tersebut pada bagian sisi belakangnya sampai menyerupai gambar di atas.

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Origami
http://hidupmulia.net/

9. Pada tahp ini, kita harus melipat bagian atasnya. Hal ini bertujuan untuk membentuk bagian badan dan kepala kupu-kupu yang akan dibentuk.

Cara Buat Origami
http://hidupmulia.net/

10. Kemudian kita juga perlu melipatnya kembali dan membentuk bagian lain dari kupu-kupu tersebut. Silahkan perhatikan gambar di atas.

Bunga dari Kertas Origami
http://hidupmulia.net/

11. Pada garis kiri dan kanan kita perlu melipat bagian kepala menuju bagian sisi tengah garis. Silahkan perhatikan gambar di atas.

Cara Bikin Bunga dari Kertas
http://hidupmulia.net/

12. Langkah selanjutnya adalah patahkan bagian kiri dan kanan kertas untuk membentuk sayap. Dimulai dari bagian kanan dan kiri. Lakukan secara bersamaan.

Cara Membuat Bunga Mawar
http://hidupmulia.net/

13. Setelah selesai membuat sayapnya, rapihkan lipatan sehingga bentuknya sama dan indah.

Cara Melipat Kertas Origami Kupu Kupu
http://hidupmulia.net/

14. Samapi pada tahap ini, lipat kertas yang sudah hampir menjadi kupu-kupu sama rata dengan badannya. Ini akan membuat sempurna bagian sayapnya, Untuk itu, kita perlu melipat hingga sama dan sejajar.

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas
http://hidupmulia.net/

15. Tahan sisi sebelahnya agar lipatan yang dibentuk menjadi sayap yang semakin jelas dan menyerupai bentuk aslinya.

Origami Kodok
http://hidupmulia.net/

16. Langkah selanjutnya adalah tahan kedua sisi yang sudah di lipat. Perhatikan gambar di atas.

Cara Melipat Kertas Origami Berbagai Bentuk
http://hidupmulia.net/

17. Padah tahapan ini, mulailah untuk menggunakan lem. Karena pembuatan kupu-kupu dari kertas origami sudah hampir selesai. Pasangkan lem pada bagian yang rentan terlepas. Hal ini bertujuan untuk memperjelas hasil origami kupu-kupu yang sudah kita buat. Selamat mencoba 🙂


Cara Membuat Origami Bintang


Cara Membuat Kertas Origami
500px.com

Origami bintang memang menarik sekali. Lihatlah di sekitar kita, banyak logo atau merk yang menggunakan elemen bintang di dalamnya. Berkaitan dengan hiasan dekorasi, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat origami bintang.

Cara Membuat Origami Bintang Kecil

Sebelum kita membuat bintang dari kertas origami, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu persiapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gunting
  • Pulpen
  • Pensil
  • Penggaris

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat origami bintang :

Origami Hewan
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Ambil 1 kertas origami, kemudian potonglah selebar 1 cm dan panjangnya kurang lebih 10 cm. Karena bintang yang akan kita buat kali ini adalah bintang kecil. Jadi ukurannya mini hehe.

Cara Membuat Hiasan dari Kertas Origami
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Langkah berikutnya adalah, kamu bisa kasih tulisan pada kertas origami yang sudah kamu potong-potong tadi. Kalau enggak mau, kamu bisa skip langkah ini hehe. Isi tulisannya terserah kamu aja. Bisa itu berisi tentang quotes atau harapan dan cita-cita kamu.

Seni Melipat Kertas Origami
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Langkah berikutnya adalah bentuk kertas seperti pada gambar diatas. Kemudian ujung sebelah kiri kertas masukan ke dalam lubang. Sisa kertas bisa kamu masukan pada bagian belakangnya.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Lalu ujung kiri kertas sebelah kiti akan membentuk segi 5 dengan sisi yang sama.

Cara Membuat Love dari Origami
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Kemudian lipat kertas ke sisi kanan, lipatlah sesuai dengan alur yang ada. Setelah selesai, kertas akan berbentuk segi lima. Setelah itu, rapihkan ujung-ujung kertas dengan menggunakan kuku jempol ataupun kuku telunjuk.

Cara Membuat Kreasi dari Kertas Origami
http://kikikikiamelia.blogspot.co.id/

Akhirnya kertas akan membentuk bintang seperti gambar yang ada di atas. Gimana mudah bukan cara membuatnya ? Buatlah dengan berbagai variasi warna agar terlihat unik dan cantik. Kemudian masukan ke dalam sebuah toples. Jadilah hiasan untuk meja belajar atau meja ruang tamu. Selamat mencoba 🙂

Cara Membuat Origami Bintang Shuriken

Bahan yang digunakan untuk membuat origami bintang shuriken ini sangatlah simple. Kamu hanya membutuhkan kertas origami dengan ukuran 6×6 inci. Berikut ini adalah tutorial membuat bintang dari kertas origami :

Cara Membuat Origami Hati
http://sebentarsaja.com/

Langkah pertama untuk membuat origami bintang shuriken, kamu harus melipat kertas dalam setengah horizontal atau mendatar. Buatlah lipatan dengan tegas, lalu lipat dalam setengah horizontal lagi. Jika sudah, maka kertas tadi akan terlihat seperti gambar diatas.

Tutorial Origami Bunga
http://sebentarsaja.com/

Langkah berikutnya kamu harus melipat kertas tadi setengah vertikal. Seperti tadi, buatlah lipatan kertas dengan tegas. Maka lipatan tadi akan terbuka. Lalu lipat lagi bagian atas ke kiri di sepanjang titik lipatan tadi.

Lipat juga pada bagian bawah kanan sepanjang titik lipatan tadi. Jika sudah selesai, maka kertas kamu akan nampak seperti gambar diatas.

Macam Macam Origami
http://sebentarsaja.com/

Berikutnya, balikkan kertas kamu. Lalu lipat pada bagian kotaknya untuk membuat segitiga. Setelah selesai, maka kertas kamu akan terlihat seperti pada gambar diatas.

Jangan lupa untuk mengulangi proses 1 sampai 3 untuk membuat selembar kertas lagi. Sehingga kamu akan memiliki dua buah kertas yang sama seperti gambar di atas.

Cara Membuat Origami Naga
http://sebentarsaja.com/

Nah, jika kertas yang kamu buat sudah 2 seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah menggabungkan bersama-sama kedua kertas tersebut menjadi satu.

Kerajinan Tangan dari Origami
http://sebentarsaja.com/

Langkah selanjutnya adalah tindah kertas tersebut yang tadi mulai dari segitiga bawah, kemudian lipat setiap segitiganya sampai tumpah tindih pada segitiga yang lainnya.

Kerajinan Kertas Origami
http://sebentarsaja.com/

Langkah terakhir, dari proses pembuatan ini kamu bisa menyelipkan sisi segitiga akhir ke dalam saku yang diciptakan oleh lipatan pada langkah sebelumnya.

Pada langkah ini kamu perlu untuk sedikit menggoyangkan sudutnya untuk mengepaskan. Tergantung seberapa tebal kertas yang digunakan. Jika sudah pas, maka kamu telah selesai membuat origami bintang shuriken ala kamu. Selamat mencoba 🙂

Baca juga artikel : 50 Gambar Doodle Art Name Simple untuk Kamu yang Pemula !


Cara Membuat Origami Love


Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat origame love yang mudah. Karena memang pada dasarnya membuat origami love sangat lah mudah, akan tetapi karena ketidaktahuan makanya menjadi sulit. Berikut ini adalah tutorial membuat love dari kertas origami.

http://pgtk--darunnajah.blogspot.co.id/
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan terlebih dahulu kertas origami yang akan dibentuk love. Untuk masalah warna terserah saja, sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

Belajar Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

2. Kemudian lipat kertas origami menjadi 2 bagian.

Cara Merangkai Bunga Mawar
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

3. Lipat lagi sehingga membentuk 4 buah persegi kecil seperti gambar di atas.

Bunga Kertas Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

4. Setelah itu kertas bagian bawah dilipat ke arah tengah seperti gambar di atas.

Tutorial Membuat Bunga dari Kertas
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

5. Kemudian buka lipatan tersebut dan balikkan kertas origaminya.

Origami Mudah
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

6. Lipat bagian kanan dan kiri kertas origami secara diagonal menuju ke tengah kertas.

Bunga Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

7. Kemudian balikkan kertas.

Bentuk Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

8. Lalu pada bagian atas, sisi kiri dan sisi kanan lipat lagi ke tengah-tengah kertas.

Membuat Origami Bunga
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

9. Nah nanti hasilnya akan seperti gambar di atas.

http://pgtk--darunnajah.blogspot.co.id/
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

10. Pada bagian atas, lipatlah hingga membentuk diagonal. Lakukan hal tersebut untuk sisi kanan dan sisi kiri seperti gambar di atas.

Bunga dari Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

11. Langkah selanjutnya adalah lipat kertas origami ke bawah sehingga ujung atas bertemu bawah. Hasilnya akan tampak seperti gambar di atas.

Cara Membuat Origami Ikan
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

12. Kemudian sisi yang bertemu, masukan kedalamnya agar kuat.

Cara Melipat
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

13. Setelah selesai, silahkan rapihkan bagian atasnya.

Membuat Bunga dari Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

14. Kemudian lipat ke dalam hingga membentuk diagonal pada sisi kiri dan sisi kanannya.

Origami
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

15. Pada ujung yang runcing bagian atas, silahkan lipat ke bawah. Lakukan untuk sisi kanan dan sisi kiranya juga. Hasilnya akan seperti gambar diatas.

Cara Membuat Kertas Lipat
http://pgtk–darunnajah.blogspot.co.id/

16. Origami love sudah jadi. Selamat mencoba yah 🙂

Itu lah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat origami. Mulai dari cara membuat origami bunga, cara membuat origami kupu kupu, cara membuat origami bintang, cara membuat origami love.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

Satu pemikiran pada “7 Cara Membuat Origami Bunga, Kupu Kupu, Bintang, Love untuk Pemula !

Tinggalkan komentar