7+ Cara Download Video di FB dengan Cepat dan Mudah (100% Work)

Cara Download Video di FB – Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia dan dinilai sebagai platform yang serba ada. Saat Anda menggunakan Facebook, Anda dapat membuat dan melihat apa pun mulai dari status yang berupa tulisan, gambar, dan bahkan video. Mungkin Anda akan menemukan gambar atau video menarik yang ingin Anda download. Namun, belum banyak orang tahu cara download video dari FB.

Fitur upload dan sharing video di Facebook menjadi cara yang cukup ampuh untuk melakukan promosi selain menggunakan gambar. Video dapat menjelaskan lebih banyak cerita dibandingkan hanya menggunakan sebuah gambar. Namun, terkadang Anda juga ingin mendownload untuk disimpan secara pribadi. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk download video dari FB.

Cara Download Video dari FB Menggunakan Aplikasi di Android

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

1. Videoder

Videoder merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk download video dari Facebook. Sebenarnya, aplikasi Videoder ini dikhususkan untuk mendownload video dari Youtube, tetapi dalam aplikasi ini terdapat fitur yang bisa Anda gunakan untuk mendownload video yang ada di Facebook. Langkah langkah menggunakan aplikasi Videoder:

  1. Download dan install aplikasi Videoder terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi Videoder menggunakan smartphone android Anda.
  3. Setelah itu pilih Facebook pada tampilan halaman pembuka aplikasi.
  4. Selanjutnya, masukkan ID dan password akun Facebook Anda.
  5. Lalu, cari dan pilih video yang Anda sukai dan akan Anda download.
  6. Kemudian, pilih kualitas video saat akan mulai download sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  7. Video akan terdownload ke perangkat Anda.

2. MyVideo Downloader for Facebook

Bagi Anda pengguna android, aplikasi MyVideo Downloader for Facebook merupakan aplikasi yang dapat Anda download secara gratis di Google Play Store. Tentunya aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang suka download video menarik yang ada di timeline Facebook Anda

Aplikasi MyVideo Downloader for Facebook ini telah didownload sebanyak lebih dari 10 juta kali dan memiliki rating yang bagus. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yaitu:

  1. Merupakan satu-satunya aplikasi Android yang mampu mendownload video HD.
  2. Dapat mengirim video atau GIF di Whatsapp atau Telegram secara langsung.
  3. Anda dapat menemukan video dan GIF yang Anda tonton, sukai, simpan, dan sebagainya.
  4. Anda dapat menemukan dan mengunduh video apa pun dengan cara mejelajahi langsung situs web Facebook menggunakan aplikasi ini.
  5. Anda bisa mengunduh video yang dibagikan oleh taman Anda.
  6. Anda bisa mengunduh video dari grup, berita, atau halaman Anda.

Cara download video menggunakan aplikasi MyVideo Downloader for Facebook:

  1. Jika Anda belum mempunyai aplikasi ini, download dan install aplikasi MyVideo Downloader for Facebook di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Ketik pertama kali membuka aplikasi, akan ada permintaan untuk login di halaman pembuka. Login disini yaitu login ke akun Facebook Anda. Klik pada login, kemudia lakukan login Facebook ke akun Facebook Anda seperti biasa.
  3. Setelah login, Anda akan disuguhkan pada tampilan facebook dengan versi browser. Pada dasarnya aplikasi MyVideo Downloader for Facebook ini adalah aplikasi yang dibuat untuk membuka facebook dan secara khusus memiliki fitur untuk mendownload video yang ada di Facebook.
  4. Klik pada tombol Explorer yang ada di pojok kiri atas, setelah itu akan terdapat menu untuk mengeksplorasi video di halaman timeline Facebook. Anda dapat memulai dengan membuka “News Feed” untuk melihat video yang terdapat di newsfeed Facebook Anda atau membuka “My Videos” untuk melihat daftar video yang berhubungan dengan Anda, seperti video yang pernah Anda share, video yang ada di timeline, video yang pernah Anda like, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat memilih video berdasarkan kategori lain seperti “Pages” atau “My Friends” yang terdapat di Explorer.
  5. Saat Anda memilih salah satu dari kategori tersebut, maka akan muncul beberapa video. Klik Load More untuk menampilkan lebih banyak video. Namun, tidak semua video yang muncul dapat Anda download, karena aplikasi ini menampilkan semua video yang terdapat di Facebook, seperti video yang berasal dari Youtube.
  6. Cari dan pilih video yang ingin Anda dwnload, klik pada tanda panah ke bawah yang ada di kanan video untuk menampilkan menu, setelah itu klik Download. Jika Anda klik pada thumbnail video ataupun judul, video justru akan terbuka dan bukan di download. Selain itu, apabila Anda membuka menu untuk video yang memiliki tanda berasal dari Youtube, Anda tidak akan menemukan pilihan download dan hanya ada pilihan untuk membuka video tersebut dari Youtube.
  7. Selanjutnya, setelah proses download video selesai, Anda dapat melihat video tersebut di menu Download.

Cara Download Video dari FB di Android Tanpa Aplikasi

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Cara lain download video dari Facebook selain menggunakan aplikasi tambahan, yaitu dengan menggunakan situs penyedia jasa download video.Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin mendownload aplikasi tambahan. Ada beberapa situs download video terpercaya yang dapat Anda gunakan dan tentunya gratis seperti FBDown.net, SaveFrom.net, dan DreDown.com.

Ketiga situs tersebut dapat Anda akses baik menggunakan smartphone ataupun PC. Langkah-langkah download video dari Facebook menggunakan situs dowload video:

  1. Buka aplikasi Facebook seperti biasanya, cari dan pilih video yang ingin Anda download.
  2. Setelah itu, buka video yang ingin Anda download, klik tombol tiga titik yang terdapat di pojok kanan postingan, lakukan copy URL video dengan memilih “Salin Tautan” atau “Copy Link”.
  3. Buka salah satu dari tiga situs download video Facebook yang telah disebutkan.
  4. Paste URL video yang telah Anda copy ke kolom yang telah tersedia di situs download video tersebut.
  5. Pilih kualitas video sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelah itu, klik Download.

Cara Download Video dari FB yang ada di Facebook Lite

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Bagi Anda pengguna aplikasi Facebook Lite yang lebih hemat kuota, Anda juga tetap dapat download video-video yang terdapat di Facebook. Caranya mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara download dari Facebook biasa. Cara download video Facebook:

  1. Buka aplikasi Facebook Lite. Temukan video yang ingin Anda download di beranda Facebook Anda.
  2. Selanjutnya, klik tombol titik tiga yang ada di sudut kanan atas, pilih “Salin Tautan” atau “Copy Link”.
  3. Buka situs Fbdown.net menggunakan browser yang terdapat di Android Anda. Paste link video yang telah Anda copy sebelumnya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul thumbnail video, pilih kualitas normal atau HD sesuai dengan yang Anda inginkan.
  5. Selanjutnya, setelah Anda tekan tombol download, akan muncul video yang ingin Anda download. Klik tombol titik tiga yang ada di pojok bawah video, lalu klik Download. Tunggu beberapa saat sampai video tersebut selesai di download.

Cara Download Video dari FB di iPhone

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Bagi Anda pengguna iPhone, saat Anda akan mendownload video dari Facebook Anda membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload dan menyimpan video Facebook.

Sehingga, video yang sudah Anda download dapat Anda putar secara offline tanpa harus menghabiskan kuota internet. Terdapat beberapa aplikasi iOS yang dapat Anda dapatkan secara gratis di App Store. Salah satu contoh aplikasinya adalah video saver.

Langkah langkah download video dari Facebook di iPhone:

  1. Download aplikasi Video Saver di App Store. Aplikasi ini dapat didapatkan secara gratis.
  2. Setelah selesai download dan berhasil di install, buka aplikasi Video Saver.
  3. Login dengan menggunakan akun Facebook yang Anda gunakan.
  4. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman downloader untuk mendownload video tersebut dari Facebook.
  5. Anda dapat memilih beberapa pilihan yaitu untuk download video dari akun Facebook Anda, video dengan tag akun Anda, atau video dari fanspage yang Anda sukai.
  6. Jika video yang Anda ingin download ada di fanspage, tentunya Anda perlu like fanspage tersebut terlebih dahulu.
  7. Ketika Anda sudah memilih kategori yang Anda inginkan, maka akan muncul beberapa fanspage yang Anda sukai. Anda akan menemukan banyak video. Pilih video Facebook yang akan Anda download.
  8. Anda dapat memutar video terlebih dahulu atau langsung melakukan download dengan cara klik tombol download yang ada di bagian kanan atas.
  9. Proses download video akan segera dimulai dan tunggu sampai semua proses selesai.
  10. Video akan tersimpan di memori iPhone Anda dan Anda dapat menikmati video tersebut secara offline.

Kelemahan aplikasi Video Saver ini yaitu saat Anda ingin mendownload video yang ada di fanspage, Anda tidak bisa download video secara langsung. Anda perlu like fanspage tersebut terlebih dahulu agar bisa mendownload video Facebook yang Anda sukai. Anda dapat mendownload video secara langsung, jika video tersebut memang ada di galeri atau video orang lain yang ada tag akun Anda.

Cara Download Video dari FB di PC Tanpa Aplikasi

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Mungkin sebagian dari Anda tidak memiliki software downloader, yang tentunya Anda akan merasa kesulitan saat ingin mendownload video termasuk video dari Facebook. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara praktis yang dapat Anda gunakan untuk mendownload video dari Facebook.

Langkah langkah mendownload video dari Facebook tanpa aplikasi:

  1. Buka Facebook dan login akun Facebook Anda terlebih dahulu.
  2. Pilih dan tentukan video yang ingin Anda download. Putar video tersebut dan perhatikan address bar pada browser Anda.
  3. Dalam address bar akan tertulis http://www.facebook/…, selanjutnya ganti huruf www menjadi huruf “m” agar beralih ke web Facebook untuk versi mobile.
  4. Setelah Facebook beralih menjadi versi mobile, putar video yang Anda inginkan tadi. Klik kanan pada video yang sedang Anda putar, selanjutnya pilih opsi “save as video”, opsi tersebut digunakan untuk mendownload video ke PC Anda.
  5. Pilih folder dalam PC untuk menyimpan video yang Anda download dari Facebook. Anda juga dapat merubah nama video tersebut agar lebih mudah dicari. Klik OK dan “Save as”
  6. Proses download akan berlangsung dan tunggu sampai proses selesai. Proses download akan berlangsung dan memakan waktu tergantung dari ukuran video dan kecepatan koneksi internet Anda.

Cara Download Video dari FB dengan Internet Download Manager

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Software Internet Download Manager atau IDM merupakan software yang sangat memudahkan Anda untuk mendownload video yang ada di Facebook. Dikatakan mudah karena, saat Anda membuka dan menonton video di Facebook, secara sendirinya akan muncul kotak dialog untuk menyimpan video tersebut atau tidak. Cukup klik tombol tersebut, maka video akan tersimpan dengan otomatis.

Internet Download Manager merupakan software yang memiliki fitur untuk mendownload berbagai berkas atau aplikasi secara cepat, sangat bermanfaat jika Anda akan mendownload aplikasi atau berkas dengan ukuran yang besar.

Tetapi yang menjadi masalah adalah Anda perlu menginstall software Internet Download Manager terlebih dahulu, namun IDM sebenarnya merupakan software berbayar. Anda dapat mendapatkan IDM secara gratis dalam versi trial yang tentunya akan dibatasi masa uji coba software IDM tersebut.

Tapi apabila Anda telah membeli lisensi software Internet Download Manager, tentu saja mendownload video menggunakan software ini menjadi pilihan pertama.

Dengan menggunakan software Internet Download Manager, Anda dapat memilih jenis ekstensi video sesuai dengan yang Anda inginkan, seperti mp4, flv, 3gp, dan ekstensi lainnya. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan dengan kecepatan internet Anda. Langkah langkah untuk download video dari Facebook menggunakan Internet Download Manager:

  1. Download dan install software Internet Download Manager terlebih dahulu.
  2. Setelah selesai install, buka aplikasi Internet Download Manager yang akan Anda gunakan.
  3. Sebelum itu Anda perlu klik tombol “Option” kemudian beri tanda centang pada “Automatically Start Downloading of URL’s Placed to Clipboard” dan centang pilihan browser yang Anda suka gunakan.
  4. Setelah itu, Anda hanya perlu membuka Facebook dan memilih video yang ingin Anda download. Secara otomatis Internet Download Manager akan menampilkan kotak permintaan izin download.
  5. Terakhir, Anda hanya perlu klik “Start Download” seperti biasanya.

Cara Download Video dari FB di PC Menggunakan Situs Jasa Penyedia Download

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB

Untuk Anda yang tidak memiliki software Internet Download Manager, tentu saja masih ada cara untuk mendownload video dari Facebook. Cara ini juga terbilang sangat mudah dan dilakukan secara online tanpa harus mendownload aplikasi lain. Langkah untuk mendownload video Facebook menggunakan jasa penyedia download:

  1. Buka situs facebook menggunakan PC atau laptop Anda. Cari dan pilih video yang ingin Anda download. Setelah itu lakukan “Copy URL Video” dengan cara klik kanan pada video atau copy link di address bar.
  2. Buka situs savefrom.net. selanjutnya paste link yang telah Anda copy sebelumnya.
  3. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul link download video. Klik tombol Unduh atau Download.
  4. Selanjutnya, video yang ingin Anda download akan terbuka di tab baru pada browser. Klik tombol titik tiga yang ada di bagian sudut kanan bawah. Pilih download.
  5. Selanjutnya, video akan terdownload ke PC Anda dan tunggu sampai proses download video selesai. Terakhir, video akan tersimpan dan Anda dapat mengakses video secara offline.

Selain savefrom.net, ada banyak lagi situs jasa penyedia download, dan caranya pun tidak berbeda jauh seperti apa yang telah dijelaskan diatas. Pastikan URL yang anda copy benar-benar url videonya, karena jika salah, bisa saja yang terdownload itu foto, atau halaman facebooknya itu sendiri.

Anda dapat memilih cara download video dari FB sesuai dengan keinginan Anda. Dengan mendownload video tentunya Anda dapat menonton video tersebut secara berulang dan menyimpan untuk dibagikan di aplikasi lain. Pastinya beberapa cara tersebut akan memudahkan Anda untuk keperluan mendownload video.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Cara Download Video di FB

Tinggalkan komentar