Cara Mudah Belajar Kosakata Bahasa Jepang Sehari Hari (Lengkap)

Bahasa Jepang kini telah menjadi tranding topic dari banyak negara, karena seiring perkembangan baik fashion, kuliner, dan pariwisata, telah mengangkat baik budaya dan bahasa yang ada di negara Jepang tersebut dikenal oleh negara lain. Indonesia pun kini sudah tidak asing dengan budaya dan bahasa dari negara sakura ini. Tata bahasa jepang pun mulai di pelajari di sekolah-sekolah.

Bahasa Jepang ini memang memiliki sejarah panjang dari perjuangan para pahlawannya. Awal mula adanya bahasa Jepang ini tidak terlepas dengan adanya Tiongkok, yang telah dahulu memiliki kosa kata kanji sebagai bahasa yang sudah digunakan dengan konsep jaman kerajaan. Dan kemudian muncullah konsep hiragana dan katakana yang kini telah disempurnakan.

Huruf dalam Tata Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

1. Huruf Abjad Bahasa Jepang Hiragana

Huruf hiragana pada sejarahnya dahulu memang menjadi salah satu cara oleh orang Jepang dalam menyederhanakan tata bahasa. Kita ketahui bersama jika bahasa kanji pada masa itu, sangatlah rumit dan sulit untuk dipahami oleh orang yang belum memahami akan bahasa kanji. Dan barulah muncul konsep pemilihan bahasa Jepang dengan menggunakan hiragana.

Setelah semakin banyak orang yang menggunakan bahasa dengan huruf hiragana ini, maka semakin hari semakin banyak orang Jepang yang menggunakan bahasa ini. Selain mudah juga tidak sulit untuk memahami akan tulisan dari bahasa Jepang dengan huruf hiragana ini. Dari sepenggal sejarah ini, maka bisa kita gambarkan tentang kemampuan Tiongkok.

Tiongkok pada masa lampau memang telah menjadi negara yang memberikan peradaban bagi negara yang ada di sekelilingnya. Dan salah satu efek dari adanya negara Tiongkok, yaitu mampu memberikan pemahaman akan sebuah bahasa yang mudah dipahami dan diterima oleh negara yang ada di sekitarnya, dan salah satunya ialah Jepang.

Jepang telah menggunakan huruf kanji sebagai kata dasar pada bahasanya, dan menambahkan imbuhan serta serapan dari keadaan yang dibutuhkan oleh saat ini. Sehingga bahasa yang ada masih adanya penyempurnaan akan tata bahasa dan cara pengucapannya.

Pelafalan Hiragana

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

あ A く Ku し Shi
い I け Ke す Su
う O こ Ko せ Se
え E きゃ Kya そ So
お O きゅ Kyu しゃ Sha
か Ka きょ Kyo しゅ Shu
き Ki さ Sa しょ Sho
た Ta は Ha ひ Hi
ち Chi ふ Hu ゆ Yu
つ Tsu へ He よ Yo
て Te ほ Ho ら Ra
と To ひゃ Hya り Ti
ちゃ Cha ひゅ Hyu る Ru
ちゅ Chu ひょ Hyo れ Re
ちょ Cho ま Ma れ Ro
な Na み Mi りゃ Rya
に Ni む Mu りゅ Ryu
ぬ Nu め Me りょ Ryo
ね ne も Mo わ Wa
の No みゃ Mya ゐ Wi
にゃ Nya みゅ Myu ゑ We
にゅ Nyu みょ Myo を Wo
にょ nyo や ya ん N
が Ga じ Ji づ (zu)
ぎ Gi ず Zu で De
ぐ Gu ぜ Ze ど Do
げ Ge ぞ Zo ぢゃ (ja)
ご Go じゃ Ja ぢゅ (ju)
ぎゃ Gya じゅ Ju ぢょ (jo)
ぎゅ Gyu じょ Jo ば Ba
ぎょ Gyo だ Da び Bi
ざ Za ぢ (ji) ぶ Bu
べ Be びゅ Byu ぴ Pi
ぼ Bo びょ Byo ぷ Pu
びゃ bya ぱ pa ぺ Pe
ぽ po ぴゃ pya ぴゅ Pyu
ぴょ pyo

2. Huruf Abjad Bahasa Jepang Katakana

Huruf abjad dari huruf katakana ini memiliki kesamaan dan sedikit perbedaan dengan huruf hiragana. Yang mana perbedaannya ialah ketika pada hiragana lebih kepada kata kerja pembantu, jika pada katakana ini lebih kepada pengembangan akan bahasa yang saat ini mulai bermunculan, ataupun mengikuti akan kondisi saat ini.

Makna dari mengikuti kondisi saat ini yaitu beberapa kata yang bermunculan secara digital, maka akan mampu diserap dan diterapkan pada bahasa Jepang melalui huruf katakana ini. Sehingga memang bahasa Jepang ditopang oleh beberapa huruf dan salah satunya, ialah dari huruf hiragana dan katakana.

Pelafalan Katakana

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

ア A ツ Tsu ミ Mi
イ I テ Te ム Mu
ウ U ト To メ Me
エ E チャ Cha モ Mo
オ O チュ Chu ミャ Mya
カ Ka チョ Cho ミュ Myu
キ Ki ナ Na ミョ Myo
ク Ku ニ Ni ヤ Ya
ケ Ke ヌ Nu ユ Yu
コ Ko ネ Ne ヨ Yo
キャ Kya ノ No ラ Ra
キュ Kyu ニャ Nya リ Ri
キョ Kyo ニュ Nyu ル Ru
サ Sa ニョ Nyo レ Re
シ Shi ハ Ha ロ Ro
ス Su ヒ Hi リャ Rya
セ Se フ Fu リュ Tyu
ソ So ヘ He リョ Ryo
シャ Sha ホ Ho ワ Wa
シュ Shu ヒャ Hya ヰ Wi
ショ Sho ヒュ Hyu ヱ We
タ Ta ヒョ Hyo ヲ Wo
チ chi マ ma ン n
ガ Ga ジュ Ju ビョ Byo
ギ Gi ジョ Jo パ Pa
グ Gu ダ Da ピ Pi
ゲ Ge ヂ Ji プ Pu
ゴ Go ヅ Zu ペ Pe
ギャ Gya デ De ポ Po
ギュ Gyu ド Do ピャ Pya
ギョ Gyo バ Ba ピュ Pyu
ザ Za ビ Bi ピョ pyo
ジ Ji ブ Bu
ズ Zu ベ Be
ゼ Ze ボ Bo
ゾ Zo ビャ Bya
ジャ Ja ビュ Byu

3. Huruf Abjad Bahasa Jepang Kanji

Huruf abjad kanji ini sendiri sebagai kata baku yang menjadi acuan dari huruf hiragana dan katakana, untuk melakukan sebuah pengembangan bahasa. Sehingga tanpa adanya bahasa kanji ini, pastilah akan sulit adanya huruf hiragana dan katakana ini. Oleh sebab itu, keterkaitan antara hiragana dan katakana ini sangatlah berkaitan.

Ketika dalam pengembangan bahasa kanji ini tidak dilakukan, maka akan sulit ketika menemui makna terbaru dari satu masa ke masa lain. Dengan adanya hiragana dan katakana, maka bisa dilakukan penyempurnaan dan bisa menjadi bahasa yang global.

4. Huruf Abjad Bahasa Jepang Romaji

Khusus untuk abjad romaji ini ialah bahasa Jepang yang kini telah dilantinkan, sehingga bagi orang dari negara lain mampu memaknai dari bahasa Jepang yang syarat nilai tinggi ketika melihat dari tulisannya. Dahulu orang Jepang masih kurang berkenan ketika mengetahui bahwa bahasanya dilatinkan.

Namun kini seiring perkembangan jaman dan juga sebagai sarana perluasan budaya bahasa, maka dilatinkan menjadi huruf romaji. Huruf romaji ini akan memperlihatkan konsep dan tata bahasa Jepang yang khas dibandingkan bahasa dari negara lain. Hal yang paling mencolok dari bahasa Jepang yaitu pertemuan huruf vokal.

Pada bahasa Jepang memang ada banyak pertemuan huruf vokal yang berbeda pada satu kata. Jika kita telaah pada bahasa Jepang atau bahasa dari negara lain, maka akan sangat jarang kita temui seperti hal nya dari bahasa Jepang. Dan hal ini lah yang diharapkan untuk bisa dijadikan sebagai pemikat orang lain untuk mempelajari bahasa Jepang.

Dasar Bahasa Jepang Kanji

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

1. Kanji Kokotsu

Bahasa kanji kokotsu ini termasuk ke dalam penggunaan bahasa pada masa 11 sebelum masehi. Tentunya bahasa yang digunakan ini termasuk bahasa kuno para orang tiongkok jaman dahulu. Bahasa kuno kanji ini tentunya berbeda sekali dengan bahasa kanji saat ini, yang mulai adanya pengembangan dari sisi tata bahasa dan intonasi.

2. Kanji Kinbun

Pemahaman dari kanji berabad lamanya ini dari artefak yang ditemukan oleh para peneliti kebudayaan dan sejarah, akan barang yang masih tersisa. Kanji kinbun ini berada pada masa dinasti chou yang berkuasa pada tahun 7 sebelum masehi. Bahasa kibun ini diketahui pada sebuah peninggalan berupa perunggu.

3. Kanji Tenbun

Penggunaan kanji tenbun ini dimulai dari kekuasaan dinasi chin yang mampu menjadikan tiongkok bersatu pada masa tahun 3 sebelum masehi. Dan inilah awal mula dimulainya keseragaman akan bahasa kanji, yang kemudian dikembangkan dengan huruf hiragana dan katakana.

4. Kanji Kaisho

Kanji kaisho ini menjadi generasi terakhir dari sebuah tata bahasa kanji, yang kini telah mengalami penyempurnaan mengikuti akan jaman. Tentunya dalam proses penyempurnaan ini tidak mengubah dari kata dasar yang ada, namun hanya mengubah kata sambung dan imbuhan saja.

Karena ketika mengubah kata dasar, maka justru akan mengubah seluruh kata dan tentunya akan menghancurkan konsep tata bahasa dari Tiongkok ini. Dan kini kita ketahui jika pengembangan dalam bahasa Jepang, maka bisa pada huruf hiragana dan katakana. Dan selain pengembangan dengan menggunakan konsep huruf hiragana dan katakana tidak bisa.

Angka Dalam Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

1. Satuan 0 – 10

Angka bahasa Jepang dari satuan menjadi acuan utama dalam pengucapan pada satuan lebih besar. Urutan angka nya yaitu “ ichi, ni, san, yon, go, roku, nana, hachi, kyuu, juu”. Kata-kata huruf tersebut berturut-turut dari angka 1 sampai dengan 10. Dan ketika ingin mengucapkan ke angka yang lebih besar, maka ada beberapa ketentuan lainnya.

Angka Bahasa Jepang Kana Kanji

Nol (0) : Rei / Zero れい / ゼロ 0
Satu (1) : Ichi いち 一
Dua (2) : Ni に 二
Tiga (3) : San さん 三
Empat (4) : Shi / Yon し / よん 四
Lima (5) : Go ご 五
Enam (6) : Roku ろく 六
Tujuh (7) : Shichi / Nana しち / なな 七
Delapan (8) : Hachi はち 八
Sembilan (9) : Kyuu きゅう 九
Sepuluh (10) : Juu じゅう 十

2. Belasan 11 – 20

Pada pengucapan kata belasan di sini terdapat perbedaan yang tidak terlalu banyak, cukup memberikan makna 10 dengan “juu”, maka ketika akan mengucapkan angka 11 dengan kata “juu-ichi” dan ketika ingin mengucapkan angka belasan lainnya bisa menyesuaikan sesuai dengan awalan “juu”.

Angka Bahasa Jepang kana Kanji

Sebelas (11) : Juu Ichi じゅう いち 十 一
Dua Belas (12) : Juu Ni じゅう に 十 二
Tiga Belas (13) : Juu San じゅう さん 十 三
Empat Belas (14) : Juu Yon じゅう よん 十 四
Lima Belas (15) : Juu Go じゅう ご 十 五
Enam Belas (16) : Juu Roku じゅう ろく 十 六
Tujuh Belas (17) : Juu Shichi じゅう しち 十 七
Delapan Belas (18) : Juu Hachi じゅう はち 十 八
Sembilan Belas (19) : Juu Kyuu じゅう きゅう 十 九

3. Puluhan 10 – 100

Pada pengucapan angka puluhan hingga ratusan, maka juga memiliki ketentuan khusus. Sehingga tidak terjadinya perbedaan pemahaman bagi orang yang baru belajar. Jika angka 10 disebut “juu”, maka ketika akan mengucapkan angka 20 dengan mengucapkan “ni-juu”. Jadi angka satuan diucapkan terlebih dahulu dan angka 10 mengikuti dibelakangnya.

Angka Bahasa Jepang kana Kanji

Dua Puluh (20) : Ni Juu に じゅう 二 十
Dua Puluh Satu (21) : Ni Juu Ichi に じゅう いち 二 十 一
Dua Puluh Dua (22) : Ni Juu Ni に じゅう に 二 十 二
Dua Puluh Tiga (23) : Ni Juu San に じゅう さん 二 十 三
Dua Puluh Empat (24) : Ni Juu Yon に じゅう よん 二 十 四
Tiga Puluh (30) : San Juu さん じゅう 三 十
Tiga Puluh Satu (31) : San Juu Ichi さん じゅう いち 三 十 一
Tiga Puluh Dua (32) : San Juu Ni さん じゅう に 三 十 二
Tiga Puluh Tiga (33) : San Juu San さん じゅう さん 三 十 三
Tiga Puluh Empat (34) : San Juu Yon さん じゅう よん 三 十 四
Empat Puluh (40) : Yon Juu よん じゅう 四 十
Lima Puluh (50) : Go Juu ご じゅう 五 十
Enam Puluh (60) : Roku Juu ろく じゅう 六 十
Tujuh Puluh (70) : Nana Juu しち じゅう 七 十
Delapan Puluh (80) : Hachi Juu はち じゅう 八 十
Sembilan Puluh (90) : Kyuu Juu きゅう じゅう 九 十

4. Ratusan 100 – 1000

Pengucapan angka ratusan hingga ribuan menggunakan kata “hyaku”. Kata ini layaknya angka puluhan yaitu “juu”. Sehingga ketika akan mengucapkan angka 200 dengan mengucap “ni-hyaku”. Yang menjadi pembeda ialah hanya pada angka satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. Sehingga tidak ada perbedaan dengan bahasa Indonesia dan inggris.

Angka Bahasa Jepang Kana kanji

Seratus (100) Hyaku ひゃく 百
Seratus Sepuluh (110) Hyaku Juu ひゃく じゅう 百 十
Seratus Sebeles (111) Hyaku Juu Ichi ひゃく じゅう いち 百 十 一
Dua Ratus (200) Ni Hyaku に ひゃく 二 百
Dua Ratus Dua Puluh (220) Ni Hyaku Ni Juu に ひゃく に じゅう 二 百 二 十
Dua Ratus Dua Puluh Dua (222) Ni Hyaku Ni Juu Ni に ひゃく に じゅう に 二 百 二 十 二
Tiga Ratus (300) Sanbyaku さんびゃく 三 百
Empat Ratus (400) Yon Hyaku よん ひゃく 四 百
Lima Ratus (500) Go Hyaku ご ひゃく 五 百
Enam Ratus (600) Roppyaku ろっぴゃく 六 百
Tujuh Ratus (700) Nana Hyaku なな ひゃく 七 百
Delapan Ratus (800) Happyaku はっぴゃく 八 百
Sembilan Ratus (900) Kyu Hyaku きゅう ひゃく 九 百

5. Ribuan 1000 – 10000

Khusus untuk ribuan, maka pengucapannya ialah dengan kata “sen”. Kata ganti ini layaknya puluhan “juu”. Jadi ketika akan mengucapkan angka 2000 maka mengucapkan kata “ni-sen”. Dan kata ribuan “Sen” ini berlaku kepada seluruh angka selanjutnya.

Angka Bahasa Jepang Kana kanji

Seribu (1.000) Sen せん 千
Dua Ribu (2.000) Ni Sen に せん 二 千
Tiga Ribu (3.000) San Zen さん ぜん 三 千
Empat Ribu (4.000) Yon Sen よん せん 四 千
Lima Ribu (5.000) Go Sen ご せん 五 千
Enam Ribu (6.000) Roku Sen なな せん 六 千
Tujuh Ribu (7.000) Nana Sen せん 七 千
Delapan Ribu (8.000) Hassen はっせん 八 千
Sembilan Ribu (9.000) Kyuu Sen きゅう せん 九 千

Kosakata Bahasa Jepang Dari A – Z

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

Dalam pengucapan bahasa Jepang memang memiliki cara khusus yang tidak bisa asalan kita ucapkan, karena akan mempengaruhi makna dan arti dari kata tersebut. Ketika kita memahami menggunakan bahasa Jepang ini, ada banyak kata yang ketika keliru sedikit maka makna nya akan berbeda.

Untuk keamanan dalam mengucapkan bahasa Jepang ini, alangkah baiknya menggunakan kamus lengkap bahasa Jepang. Sehingga ketika belajar bahasa Jepang ini memiliki panduan yang benar, dan bisa mengkoreksi apabila adanya kesalahan tata bahasa ataupun pengucapan. Kini penggunaan bahasa Jepang telah menggunakan huruf romaji, sehingga lebih maksimal dalam koreksi.

Dahulu sebelum huruf romaji belum digunakan, tentunya bagi orang yang akan mempelajari bahasa Jepang ini akan kesulitan karena bingung dalam penghafalannya. Tetapi ketika telah diumumkan digunakannya huruf romaji sebagai salah satu sarana, dalam memahami pengucapan dan pelafalan bahasa Jepang melalui tulisan latin.

Jadi bagi anda yang ingin mempelajari bahasa Jepang saat ini sangatlah mudah untuk memahami dan menghafalnya, karena telah adanya tulisan latin dan konsep huruf katakana yaitu yang mampu mengembangkan bahasa mengikuti pada jaman dan kondisi saat ini.

JapaneseRomajiBahasa Indonesia
起きるokirubangun
眠るnemurutidur
浴びるabirumandi
洗うaraumencuci
泣くnakumenangis
笑うwarautertawa
死ぬshinumati
行くikupergi
来るkurudatang
帰るkaerupulang
食べるtaberumakan
飲むnomuminum
買うkaumembeli
売るurumenjual
払うharaumembayar
言うiuberkata
話すhanasuberbicara
聞くkikubertanya
答えるkotaerumenjawab
歩くarukuberjalan
読むyomumembaca
するsurumelakukan
電話するdenwa surumenelpon
書くkakumenulis
使うtsukaumenggunakan
料理するryouri surumemasak
運転するunten surumenyetir
携帯電話keitai denwatelpon genggam
パソコンpasokonpersonal komputer
テレビterebitelevisi
カメラkamerakamera
インターネットintaanettointernet
友達tomodachiteman
家族kazokukeluarga
otokolaki-laki
onnaperempuan
子供kodomoanak-anak
chichiayah
hahaibu
anekakak perempuan
anikakak laki-laki
imoutoadik perempuan
otoutoadik laki-laki
kazeangin
soralangit
tsukibulan
hoshibintang
mizuair
kipohon
kawasungai
yamagunung
tsuchitanah
hiapi
uchirumah
部屋heyakamar
台所daidokorodapur
トイレtoiretoilet
学校gakkousekolah
大学daigakuuniversitas
自転車jitenshasepeda
自動車jidoushamobil
honbuku
鉛筆enpitsupensil
ボールペンboorupenpulpen
misetoko
制服seifukuseragam
kabantas
kutsusepatu
靴下kutsushitakaus kaki
果物kudamonobuah-buahan
野菜yasaisayuran
食べ物tabemonomakanan
飲み物nomimonominuman
お皿osarapiring
椅子isubangku
tsukuemeja
karadatubuh
atamakepala
tetangan
ashikaki
速いhayaicepat
遅いosoilambat
大きいookiibesar
小さいchiisaikecil
嬉しいureshiisenang
悲しいkanashiisedih
好きsukisuka
嫌いkiraibenci
欲しいhoshiiingin
黒いkuroihitam
赤いakaimerah
青いaoibiru
白いshiroiputih
走るhashiruberlari
洗うaraumencuci
見るmirumelihat
観るmirumenonton/menyaksikan
信じるshinjirupercaya
感じるkanjirumerasa
座るsuwarududuk
立つtatsuberdiri
着るkirumengenakan (pakaian)
切るkirumemotong
割るwarumembagi
悪いwaruiburuk
良いyoibagus, baik
被るkaburumemakai (topi, helm dll)
脱ぐnugumelepas (pakaian)
あげるagerumemberi (kepada orang lain)
くれるkurerumemberi (kepada kita)
もらうmoraumenerima
喋るshaberumengobrol
考えるkangaerumemikirkan
思うomouberpikir
思い出すomoidasumengingat
入るhairumasuk
出るderukeluar
歌うutaubernyanyi
踊るodorumenari
驚くodorokukaget
触れるfurerumenyentuh
会うaubertemu
愛するaisurumencintai
住むsumutinggal
遊ぶasobubermain
生きるikiruhidup
産むumumelahirkan
謝るayamarumenyesal, meminta maaf
取るtorumengambil
拾うhiroumemungut
amehujan
晴れharecerah
曇りkumorimendung, berawan
天気tenkicuaca
見えるmieruterlihat
聞こえるkikoeruterdengar
聞くkikumendengar, bertanya
きれいkireicantik, indah
ハンサムhansamutanpan, ganteng
有名yuumeiterkenal
金持ちkanemochikaya
貧乏binboumiskin
苦しむkurushimumenderita
困るkomarubermasalah
眠いnemuimengantuk
sekibatuk
臭みkusamibersin
鼻水hanamizuflu, ingusan
kusuriobat
お菓子okashimakanan ringan, permen
memata
眼鏡meganekacamata
mimitelinga
広いhiroiluas
狭いsemaisempit
hasamigunting
ナイフnaifupisau
フォークfookugarfu
スプーンsupuunsendok
電気denkilistrik
kamirambut
痛いitaisakit
優しいyasashiibaik hati
易しいyasashiimudah
難しいmuzukashiisulit
静かshizukatenang, hening
地球chikyuubumi
tsuchitanah
バイクbaikusepeda motor
yubijari
hanahidung
hanabunga
多いooibanyak
少ないsukunaisedikit
急ぐisogubergegas
遅れるokureruterlambat
kuchimulut
kuchibirubibir
言葉kotobakata-kata
木の葉konohadaun
得るerumendapat
kabantas
kutsusepatu
運動するundou suruberolah raga
変えるkaerumengganti
返すkaesumengembalikan
utalagu
新しいatarashiibaru
古いfuruikuno, lama
深いfukaidalam
浅いasaidangkal
鋭いsurudoitajam
umilaut
海岸kaiganpantai
動物doubutsuhewan
sakanikan
mushiserangga
toriburung
黙るdamaruberdiam
一人hitorisendiri
二人futariberdua
三人sanninbertiga
ichisatu
nidua
santiga
shi, yonempat
golima
rokuenam
hyakuseratus
senseribu
madojendela
ドアdoapintu
写真shashinfoto
動画dougavideo
テレビterebiTV
番組bangumiacara, program
kumoawan
yukisalju
akimusim gugur
harumusim semi
natsumusim panas
fuyumusim dingin
登るnoborumendaki, memanjat
頑張るganbaruberusaha, berjuang
勉強benkyoubelajar
tekimusuh
スマホsumahosmartphone
手帳techoubuku catatan
教室kyoushitsukelas
甘いamaimanis
辛いkaraipedas
苦いnigaipahit
酸っぱいsuppaiasem
塩辛いshiokaraiasin
若者wakamonoanak muda
kokorohati
心配shinpaikhawatir
高いtakaitinggi
低いhikuirendah
探すsagasumencari

Percakapan Dalam Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

1. Bahasa Formal

Seperti yang kita ketahui jika penggunaan bahasa Jepang merupakan salah satu yang tidak menggunakan pelevelan dari bahasa yang ada. Sehingga bahasa yang digunakan ini bisa digunakan oleh seluruh orang. Tetapi seiring perkembangan akan jaman dan pengembangan akan bahasa saat ini, telah bermunculan konsep baru dari tata bahasa Jepang.

Kini bahasa Jepang memiliki ciri khas dan identitas akan bahasa yang digunakan oleh orang yang lebih tua, dan dengan orang yang lebih muda. Dan saat ini telah dijadikan sebagai sarana, dalam menghormati orang yang lebih tua. Meskipun begitu tetapi dalam pengucapan bahasa Jepang ini memang fokus pada tingkah laku terhadap lawan bicara.

2. Bahasa Non Formal

Dalam penggunaan akan bahasa Jepang non formal, tidak adanya ciri khusus dalam pengucapannya seperti halnya dengan bahasa jawa. Sama memiliki kode grafis pada setiap hurufnya, tetapi tidak memiliki susunan ataupun kriteria akan bahasa yang akan digunakan oleh orang yang lebih tua ataupun dari jabatan yang lebih tinggi.

Jadi memang konsep dan pemahaman akan bahasa Jepang ini hanya memiliki satu acuan baku sebuah bahasa. Baik tua ataupun muda dan dengan strata kehidupan yang berbeda, tetap menggunakan satu bahasa Jepang. Dan hal ini tentunya menjadikan tidak ada nya banyak pembagian strata bahasa yang harus dipahami.

Perkenalan Dalam Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

1. Pola Perkenalan

Pola perkenalan yang sering dilakukan oleh orang Jepang, yaitu ketika dalam tata bahasa yang dimiliki oleh orang Jepang yakni tidak adanya cara dalam berbahasa dengan orang yang lebih tua, ataupun dengan atasan. Dan yang ada yaitu konsep perkenalan dengan menggunakan sikap.

Hal paling diutamakan bagi orang Jepang, yaitu sikap dalam menghargai setiap orang yang lebih tua. Meskipun secara bahasa tidak ada perbedaan yang mencolok, namun ada sikap yang dimunculkan oleh orang Jepang dalam memberikan penghargaan sikap paling baik bagi orang yang lebih tua, ataupun orang dengan jabatan lebih tinggi di sebuah perusahaan.

2. Ciri Khas Perkenalan

Ciri khas orang Jepang dalam melakukan sebuah perkenalan tentunya memiliki ciri khusus. Dan ketika kita melihat orang Jepang saat berkomunikasi, maka akan sering melakukan penganggukan sebagai salah satu penghormatan untuk lawan bicara. Apalagi ketika lawan bicara lebih tua ataupun lebih tinggi jabatannya.

Hal ini lah yang menjadi hal paling bisa dijadikan hal unik dan menarik, apabila bisa dipraktekkan di tempat atau negara lain. Karena sikap bangsa timur ini lebih mengarah kepada humanity, sehingga penghargaan terhadap orang lain lebih diprioritaskan.

Jenis Bahasa Jepang Hiragana dalam Tata Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

Jenis bahasa Jepang dengan menggunakan huruf hiragana, termasuk ke dalam proses penyempurnaan dan penyederhaan, akan bahasa kanji yang pada masa lampau agak rumit dimengerti oleh orang Jepang pada masa itu. Sehingga diputuskanlah menjadikan bahasa Jepang menggunakan huruf hiragana.

Tidak ada perbedaan yang mencolok dari tata bahasa hiragana ini, dibandingkan dengan bahasa Jepang dengan bahasa kanji. Namun yang menjadi perhatian apabila menginginkan mencari perbedaan akan bahasa Jepang, yaitu pada tata bahasa yang semakin variatif ketika menggunakan huruf hiragana.

Bukan berarti ketika menggunakan bahasa kanji ini maka akan terlihat tidak variatif, namun pada kenyataannya memang bahasa kanji belum bisa menjadi acuan jaman. Ketika menggunakan konsep bahasa Jepang dengan huruf hiragana, maka akan bisa mengikuti alur jaman seperti saat ini.

Jenis Bahasa Jepang Katakana

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

Jenis bahasa Jepang dengan menggunakan huruf katakana, memang lebih mengarah kepada tampilan grafis dari tulisan Jepang hingga saat ini. Apabila dahulu dalam penulisan belum memiliki imbuhan, maka kini telah dikembangkan terdapat sebuah imbuhan yang mampu menjadikan satu kata dengan menggunakan bahasa kanji, maka akan mampu menghidupkan makna yang panjang.

Inilah sejatinya yang menjadikan dalam bahasa Jepang ini ketika telah terdapat hiragana dan katakana, justru akan semakin berkembang mengikuti akan pergerakan jaman. Ketika hanya menggunakan konsep dasar sederhana saja, maka akan sulit diterima oleh orang yang baru mempelajari bahasa yang satu ini.

Jenis Bahasa Jepang Romaji

Belajar Bahasa Jepang
Belajar Bahasa Jepang

Adapun jenis bahasa Jepang romaji ini menjadi bagian dalam modernisasi bahasa Jepang, yakni dengan memberikan huruf latin. Sehingga lebih memudahkan orang yang mempelajarinya baik arti dan cara pengucapannya. Pengembangan akan tulisan latin ini memang tidak semudah seperti saat ini, dikarenakan orang Jepang sangatlah menghargai budaya dan hal-hal peninggalan oleh leluhur.

Tentang bahasa dan jenis budaya apapun tetap akan terjaga dan dijaga, oleh orang asli dari Jepang terutama mengenai tata bahasa jepang. Seiring perkembangan jaman dan banyaknya pertukaran akan bahasa, sehingga hadirlah konsep romaji yang mempermudah orang yang akan mempelajari bahasa Jepang. Bisa dikatakan bila tidak ada romaji, maka akan sulit dalam mengucapkan dan memaknai bahasa Jepang ini.

Bahasa senantiasa menjadi salah satu hal penting bagi sebuah negara. Karena pada sebuah bahasa tersebut terdapat banyak sejarah, budaya, dan daya tarik yang akan menjadikan sebuah negara tersebut dikenal oleh orang yang berasal dari negara lainnya. Bahasa Jepang dan bahasa Indonesia sama hal nya menjadi salah satu identitas penting bagi sebuah negara.

Tinggalkan komentar