orang kaya

Visi Misi OSIS Terbaik Beserta Tips untuk Menggalang Dana

Visi Misi OSIS – Siapa sih yang enggak kenal dengan yang namanya OSIS ? Pasti kalian sudah pada tau apa kepanjangan dari OSIS itu sendiri. Iya benar, OSIS singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Di Indonesia OSIS dimulai dari tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Mungkin dari kalian pernah berpikir, wah kalau aku ikut OSIS pasti aku bakalan jadi orang terkenal nih di sekolah. Menurut pengalaman pribadi saya sendiri, mengikuti kegiatan OSIS itu sangat menyenangkan khususnya di masa SMA.

Kenapa OSIS SMA lebih asik dan menyenangkan ? Karena di SMA kita bisa melakukan apa saja secara bebas. Bebas disini maksudnya, kita bisa membuat agenda-agenda kegiatan sendiri sesuai dengan inovasi dan kreatifitas kita sendiri.

Sedangkan di OSIS SMP, kita masih sering dalam pengawasan guru dan untuk agendanya pun kebanyakan inisiatif dari guru hehe. Namanya juga zaman SMP yaa wajar deh.

Sebelum kita menjadi pengurus OSIS, maka kita wajib untuk membuat yang namanya visi misi OSIS. Gunanya adalah agar kita tau tujuan kita selama mengikuti kegiatan di OSIS. Jika kalian bingung untuk membuat visi misi OSIS, maka kalian cukup membaca artikel ini sampai selesai.

Karena di dalam artikel ini, kita akan mengupas mengenai alasan ikut OSIS, visi misi OSIS, tips menggalang dana, dan penjelasan logo OSIS.

Berikut ini adalah penjelasannya :


Alasan Ikut OSIS


Visi Misi Osis
pixabay.com
  • Belajar untuk berorganisasi dan bersosialisasi. Ini sangat diperlukan ketika kita berada dalam masyarakat. Percuma kita pintar, kaya, ganteng, ataupun cantik tapi tidak pandai berbaur dengan masyarakat. Kita adalah makhluk sosial, siap tidak siap kita pasti akan terjun ke dalam dunia masyarakat.
  • Melatih mental untuk berbicara di depan umum. Bagi kamu yang ngomongnya masih malu-malu tidak perlu khawatir. Saran dari saya sih, ikut OSIS aja di sekolah kamu. Saya jamin untuk beberapa bulan ke depan kamu bakalan pandai berbicara.
  • Belajar untuk membagi waktu. Wah ini sangat penting nih, apalagi jika kita dihadapi 2 pilihan yang sulit. Contohnya kita lagi mengadakan event besar akan tetapi bersamaan dengan ulangan ataupun ujian. Kita juga harus belajar untuk memprioritaskan yang lebih penting.
  • Belajar mandiri dan bertanggungjawab. Jika kamu masih manja di OSIS, siap-siap deh dapat komentar pedas dari kakak-kakak senior. Karena tanggungjawab itu penting, tidak selamanya kita menjadi anak kecil terus. Sekali-kali jadi dewasa itu menyenangkan loohh ..
  • Melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah syarat paling penting yang harus dimiliki setiap orang. Minimal kita bisa memimpin diri sendiri kearah yang lebih baik.
  • Mendapatkan banyak teman serta pengalaman yang luar biasa. Kalau bukan teman, siapa lagi yang akan membantu kita ketika kita berada dalam kesulitan. Jadi perbanyaklah teman, tapi mencari teman harus di lihat-lihat juga yah latar belakangnya. Tapi kalau di OSIS pasti terjamin deh kualitasnya.

Tips Menggalang Dana untuk Kegiatan OSIS


Visi Misi Ketua Osis
pixabay.com
  • Bisnis Sticker, bagi teman-teman yang pinter banget design cobalah untuk melirik bisnis sticker. Sticker apa ya ? Minimal design sticker dengan tema sekolah, lebih bagus lagi kalau kalian punya nama komunitas atau supporter di sekolah kalian. Intinya peminatnya lebih banyak deh. Keuntungan dari sticker Rp 1.000 – Rp 3.000, saya asumsikan yang beli minimal 200 orang. Total keuntugan terkecil adalah Rp 200.000,-
  • Bisnis Baju Angkatan atau Baju Komunitas, jika kalian pandai melihat peluang apapun bisa menjadi uang. Coba deh jika masing-masing dari pengurus OSIS kalian minimal mempromosikan kepada teman-teman di kelasnya. Apalagi jika designnya sesuai dengan perkembangan zaman. Keuntungan dari Bisnis Baju ini Rp 5.000 – Rp 20.000, Saya asumsikan yang beli minimal 100 orang. Total keuntungan Rp 500.000,-
  • Bisnis Gelang, pengalaman pribadi saya keuntungan jualan gelang ini lumayan banget. Kalian bisa jualan gelang ketika ada event-event besar dan kalian dapat membranding gelang tersebut sesuai dengan nama event tersebut. Waktu itu saya cetak 200 gelang dengan modal Rp 2.500/pcs. Kemudian saya jual Rp 20.000/pcs. Total keuntungan yang saya peroleh Rp 3.500.000. Jangen kaget yahh hehe…
  • Mengadakan event-event bergengsi, misalnya mengadakan Pentas Seni dengan acara puncak mengundang guestar dari ibu kota alias band ternama gitu deh. Pengalaman  saya pribadi, saya pernah mengundang Vierratale dan Thirtheen dan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 23.450.000. Wah bisa beli motor satu tuh hehehe..
  • Bisnis Buku Tahunan (Yearbook), saya ambil dari pengalaman saya juga nih yaaa. Keuntungan dari Yearbook ini Rp 10.000 – Rp 50.000, tergantung dari kebijakan kalian masing-masing deh sebagai OSIS nya. Jangan sampai memberatkan teman-teman kalian juga hehe. Jumlah siswa/I sekolah saya 302, jadi total keuntungan minimal yang saya dapat Rp 3.020.000.
  • Entrepreneur day, jadi saya pernah buat program entrepreneur day ini setiap hari minggu. Progam apa sih ini ? Ya bener, kami jualan makanan di tempat-tempat ramai seperti alun-alun, taman, dan semacamnya gitu. Kalau yang kami jual pada saat itu sih hanya berupa makanan dan minuman. Jadi manfaatinlah pengurus OSIS kalian yang jago-jago masak terutama yang cewek tuh hehe. Keuntungan sehari itu bisa mencapai Rp 300.000 – Rp 700.000

Baca juga artikel : Tips Membuat Proposal Sponsorship untuk Event OSIS !


Seksi Seksi Bidang di OSIS Terbaru


Visi Misi Osis SMP
pixabay.com
  1. Seksi pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  2. Seksi pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia
  3. Seksi pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
  4. Seksi pembinaan prestasi akademik, seni, dan atau olahraga sesuai bakat dan minat
  5. Seksi pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks, masyarakat plural
  6. Seksi pembinaan kreativitas dan keterampilan dan kewirausahaan
  7. Seksi pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi
  8. Seksi pembinaan sastra dan budaya
  9. Seksi pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  10. Seksi pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris

Cara Menentukan Visi Misi OSIS


Visi Misi Osis Smk
pixabay.com

Sebelum kamu menentukan visi dan misi, kamu harus tau terlebih dahulu apa arti dari visi misi itu sendiri.

Visi lebih cendrung untuk menentukan target utama yang mau kamu capai. Sedangkan Misi adalah cara untuk kamu mencapati target tersebut. Jadi ibaratnya visi adalah kalimat utama dan misi adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

Sebelum kamu membuat visi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Kamu harus mengukur dan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah visi tersebut mampu diterapkan untuk kepentingan bersama anggota.
  • Visi yang anda buat sebaiknya mampu menginspirasi setiap anggota OSIS dalam setiap tindakan yang dilakukannya.
  • Kamu harus membuat visi sejelas mungkin dan jauhilah kata-kata yang sifatnya abstrak.
  • Visi yang baik tidak perlu kalimat yang panjang. Cukup singkat dan menggambarkan masa depan OSIS sekolah kamu.

Sedangkan untuk misi, tinggal mengikuti dari visi yang kamu buat. Cukup buat yang simple, jelas, dan mampu dilakukan setiap anggota OSIS.


Contoh Visi Misi OSIS


Visi dan Misi Osis
pixabay.com

Visi :

Menciptakan suasana sekolah yang “be religious, be smart, and have fun” dan mampu bersaing serta bersinergi di masyarakat

Misi :

Mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat siswa/i

Membuat seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan dan bisnis untuk siswa/i

Merangkul seluruh kegiatan ekstrakulikuler agar dapat terbentuknya kekeluargaan antar siswa/i

Memberi contoh tauladan yang baik kepada siswa/i

Mengoptimalkan peran dan fungsi OSIS sebagai wadah untuk berinovasi siswa/i

Mengadakan event besar yang berkaitan dengan seni dan olahraga sebagai tolak ukur kedepannya

Melanjutkan dan meningkatkan program kerja OSIS sebelumnya


Arti dan Makna dari Lambang OSIS


Visi Misi Menjadi Osis
id.wikipedia.org

Sebenarnya kalian tau enggak sih apa arti dari lombang OSIS itu sendiri ? Ternyata artinya sangat dalam banget loh, seperti cinta mu ke doi hehe ..

Buku Terbuka, melambangkan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan pasrtisipasi siswa terhadap pembangunan bangsa dan Negara.

Kunci Pas, melambangkan kemauan untuk bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kemampuan individu dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain, menyebabkan siswa lebih berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala masalah dan kesulitan.

Tangan Terbuka, melambangkan kesediaan menolong orang lain yang lemah sesame siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggungjawab.

Perahu, melambangkan melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih cerah yaitu tujuan nasional yang dicita-citakan.

Pelangi Merah Putih, melambangkan tujuan nasional yang dicita-citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual.

Tujuh Belas Butir Padi, Delapan Lipatan Pita, Empat Buah Kapas, Lima Daun Kapas, melambangkan hari paling bersejarah Negara Republik Indonesia, yaitu hari kemerdekaan. Nilai-nilai perjuangan yang harus dihayati para siswa sebagai kader-kader penerus bangsa dan pembangunan nasional.

Warna Kuning, sebagai dasar lambang kehormatan atau agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi.

Warna Coklat, berarti sifat kedewasaan dan sikap rela berkorban bagi tanah air.

Warna Merah Putih, warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran

Artikel  ini saya buat dari pengalaman pribadi sendiri. Bagi temen-temen yang punya pengalaman lebih bisa di share disini. Tinggal kirim ke alamat email saya.

Salam dari saya, Mantan Ketua OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan Periode 2013/2014. Itulah penjelasan singkat mengenai visi misi OSIS SMP, visi misi OSIS SMA, visi misi OSIS SMK. Beserta tips membuat visi misi OSIS untuk anggota dan ketua OSIS.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

5 thoughts on “Visi Misi OSIS Terbaik Beserta Tips untuk Menggalang Dana

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini