Sahabatnesia - Taman Kota

9 Taman Kota Surabaya Ala Ibu Risma, yang Mana Favorite Kamu ?

Taman Kota Surabaya – Taman adalah sebuah tempat yang wajib dimiliki setiap kota. Taman memiliki manfaat yang cukup banyak untuk masyarakat. Salah satunya sebagai tempat untuk bersantai atau sebagai tempat melepas lelah setelah berkerja. Selain itu taman berfungsi sebagai tempat berolahraga dan bernilai edukatif untuk masyarakat.

Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki taman-taman yang bersih dan indah. Bagi kamu yang suka dengan keindahan alam, maka kamu wajib mengunjungi taman-taman ini. Berikut kita akan membahas beberapa taman yang indah di Surabaya :


1. Taman Bungkul Surabaya


Taman Surabaya Taman Bungkul
wisata-kotasurabaya.blogspot.com

Taman Bungkul merupakan salah satu destinasi wisata Kota Surabaya. Nama taman ini diambil dari nama Mbah Bungkul, yang mana makam beliau juga terletak di taman ini.

Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Suppo, salah seorang ulama dari Kerajaan Majapahit. Mbah Bungkul juga saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Taman Bungkul sekarang menjadi tempat wisata bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Taman ini udah seperti jantung Kota Surabaya.

Taman ini dilengkapi dengan fasilitas jogging track, taman bermain anak-anak, dan skate park. Selain itu taman ini dilengkapi fasilitas akses internet nirkabel.

Taman Bungkul juga memiliki tempat-tempat kuliner makanan khas Surabaya. Taman ini selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama pada saat akhir pekan.

Lokasi Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo Surabaya.


2. Taman Mundu Surabaya


Taman Surabaya Taman Mundu
mapio.net

Taman Mundu merupakan tempat yang menjadi sarana hiburan dan tempat rekreasi bagi masyarakat Surabaya. Fasilitas yang dimiliki Taman Mundu adalah area taman bermain anak-anak, trek berbatu untuk refleksi kesehatan, serta tempat duduk di sekitar taman ini.

Taman Mundu juga memiliki beberapa ikon, salah satunya adalah air mancur Taman Mundu. Jika kamu ingin melihat dan menikmati air mancur ini, maka kamu harus datang pada malam hari. Karena pada malam hari air mancur terlihat berwarna karena terkena sorotan lampu taman. Keren banget deh pokoknya.

Lokasi Taman Mundu terletak di Jalan Juwet, Tambaksari, Surabaya.


3. Taman Flora Surabaya


Taman Surabaya Taman Flora
surabayanews.co.id

Taman Flora merupakan salah satu taman wisata di Kota Surabaya yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Karena taman ini merupakan salah satu tempat alternatif untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Flora adalah area outbound untuk anak-anak, kolam ikan dengan air mancur, area bermain, kandang rusa, sangkar burung raksasa, taman baca, area internet, balai pertunjukan atau hiburan.

Lokasi Taman Flora terletak di Jalan Raya Manyar, Bratajaya, Gubeng, Surabaya.


4. Taman Balai Kota Surabaya


Taman Surabaya Taman Surya Balai Kota
twitter.com

Taman Balai Kota Surabaya terkenal dengan nama Taman Surya. Taman ini memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata kita. Taman ini juga sangat luas dan terdapat air mancur yang berada di tengah taman.

Taman Surya ini terbuka untuk umum dan sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai macam acara. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan tanaman hias yang banyak terdapat di taman ini.

Lokasi Taman Surya ini terletak di Jalan Taman Surya, Surabaya.


5. Taman Mpu Tantular Surabaya


Taman Surabaya Taman Mpu Tantular
timetodrool.blogspot.com

Taman Mpu Tantular merupakan salah satu taman Kota Surabaya yang memiliki suasana sejuk karena banyaknya pepohonan rindang di taman tersebut.

Di tengah taman terdapat patung Mpu Tantular yang menjadi ikon taman ini. Jika kamu ingin bersantai-santai dan mungkin sedang mencari inspirasi, maka kamu harus ke taman ini.

Lokasi Taman Mpu Tantular terletak di Jalan Taman Mayangkara, tepatnya di dekat Kebun Binatang Surabaya.


6. Taman Apsari Surabaya


Taman Surabaya Taman Apsari
www.artebia.com

Walaupun taman ini relatif kecil, akan tetapi taman ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Lebih dari 20 jenis bunga dan tanaman terdapat di taman ini.

Taman Apsari juga memiliki area jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan santai. Dan tidak jarang taman ini digunakan sebagai tempat bermain skateboard oleh anak-anak muda.

Banyak juga yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat berkumpul dengan keluarga, teman, komunitas, dan sebagainya. Di tengah taman terdapat sebuah ikon yang menarik, yaitu monumen patung Gubernur Suryo.

Gubernur Suryo adalah Gubernur Jawa Timur yang pertama kali. Dibagian bawah patung itu terdapat prasasti bertuliskan pidato Gubernur Suryo pada tanggal 9 November 1945.

Taman Apsari ini juga merupakan salah satu taman peninggalan Belanda. Pada zaman Belanda, taman ini bernama Taman Simpang atau Kroesen Park.

Taman ini selalu ramai setiap harinya. Karena taman ini sangat strategis di tengah kota.

Lokasi Taman Apsari terletak di Jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.


7. Taman Monumen Bambu Runcing Surabaya


Taman Surabaya Taman Bambu Runcing
rizkyth32.blogspot.com

Taman Monumen Bambu Runcing ini merupakan taman yang terletak di tengah Kota Surabaya. Taman ini lebih menonjolkan nilai estetikanya saja dan berfungsi sebagai penyegar mata ketika kita melewati taman ini.

Monumen Bambu Runcing merupakan salah satu wisata Surabaya yang masih berkaitan dengan situs sejarah bangsa Indonesia.

Lokasi Taman Bambu Runcing terletak di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya.


8. Taman Skate Park dan BMX Surabaya


Taman Surabaya Skate Park dan BMX
rypp08.blogspot.co.id

Taman Skate park ini memang diperuntukkan bagi skaters dan freestyler yang ada di Kota Surabaya. Namun bukan berarti yang berkunjung kesini harus anak skaters dan freestyler.

Banyak masyarakat Surabaya yang menghabiskan waktu akhir perkannya di taman ini bersama dengan keluarga, teman, komunitas, dan sebagainya.

Suasana Taman Skate Park di malam hari lebih indah, karena banyak terdapat lampu-lampu yang menghiasi taman ini. Di taman ini terdapat ikon Kota Surabaya yaitu patung legendaris Suro dan Boyo.

Lokasi Taman Skate Park ini terletak di dekat Ketabang Kali.


9. Taman Jayengrono Surabaya


Taman Surabaya Jayengrono
www.panoramio.com

Taman Jayengrono merupakan taman tertua di Kota Surabaya. Nama Jayengrono diambil dari nama Bupati pertama di Surabaya. Taman ini berfungsi sebagai memorial park Suroboyo dalam pertempuran Surabaya.

Selain itu, taman ini dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Surabaya sebagai alternatif masyarakat untuk beraktifitas dan berekreasi di akhir pekan.

Fasilitas yang dimiliki taman ini adalah Spot Mallaby, Selasar Perjuangan, Panggung Pertunjukan Seni, Air Mancur. Taman ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan Belanda yang sudah ada sejak zaman penjajahan.

Diantaranya adalah Jembatan Merah, Gedung Cerutu, Gedung Garuda, Gedung Internatio.

Lokasi Taman Jayangrono terletak di Jalan Taman Jayengrono, Krembangan, Surabaya.

Taman Kota Surabaya merupakan taman terbaik di Indonesia. Selain untuk keindahan, taman memiliki banyak manfaat dan fungsi lainnya. Taman Kota Surabaya menjadi tempat rekreasi dan wisata bagi masyarakat sekitar.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

Satu pemikiran pada “9 Taman Kota Surabaya Ala Ibu Risma, yang Mana Favorite Kamu ?

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini