Sahabatnesia

Pengalaman Study Tour SMA Negeri 2 Balikpapan

OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan
pengusahamuslimtangguh.com

Study Tour – SMA Negeri 2 Balikpapan merupakan salah satu sekolah terfavorite di Kota Balikpapan. Sekolah ini memiliki motto “be Religius, be Smart, and Have Fun”. Belajar di sekolah ini merupakan hal yang luar biasa bagi saya. Suatu anugrah dari Allah SWT yang harus saya syukuri.

Pada tahun 2014 SMA Negeri 2 Balikpapan mengadakan study tour ke Malang dan Jogjakarta. Study tour ini diadakan dalam rangka memperkenalkan siswa/i dengan dunia perkuliahaan. Tepatnya kita melakukan kunjungan ke beberapa Universitas Swasta di kota-kota tersebut.

Pengenalan siswa/i kepada dunia perkuliahan memang sangat diperlukan. Karena banyak sekali siswa/i di Indonesia yang pada kenyataannya salah mengambil jurusan pada saat kuliah. Hal itu terjadi karena ketidak pahaman siswa/i dengan dunia perkuliahan.

Salah mengambil jurusan akan berakibat fatal untuk masa depan siswa/i. Disini, saya akan berbagi sedikit pengalaman selama study tour ke beberapa Universitas Swasta di Kota Malang dan Jogjakarta

Baca juga artikel : 12 Perlengkapan Study Tour yang Wajib di Bawa


1. Study Tour ke Malang


Malang merupakan kota yang sejuk dan memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Itu sebabnya Malang dijuluki kota dingin oleh beberapa masyarakat. Selain itu, kota Malang disebut sebagai kota pendidikan. 

Malang memiliki beberapa Universitas yang cukup terkenal dan berkualitas. Salah satunya adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Tapi pada kesempatan study tour ini, saya tidak berkunjung kesana. 

Saya hanya mengunjungi Universitas Swasta, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang dan Institut Teknologi Malang. Kedua kampus ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saling bersaing untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain berkunjung ke Universitas, saya juga berkunjung ke tempat-tempat wisata di Malang. Salah satunya adalah Jatim Park dan Batu Night Spectacular. Selain untuk bersenang-senang, ternyata beberapa tempat wisata di Malang memiliki wanaha yang dapat mengedukasi kita.

Kota ideal untuk kita menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Untuk kita yang anak perantauan tidak perlu khawatir, karena biaya hidup di kota Malang relatif lebih murah kok. Selain itu kota Malang ini posisinya sangat strategis banget deh pokoknya.

Kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang
alivkarizkyana.student.umm.ac.id

Untuk pertama kalinya saya menginjakan kaki ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Walaupun berstatus swasta, namun UMM tidak kalah dengan Universitas Negeri lainnya. 

UMM mampu meningkatkan dan mempertahankan akreditasinya. Selain itu UMM ini sangat Go Green banget deh. Soalnya jika kamu masuk kesini, kendaraan yang kamu bawa hanya bisa masuk di wilayah-wilayah tertentu saja. 

UMM menyediakan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan khusus wilayah disekitar kampus. UMM juga memiliki fasilitas umum seperti masjid, dome, rumah sakit, spbu, pusat kesehatan.

Pengalaman yang sangat menyenangkan bisa berkunjung ke kampus yang luar biasa seperti ini.

Kunjungan ke Institut Teknologi Nasional Malang

Study Tour Institut Teknologi Nasional Malang
youtube.com

Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) merupakan institut yang fokus kepada teknologi. Walaupun berstatus swasta, ITN memiliki kualitas yang sangat luar biasa dan pernah meraih penghargaan Anugrah Kampus Unggulan (AKU) serta termasuk jajaran kampus swasta terbaik.

Tenaga pengajar yang berkualitas terbukti mampu menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing dengan kampus negeri lainnya.

Tips, pilihlah jurusan sesuai bakat dan minat yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memilih jurusan hanya berdasarkan gengsi dan cuman ikut-ikutan. Karena yang seperti ini selain merugikan diri mu sendiri juga dapat merugikan orang tua mu.


2. Study Tour ke Jogjakarta


Setelah dari Malang, saya study tour ke Jogjakarta. Jogjakarta merupakan kota yang terkenal dengan wisatanya, baik itu wisata kuliner maupun wisata alamnya.

Jogjakarta merupakan salah satu destinasi pelajar untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Banyak kampus besar berdiri di kota Jogjakarta ini. Salah satu yang terkenal adalah Universitas Gadjah Mada. Itu sebabnya Jogjakarta sering kali dijuluki kota pelajar.

Kota Jogjakarta memiliki keraton dan menggunakan sistem kerajaan, itu sebabnya Jogjakarta dinamakan daerah istimewa. Ketika di Jogja, saya berkunjung ke Universitas Islam Indonesia dan UPN Veteran Yogyakarta.

Selain itu saya juga berkunjung ke tempat-tempat wisata Jogja, salah satunya adalah pantai parangtritis dan wisata goa pindul.

Kunjungan ke Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia
cakrafoto.com

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu kampus swasta yang memiliki akreditas terbaik. UII pernah menjadi peringkat ke-13 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Sebagian besar fakultas di UII memiliki akreditas A dari BAN. UII memiliki saingan yang enggak kalah berkualitasnya, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kedua perguruan tinggi swasta ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ketika saya di UII, saya sangat tertarik dengan Badan Eksekutif Mahasiswanya (BEM). BEM UII mengelola keuangan dengan mandiri serta manajemen yang tertata rapih. Sangat elegen menurut saya hehe.

Kunjungan ke UPN Veteran Yogyakarta

Study Tour UPN Veteran Yogyakarta
dianggela.wordpress.com

UPN “Veteran” Yogyakarta ini memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal ini menjadi ajang kreatifitas tersendiri bagi mahasiswa yang sedang kuliah disini. 

UPN juga memiliki berbagai macam sarana dan prasarana untuk kegiatan mahasiswa dan dosen. Yang lebih menonjol dari UPN ini adalah ikatan alumninya sangat erat sekali. Itu yang menyebabkan UPN dapat berkembang dengan pesat.

Itulah pengalaman study tour SMA Negeri 2 Balikpapan. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Silahkan di Share untuk berbagi pengalaman ke teman-teman yang lainnya.

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini