Resensi Novel 5 CM Beserta Unsur dan Strukurnya

Resensi Novel 5 CM Terlengkap Beserta Unsur Intrinsiknya

Resensi Novel 5 CM – Hallo sahabatnesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai resensi novel 5 cm. Jadi kita akan mengupas mulai dari sinopsis novel 5 cm, unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terkandung di dalamnya, beserta penjelasan singkat bagaimana cara meresensi novel yang baik dan benar.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Resensi Novel 5 CM


Contoh Resensi Novel 5 CM
500px.com

Identitas Buku :

Judul Buku : 5 CM

Pengarang Buku : Donny Dhirgantoro

Penerbit Buku :PT. Grasindo

Tahun Terbit : 2007

Tebal Buku : 381 halaman

ISBN : 9797591514

Harga Buku : Rp 60.000,-

Baca juga artikel : Inilah, 99 Hadiah Anniversary Terunik yang Membuat Pasanganmu Makin Cinta !


Sinopsis Novel 5 CM


Sinopsis Novel 5 CM Terlengkap
500px.com

Novel ini menceritakan tentang perjalanan 5 orang sahabat yang bernama Arial, Zafran, Riani, Ian, dan Genta. Mereka semua pada dasarnya adalah anak baik-baik yang sangat suka film, musik, chatting, ngobrol, suka khilaf, dan suka nyela.

Semuanya juga film, mulai dari film hollywood dan film-film Indonesia. Akan tetapi mereka tidak menyukai film India, karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan yang ada di dunia ini pasti memiliki jalan keluar, hanya saja jalan keluarnya bukan dengan joget-joget seperti film India.

Satu film lagi yang mereka tidak menyukainya, yaitu film silat. Karena tidak satupun dari mereka yang bisa olahraga bela diri. Karena mereka percaya bahwa pembelaan diri yang sangat ampuh di dunia ini adalah dengan ngeles dan mengatakan “Maaf saya lagi khilaf”.

Lima orang sahabat ini telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun lamanya. Mereka adalah :

Arial, merupakan sosok yang paling ganteng di antara mereka. Badannya besar dan berotot. Arial adalah orang yang sporty dan orang yang simpel saja. Dia kalau kemana-mana selalu menggunakan sepatu basket.

Diantara sahabatnya yang lain, dialah yang paling tenang, memiliki pembawaan banyak senyum dan jarang khilaf.

Riani, merupakan satu-satunya wanita diantara kelima sahabat itu. Riani menggunakan kaca mata, cantik, cerdas, dan seorang N-ACH sejati.

Riani adalah seorang aktivis di kampusnya. Siapa saja dan apa saja pernah berdebat dengannya. Karena dia banyak membaca dan banyak belajar. Sehingga wawasan yang ia miliki sangatlah luas.

Zafran, Merupakan seorang yang suka membuat syair dan selalu bimbang. Zafran adalah orang yang akan bilang apa saja yang dia mau bilang alias frontal.

Karakter Zafran agak saklek tapi kocak kalau dia udah ketemu sama Riani. Badan Zafran kurus dengan potongan rambut yang gondrong samping dan depan saja.

Ian, merupakan seorang yang mempunyai postur badan yang gendut. Ian salah satu penganut sekte 4-4-2 yang sangat fanatik. Apa saja tentang bola dia tahu dan kebanyakan dia menghabiskan waktunya untuk bermain bola. Dia juga penggemar Happy Salma.

Genta, merupakan seorang yang selalu dianggap pemimpin oleh para sahabatnya. Genta hampir sama dengan Riani. Genta juga seorang aktivis di kampusnya. Dengan badan agak besar dan rambut agak lurus berjambul.

Di kampusnya, Genta merupakan seorang Asisten Dosen yang paling favorite. Tidak ada yang mengetahui kalau Genta adalah fans berat Riani.

Lima orang sahabat ini sudah menjalin persahabatannya selama tujuh tahun lamanya. Mereka adalah sahabat yang kompak, solid dan memiliki obsesi dan impian masing-masing. Mereka selalu pergi bersama-sama dan ketemu setiap saat.

Suatu ketika mereka merasa jenuh dengan aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Sehingga mereka membuat keputusan untuk tidak bertemu selama beberapa bulan. Selama itu mereka tidak boleh nongkrong bareng dan tidak tidak ada yang boleh berkomunikasi selama 3 bulan.

Waktu berjalan begitu cepat. Genta sibuk dengan event organizernya dan kesuksesan dalam menjalankan usahanya. Ian yang udah memutuskan untuk menyelesaikan skripsinya. Hingga pada akhirnya Ian lulus dengan usaha dan kerja keras yang begitu panjang dan melelahkan itu.

Arial yang akhirnya bisa menemukan seorang wanita pujaan hatinya. Riani yang dalam satu bulan magang sampai pada akhirnya ia bisa memegang liputan. Semua bayang-bayang wajah sahabatnya sangat mereka rindukan pada waktu.

Betapa bahagianya ketika mereka mendapat SMS dari Genta yang artinya seminggu lagi mereka akan bertemu dan berkumpul bersama lagi. Mereka bertemu di stasiun pasar senen dan akhirnya rasa kangen dan rindu mereka dapat terobati.

Setelah semuanya berkumpul tiba-tiba Riani mengeluarkan sebuah pertanyaan “Kita sebenarnya mau kemana sih ?”

Didalam kereta ekonomi Mataramaja Genta menatap tajam kearah teman-temannya dan berkata “Kalau nanti kita sampai di puncaknya, berarti kita berada di tanah yang paling tinggi di Pulau Jawa”.

Kereta ekonomi mataramaja sudah tiba di stasiun Kota Malang. Mereka mencarter sebuah angkot yang mengantarkan sampai Tumpang. Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jip. Hampir sekitar sepuluh sampai lima belas orang dapat di tampung oleh mobil jip tersebut dengan keadaan berdiri.

Selama dalam perjalanan mereka melihat pemadangan yang sungguh menakjubkan dan luar biasa indahnya. Siapa saja yang melihatnya pada waktu itu pasti akan mengatakan hal yang sama akan keindahannya.

Mereka memulai perjalanan menuju Mahameru pukul lima pagi dari Ranu Pane. Mahameru perlahan seperti muncul dan terlihat antara kabut pagi dan langit biru. Angin dingin pagi dan sejuk mengiringi langkah mereka.

Mereka menempuh perjalanan untuk sampai ke puncak Mahameru membutuhkan waktu yang lumayan lama. Berbagai macam rintangan mereka hadapi untuk dapat sampai ke puncak Mahameru. Genta hanya tersenyum lepas ketika mereka tinggal 10 meter lagi untuk dapat mencapai puncak Mahameru.

Di puncak Mahameru para pendaki tampak berbaris teratur. Di depan barisan tersebut tertancap sebuah bendera bambu yang berdiri tinggi dengan latar belakang kumpulan asap Mahameru dan langit yang biru.

Tiga orang pendaki tampak berbaris, mendekati tiang tersebut. Suara tali menggerek bendera di tiang bambu itu terdengar dengan jelas. Hingga akhirnya Sang Dwi Warna melebar dengan gagah beraninya.

Seluruh pendaki serentak memberi hormat dalam keheningan, suara gesekan pakaian mereka saat memberi gerakan hormat terdengar serempak.

Indonesia Raya berkumandang di puncak Mahameru.

Baca juga artikel : 7 Contoh Resensi Novel Terlengkap !


Unsur Intrinsik Novel 5 CM


Resensi Novel 5 CM Beserta Unsur dan Strukurnya

Beberapa unsur Intrinsik yang terkandung dalam novel ini adalah sebagai berikut :

Tema

Tema yang tersirat dalam novel ini adalah tentang persahabatan anak muda yang mempunyai kekuatan dan keyakinan akan suatu hal. Uniknya lagi, cerita ini dikombinasikan dengan kisah percintaan.

Latar Belakang

Latar tempat novel ini adalah stasiun kereta api, ranu peye, ranu kumbolo, dan puncak mahameru. Latar waktunya pagi hingga malam, sedangkan untuk latar suasananya adalah menyenangkan, mengharukan, dan menegangkan.

Alur

Novel ini menggunakan alur campuran.

Penokohan

Berikut adalah penjelasan tentang karakter tokoh dalam novel 5 cm :

1. Arial

Seorang pria yang berwajah tampan serta mempunyai tubuh yang atletis.

2. Riani

Gadis berkacamata yang cantik parasnya, serta mempunyai kecerdasan yang luar biasa.

3. Zafran

Pria yang berbadan kurus, mempunyai selera humor dan pandai bersyair serta membuat puisi-puisi cinta.

4. Ian

Tokoh yang fanatik dengan bola terutama untuk club bola Manchester United. Sangat menyukai indomie, dan penggemar artis Happy Salma.

5. Genta

Seorang yang berjiwa kepemimpinan serta mempunyai kewibawaan yang sangat luar biasa.

Amanat

Terimalah apa yang menjadi kekurangan dari sahabat kita. Karena tidak semua orang yang mempunyai kelebihan semata. Kelebihan tersebut pasti selalu didampingi dengan kekurangan. Tinggal bagaimana kita menyikapi hal tersebut.

Kelebihan Novel 5 CM

Kelebihan : Ceritanya sangat menarik, penuh semangat, kebersamaan, dan petualangan. Penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan alur ceritanya tidak membosankan. Sehingga pembaca sangat tertarik untuk membaca novel ini sampai halaman terakhir.

Kekurangan Novel 5 CM

Kekurangan : Akhir cerita pada novel ini berakhir dengan happy ending tetapi masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan. Bisa dilihat dengan pembentukan keluarga mereka ditambah keturunan mereka yang umurnya semuanya sebaya.

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh resensi novel 5 cm beserta unsur intrinsik dan ekstrinsik novel 5 cm. Semoga dapat menambah wawasan kamu 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂