Sahabatnesia Hobi Menjadi Uang

6 Cara Mengembangkan Hobi Kamu Menjadi Sebuah Bisnis

Merubah Hobi Menjadi Uang – Setiap orang pasti memiliki hobi atau hal-hal yang disukai. Tapi kebanyakan orang bingung untuk mengembangkan dan mengeksplor hobinya tersebut menjadi ladang uang.

Coba kamu bayangkan, jika hal yang kamu sukai itu bisa menghasilkan uang. Pasti akan menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan dan menyenangkan.

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa cara untuk mengeksplor hobi kamu itu agar mampu menghasilkan uang. Karena pada dasarnya ketika kita menyukai suatu pekerjaan maka kita akan senang menjalaninya alias tidak terpaksa.

Yang namanya hobi, kita pasti menikmati itu walaupun menghasilkan uang atau tidak. Tidak  menghasilkan uang aja kamu senang apalagi jika menghasilkan ? Coba deh dipikir-pikir lagi hehe.

Baca juga artikel : Contoh Pengalaman Berorganisasi yang Mengsankan 

Kita yakin pasti kamu bisa mengeksplor hobi kamu untuk dapat menghasilkan uang. Berikut ini adalah cara merubah hobi menjadi uang yang dapat kamu lakukan.


1. Tentukan Nilai Jualnya


Sahabatnesia - Merubah Hobi Menjadi Uang
www.tommcifle.com

Apapun hobi kamu itu, coba deh kamu jual kepada orang lain. Minimal kamu tunjukan atau perlihatkan saja kepada orang lain apa keistimewaan hobi kamu itu. Kamu bisa menjualnya dengan cara offline dan online.

Caranya enggak ribet-ribet banget kok. Kalau kamu maunya di offline maka fokuslah untuk promosi kepada orang-orang terdekat kamu terlebih dahulu. Karena orang terdekat itu bisa mensupport kamu untuk membantu promosikan hobi kamu itu kepada orang lain.

Masih ingat trend batu akik ? Itu merupakan salah satu hobi yang tidak sengaja di eksplor dengan cara diperjual-belikan secara online dibeberapa market place lokal. Jadi hobi bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk kamu.

Tergantung kamunya bisa menangkap peluang dengan baik atau tidak. Jangan lupa di praktekan dari sekarang ya. Mudah kok merubah hobi menjadi uang itu hehe.

Baca juga artikel : 7 Cara Mudah Kuliah Sambil Kerja yang Harus Kamu Ketahui


2. Membangun Komunitas


Sahabatnesia - Merubah Hobby Menjadi Uang
a2ua.com

Perlu kamu ketahui, beberapa hobi harus melibatkan orang lain. Contohnya jika kamu hobi bermain golf, maka kamu bisa mengajarkan skill yang kamu miliki itu kepada pemula. Bisa jadi kamu buka kursus dan membuat komunitas golf di daerah kamu.

Tentu saja kamu bisa ambil peluang disitu untuk sekalian menjual peralatan golf di komunitas tersebut. Jadi keuntungan yang kamu dapat lebih banyak gitu. Sekali lagi, pintar-pintar menangkap peluang aja deh hehe.


3. Membangun Brand


Sahabatnesia - Merubah Hobi Menjadi Uang
www.notey.com

Gunakanlah media sosial sebagai sarana pendukung untuk mempercepat perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, kamu harus menonjolkan keunikan atau keistimewaan hobi kamu itu kepada orang lain.

Dengan keistimewaan tersebut, kamu dapat membangun sebuah brand yang unik. Membangun brand ini tidak mudah. Akan tetapi harus dibangun dari sekarang, agar dikemudian hari kamu bisa menikmatinya.

Promosikan brand kamu tersebut ke media sosial dan website yang kamu miliki. Kalau kamu tidak punya website maka gunakanlah blog atau wordpress yang gratisan.


4. Menentukan Target Pasar


Sahabatnesia - Merubah Hobi Menjadi Uang
pixabay.com

Kamu perlu mensurvei dan mengenalkan hobi yang kamu miliki kepada orang lain. Kamu bisa menentukan target pasar sendiri. Kepada siapa sekiranya kamu menjual hobi tersebut dan ternyata memiliki nilai positif di masyarakat. Entah targetnya adalah anak muda, anak kecil, orang tua, ibu-ibu rumah tangga, ataupun karyawan.

Jika kamu menentukan target dengan sasaran yang tepat, maka bisnis kamu akan lebih pesat perkembangannya. Brand yang kamu bangun menjadi lebih terkenal di masyarakat.

Baca juga artikel : 7 Hal Penting Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kuliah


5. Memiliki Mentor


Sahabatnesia - Cara Merubah Hobi Menjadi Uang
www.budbilanich.com

Kamu harus punya mentor yang dapat membimbing kamu untuk membangun bisnis yang kamu sukai. Memilih mentor tidak boleh sembarangan. Minimal orang yang menjadi mentor adalah orang yang bisa mensukseskan orang lain dan secara finansial sudah lebih dari cukup.

Jika rata-rata orang sukses kurang lebih membutuhkan kurang lebih 5 tahun, maka jika kamu memiliki mentor waktu sukses akan bisa lebih cepat. Mungkin hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun.

Lebih bagus lagi jika mentor tersebut memiliki hobi yang sama dengan kamu. Dan yang terpenting selalu melakukan apa yang diperintahkan mentor tersebut.


6. Fokus


Sahabatnesia - Merubah Hobi Menjadi Uang
pixabay.com

Kamu harus fokus dengan kelebihan yang kamu miliki tersebut. Jika kamu melihat peluang usaha yang lebih besar dan mengguirkan maka abaikan itu. Tetaplah yakin dengan komitmen yang kamu buat.

Fokus saja tidak akan maksimal jika tidak di ikuti dengan tindakan dan istiqomah. Teruslah berusaha sampai hobi yang kamu miliki menjadi ladang uang untuk dirimu.

Bangun dari sekarang mimpi dan cita-cita mu itu sedini mungkin. Dan lihatlah hasilnya 3 – 5 tahun yang akan datang.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 thoughts on “6 Cara Mengembangkan Hobi Kamu Menjadi Sebuah Bisnis

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini