Keutamaan Istighfar dan Keajaiban Istighfar

Inilah, 7 Manfaat Istighfar yang Belum Kamu Ketahui !

Keutamaan Istighfar – Istighfar merupakan suatu amalan yang harus kita lakukan setiap hari. Di zaman yang serba tidak menentu ini, sebaiknya kita memperbanyak beristighfar kepada Allah SWT.

Jangan pernah menyombongkan diri di dunia ini, karena udara yang Kita hirup ini adalah karunia dari Allah SWT. Tanpa Allah SWT kita bukanlah apa-apa.

Kita adalah makhluk yang selalu melakukan dosa setiap harinya, oleh karena itu setiap harinya kita harus selalu beristighfar kepada Allah SWT.

Apa saja sih keutamaan dan keistimewaan beristighfar itu ?

Berikut kita akan menjelaskan keutamaan dan keistimewaan beristighfar :


1. Orang yang Beristighfar Dicintai oleh Allah SWT


Keindahan Alam Wallpaper
500px.com

Rasulullah pernah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah SWT. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak mempunyai dosa.” (HR. Ibnu Majah)

Selain sabda dari Rasulullah SAW, di dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqoroh : 222).


2. Orang yang Beristighfar Dosanya Diampuni oleh Allah SWT


Surga Wallpaper
500px.com

Rasulullah pernah bersabda, “Allah telah berkata, “Wahai hamba-hamba Ku, setiap dari kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosa nya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak perduli berapa banyak dosanya.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi).

Jadi segelap apapun masa lalu kamu, masa lalu hanyalah masa lalu. Yang terpenting masa depan kamu itu masih suci. Segeralah bertaubat kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


3. Orang yang Beristighfar Akan Mendapatkan Balasan Surga


Taman Surga Wallpaper
500px.com

Allah berfirman, “Dan orang-orang yang apabila mengerjakan suatu perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri, mereka ingat akan Allah SWT, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah SWT ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai. Sedang mereka kekal didalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 135 – 136).


4. Orang yang Beristighfar Akan Mengecewakan Syaiton


Bersyukur Alhamdulillah Wallpaper
500px.com

Sesungguh syaiton telah berkata, “Demi kemuliaan Mu ya Allah, aku akan terus menerus menggoda hamba-hamba Mu selagi roh mereka ada dalam badan mereka. Maka Allah menimpalinya, “Dan demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan senantiasa mengampuni mereka selama mereka memohon ampun kepada Ku.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

Maka kita harus memperbanyak beristighfar, sesungguhnya syaiton adalah musuh yang nyata untuk kita. Dan ketika kita terjerumus dijalannya, maka siksa Allah SWT amatlah pedih. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa kasih sayang Allah SWT lebih besar dari pada murka-Nya.

Baca juga artikel : 12 Alasan Kenapa Santri Putri Layak Jadi Calon Istri Idaman, Menurutmu ?


5. Orang yang Beristighfar Akan Allah SWT Lancarkan Rezekinya


Pemandangan Alam Wallpaper
500px.com

Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikannya kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Dari hadist tersebut, jika kita memperbanyak beristighfar kepada Allah SWT, maka apapun kesulitan kita inshaAllah Allah SWT akan memberikan jalan keluarnya untuk kita. Dan jika kamu bersedih, maka beristighfarlah. Niscaya Allah SWT akan menghilangkan kesedihan mu itu. 

Baca juga artikel : Inilah, 7 Mukjizat Sedekah yang Belum Kamu Ketahui


6. Orang yang beristighfar Akan Allah SWT Tambah Kesejahteraannya


Pemandangan Alam Wallpaper
500px.com

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman , “Maka aku katakan kepada mereka : “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan deras, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untuk mu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

Jika kamu belum di anugrahkan keturunan, maka kita sarankan kamu untuk memperbanyak istighfar kepada Allah SWT. Yakin dan percayalah Allah SWT itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.


7. Orang yang beristighfar Akan Menjadi Orang yang Beruntung


Burung Wallpaper Photography
500px.com

Aisyah pernah berkata, “Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR. Bukhari).

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah SWT, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

Terimakasih sudah share artikel ini, semoga menjadi amal jariyah antum 🙂

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini