Cara Meresensi Buku

3 Contoh Teks Biografi Pahlawan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Biografi – Hallo sahabatnesia, apakah ada yang udah tau tentang pengertian teks biografi ? Setiap orang pasti mempunyai pengalaman hidup entah itu yang menyenangkan ataupun menyedihkan.

Lantas apa hubungannya dengan biografi ? Kamu akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Karena dalam artikel ini kita akan membahas lengkap mengenai pengertian teks biografi, unsur kebahasaan teks biografi, ciri ciri teks biografi, struktur teks biografi, jenis jenis teks biografi, dan contoh teks biografi singkat beserta strukturnya.

Jadi, kamu dapat lebih mudah memahami apa itu teks biografi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Pengertian Teks Biografi


Pengertian Teks Biografi
500px.com

Mungkin kita udah sering dengar mengenai teks biografi. Namun, apasih pengertiannya ? Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis.

Teks Biografi adalah sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta yang terjadi pada kehidupan seseorang serta peran pentingnya terhadap lingkungan.

Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting, akan tetapi dikisahkan dengan lebih lengkap dan mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik dan menarik.

Biografi merupakan sebuah buku yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa yang dialami oleh seseorang.

Lewat biografi tersebut kita dapat menemukan hubungan, keterangan atau penjelasan dari sebuah tindakan atau sebuah misteri yang mencakup kehidupan seseorang.

Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau tokoh yang terkenal maupun yang tidak terkenal.

Biografi sering kali bercerita tentang tokoh sejarah, namun tidak jarang yang menceritakan mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi yang kita temukan sekarang ini ditulis secara kronologis.

Baca juga artikel : 15 Contoh Rumusan Masalah Beserta Pengertiannya


Unsur Kebahasaan Teks Biografi


Contoh Teks Biografi
500px.com

Unsur kebahasaan yang dimiliki oleh teks biografi adalah sebagai berikut :

  1. Kata Penghubung.
  2. Merujuk Kata.
  3. Kata kerja.
  4. Waktu, aktivitas, dan tempat.

Ciri Ciri Teks Biografi


Ciri Ciri Teks Biografi
500px.com

Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks biografi :

  1. Biografi harus berisi cerita yang sebenarnya atau fakta yang terjadi pada tokoh yang diceritakan dalam sebuah narasi.
  2. Dapat diteladani oleh orang lain berdasarkan pengalaman hidup tokoh dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya sehingga merupakan seseorang yang sukses sampai sekarang.
  3. Strukturnya terdari dari orientasi, masalah, dan reorientasi.

Struktur Teks Biografi


Struktur Teks Biografi
500px.com

Berikut ini adalah struktur yang dimiliki oleh teks biografi :

Orientasi

Orientasi adalah bagian dimana menjelaskan atau menggambarkan pengenalan pada tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa atau kejadian adalah bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Termasuk didalamnya berisi tentang masalah yang pernah ia hadapi dalam mencapai sebuah tujuan serta cita-cita dalam hidupnya.

Hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seorang tokoh yang diulas dalam bagian ini.

Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup dalam biografi. Bagian ini berisi tentang padangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau boleh tidak.

Baca juga artikel : 7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terlengkap


Jenis Jenis Biografi


Jenis Jenis Biografi
sahabatnesia.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis teks biografi :

1. Biografi Berdasarkan Sisi Penulisnya

Berdasarkan sisi penulisnya, teks bioragfi dibagi menjadi 2 :

  • Autobiografi, merupakan biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang bersangkutan.
  • Biografi, merupakan biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.

2. Biografi Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, teks biografi dibagi menjadi 2 :

  • Biografi perjalanan hidup, merupakan biografi yang menceritakan perjalanan hidup seseorang atau tokoh yang ditulis secara lengkap ataupun singkat.
  • Biografi perjalanan karir, merupakan biografi yang menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dari awal sampai ia mencapai kesuksesan.

3. Biografi Berdasarkan Persoalan yang di Bahas

Berdasarkan persoalan yang dibahas, teks biografi dibagi menjadi 2 :

  • Buku sendiri, merupakan biografi yang seluruh biayanya ditanggung sendiri oleh si pembuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, merupakan biografi yang pembuatannya dibiaya oleh pihak sponsor baik itu dari segi biaya penulisan, percetakan, dan biaya lainnya yang tidak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.

Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya


Contoh Teks Biografi R.A Kartini
500px.com

R.A Kartini

Orientasi

Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Kartini. Dia merupakan keturunan dari keluarga yang terpandang dan lahir pada tanggal 21 April 1879. Satu hal yang diwariskan oleh keluarganya adalah pendidikan.

Kartini pernah merasakan duduk dibangku sekolah dasar hingga ia tamat di sekolah dasar. Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan, membuatnya untuk terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun, ayahnya tidak memberikan izin kepada Kartini untuk dapat melanjutkan pendidikannya. Mengetahui sikap ayahnya, Kartini sangat sedih namun dia tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.

Peristiwa dan Masalah

Kartini tidak boleh lagi keluar rumah sampai waktunya dia menikah atau istilahnya dipingit. Untuk menghilangkan rasa jenuhnya itu, Kartini menghabiskan waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki.

Hobbinya yang suka membaca ini menjadi rutinitas harian Kartini. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal yang ia tidak mengerti atau kurang paham.

Lambat laun, pengetahuan yang ia miliki semakin bertambah dan wawasannya pun menjadi lebih luas.

Peristiwa dan Masalah

Banyak karya dan pemikiran wanita Eropa yang ia kaguminya. Terlebih kebebasan mereka untuk bisa terus bersekolah. Rasa kagum itu sangat menginspirasinya untuk dapat memajukan wanita di Indonesia.

Dalam sudut pandangnya, wanita tidak hanya harus bisa dalam urusan belakang rumah tangga saja. Tapi lebih dari itu, wanita juga harus bisa dan punya wawasan dan ilmu yang lebih luas lagi.

Dia pun mulai bergerak untuk mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca dan menulis. Semakin hari, Kartini semakin disibukkan dengan aktivitas membaca dan mengajarnya.

Peristiwa dan Masalah

Kartini juga mempunyai banyak teman di Belanda dan sering sekali berkomunikasi dengan mereka. Bahkan dia sempat memohon kepada Mr. J.H. Abendanon untuk dapat memberinya beasiswa untuk bersekolah di Belanda.

Belum sempat permohonan tersebut dikabulkan, dia sudah dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat.

Berdasarkan data sejarah, R.A Kartini ikut dengan suaminya ke Rembang setelah mereka menikah. Walau begitu, cita-cita Kartini tidak padam begitu saja. Beruntung sekali ia memiliki suami yang sangat mendukung cita-citanya.

Berkat kegigihan serta dukungan oleh sang suami, Kartini mampu mendirikan sekolah wanita di berbagai daerah. Seperti di daerah Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Malang, Cirebon, dan daerah yang lainnya. Waktu itu, sekolah wanita dikenal dengan sebutan Sekolah Kartini.

Peristiwa dan Masalah

Kartini adalah seorang wanita Jawa yang mempunyai pandangan melebihi zamannya pada saat itu. Meski dia sendiri terbelenggu oleh zaman yang mengikatnya dengan adat istiadat. Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun, setelah melahirkan anak pertama dan satu-satunya.

Dia adalah salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda kemudian dibukukan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang biasa kita kenal sebagai “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Buku ini merupakan salah satu buku yang banyak menginspirasi wanita di Indonesia. Tidak hanya wanita pada zamannya, namun hingga pada saat ini.

Reorientasi

Sesuai dengan Keppres No.108 Tahun 1964, Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.

Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan dibeberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota di Indonesia saja, melainkan di kota-kota di Belanda. Seperti di kota Trecht, Venlo, Amsterdam, dan Harleem.

Dan bahkan WR. Supratman membuatkan sebuah lagu untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh RA. Kartini. Lagunya berjudul “Ibu Kita Kartini”.


Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya


Contoh Teks Biografi Singkat
500px.com

Dewi Sartika

Orientasi

Dewi Sartika dilahirkan dari keluarga priyayi daerah Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Walaupun bertentangan dengan adat waktu itu, ayah ibunya bersih keras untuk menyekolahkan Dewi Sartika di sakola Belanda.

Setelah ayahnya wafat, Dewi Sartika di asuh oleh pamannya yang pada saat itu menjadi patih di Cicalengka. Oleh pamannya, ia mendapatkan pengetahuan mengenai kebudayaan Sunda.

Sedangkan wawasan kebudayaan barat ia dabatkan dari seorang Nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.

Peristiwa dan Masalah

Dari kecil, Dewi Sartika sudah menunjukkan bakat pendidikan dan kegigihan yang dimilikinya untuk dapat meraih kesuksesan. Sambil bermain di belakang gedung kepatihan, ia sering melakukan kegiatan-kegiatan yang pernah ia dapat di sakola.

Yaitu belajar membaca, belajar menulis, belajar bahasan Belanda, bersama anak-anak pembantu di Kepatihan. Papan bilik kandang kereta, arang, dan pecahan genting dijadikannnya sebagai media untuk mereka belajar bersama.

Waktu itu, Dewi Sartika baru berusia sekitar sepuluh tahun. Ketika Cicalengka digemparkan oleh kemampuan baca tulis dan beberapa kalimat yang diucapkan oleh anak-anak pembantu dengan menggunakan bahasa Belanda.

Hal itu membuat masyarakat menjadi heboh, karena pada saat itu belum ada anak-anak yang memiliki kemampuan untuk berbahasa Belanda.

Setelah beranjak Remaja, Dewi Sartika kembali lagi kepada ibunya di Bandung. Jiwanya yang telah tumbuh menjadi dewasa semakin membawanya untuk dapat mewujudkan cita-citanya.

Hal ini di dorong pula oleh pamannya, Bupati Martanagara, yang memang mempunyai keinginan yang sama dengan Dewi Sartika. Tetapi, meski keinginan yang sama dengan pamannya, tidak menjadikan cita-cita tersebut dapat terwujud dengan mudah.

Karena pada saat itu terdapat adat yang mengekang kaum wanita. Hal itulah yang membuat pamannya mengalami kesulitan dan khawatir terhadap Dewi Sartika.

Namun karena kegigihan dan perjuangannya, akhirnya Dewi Sartika bisa meyakinkan pamannya dan mendapatkan izin untuk mendirikan sekolah untuk perempuan.

Sejak tahun 1902, Dewi Sartika sudah dapat merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, tepatnya di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan beberapa anggota keluarganya yang perempuan.

Merendam memasak, membaca, menulis, jahit-menjahit menjadi materi pelajaran pada saat itu.

Usai berkonsultasi dengan Bupati R.A Martanagara pada tanggal 16 Januari 1904, Dewi Sartika membuka sebuah Sakola Istri yang merupakan sekolah perempuan pertama se- Hindia Belanda.

Tenaga pengajarnya ada 3 orang, yaitu Dewi Sartika sendiri dan dibantu oleh dua saudaranya, Nyi Poerwa dan Nyi. Oewid, Murid-muridnya pada saat itu terdiri dari 20 orang.

Setahun kemudian tepatnya pada tahun 1905, sekolahnya menambah kelas, sehingga kemudian pindah ke Jalan Ciguriang, Kebon Cau. Lokasi ini dibeli oleh Dewi Sartika dengan uang tabungannya sendiri. Serta bantuan dana dari Bupati Bandung.

Lulusan pertama keluar pada tahun 1909, bahasa Sunda lebih memenuhi syarat kelengkapan sekolah formal.

Pada tahun-tahun berikutnya, dibeberapa wilayah di Pasundan bermunculan beberapa sakola Istri, terutama sekolah yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang mempunyai cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika.

Pada tahun 1912 sudah berdiri sembilan sakola Istri di kota-kota Kabupaten Se-Pasundan. Memasuki usia yang ke sepuluh, nama sekolah ini diganti menjadi Sakola Keutamaan Istri.

Kota-kota kabupaten wilayah Pasundan yang lainnya yang belum memiliki Sakola Keutamaan Istri hanya tinggal di tiga tempat. Semangat ini sampai menyebrang ke Bukit Tinggi, dimana Sakola Keutamaan Istri di dirikan oleh Encik Rama Saleh.

Seluruh wilayah Pasundan lengkap mempunyai Sakola Keutamaan Istri di tiap daerahnya pada tahun 1920. Ditambah lagi beberapa yang berdiri di kota Kewedanaan.

Pada bulan September 1929, Dewi Sartika mengadakan peringatan pendirian sekolahnya yang berusia 25 tahun itu, yang kemudian berganti nama lagi menjadi “Sakola Raden Dewi”. Atas jasa dalam bidang pendidikan, Dewi Sartika dianugrahi bintang jasa oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Dewi Sartika meninggal pada tanggal 11 September 947 di Tasikmalaya dan dimakamkan di Cigagadon Desa Rahayu, Kecamatan Cineam. Tiga tahun kemudian dia dimakamkan kembali di kompleks pemakaman Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar, Kabupaten Bandung.

Reorientasi

Sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda harus mengenang jasa Dewi Sartika. Semangat dan jasanya dalam memperjuangkan pendidikan untuk kaum wanita tidak sepantasnya kita lupakan begitu saja.

Semoga dengan apa yang telah dilakukannya, wanita-wanita di Indonesia dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik lagi untuk masa depan yang lebih cerah.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian teks biografi, unsur kebahasaan teks biografi, ciri ciri teks biografi, struktur teks biografi, jenis jenis teks biografi, dan contoh teks biografi singkat beserta strukturnya. Semoga dengan artikel ini kamu dapat lebih memahami apa itu teks biografi.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 pemikiran pada “3 Contoh Teks Biografi Pahlawan Beserta Strukturnya

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini