Motif Motif Henna Tangan Simple dan Sederhana

7 Cara Mudah Membuat Henna Beserta Tips Memakainya

Cara Membuat Henna – Hallo sahabatnesia, ada yang udah tau henna enggak ? Saat kita membicarakan henna, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah acara pernikahan atau acara yang sangat penting lainnya.

Nah, dari prolog diatas apakah kalian udah mempunyai bayangan mengenai apa itu henna ? Kalau kamu masih belum paham, dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian henna, cara membuat henna sendiri, manfaat henna, bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya beserta kumpulan motif-motif dan design henna yang cukup mudah untuk pemula.

Nah cukup jelas bukan ? Jadi bagi kamu yang ingin membuat henna di tangan sendiri tapi masih bingung dengan cara membuatnya, maka kita sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Apa Itu Henna ?


Pengertian Henna
500px.com

Henna merupakan sebuah pewarna yang berasal dari tanaman yang mempunyai nama latin Lawsonia Innermis. Tanaman henna tumbuh di daerah yang sangat panas seperti daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Daun henna yang kering kemudian ditumbuk menjadi bubuk. Bubuk itulah yang akan menjadi bahan utama dalam membuat pasta yang dibutuhkan dalam henna.

Kemudian henna digunakan untuk di tangan, di kaki, ataupun di daerah tubuh yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing. Ketika digunakan henna akan merekat pada kulit yang telah di pakaikan henna.

Seniman henna menerapkan sebuah pola pada kulit. Sehingga henna lebih terlihat indah dan cantik serta mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Henna bukan lah tato, karena henna tidak permanen. Henna di anggap sebagai salah satu komestik tertua di dunia dan telah digunakan pada kulit, kuku, dan rambut selama berabad-abad.

Baca juga artikel : 99 Hadiah Anniversary untuk Pacar Tercinta, Dijamin Keren !


Sejarah Henna


Sejarah Henna
500px.com

Kata henna berasal dari bahasa latin untuk nama tanaman Lawsonia Inermis yang diucapkan oleh masyarakat Arab sebagai Hinna. Henna merupakan sebuah kesenian yang sudah berusia kurang lebih 5 abad.

Beberapa sejarahwan mengatakan bahwa bangsa Mogul lah yang membawa henna ke India. Namun beberapa sejarahwan lainnya berbeda pendapat, kalau asal mula henna berasal dari India.

Di India henna merupakan salah satu cara untuk mempercantik diri selain menggunakan make up atau perhiasan. Henna biasanya digunakan dalam acara-acara penting seperti pada saat acara pernikahan.

Awalnya sebelum dimulai proses pernikahan, mempelai perempuan akan menghadiri pesta henna yang diselenggarakan oleh pihak keluarga.

Tangan mempelai wanita akan dihias dengan henna dari ujung jari sampai siku dan nama mempelai pria akan ditulis secara tersembunyi di sela-sela henna.

Dalam sejarah pemakaian henna digunakan untuk menangkal kejahatan dan dipercaya akan membawa nasib baik bagi yang memakainya.

Di Indonesia, henna lebih dikenal dengan sebutan innai atau pacar yang merupakan bahan pewarna alami yang terbuat dari daun tanaman pacar. Di beberapa tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, penggunaan henna atau innai merupakanbagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan.


Cara Membuat Henna Pasta Sendiri


Motif Henna Tangan Sederhana
500px.com

Pada dasarnya meracik henna bubuk menjadi henna pasta itu tidak terlalu sulit, akan tetapi tidak mudah juga. Maksudnya apa sih ? Maksudnya ketika kita membuat henna pasta, butuh kesabaran dan keuletan untuk bisa mendapatkan racikan yang pas atau sempurna.

Karena untuk meracik henna pasta tidak ada takaran yang pasti. Bekalnya hanya ilmu perkiraan saja. Loh kenapa bisa begitu ? Karena setiap henna bubuk mempunyai karakteristik yang berbeda. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya tahun panen, curah hujan, iklim, daerah tumbuh dan masih banyak lagi faktor yang lainnya. Meskipun begitu, cara meraciknya tetap sama, hanya takaran saja yang mungkin sedikit berbeda dan dapat disesuaikan.

Bahan-Bahan yang di Butuhkan dalam Membuat Henna Pasta :

1. Henna Bubuk

Henna bubuk harus dalam keadaan fresh atau segar. Identik dengan warnanya yang hijau. Beberapa henna bubuk bewarna hijau kekuningan, dan henna yang masih segar akan beraroma seperti bayam.

Karena ini henna bubuk, pastikan teksturnya halus seperti bedak. Cara mengujinya dengan menggunakan saringan teh atau saringan apa saja yang mempunyai lubang yang sangat kecil.

2. Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon

Yang digunakan hanyalah air perasannya saja. Yang terpenting adalah bulir-bulir atau sari-sarinya tidak terikut. Oleh karena itu, kamu harus menyaringnya dengan teliti. Jika bulir-bulirnya terikut, akan menyebabkan cone kamu tersumbat.

Jika tidak bisa mendapatkan jeruk lemon atau jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan air teh atau air kopi.

3. Essential Oil

Essential oil yang biasa digunakan untuk meracik henna pasta adalah Cajuput, Eucalyptus, Lavender, Tea Tree, dan Lemon. Kenapa harus menggunakan essential oil ?

Karena essential oil mengandung terpinol yang bisa membantu henna menghasilkan warna yang gelap, sekaligus dapat membuat adonan henna menjadi lebih lembut.

4. Mangkuk atau Wadah

Gunakanlah mangkuk dengan ukuran yang sedang. Sebenarnya ukuran mangkuknya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. Jika henna yang akan dibuat sedikit, maka sebaiknya gunakanlah mangkuk yang lebih kecil.

5. Sendok

Kamu bisa menggunakan sendok kayu atau sendok stainless steel.

Langkah – Langkah Membuat Henna Pasta :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ambil henna bubuk secukupnya. Kali ini kita hanya menggunakan 1 sendok makan saja. Masukkan henna kedalam mangkuk dan beri sedikit air jeruk yang sudah diperas. Tapi hanya sedikit saja yah, kemudian aduk sampai adonannya merata. Tambahkan air jeruk lagi jika dirasa air jeruknya kurang. Pokoknya sampai adonannya seperti kentang yang udah ditumbuk atau seperti adonan kue yang masih kental.
Cara Membuat Henna Pasta
500px.com
  • Berikutnya tutup dengan menggunakan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 6 jam. Sampai adonan terlihat perubahan warnanya menjadi kecoklatan pada bagian atas adonan. Akan lebih bagus lagi jika adonan diletakkan di tempat yang hangat, misalkan dibawah lampu belajar. Ingat, suhu yang hangat bukan panas. Karena jika suhu terlalu panas, henna akan rusak.
Cara Meracik Henna Pasta
500px.com
  • Langkah kedua, setelah di diamkan kurang lebih 6 jam, buka tutup plastiknya dan aduk sampai rata adonannya. Tambahkan essential oil kurang lebih 4 – 5 tetes. Jangan terlalu banyak yah, karena akan mempengaruhi warna hennanya. Bahkan jika gagal tidak akan mengeluarkan warna sama sekali. Kemudian aduk terus sampai adonan menjadi rata. Tutup kembali dengan plastik wrap dan diamkan lagi kurang lebih 6 – 8 jam. Lama juga yah ? Iya gitulah hehe 🙂
Cara Membuat Henna Pasta Simple
500px.com
  • Langkah ketiga, buka plastik penutupnya dan aduk sampai rata kembali. Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan kembali sisa air jeruk. Jadi air jeruk sisanya jangan dibuang yah. Menambahkan air jeruk sedikit demi sedikit sampai adonan menyerupai pasta gigi. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
Cara Meracik Henna Pasta Sendiri
500px.com
  • Langkah keempat, masukkan adonan ke dalam carrot bag atau plastik segitiga dan pindahkan ke dalam cone jika kamu ingin menggunakannya, atau bekukan jika kamu ingin menggunakannya nanti.

Gimana ? Mudah atau Sulit ? Jadi itulah penjelasan bagaimana cara membuat henna pasta sendiri. Semoga bisa di praktekkan deh dan selamat mencoba 🙂

Baca juga artikel : 50 Motif Batik Nusantara yang Terkenal di Kancah Internasional


Cara Memakai Henna di Tangan Sendiri


Berikut ini adalah penjelasan atau tutorial memakai henna pasta :

1. Mencuci Kulit dengan Air Sabun

Cara Memakai Henna Mudah
500px.com

Jadi sebelum membuat pola pada kulit, kamu harus mencuci terlebih dahulu kulit yang akan diberi henna. Tujuannya agar memudahkan pada saat proses pembuatan polanya dan agar minyak yang lengkat pada kulit dapat hilang.

Jika kulit mu cenderung berminyak, maka gosokkanlah sedikit alkohol dengan kapas.

2. Tempatkan Ujung Kantong Henna di Atas Kulit

Cara Memakai Henna Gampang
500px.com

Letakkan ujung kantong henna tepat di atas kulit kamu. Agar henna tidak mudah tercecer atau tumpah. Kemudian, tekanlah dengan lembut pada bagian atas kantong. Tepat dibawah karet gelang dengan menggunakan ibu jari kamu.

Agar henna keluar melalui ujung kantong. Jika henna sulit keluar, kamu bisa melebarkan ukuran lubang pada kantong tersebut dengan gunting kuku. Ingat, lubang jangan sampai kebesaran karena dapat menyulitkan pada saat proses pemberian pola.

3. Buatlah Design atau Motif Henna Ala Kamu

Gambar Henna
500px.com

Kamu bisa menciptakan rancangan sendiri atau kamu bisa melihat referensi desin atau motif henna di internet. Tapi tenang saja, kita juga menyediakan beberapa referensi motif henna di artikel ini. Kamu cukup scroll kebawah aja deh 🙂

Henna pada tangan dan kaki akan bewarna lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Itu dikarenakan pada bagian paling ujung biasanya lebih tebal kulitnya.

Bagian leher dan wajah biasanya tidak dapat terkena cat dengan baik. Karena kulit pada bagian ini bersifat tipis dan berminyak.

4. Biarkan Pola Mengering

Henna Tangan
500px.com

Henna yang bagus tidak terlihat berminyak dan basah. Tetapi tidak boleh juga terlalu kering sehingga dapat retak atau pecah.

5. Semprotkan Lapisan Gel

Cara Menggunakan Henna yang Benar
500px.com

Setelah kering, kamu bisa menyemprotkan 1 lapisan gel pada kulit yang sudah diberi pola dengan henna. Gel ini biasanya terdapat dalam botol pompa dan dapat digunakan untuk manata rambut.

Kamu bisa membeli gel semprot di toko obat terdekat atau di super market pada bagian kesehatan dan kecantikan.

6. Biarkan Gel Mengering

Cara Memakai Henna Sederhana
500px.com

Untuk mempercepat pengeringan, kamu dapat menggunakan pengering rambut.

7. Semprotkan Kembali Lapisan Gel

Cara Menggunakan Henna Praktis
500px.com

Setelah gel mengering, kamu dapat melapisi pola yang kamu buat dengan kain kasa agar lebih terlindung.

8. Lapisi Pola dengan Kain Kasa

Cara Menggunakan Henna Dengan Cepat
500px.com

Tutuplah pola dengan kain kasa kurang lebih semalaman atau setidaknya selama 12 jam.

9. Buka Lapisan Kain Kasa

Cara Bikin Henna di Tangan
500px.com

Setelah sudah semalaman atau kurang lebih 12 jam, bukalah lapisan kain kasa. Kemudian berilah lapisan lip balm, minya kelapa, atau minyak zaitun pada pola yang sudah kamu buat.

10. Tambahkan Minyak

Cara Memakai Henna

Setelah itu, hilangkan serpihan henna kering yang berlebih dengan sabun. Agar terlihat lebih indah. Dan jangan lupa untuk menambahkan minyak. Minyak berfungsi agar henna lebih tahan lama.

Baca juga artikel : Cara Membuat Scrapframe Sendiri, Dijamin Keren !


Tips Menggunakan Henna


Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu coba agar penggunaan henna lebih maksimal :

  • Gunakanlah pelindung yang tepat saat membubuhkan henna. Selain permukaan yang berpori, henna juga akan menodai kulit dan pakaian kamu. Jadi kita sarankan untuk memakai sarung atau celemek. Bersihkan permukaan yang berpori yang terkena henna dengan pemutih.
  • Simpanlah hennda di dalam freezer yang tahan udara dan cahaya agar henna lebih awet.
  • Kamu bisa memasukkan pasta henna ke dalam wadah lem kosong jika ingin henna lebih mudah untuk digunakan.
  • Ambilah cangkir kecil dan taburkan sedikit gula, lalu tambahkan air agar gula larut. Hapuslah henna dari kulit kamu dengan kapas.
  • Tambahkan satu sendok makan gula ke dalam adonan pasta henna. Ini akan membuat pasta lebih berbentuk dan mempunyai kepadatan yang lebih baik. Nilai lebihnya adalah ini juga akan lebih melekat atau menempel pada kulit kamu.

Peringatan dalam Menggunakan Henna


Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan henna :

  • Jangan pernah bubuhkan henna pada kulit bayi. Karena kulit bayi mempunyai kekurangan G6PD, henna dapat menyebabkan sel darah merah pada bayi terpecah.
  • Hindari campuran henna hitam dalam kemasan. Produk ini mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit kamu.
  • Hindari henna jika kamu sedang mengkonsumsi litium. Henna dapat mengganggu atau merusak proses penyerapan litium dalam tubuh.
  • Henna tidak boleh di konsumsi melalui mulut. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan efek samping serius lainnya.
  • Hindari mencampur pasta henna dengan minyak monster.

Cara Menghilangkan Henna Pada Kulit


Cara Menghilangkan Henna Pada Kulit
500px.com

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan henna pada kulit :

  • Tips yang pertama adalah sering mencuci daerah kulit yang sudah diberi henna. Hal ini akan lebih cepat memudarkan henna lebih cepat. Gunakanlah buah loofah atau sabun dan gosoklah dengan kuat alias ditekan. Hal ini juga akan mempercepat hilangnnya henna pada kulit kamu.
  • Tips berikutnya adalah rendam kulit kamu dalam air garam selama kurang lebih 20 menit. Hal ini akan membantu kamu untuk mempercepat menghilangkan henna yang ada pada kulit kamu. Karena cara ini akan membuat tinta henna berdifusi dalam air.
  • Tips berikutnya adalah menggunakan beberapa obat penghilang sel kulit mati untuk menghilang henna dari kulit kamu. Tapi pastikan terlebih dahulu jika kamu tidak mempunyai alergi pada kulit jika menggunakan obat ini. Obat ini tidak akan menghapus henna sepenuhnya, melainkan akan memudarkan warna henna lebih cepat.

Referensi Motif Henna Tangan Simple dan Sederhana


Motif Henna Tangan Simple
500px.com
Motif Henna Tangan Gampang
500px.com
Gambar Henna Tangan Simple
500px.com
Gambar Henna Pengantin
500px.com
Gambar Henna Telapak Tangan
500px.com

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian henna, cara memakai henna, cara membuat henna sendiri dengan simple serta referensi sederhana gambar dan motif henna tangan dan motif henna kaki yang bisa kamu contoh dirumah.

Cara Membuat Henna

4 pemikiran pada “7 Cara Mudah Membuat Henna Beserta Tips Memakainya

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini